bank digital

10 Keunggulan Pakai Bank Digital yang Wajib Kamu Tahu

Bank Digital telah menjadi sarana penting untuk perbankan masa kini. Apapun kebutuhan jadi lebih mudah saat berinteraksi secara online. Baik itu belanja kebutuhan harian maupun membayar tagihan rumah tangga yang dilakukan dengan sekali klik saja.

Tahukah kamu bahwa transaksi harian bank digital saat ini sudah menjadi primadona? Benar sekali. Bahwa bank digital tumbuh pesat di kalangan masyarakat – terlebih di masa pandemi Covid-19 – karena kemudahan yang diberikan. Kita tidak perlu antrean panjang di bank, tidak perlu membawa kopian dokumen yang banyak, kita hanya butuh mengunggah identitas diri lengkap secara mudah.

Siapa sih yang nggak menggunakan bank digital saat ini? Sebagian besar masyarakat urban telah bermigrasi ke bank digital di mana hidup praktis dan dinamis menjadi pilihan. Kita tidak saja dituntut untuk gerak cepat tetapi juga harus bermain aman dalam sekali klik. Meskipun praktis, dampak keamanan juga harus dipertimbangkan dengan baik.

Bank digital sangat memiliki peran penting di kalangan masyarakat. Apa saja keunggulan dari bank digital ini?

Mudah dan Praktis untuk Semua Transaksi

Bank digital membuat semua menjadi mudah dan praktis. Segala kebutuhan harian bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus keluar rumah. Kalau biasanya untuk mengirim uang Rp50.000 saja, atau membayar tagihan listrik kita harus mencari mesin ATM, sekarang malah lebih mudah.

Dalam sekali klik, kita sudah bisa menyelesaikan semua transaksi yang tertunda. Apakah itu mengisi pulsa telepon, bayar tagihan listrik atau air bersih, melunasi biaya pendidikan dan lain lain-lain semua bisa dilakukan dalam genggaman.

Transaksi di bank digital bisa dilakukan meskipun kamu sedang berbaring di tempat tidur atau sedang mengobrol panjang lebar dengan temanmu.

Cepat dan Akurat

Sudah tidak zaman lagi kirim uang hari ini harus tunggu 24 jam baru sampai ke penerima. Transaksi di bank digital hanya butuh hitungan detik sampai menit untuk diterima oleh orang lain. Transfer uang melalui bank digital bahkan tidak memakan waktu lama.

Uang sudah masuk ke rekening dituju saat kita mengabari transaksi telah berhasil dilakukan. Begitulah cepat dan akuratnya transaksi ini dilakukan. Aplikasi bank digital memberikan kecepatan lebih daripada yang kita bayangkan selama ini.

Jika pun transaksi tidak berhasil, bank digital akan memberikan notifikasi dengan segera. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir soal hilangnya uang di tabungan digital ini.

Fleksibel dalam Segala Waktu

Aplikasi tabungan online memudahkan kita karena bersifat fleksibel. Di segala waktu bisa kita gunakan tanpa terkendala sedikitpun. Apakah saat musim hujan, terik matahari atau bahkan di tempat yang jauh dari keramaian atau kota besar.

Aplikasi ini hanya butuh jaringan internet saja. Jika jaringannya bagus, maka semua hal bisa dilakukan dengan mudah yang berkenaan dengan keuangan. Nggak yang tahu misalnya saat liburan di gunung kita belum melunasi tagihan paket data, dengan satu aplikasi yang terhubung ke internet semua bisa dilakukan dengan mudah.

Mudah Digunakan oleh Semua Kalangan

Hampir semua orang menggunakan smartphone. Rata-rata dari masyarakat modern telah menginstal aplikasi bank digital untuk kemudahan gaya hidup mereka. Bank digital memang diciptakan untuk segala kebutuhan hidup yang dinamis. Di mana, semua kalangan bisa menggunakannya dengan mudah.

Aplikasi bank digital biasanya dibuat sesederhana mungkin yang memudahkan konsumen dalam mengoperasikannya. Tiap fitur dibuat senada dengan kebutuhan nasabah sehingga tidak kebingungan saat menggunakan fitur tertentu.

Bank digital juga memberikan keterangan yang jelas untuk penggunaan aplikasi. Jadi, dengan membaca dengan cermat, bank digital mudah dipahami dengan baik sebagaimana mestinya.

Hemat Waktu

Aplikasi keuangan di smartphone kamu bisa sangat hemat waktu lho. Kamu bisa mengerjakan hal-hal lain sembari membayar tagihan tertentu atau sedang mengirim uang. Tentu, harus hati-hati jangan sampai salah digit bisa berakibat fatal.

Kenapa hemat waktu? Karena kita tidak perlu keluar rumah mencari ATM atau ke supermarket hanya untuk melunasi tagihan atau transfer uang saja. Di sela itu, kita bisa mengerjakan hal-hal lain yang lebih mendesak. Pekerjaan tidak terganggu dan transaksi berhasil dilakukan dengan cepat.

Hemat Tenaga

Bayangkan kita harus mencari ATM. Saat-saat tertentu, ATM tidak bisa digunakan dan kita pasti harus mencari mesin ATM lain yang jaraknya bisa lebih jauh. Belum lagi kalau antrean di ATM cukup panjang sedangkan kita harus mengirimkan uang dalam waktu sesegera mungkin.

Selain waktu, tenaga juga terkuras untuk mencari mesin ATM yang bisa digunakan. Dalam hal mendesak begini, kita langsung terpikirkan sesuatu yang praktis dan mudah. Salah satunya tentu aplikasi bank digital.

Hemat Biaya

Waktu dan tenaga sudah terkuras, biaya juga akan ikut terkuras. Padahal, kita hanya perlu mengirimkan uang sebesar Rp100.000 saja, sedangkan kita harus keliling kota mencari mesin ATM yang bisa digunakan. Nah, biaya tentu akan bertambah untuk mengisi bensin, belum lagi kalau antrean panjang, dan panas tentu kita akan kehausan.

Di saat seperti ini, kita akan mengeluarkan dua kali. Jika terus demikian yang rugi juga kita sendiri karena ada yang lebih hemat dan praktis tetapi tidak mau kita jalankan.

Cukup Satu Aplikasi Saja

Satu aplikasi bank digital saja kita bisa melakukan banyak sekali transaksi. Aplikasi keuangan ini bisa membantu kamu dalam hal mengirim uang, menerima transferan, membayar tagihan, dan juga melunasi kebutuhan lain secara cepat.

Dengan satu aplikasi kita bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik. Kita bisa membuat perincian sebaik mungkin soal pemasukan dan pengeluaran. Biasanya kita tidak mencatat setiap pengeluaran dari ATM karena tidak bisa dikontrol secara berkala. Namun, saat menggunakan bank digital semua bisa dilakukan dengan baik karena catatan mudah dibuat.

Andalkan Jaringan Data

Aplikasi bank digital tidak memotong pulsa selain menggunakan jaringan data saja. Jadi, jika ada aplikasi sejenis yang memangkas pulsa lebih baik ditinggal. Kita tentu tidak mau tiap transaksi pulsa langsung dipotong. Aplikasi yang baik tentu saja tidak melakukan hal demikian.

Semua transaksi hanya mengandalkan jaringan data saja. Keuntungan ini bisa membawa pengaruh besar terhadap nasabah di mana bisa berhemat lagi. Jangan sampai kita harus mengeluarkan dana dua kali untuk tiap transaksi.

Keamanan Terjaga dengan Baik

Bank digital tentu saja memberikan keamanan yang baik terhadap data nasabah. Data ini berkenaan dengan nomor induk kependudukan, nomor telepon, maupun nama. Meskipun kita melakukan transaksi secara berkala, data ini harusnya bisa terjaga dengan baik.

Tiap nasabah bank digital tentu berharap kalau data mereka aman pada server bank. Jadi, kemungkinan kebocoran data bisa dihindari dan nasabah bisa aman bertransaksi. Salah satu aplikasi bank digital terpercaya adalah Senyumku.

bank digital

Senyumku tak lain aplikasi perbankan revolusioner. Kegunaannya adalah membantu nasabah dalam melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Senyumku adalah produk unggulan dari PT Bank Amar Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Sedangkan Senyumku sendiri diluncurkan pada tahun 2019 untuk segala kemudahan transaksi secara digital.

Di Senyumku, kamu bisa mengandalkan fitur Celengan Senyumku di mana kamu bisa menabung dengan bunga pertahun sampai 5.5%. Kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan menabung secara digital ini dalam jangka panjang.

Aplikasi keuangan ini juga bisa memudahkan kamu dalam memantau keuangan secara berkala untuk semua pengeluaran akun bank maupun e-wallet secara otomatis. Jadi, kamu bisa mengerem pengeluaran yang tidak diperlukan.

Jika biasanya biasa admin bisa mencekak kali ini tidak di Senyumku di mana kamu tidak akan dikenakan biaya admin untuk transfer ke rekening lain. Jadi, kamu aman saja untuk melakukan transaksi digital tanpa adanya keraguan sedikitpun.

Nah, apakah sudah yakin untuk melakukan transaksi digital?

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: