Pangsa Pasar

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Memperluas Pangsa Pasar?

Meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis yang Anda kelola bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah perluasan pangsa pasar yang Anda miliki, sehingga produk bisa dikenal di segmen lain, di tempat lain, di platform lain, dan mendapatkan pelanggan serta segmen pasar baru.

Tapi apakah hal ini bisa dilakukan dengan efektif?

Tidak akan mudah tentu, namun perluasan pangsa pasar merupakan hal lumrah yang terjadi ketika bisnis sedang melakukan pertumbuhan atau perkembangan. Beberapa cara bisa jadi solusi untuk mencapai target ini, demi peningkatan pendapatan.

Berikut, kami sajikan strategi perluasan pangsa pasar agar produk atau bisnis Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal, sampai ke titik yang Anda inginkan!

Inovasi dengan Produk Baru atau Modifikasinya

Pangsa Pasar

Sumber : freepik.com

Penting untuk sebuah bisnis selalu memberikan inovasi atau terobosan terbaru untuk menyegarkan brand-nya di dalam pikiran pelanggan. Dengan berbagai modifikasi, atau terobosan, atau penambahan nilai, atau bahkan produk dan layanan baru, semua bisa jadi cara yang dilakukan guna perluasan pangsa pasar.

Tentu, Anda memiliki pelanggan loyal yang selalu akan jadi pasar setia Anda. Namun penting untuk memberikan inovasi agar pelanggan potensial yang masih belum menjadi pelanggan loyal bisa mencapai tahap tersebut.

Dengan kebaruan, Anda bisa mengolah pesan yang disampaikan, branding yang ada pada produk-produk terbaru, sehingga bisa benar-benar memberikan nilai lebih untuk segmen pasar yang belum Anda miliki. Semakin banyak orang tertarik dengan produk Anda, maka semakin luas pula pangsa pasar yang Anda miliki.

Coba ‘Tempat’ Lain

‘tempat’ dalam hal ini tak hanya berarti lokasi fisik atau daerah lain yang mungkin potensial untuk produk Anda, namun juga platform digital lain. Bisa jadi, penyebab mengapa pangsa pasar Anda belum berkembang adalah bahwa produk Anda memang belum dikenali di tempat lain ini.

Membuat toko baru di daerah lain yang potensial, atau membuat akun dan mencoba menawarkan produk di platform digital lain bisa jadi salah satu usaha yang layak dicoba. Tapi tentu saja, hal ini wajib didasari dengan riset pasar yang komprehensif, agar keputusan yang Anda ambil memiliki dasar yang jelas.

Untuk membuka cabang di ‘tempat’ baru akan memerlukan modal, baik itu berupa dana atau sumber daya lain. Maka dari itu, penting untuk merencanakan semuanya, sehingga modal yang Anda keluarkan bisa benar-benar optimal memberikan hasil yang diharapkan.

Identifikasi Selera Calon Pelanggan Potensial

Pangsa Pasar

Sumber : freepik.com

Sebenarnya hal ini berkaitan dengan poin pertama dan kedua, dimana Anda harus melakukan identifikasi pada selera, kebiasaan, pola konsumsi, dan apa yang diharapkan calon pelanggan potensial dari produk yang Anda miliki.

Dasar dari riset ini adalah untuk mengetahui informasi penting tersebut, sehingga dapat dioptimalkan untuk langkah pemasaran strategis lain dalam jangka waktu tertentu. Pasti, akan ada insight baru yang ditemukan sehingga bisa membantu perluasan pangsa pasar.

Pelanggan dalam segmen yang berbeda akan memiliki pola konsumsi atau harapan yang berbeda pula. Maka penting untuk mengetahui hal ini, sehingga bisa menentukan langkah yang tepat dalam upaya perluasan pangsa yang bisnis Anda miliki.

Perluasan Pangsa Pasar dengan Akuisisi

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa melakukan langkah akuisisi atau pengambilalihan bisnis lain yang memiliki segmentasi pasar berbeda dari bisnis Anda. Namun, tentu nilai dari bisnis Anda nantinya akan turut dimasukkan ke dalam produk di bisnis baru ini.

Modal yang diperlukan cukup besar, karena konteksnya adalah mengambil alih bisnis lain yang sudah berjalan dan sudah memiliki pasar jelas. Hal ini bisa dilakukan dengan pertimbangan matang, perhitungan cermat, serta diskusi panjang mengenai untung-rugi dalam berbagai skala.

Ketika Anda memiliki cukup modal untuk mengakuisisi bisnis lain, pastikan bisnis tersebut memiliki kesamaan nilai, atau sesuatu yang bisnis Anda butuhkan. Jadi tak sekedar menggelontorkan dana dalam jumlah besar demi mendapatkan bisnis lain, namun juga wajib dipikirkan apakah bisnis ini memiliki prospek, dapat membantu bisnis utama Anda berkembang, dan bisa mendatangkan keuntungan yang Anda inginkan.

Semua cara di atas bisa Anda lakukan untuk melakukan perluasan pangsa pasar bisnis yang Anda miliki. Yang perlu diingat adalah ketika pangsa pasar sudah semakin luas, maka pengelolaan produksi, distribusi, dan internal bisnis juga wajib ditingkatkan.

Hal ini dikarenakan load pekerjaan yang juga akan meningkat, sehingga jika tidak diimbangi dengan kapasitas kerja yang besar, justru perluasan pasar ini akan menjadi satu bencana besar untuk bisnis Anda.

Nah, salah satu cara mengelola pangsa pasar yang luas adalah dengan menerapkan sistem pembayaran yang optimal. Jokul by DOKU, dalam hal ini, adalah salah satu layanan pengelolaan pembayaran online yang telah terbukti handal. Dapat menangani transaksi dalam jumlah besar secara sistematis, Jokul akan membantu Anda menyelesaikan pembayaran, mengelolanya, dan mencatatnya dengan rinci. Jadi imbangi dengan penggunaan sistem yang kredibel, dan rasakan manfaat perluasan pangsa secara maksimal!

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: