7 Keuntungan Reksadana

7 Keuntungan Reksadana yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah reksadana pasti kerap mampir di telingamu. Namun, masih banyak juga orang yang bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan reksadana.

Reksadana sendiri adalah alternatif investasi bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu ataupun keahlian dalam menghitung risiko investasi. Dengan modal hanya Rp 15 ribu, kamu bahkan sudah bisa investasi reksadana pakai Pluang lho!

Wah, jadi tambah penasaran ya dengan investasi reksadana ini? Supaya kamu makin paham dengan jenis investasi satu ini, kita simak sama-sama yuk berbagai keuntungan investasi reksadana bagi anak muda berikut ini.

Keuntungan Besar Bisa Bikin Jadi Sultan

Investasi reksadana ternyata memberikan keuntungan yang tinggi lho. Kamu bisa mendapatkan keuntungan rata-rata hingga 20% persen per tahun!

Keuntungan ini bisa kamu peroleh dari reksadana saham. Oleh karena tingginya keuntungan reksadana saham, banyak investor muda yang menanam dana di reksadana ini untuk jangka yang panjang.

Alasan investasinya macam-macam. Ada yang menabung untuk biaya nikah, kemudian biaya pendidikan, dan ada juga yang investasi untuk dana pensiun.

Berkaca dari beragamnya alasan para investor ini, mumpung masih muda, berinvestasi di reksadana tampaknya pilihan yang cocok buat kalian yang ngidam jadi sultan di masa depan.

Dana Dikelola oleh Manajer Investasi yang Ahli

Mengapa investasi reksadana cocok dengan kaum muda? Sebab investasi ini tidak menyita banyak waktu dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Saat kamu membeli reksadana, maka kamu menyerahkan proses analisis investasi kepada manajer investasi. Mereka ini adalah para ahli yang memang sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengelola portofolio investasi klien.

Kalau tidak puas dengan kinerja manajer investasi, kamu juga bisa mengajukan komplain dan meminta manajer investasi baru.

Bayarnya mahal dong? Justru karena reksadana ini sifatnya patungan, maka fee manajer investasi bisa dibagi rata dengan semua investor. Biayanya pun jadi terjangkau.

Bisa Mulai Investasi dengan 15 Ribu Rupiah

Fakta ini mematahkan pendapat bahwa investasi itu modalnya besar. Ternyata kamu bisa lho investasi dengan modal 15 ribu rupiah saja ika pakai aplikasi Pluang lho!

Inovasi ini dilakukan supaya seluruh lapisan masyarakat bisa berinvestasi dengan modal yang minim namun mendapat keuntungan yang besar. Menariknya lagi ada produk reksadana keren yang bisa dipilih di aplikasi ini nih yaitu reksadana pendapatan tetap UOBAM Dana Membangun Negeri yang dananya akan dialokasikan ke obligasi BUMN dan juga pemerintah.

Nah, jadi semakin pengen investasi reksadana kan setelah baca fakta ini!

Diversifikasi Risiko Supaya Lebih Aman

Kelebihan lain dari investasi reksadana adalah adanya diversifikasi risiko. Maksudnya adalah uang investor disebar ke berbagai instrumen investasi untuk meminimalisir kerugian.

Risiko kerugian ini terjadi misalnya akibat penurunan harga saham. Dikarenakan uang kita dibelanjakan untuk berbagai saham, maka apabila ada satu saham mengalami penurunan nilai, kita tidak mengalami kerugian yang berarti.

Biasanya nih diversifikasi risiko susah dilakukan kalau kamu investor individual. Dengan reksadana lain ceritanya. Justru karena investasi ini menghimpun dana dari berbagai investor, maka diversifikasi risiko bisa dilaksanakan hingga optimal.

Mudah Dicairkan

Ada masanya tiba-tiba kita membutuhkan dana secara mendadak. Kalau kamu investasi dana di deposito, maka dana ini akan susah dicairkan apabila belum jatuh tempo.

Beda halnya dengan reksadana. Kamu bisa sewaktu-waktu mencairkan dana yang tersimpan di investasi reksadana.

Sebagai investor yang perlu kamu lakukan adalah menjual reksadana yang kamu miliki. Dalam hitungan beberapa saat kamu pun bisa langsung mendapatkan dana segar yang sangat dibutuhkan.

Sebenarnya, itulah salah satu faktor yang paling banyak dipertimbangkan oleh para investor saat membeli reksadana. Selain keuntungan tinggi, reksadana bisa dicairkan kapanpun.

Investasi Makin Mudah dengan Fasilitas Online

Dulu orang-orang wajib datang ke bank atau bahkan ke kantor manajer investasi saat ingin melakukan investasi di reksadana. Sekarang hal itu bisa dibilang ketinggalan zaman, sebab investasi reksadana saat ini bisa dilakukan dengan mudah secara online.

Kamu bisa melakukan investasi ini via website ataupun aplikasi di ponsel pintar, sehingga jadi lebih hemat waktu bagi anak muda yang aktif berkegiatan. Aplikasi investasi ini juga mempermudah kamu dalam mengawasi dana dan investasi yang dilakukan.

Data yang disajikan di aplikasi biasanya realtime, oleh karenanya banyak orang lebih memilih bertransaksi secara online sambil mengamati pergerakan data.

Aman di Bawah Pengawasan OJK

Keuntungan lain dari reksadana adalah keamanannya. Lembaga-lembaga investasi ini wajib mendaftarkan layanannya sehingga bisa diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentunya ini menambah kenyamanan kamu sebagai investor, terutama saat akan melakukan keputusan pembelian investasi. Supaya hati semakin tenang, sangat penting untuk memilih lembaga keuangan yang benar-benar dalam pengawasan OJK dan memberikan transparansi data kepada setiap investornya.

Sebagai saran, cobalah mengecek portofolio dari masing-masing lembaga investasi untuk mendapatkan gambaran yang jelas berapa target keuntungan yang bisa diperoleh serta keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Itulah berbagai keuntungan investasi reksadana bagi anak muda. Ternyata investasi reksadana tidak sesulit yang selama ini dibayangkan bukan? Saat pandemi seperti sekarang ini tampaknya melakukan investasi di reksadana adalah pilihan yang bijak ketimbang menghabiskan uang yang kamu miliki untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Keuntungan investasi reksadana bahkan bisa kamu pergunakan untuk berbagai keperluan penting di masa depan, atau bahkan untuk berlibur melepaskan penat setelah pandemi berlalu.

Pastikan untuk mempertimbangkan setiap risiko dan juga keuntungan saat akan berinvestasi. Dan yang paling penting, jangan lupakan tujuan investasi kamu termasuk jangka waktu yang diperlukan.

Tidak ada investasi tanpa risiko, namun investasi reksadana ini dapat meminimalisir risiko bagi kamu yang awam dengan penanaman modal dan analisis investasi. Selamat berinvestasi!

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: