Zenfone 10: Improve Your Style

Zenfone 10

Gaya hidup sepadan dengan sebuah smartphone dalam genggaman. Setiap gerakan dalam menunjang aktivitas selalu diabadikan dengan kamera smartphone, lantas dipamerkan ke media sosial.

Hukum alam demikian. Mau tidak mau. Siapa yang kurang gaul maka akan tertinggal.

Kejutan ASUS untuk Penggemar Fotografi

ASUS memahami betul kondisi ini dengan mengejutkan kembali dunia gaya hidup anak muda yang gemar foto-foto. Sebuah smartphone yang dibalut dengan warna elegan, manis, dan pas dalam satu genggaman, tak lain Zenfone 10.

ASUS bisa disebut pernah menggemarkan Indonesia pada saat peluncuran Zenfone 3 di Bali 2016 silam. Tak saja mendedikasikan sebuah smartphone yang bersahabat dengan gaya hidup (unggul di kamera), juga mencetak rekor MURI sebagai ajang bergengsi berbasis teknologi (smartphone) yang pernah digelar di Indonesia.

Rekor MURI ASUS

ASUS secara terus-menerus melahirkan Zenfone sampai ke Zenfone 10. Bagi saya pribadi, gerakan yang signifikan ASUS Zenfone adalah saat Zenfone 3 di mana tak saja soal keunggulan di kamera namun juga manis sekali dari segi desain. Zenfone ini dipadu dengan sebaik mungkin dengan material yang ‘mahal’ namun tetap minimalis, prosesor yang kencang juga mendukung ASUS Zenfone yang mendapat sentuhan ZenUI yang kencang serta kamera yang diunggulan tadi.

Berangkat dari sini, Zenfone mulai bermain di sisi amannya dengan tagline ‘kamera’ terbaik yang tidak main-main atau mempermainkan kita semua seperti kamera smartphone lain yang seperti ada ‘pemutih’ saat berfoto.

Dengan hadirnya Zenfone di tengah-tengah kita, kompetisi layaknya perang di medan maya sudah layak mendapat apresiasi. Zenfone 10 mempertahankan ciri khasnya dari segi desain yang minimalis sampai kualitas kamera yang – tetap – dalam kaidah nomor satu.

“Inovasi smartphone tak pernah berhenti, dengan kebutuhan konsumen yang juga tidak pernah mundur, smartphone diciptakan sebaik mungkin pada sisi kamera dengan alasan: selalu dibawa, mudah digunakan baik untuk fotografi maupun videografi, mudah pula berbagi foto ke media sosial maupun sesama smartphone tanpa perlu memindahkan dahulu ke laptop, mampu menyimpan lebih banyak dokumen serta bisa memilih penyimpanan awan, bisa langsung mengedit sebelum publikasi baik foto maupun video, tren kekinian yaitu swafoto dengan kamera terbaik, fitur blur atau bokeh yang menjadi tren juga, serta perangkat yang serba guna (telepon, membaca, menonton, mendengar musik, sampai hal-hal lain yang tidak ditemui pada kemera konvensional,”

Bicara teknologi kamera smartphone tampaknya tidak akan pernah habis dalam beberapa tahun ke depan. Dunia dan gaya hidup makin praktis serta dinamis. Kalau kita mau melihat, beberapa aktivitas saat ini sudah cenderung mengandalkan smartphone. Salah satunya konten kreator yang bisa merekam video, mengedit, bahkan memublikasikan hanya melalui sebuah smartphone!

Selain kamera yang sudah di atas rata-rata, smartphone kelas atas ini juga memuat memori maupun media penyimpanan yang tak kalah besar. Ruang yang lebih dari cukup untuk menyimpan beberapa video kualitas 4K sebelum diupload ke YouTube.

Di ending sebuah smartphone tak lain adalah bermain game. Apapun pilihan smartphone kamu pasti di suatu saat akan bermain game, sehingga selain keunggulan yang sudah saya sebutkan, smartphone yang ada saat ini, termasuk Zenfone 10 sudah memastikan kualitas layar yang tajam, jernih, dan sensitif terhadap sentuhan.

Siapa yang tidak tertarik dengan sebuah perangkat yang lengkap begini?

Baca Juga:
Sebuah Seni Membanggakan Diri dengan Zenfone 9

Zenfone dan Faktor Lucky di Sisi Kamera

ASUS Zenfone sudah malang-melintang di segmen gaya hidup dengan kamera unggul miliknya. Salah satu sisi yang patut diapresiasi terhadap mahakarya sebuah smartphone masa kini.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, Zenfone 3 memberikan konstribusi lebih terhadap penerusnya sehingga ASUS Zenfone menjadi sangat populer. Meskipun tidak bisa diabaikan generasi sebelumnya tetapi gebrakan di Bali adalah titik awal untuk menaiki tangga lebih tinggi lagi.

Generasi Zenfone yang tak bisa dianggap sebelah mata di segmen fotografi karena beberapa sisi ‘lucky’ ini.

Awal kemunculan Zenfone sudah menyasar segmen fotografi, salah satu yang fenomenal adalah Zenfone Selfie.

Smartphone ASUS dikenal sebagai produk yang unggul di sisi daya tahan, termasuk Zenfone yang tidak begitu besar menguras baterai.

Inovasi dari Zenfone lebih kekinian atau ‘mendengar’ saran dari anak muda yang ingin memiliki smartphone dengan warna colorfull, namun balutannya tetap mewah, simpel, ringan, dan nyaman di satu genggaman.

Zenfans tak lain komunitas pengguna ASUS Zenfone yang sering mendapat apresiasi; misalnya diundang ke acara-acara besar yang diselenggarakan secara offline seperti di Bali waktu itu.

ASUS Zenfone bisa terkoneksi langsung dengan ASUS ZenBook yang tak lain laptop unggul dari ASUS untuk berbagai segmen.

Layanan purna jual terbaik di mana terdapat ASUS Service Center di beberapa kota besar Indonesia.

ASUS Zenfone dari generasi ke generasi selalu tampak segar dari segi penampilan sampai kemampuan bekerjanya. Citra yang bagus ini menjadi cikal-bakal untuk tetap ‘lauching’ ditengah sengitnya persaingan.

Compact yang Jadi Inovasi Baru Smartphone Dunia

ZenBook yang hadir di tengah-tengah kita, sebagian dari produk laptop kebanggaan ASUS ini adalah memiliki desain yang compact. Sebuah laptop yang secara tertulis 14 inci namun pada kelihatannya sangatlah tipis, ringan, dan bahkan setara dengan selembar kertas A4.

Tampaknya, desain compact ini menjadi andalan ASUS dalam melahirkan sebuah smartphone unggulan. Sama halnya dengan ZenBook, maka Zenfone yang kini sudah berada di generasi 10 datang dengan desain yang sangatlah dinamis.

Di satu sisi, Zenfone 10 didesain dengan ukuran cukup lebar di atas kertas atau secara tertulis namun pada kenyataannya smartphone ini sangat mudah dioperasikan dengan satu tangan saja. ASUS membawa pengaruh desain yang cukup baik terhadap kompaksitas ini mengingat aktivitas harian pengguna smartphone sangatlah banyak. Bahkan, pada beberapa kalangan, smartphone sudah menjadi alat bantu pekerjaan.

Zenfone 10? Mari kita simak bagaimana kehebatannya menarik minat pengguna dari berbagai sisi, termasuk desain dan kamera!

Generasi Zenfone Kamera Terbaik dari ‘Incredible Race’ Bali 2016

Bagaimana kalau kita kenalan terlebih dahulu dengan seri Zenfone? Sebelum lanjut ke bagaimana sebuah Zenfone melakukan improvisasi terlalu tinggi terhadap gaya hidup kamu, kita kembali ke kenangan Zenfone 3 sampai ke Zenfone 10. Soal kinerja, dan juga soal kamera!

Zenfone Prosesor Grafis ROM/RAM Kamera Tahun
Zenfone 3 Snapdragon™ 625 Adreno™ 506 32GB/3GB

64GB/4GB

16MP (IMX298) 2016
Zenfone 4 Snapdragon™ 630

Snapdragon™ 660

Adreno™ 508

Adreno™ 512

64GB/4GB

4GB/6GB

12MP 2017
Zenfone 5 Snapdragon™ 636 Mobile Platform Adreno™ 509 64GB/6GB 12MP (IMX363) 2018
Zenfone 6 Snapdragon™ 855 Mobile Platform Adreno™ 640 128GB/64GB 48MP (IMX586) 2019
Zenfone 7 Snapdragon™ 865 5G Mobile Platform Adreno™ 650 128GB/6/8GB 64MP (IMX686) 2020
Zenfone 8 Snapdragon™ 888 5G Mobile Platform Adreno™ 660 256GB/16GB

128GB/8GB

64MP (IMX686) 2021
Zenfone 9 Snapdragon® 8+ Gen 1 Adreno™ 730 256GB/16GB

128GB/8GB

50MP (IMX766) 2022
Zenfone 10 Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform Adreno™ 740 128GB/8GB

256GB/16GB

512GB/16GB

50MP (IMX766) 2023

Zenfone yang mewakili tiap generasi memberikan kesegaran yang berarti pada sisi kamera. Kemudian daripada itu, layak sudah jika ASUS Zenfone mendapatkan tempat di satu sudut hati soal ketangkasan kamera. Sentuhan ini yang tampaknya membuat smartphone ini menjadi pilihan di antara pilihan-pilihan lain.

Zenfone

Nah, nostalgia dengan Zenfone memang nggak akan habisnya. Lepas dari ikatan itu, Zenfone membawa pengaruh besar terhadap sisi fotografi pengguna smartphone masa kini. Bagi saya, dimulai sejak Zenfone 3, cita rasa memotret makin berbeda; tidak asal jepret lalu dipublikasikan ke media sosial. Kebiasan ini tampaknya harus dibuang jauh dulu di mana saat ini banyak sekali fitur dari sebuah kamera smartphone yang bisa diandalkan.

Agar kamu dapat memadukan dengan baik gaya hidup dan insting fotografi menggunakan smartphone, saya sarankan ini:

  1. Gabung komunitas fotografi dari sekarang. Dalam mengasah kemampuan fotografi melalui smartphone, nggak salah kalau kamu gabung ke komunitas fotografi agar mengerti celah memotret yang baik dari sebuah kamera ponsel. Tetapi, jika kamu enggan atau tidak ada waktu untuk gabung-gabung komunitas yang besar, kamu bisa memulai dari seorang teman yang selama ini sudah sangat profesional dalam mengambil gambar menggunakan smartphone. Belajar dari hal kecil ini sebelum waktu terbuang klik sana-sini namun hasilnya kurang memuaskan.
  2. Tahu nggak kalau rutinitas yang sering dilakukan makin membuat kita semakin profesional. Artinya, makin sering menggunakan kamera smartphone, insting memotret makin baik pula. Kamu akan mendapatkan insting khusus ketika melihat suatu benda. Berbeda dengan orang lain yang hanya asal foto. Misalnya, ketika kamu dihidangkan sebuah menu di atas meja, apa mungkin langsung dipotret dari atas? Tentu tidak untuk yang sering memotret dan punya insting kuat soal cita rasa foto, akan mendapatkan sudut pandang berbeda dari orang lain.
  3. Gunakan emosi dalam memotret suatu objek. Kenapa sebuah foto atau video bisa mengharukan bagi sebagian orang? Salah satu faktor karena foto tersebut dipotret dengan menggunakan emosi mendalam oleh seorang fotografer. Bahkan, seorang fotografer rela menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan foto terbaik pada sebuah objek, misalnya fenomena gerhana. Emosi ini wajib kamu libatkan dalam memotret meskipun cuma pakai kamera smartphone.
  4. Potret saja lingkungan sekitar karena itulah objek terbaik, unik dan berpengaruh terhadap orang lain. Kamu nggak perlu pergi ke Korea biar kelihatan keren di empat musim. Kamu nggak usah mengimpikan foto di depan Menara Eifel jika beban hidup terlalu besar. Kamu cukup foto apa saja di sekitar karena cerita dari foto ini nggak menutup kemungkinan menerbangkan kamu ke Seoul atau Paris!
  5. Tentu, kamera smartphone kamu harus mendukung banyak fitur dan sensor yang super mewah. Trik sudah dimiliki, saatnya kamu mendapatkan senjata agar pertarungan itu benar adanya. Maka dari itu, kamu membutuhkan Zenfone 10 yang punya ‘peluru’ lebih gesit jika ingin membandingkan dengan yang lain saat ini.

Yuk, masukkan list poin mana yang kira-kira menarik perhatian. Hal-hal kecil ini bisa mengubah sudut pandang kamu dalam berfotografi dan tentu saja makin keren dalam bermedia sosial!

Baca Juga:
Kamera Bagus ZenFone 3 dan Cita Rasa Bali dalam Zenvolution

Improve Your Style

Zenfone 10

Zenfone 10 untuk gaya kamu makin menarik. Gaya lebih baik dimulai dari penjelasan mengenai smartphone yang mungil tetapi kemampuan jauh lebih besar daripada itu.

Zenfone 10

Design Midnight Black

Comet White

Eclipse Red

Aurora Green

Starry Blue

Weight and Dimension 172g, 146.5 x 68.1 x 9.4 mm
Operating System Android 13
Processor Qualcomm Snapdragon 8 Gen2, SM8550, Qcta-core CPUs,3.2 Ghz

Qualcomm Adreno 740

Memory LPDDR5X 8GB

LPDDR5X 16GB

Storage UFS4.0 256GB

UFS4.0 128GB

UFS4.0 512GB

Display 5.9-inch 20:9 (2400 x 1080) 144Hz* Samsung AMOLED display

1100 nits peak brightness

Color accuracy, Delta-E < 1

112% DCI-P3, 107% NTSC, 151.9% sRGB color gamut

Corning® Gorilla® Glass Victus®

Supports Always-on display

Amazon HDR/ YouTube HDR support

 

*The 144 Hz refresh rate can only be enabled in Game Genie while playing mobile games.

Rear Camera Main Camera

50 MP Sony® IMX766 flagship sensor – 1/1.56″ large sensor, 1.0µm pixel size

Quad Bayer technology – 12.5 MP, 2.0 µm large effective pixel size

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0

F1.9 aperture

2×2 OCL PDAF

Single LED flash

23.8 mm equivalent focal length in 35 mm film camera

 

Ultrawide Camera

13 MP sensor

120 ̊ field of view

12.5 mm equivalent focal length in 35 mm film camera

 

Camera modes

Photo, Video, Portrait, Pro (RAW file support), Pro video, Light Trail, Panorama, Night, Timelapse, Slo-mo

Front Camera 32 MP sensor (Uses pixel binning to output 8MP image and the equivalent pixel size is 1.4µm pixel size)

RGBW Technology

Audio Speaker

Dual stereo speakers with Dirac HD Sound

Multi-magnet stereo speakers with Qualcomm WSA8835 smart amplifiers for louder, deeper and less distorted sound effect

 

Audio Output

Hi-Res Audio 192k Hz / 24-bit standard for 3.5mm output

Qualcomm Audio CODEC (WCD9380)

AudioWizard with multiple listening profiles

Dirac Virtuo™ for Headphone Spatial Sound

 

Microphone

Two microphones with OZO Audio Noise Reduction Technology

Video Recording Rear Camera

8K UHD (7680 x 4320) video at 24 fps

4K UHD (3840 x 2160) video at 30 / 60 fps

1080p FHD video recording at 30 / 60 fps

720p HD video recordingat at 30 / 60 fps

Time Lapse (4K UHD video)

Slow Motion video (4K UHD at 120 fps / 1080p FHD at 240 fps / 720p at 480 fps)

Take still photo while recording video (do not support in 8K video recording)

 

Front Camera

FHD/30fps or HD/60fps

Wireless Technology WiFi: 802.11 be/ax/ac/a/b/g/n, 2×2 MIMO

Supports Tri-band 2.4 GHz / 5 GHz/ 6 GHz WiFi

Bluetooth® 5.3 (HFP + A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP), supports LDAC, AAC, Qualcomm® aptX™, aptX™ HD, aptX™ Adaptive, aptX™ Lossless

WiFi Direct

NFC

 

*WiFi 6e & WiFi 7 availability and features are dependent on regulatory limitations.

Navigation GNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou(B1/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC(L5)
SIM Cards NANO SIM/NANO SIM, support DSDS 5G+5G.
Network Standard * ASUS phone 5G/4G band compatibility varies by region, please check compatibility with local carriers.

 

WW version

DC-HSPA+ (DL/UL): 42Mbps / 5.76Mbps ;

LTE 7CA (DL/UL) 2.0Gbps / 211Mbps

5G NR FR1 (DL/UL): 4.92Gbps / 0.55Gbps

 

5G Non-Standalone (NSA): n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n28, n38, n41, n77, n78

5G Standalone (SA): n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n28, n38, n41 , n77, n78

FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 17, 18, 19, 20, 26, 28)

TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42)

WCDMA (Bands 1, 2, 4, 5, 6, 8, 19)

EDGE/GPRS/GSM (2, 3, 5, 8)

 

 

US version

DC-HSPA+ (DL/UL): 42Mbps / 5.76Mbps ;

LTE 7CA (DL/UL) 2.0Gbps / 211Mbps

5G NR FR1 (DL/UL): 4.92Gbps / 0.55Gbps

 

5G Non-Standalone (NSA): n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n25, n38, n40, n41, n66, n71, n77, n78

5G Standalone (SA): n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n25, n38, n40, n41, n66, n71, n77, n78

FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 30, 66, 71)

TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42)

WCDMA (Bands 1, 2, 4, 5, 6, 8, 19)

EDGE/GPRS/GSM (2, 3, 5, 8)

Sensor Accelerator

E-Compass

Proximity

Ambient light sensor

Fingerprint sensor

Gyro (Support ARCore)

Hall sensor

Battery 4300mAh (typ) battery.
Power Adapter Output: +3.3-11.0 V 3.0 A, supports up to 30W, PD3.0 PPS / Direct Charge / QC4.0 adapter

USB power adapter (30W)

Support 15W wireless charging

In the Box Documentation (user guide, warranty card)

Ejector pin (SIM tray needle)

USB power adapter (30W)

USB-C to USB-C cable

Phone case

Cita rasa dari Zenfone 10 sudah dapat dipastikan mendapatkan tempat yang layak di mata pecinta fotografi. Gaya hidup yang sekarang ini digaungkan oleh penggemar media sosial sangat sepadan dengan kemampuan Zenfone 10 ini.

Kita mulai menjelajahi keunggulan-keunggulan dari Zenfone 10 ini.

Compact Size dalam Design Elegan

Zenfone 10? Sebuah penerus ASUS Zenfone yang tidak main-main soal ‘nyaman’ dalam genggaman. Biasanya jika layar di atas kertas 5,9 inci, jelas terlihat lebih bongsor dan sulit sekali dioperasikan dengan hanya satu tangan saja.

Seperti yang sudah saya singgung, ASUS mulai menciptakan sebuah produk yang ramah sekali pada sisi desain tetapi sangat menarik untuk dilihat. ZenBook sudah memulai sisi ‘compact‘ dengan ukuran layar 14 inci tetapi terlihat sangat mungil sekali.

ASUS Zenfone

Nah, untuk Zenfone 10 ini ASUS juga menerapkan ‘compact’ yang serupa di mana dengan layar secara tertulis ‘besar’ namun saat digenggam malah ‘muat’ di satu tangan. Penawaran ini tentu saja harus melewati ‘harga mahal’ agar bisa mendapatkan sebuah produk yang compact tersebut.

One-handed Size‘ menjadi tagline saat menyentuh Zenfone 10 untuk beragam aktivitas dalam menunjang gaya hidup. Dan benar, satu tangan saya sudah lebih dari cukup untuk apa kedua tangan ‘cuma’ untuk menggenggam smartphone padahal bisa dipergunakan untuk memegang yang lainnya.

Compact di sisi bodi membuat Zenfone 10 menjadi sebuah smartphone berbeda pada levelnya. Di antara model serupa, ASUS benar-benar paham bahwa gaya anak muda tidak selalu dengan layar besar saja namun ringkih saat dipegang. Anak muda butuh yang lebih segar daripada itu karena kehidupan dinamis dengan bantuan smartphone sudah tidak bisa dielak lagi.

Bukankah kita ingin menjadi bagian dari ‘compact’ ASUS Zenfone 10 ini? Nggak ada salahnya menimbang-nimbang terlebih dahulu karena tidak saja soal compact ini yang dimiliki Zenfone 10. ASUS tidak melewatkan sisi ramah lingkungan dari sebuah smartphone.

ASUS tampaknya memperhatikan betul soal lingkungan hidup yang makin tidak ramah. Maka ‘Eco-friendly Material‘ menjadi tagline selanjutnya dalam melahirkan sebuah bodi smartphone tanpa membuang sisi-sisi elegan, mewah, dan mahal yang ada dalam diri sebuah Zenfone.

Zenfone 10 didesain dengan sangat baik. Bodi bagian belakang terbuat dari polikarbonat yang berbasis bio sehingga sangat ramah lingkungan. Tidak saja elegan, material ini juga untuk mengurangi penggunaan petrokimia pada perangkat elektronik.

Smartphone ASUS ini datang untuk meminimalkan jejak karbon di dunia yang makin menjadi-jadi. Desain ini menjadi kebanggaan tersendiri karena secara tidak langsung, ASUS sudah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan agar terus bersih, sehat, dan dinamis dengan kehidupan berteknologi tinggi.

Bodi Zenfone 10

Tidak berhenti pada material smartphone saja, ASUS juga menerapkan penggunaan kotak atau box Zenfone 10 dengan 100% kertas daur ulang. Bahan ini tak lain tinta berbahan dasar kedelai, dirancang agar dapat didaur ulang pula untuk pembuangan berkelanjutan di tengah maraknya sampah yang tidak mudah didaur ulang.

Zenfone 10 terbilang cukup ringan yaitu hanya 172 gram saja. Sudah bisa dipastikan bahwa bodi yang imut, ringan di satu tangan, praktis saat penggunaan, dan dinamis dengan kebutuhan harian pengguna internet (smartphone).

Sisi ‘compact’ ini tampaknya makin seru dan dibutuhkan untuk membuat smartphone tidak saja berlomba-lomba pada layar besar tetapi melupakan pegalnya tangan memegang smartphone dalam waktu lama.

Bodi HP

Kita, dan semua orang – tanpa perlu mengikuti survei – sudah sangatlah lama menggunakan smartphone. Jika dulu smartphone adalah untuk bermain game, menonton, maupun berinternetan saja, sekarang sudut pandang itu sudah berubah. Orang-orang menggunakan smartphone sebagai alat yang membantu sebagian besar pekerjaan; baik sebagai konten kreator maupun pekerja lain (ASN, Swasta, maupun lain-lain).

Ada sisi lain dari Zenfone 10 yang disebut dengan ‘ZenTouch 2.0‘ yaitu sebuah modul penting dari bagian multitasking pengoperasian satu tangan.

ZenTouch 2.0 pada Zenfone 10 adalah mengusap tombol di bagian bodi sebelah kanan untuk menggerakkan up and down. Keren pasti untuk teknologi yang terbilang baru ini.

ZenTouch 2.0 tidak saja berfungsi memindah tempat dari layar atas ke bawah atau sebaliknya saja, fitur ini memungkinkan pengguna (selain membuka kunci ponsel) juga untuk mengontrol pemutaran video, penelusuran website, dan tentu membaca notifikasi yang tiba-tiba muncul.

Zentouch

Teknologi yang dihadirkan pada Zenfone 10 tergolong baru dan mengagumkan karena aktivitas satu tangan makin terbantu dengan lebih cepat.

Pengalaman lebih praktis pada Zenfone 10 adalah dengan penyempurnaan Edge Tool 2.0. Tahu nggak kalau Edge Tool 2.0 adalah akses ke panel kontrol dengan lebih cepat tanpa perlu menyentuh layar dari atas ke bawah. Cukup menggunakan ibu jari akses ke beberapa fitur penting langsung terlihat.

Kadang pengguna smartphone memang sering sekali mendapatkan kesulitan saat membuka fitur tertentu. Di Edge Tool 2.0, fitur penting misalnya galeri bisa dengan mudah diakses maupun fitur untuk on/off WiFi yang lebih praktis.

Edge Tool

Kehidupan sudah sangat berat untuk apa dibuat makin ribet bukan? Jalan pintas dari Edge Tool 2.0 membukakan kesempatan pengguna untuk bisa berhemat waktu. Aktivitas tanpa batas pun bisa dilakukan sebaik mungkin.

Zenfone 10 termasuk ke dalam smartphone yang colorfull. Sisi menarik untuk kesempurnaan bagi sebagian orang yang ingin hidup lebih segar. Pada sebagian anak muda, pilihan warna menjadi sangatlah penting agar hidup tidak monoton.

Pilihan warna Zenfone 10 memberikan kesempatan kepada orang yang berbeda karakter untuk memilih warna sesuai karakternya itu.

Warna Zenfone 10

✅Midnight Black

Warna gelap mungkin sangat cocok untuk mereka yang ‘sedikit’ ceroboh. Biasanya orang yang tipe ini menyimpan smartphone pada sembarang tempat sehingga bisa kena debu, tergores, kena tumbahan susu atau kopi. Meskipun bisa dibersihkan tetapi bekas-bekas ini bisa membuat bodi smartphone tidak enak dipandang. Bagi mereka yang hidup suka-suka begini, Midnight Black dari Zenfone 10 sangat cocok untuknya.

✅Comet White

Bisa ditebak kalau Comet White adalah untuk mereka yang keseharian sangatlah bersih atau tidak boleh ada cacat sedikitpun pada banyak bagian kehidupannya. Pemilihan warna ini cocok untuk orang tipe ini karena ia akan menyimpan barang milik pribadi atau yang disukainya pada tempat yang aman. Misalnya, Zenfone 10 disimpan pada dompet khusus sehingga aman di dalam tas maupun ransel. Belum lagi saat duduk, orang tipe ini akan meletakkan tisu terlebih dahulu baru kemudian meletakkan bodi Zenfone 10 di atasnya!

✅Eclipse Red

Jika semangat makin hari menyala-nyala, Eclipse Red sangat cocok agar semangat makin bertambah. Darah muda mengalir dengan panas pada orang yang penuh semangat ini. Tak bisa dipungkiri bahwa warna merah sangat identik untuk mereka yang tidak pernah mundur dari pertarungan dalam sedetik saja. Maka, warna ini sangat direkomendasi untuk mereka yang sedang panas-panasnya menjalani kehidupan agar makin gempar dunia dibuat melalui game maupun media sosial berkat foto cantiknya.

✅Aurora Green

Orang-orang yang berada di ambang pertengahan warna Aurora Green sangatlah cocok. Kalau ada pilihan jawaban dari sebuah pertanyaan, mereka biasanya akan memilih ‘netral’ saking tidak mau membangun debat terhadap suatu apapun. Warna ini bisa mengademkan keadaan dan membuat suasana tampak lebih segar meskipun sesekali peduli terhadap sekitar.

✅Starry Blue

Warna yang lembut, Starry Blue, cocok untuk mereka yang kalem, penuh kharismatik, dan tentu saja pendiam. Meskipun warna ini cocok untuk tipe lain juga namun sisi lembutnya tidak bisa diabaikan begitu saja. Kalau kamu ingin terlihat lebih soft luar dan dalam, nggak ada salahnya memilih warna ini agar kehidupan makin ‘baik’baik saja’ dalam banyak masalah silih berganti.

Bagus bodi bagian luar dengan warna-warna terbaik tidak lantas membuat Zenfone 10 cukup berhenti di sini saja. ASUS mendapatkan sertifikat IP68 untuk Zenfone 10 agar tahan terhadap air.

IP68

Kamu kehujanan atau sengaja main hujan agar foto makin keren? Smartphone kelas atas saat ini sejatinya wajib memiliki sertifikat IP68. Aktivitas yang dilakukan tidak tentu sedangkan kebutuhan pekerjaan tidak mengenal sedang hujan atau tidak.

Ketahanan air IP68 pada Zenfone 10 tak lain untuk menghindari cipratan tak terduga dan memungkinkan pengguna bisa menikmati hari-hari lebih menyenangkan. Jangan salah paham ya, bukan berarti Zenfone 10 bebas kamu bawa berenang berjam-jam karena sudah IP68!

Abadikan Momen dengan Kamera Terbaik

Sisi unggul yang ingin ditampilkan oleh Zenfone 10 adalah bagian kamera. ASUS menyempurnakan sisi kamera smartphone ini dari berbagai sisi. Aktivitas harian yang sama sekali tidak bisa diabaikan karena kamera selalu ‘klik’ meskipun pada hal remeh-temeh.

Zenfone 10 memiliki kamera 50MP dengan sensor Sony IMX766. Rear Camera ini membuat smartphone ‘compact’ tersebut berada di level lebih tinggi dalam seni fotografi. Insting saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil kamera terbaik. Dengan menggunakan sensor dari Sony IMX766 diharapkan hasil dari kamera utama Zenfone 10 mampu bersaing dengan keunggulan kamera ponsel lain. Perekaman video di Zenfone 10 sudah mendukung 4K yang akan memberikan pengalaman lebih baik.

Wide Camera sudah menjadi kebutuhan tambahan akhir-akhir ini. Zenfone 10 memboyong 13MP untuk sudut yang lebih luas. Dengan begitu, momen yang tidak bisa ditangkap oleh kamera utama bisa diabadikan melalui lensa kedua ini tanpa memudarkan kualitasnya. Kamu bisa mengandalkan kamera ini untuk momen-momen bersama orang-orang tersayang dalam frame yang ramai.

Front Camera adalah sebesar 32MP dengan RGBW yang menarik perhatian. Kamu bisa bebas selfie sebanyak-banyaknya tanpa perlu memedulikan kualitas yang buram.

Kamera Zenfone 10

Kamera Zenfone 10 akan menemani gaya hidup anak muda yang begitu foto langsung kirim ke media sosial. Kamu nggak perlu mengedit lagi karena fitur-fitur di kamera Zenfone 10 sudah sangat baik dan ciamik.

Fitur kamera Zenfone 10 antara lain:

✅ Photo

✅ Video

✅ Portrait

✅ Pro (RAW file support)

✅ Pro video

✅ Light Trail

✅ Panorama

✅ Night

✅ Timelapse

✅ Slo-mo

Kamera Zenfone 10 memiliki fitur AI Object Sense yang menakjubkan. Kadangkala kita merasa bahwa hasil foto yang diambil menggunakan kamera smartphone kurang memuaskan atau tidak bagus. Mungkin saja, pengaruhnya adalah begitu kamera di-klik hasilnya langsung jadi.

Zenfone 10 tampaknya berbeda berkat AI Object Sense yang lebih mengandalkan kualitas daripada ketepatan potret. Fitur ini akan mengolah gambar terlebih dahulu sebelum diperlihatkan pada galeri smartphone.

✅ Input

Saat kamu mengarahkan kamera Zenfone 10 ke objek tertentu, pemandangan alam atau objek lain dalam jarak lebih dekat, kamera langsung menangkap objek dengan tingkat akurasi tinggi. Begitu di-klik ‘sebenarnya’ hasil foto sudah jadi namun berbeda dengan Zenfone 10 karena AI Object Sense mengolah foto ‘mentah’ terlebih dahulu sebelum menjadi lebih cerah.

✅ Segmentation

Segmentation adalah proses pengolahan foto setelah pengampilan (input) dengan teknologi AI Object Sense yang melekat padanya. Optimalisasi hasil foto ini sangat cepat sehingga kita bisa langsung melihat hasilnya dalam sekejap. Jadi, bukan berarti setelah klik kita harus menunggu terlebih dahulu beberapa detik baru muncul hasilnya.

✅ Output

Foto yang sudah diolah menggunakan AI Object Sense akan terlihat lebih mengagumkan, tanpa perlu dipoles lagi, dan tidak harus melakukan apapun agar terlihat lebih nyata. Biasanya, kita mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mengolah foto sebelum dipublikasikan. Dengan AI Object Sense, Output yang dihasilkan ini jauh lebih menakjubkan.

AI Object Sense

Foto yang jernih tentu menjadi bagian penting agar gaya hidup bermedia sosial makin dikagumi. Selain pengolahan hasil foto terbaik, Zenfone 10 juga dapat diandalkan selama proses zoom in dan zoom out.

Fitur itu adalah HyperClarity. Biasanya, saat melalui pembesaran pada suatu objek, makin lama makin pecah gambar tersebut. Jejak ini menggunakan Original Algorithm sehingga pada titik tertentu, gambar yang sudah mendapat sentuhan zoom tersebut bisa tidak terlihat detailnya sama sekali.

Di Zenfone 10, HyperClarity membantu menjernihkan gambar-gambar dalam zoom yang lebih lama. Detail gambar tidak berubah meskipun sudah sampai ke puncak gedung. Dalam hal ini, detail sangat dibutuhkan apalagi jika berkenaan dengan pekerjaan yang butuh ketelitian tinggi.

HyperClarity

Di sisi lain, foto saja tidak cukup dalam mengabdikan momen. Fitur video pada Zenfone 10 juga sangat menakjubkan berkat 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0.

Apa itu 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0? Tak lain kestabilan dalam mengambar sebuah video. Fitur ini tentu berlaku untuk video dan foto yang bebas dari guncangan. Video dan foto yang diambil dari objek bergerak tetap mendapatkan sentuhan utuh tanpa adanya blur atau tidak menyatu sesuai keinginan.

Zenfone 10 membuat gambar tetap stabil berkat perangkat keras anti guncangan OIS, peningkatan algoritma perangkat lunak Electronic Image Stabilization (EIS), dan fokus otomatis yang cepat sehingga gambar bergerak pun bisa ‘diam’ dalam satu frame.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0

Dalam banyak kesempatan, kita tentu ingin gambar-gambar yang diambil dalam waktu cepat bisa mendapatkan hasil tanpa guncangan. Zenfone 10 benar-benar bisa diandalkan untuk itu!

Setelah adanya 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0, Zenfone 10 membawa serta Adaptive EIS yang akan membuat video makin stabil pada tingkatan lebih tinggi. Adaptive EIS akan mendeteksi gerakan, melakukan penyesuaian dinamis terhadap objek, dan menjaga video tetap stabil meskipun penggunanya berganti tangan.

Adaptive EIS menggunakan teknologi Gyro agar kestabilan pada video tetap terjaga dengan baik. Dalam mendukung video stabil, teknologi lain yaitu OZO Audio akan menghilangkan kebisingan angin untuk rekaman lebih jernih, dan juga menangkap pengalaman suara Surround 3D dengan fidelitas tinggi.

Adaptive EIS

Momen berharga dalam bentuk video ini sudah bukan rahasia lagi selain disimpan juga akan dibagikan ke media sosial. Jadi, nggak perlu malu lagi hasil video penuh guncangan atau kebisingan karena Zenfone 10 sudah membantu menghindari hal demikian.

Kamera Zenfone 10 juga dapat memotret objek tegak dengan lebih baik berkat fitur Flexible Portrait Mode. Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang berbeda misalnya terlihat lebih tinggi, lebih kurus atau lain-lain yang bisa disesuaikan dengan teknologi ini.

Dalam urusan pencahayaaan, terdapat fitur Handheld Light Trail yang membuat hasil foto dalam cahaya tertentu tetap pada konsep yang nyata. Tentu perlu untuk membuat kenyamanan makin nyata mengingat banyak sekali aktivitas malam hari yang tidak bisa dihindari.

Ada satu fitur yang tidak boleh dilupa sebagai penunjang gaya hidup. Fitur itu adalah RGBW Sensor. Tak bisa dielak bahwa kebutuhan swafoto makin dekat dengan kehidupan kita.

Di suatu waktu, hasil selfie tidak begitu baik dan kurang memuaskan. Maka, teknologi RGBW di kamera depan Zenfone 10 bisa membantu mendapatkan hasil lebih baik meskipun dalam cahaya minim.

Pada saat mengambil gambar selfie, piksel putih ditambahkan ke piksel RGB tradisional agar meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan pada kondisi redup. Hasilnya tentu lebih cerah atau terang pada objek selfie.

RGBW Sensor

Sisi kamera Zenfone 10 tidak bisa dilupakan begitu saja. Keunggulan ini layak mendapat apresiasi agar gaya hidup sejalan dengan segala keinginan yang masih menjadi impian atau masih sebatas khayalan.

Kencangkan ‘Sabuk’ untuk Melampaui Batas

Kamera bagus, performa lamban?

Itu bukan Zenfone 10. Balutan desain yang ‘compact’ lalu dengan warna-warna elegan, serta kamera yang luar biasa dipadu dengan kinerja melampaui batas. Kamu seperti dibuat tidak ada kesempatan untuk berhenti dari aktivitas yang gesit ini.

Zenfone 10 bekerja bersama Snapdragon® 8 Gen 2 dengan kecepatan tanpa batas. Kamu akan menikmati betapa gesitnya kinerja prosesor generasi terbaru dari Qualcomm ini.

Snapdragon® 8 Gen 2

Apa Saja Keunggulan dari Prosesor di Zenfone 10?

✅ +15% CPU Performance

Snapdragon® 8 Gen 2 tak lain sisi baik untuk sebuah prosesor karena pemakaian kinerja +15% CPU membuat Zenfone bisa bekerja lebih maksimal. Tenaga yang dikeluarkan tidak berlebihan sehingga akan mengurangi panas berlebihan meskipun saat bermain game dalam waktu lama.

Performa yang dihadirkan oleh Snapdragon® 8 Gen 2 sangat seimbang pada pekerjaan. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh sebuah smartphone yang kerjanya multitasking; jika berbicara banyak sekali aplikasi yang bekerja di latar belakang seperti media sosial yang tetap aktif mengirimkan notifikasi meskipun kita sedang bermain game, maupun sedang menonton live streaming.

✅ +20% GPU Performance

Snapdragon® 8 Gen 2 juga memberikan ‘penghematan’ besar-besaran pada performa GPU Zenfone 10. Penggunaan yang berlebihan memang tidak dianjurkan karena makin lama menatap smartphone makin tidak baik untuk mata. Namun dengan pemakaian +20% GPU memungkinkan performa grafis tidak membuat mata sakit meskipun menatap lama smartphone ini.

✅ +15% Power Efficiency

Efisiensi dari Snapdragon® 8 Gen 2 adalah bagaimana memaksimalkan kinerja baterai sehingga +15% lebih baik penyerapannya. Sebagai pengguna smartphone kita sangat sering kesal saat baterai cepat habis sedangkan pekerjaan masih banyak. Prosesor ini akan membantu hemat daya yang membuat pengguna lebih aman dan nyaman saat menggunakan Zenfone 10.

Kencangkah sudah sabuk pengaman kamu?

Jangan berhenti sampai di sini. Masih ada RAM, ROM, dan Battery yang akan membuat sabuk itu harus lebih erat!

Tentukan ROM dan RAM Terbaikmu!

✅ Up to 16GB LPDDR5X RAM

Zenfone 8 memberikan dua pilihan untuk RAM yaitu LPDDR5X 8GB dan LPDDR5X 16GB. Pilihan yang tepat untuk memadukan kinerja bersama Snapdragon® 8 Gen 2. Kamu bebas memilih 8GB atau 16GB, tentu sesuai kebutuhan dan juga isi dompet. Jika merasa 8GB sudah melebihi atau cukup, nggak perlu lagi naik ke 16GB. Namun jika kebutuhan kerja lebih banyak, 16GB adalah pilihan terbaik agar tidak menghambat produktivitas.

Up to 512GB UFS 4.0 ROM

Berbeda dengan RAM, media penyimpanan atau ROM Zenfone 10 dibagi menjadi 3 yaitu, UFS4.0 128GB, UFS4.0 256GB, dan UFS4.0 512GB. ROM dengan jenis UFS4.0 sudah mendapat sentuhan lebih baik dalam kecepatan simpan data. Dalam hal ini, kamu juga berhak menentukan pilihan ROM mana yang sesuai. Jika kira-kira penyimpanan sebatas foto ‘seadanya’ saja mungkin 128GB sudah cukup. Jika kemungkinan suatu saat akan merekam banyak video, 256GB bisa menjadi pilihan. Namun, jika ada waktu merekam video 4K dan menyimpan beberapa game, 512GB adalah pilihan terbaik.

Sesudah RAM dan ROM, apalagi yang harus dikencangkan agar performa makin aman?

Baterai dalam Waktu Lama

4300mAh Battery

Zenfone 10 mendapatkan long life battery dengan 4300 mAh dengan +12,9% lebih hemat. HyperCharge juga mendukung kecepatan waktu dalam mengisi daya sehingga tanpa perlu menanti waktu lama atau bahkan berjam-jam untuk baterai terisi 50% apalagi 100%.

Bekerja dengan baterai yang hemat tak lain pilihan pengguna smartphone saat ini. Hemat baterai tentu hemat tenaga untuk mencari colokan listrik, dan juga aman bagi sebuah smartphone. Pada beberapa smartphone yang terlalu sering diisi daya selain merusak port pada pengisian daya juga merampas daya tahan baterai.

4300 mAh

Kamu nggak perlu takut sebentar-sebentar harus mengisi daya karena Zenfone 10 sudah ‘aman’ soal sisi cepat habis baterai itu.

✅ 15W Wireless Charging

Teknologi isi daya tanpa kabel sudah menjadi keharusan saat ini. Tiba-tiba lupa membawa charger bisa diisi dengan alternatif lain yaitu Wireless Charging. Gaya hidup akan tetap terpenuhi berkat pengisian daya melalui perangkat ini dan aktivitas tidak tertunda lama.

Wireless Charging

Pengisian daya melalui Wireless Charging juga lebih cepat. Kamu nggak perlu menunggu lama untuk penuh atau ‘antre’ dengan orang lain yang ingin segera mendapatkan baterai untuk gadget mereka.

Sensitivitas Layar Zenfone 10

Layar sebuah smartphone adalah sisi terang dalam gelap. Layar smartphone yang ‘seadanya’ saja akan membuat kehidupan makin gelap pula. Siapa pula yang mau berlama-lama pada layar smartphone yang redup, atau tingkat sensivitasnya kurang. Kita perlu yang gesit, bahkan ‘tanpa menyentuh layar’ pun sudah bisa bergerak sendiri. Seperti diangin-anginkan; meskipun itu tidak mungkin.

Layar Zenfone 10

Layar Zenfone 10 sudah sangat aman berkat Corning® Gorilla® Glass Victus® yang tentu akan terhindar dari goresan. Kamu bisa memproteksi layar lebih baik untuk menjaga smartphone ini aman sentosa dalam waktu yang lama.

Samsung AMOLED juga membantu layar Zenfone 10 dengan resolusi 20:9 (2400 x 1080). Layar dari Samsung ini juga memproteksi Seamless Pro dengan kecepatan kerja 120Hz, yang memungkinkan sentuhan layar makin sensitif seperti perasaan kamu kepadanya. Untuk membantu pengguna agar terhindar dari sakit mata, layar Samsung ini juga sudah diproteksi dengan Eye Care Display yang akan membantu kesehatan mata meskipun lama menatap seseorang di layar smartphone.

Kerapatan piksel pada Zenfone 10 juga mendapat bantuan dari Pixelworks agar setiap sudut yang ditampilkan pada layar juga lebih baik.

Layar Zenfone 10 juga mendukung Always-on display untuk kebutuhan pengguna yang lebih elegan dan manis. Tak hanya itu, dukungan dari Amazon HDR/YouTube HDR akan membantu penayangan lebih mantap saat sebuah video dihidupkan.

Corning® Gorilla® Glass Victus®

Nah, ada yang nggak boleh dilupa dari layar Zenfone 10 ini.

✅ 144Hz Refresh Rate

Layar Zenfone 10 datang dengan refresh rate 144Hz. Tetapi ada catatan penting dari ASUS bahwa,

“Kecepatan refresh 144Hz hanya dapat diaktifkan di Game Genie saat bermain game seluler.”

Memang, pada dasarnya refresh rate berkaitan dengan bermain game sehingga penyematan di Zenfone 10 juga sangat layak. Adakalanya kamu akan bermain game dengan Zenfone 10 karena layar sudah mewah, prosesor sudah sangat kencang, dan audio juga sangat jernih. Nggak mungkin kamu nggak akan tergoda!

✅ Amankan Game Kesukaan Kamu

Main game di HP

Game Genie adalah fitur yang bisa kamu aktifkan untuk mendapatkan pengalaman terbaik bermain game di Zenfone 10. Saat kamu masuk ke Game Genie maka akan mendapatkan pengalaman menakjubkan di layar dalam pancaran refresh rate 144Hz.

Dengan prosesor, memori, layar, dan juga daya tahan baterai seimbang, rasanya wajar jika kamu main banyak game di Zenfone 10. Mungil dalam satu genggaman tidak masalah asalkan kamu punya trik yang kuat untuk menjadi pemenang dalam setiap permainan.

Audio di Zenfone 10

Suara yang menggelegar dari Zenfone 10 tak lain berkat Audio dari DIRAC yang mampu menjernihkan suara melebihi batas keinginan kita. Qualcomm Audio CODEC juga membantu suara yang dilahirkan makin baik didengar meskipun menggunakan earphone. Dijamin, kamu nggak akan terasa sakit telinganya meskipun membesarkan volume lebih karena di sekitar sangat bising.

Audio

Zenfone 10 menghadirkan suara lebih bertenaga dengan kualitas terbaik dari speaker stereo ganda. Kamu juga akan mendapatkan suara teater berkat Dirac Virtuo™ untuk sebuah tontonan lebih menarik.

Tak bisa dielak, main game maupun menonton video makin nyaman berkat suara yang nyaman di telinga. Zenfone 10 adalah pilihan kamu untuk multimedia dan gaming lebih seru.

UI/UX

ASUS memberikan kesan lain pada Zenfone 10 dengan menghadirkan UI/UX lebih maksimal. Pengalaman multitasking semakin terdepan berkat sentuhan interface yang sangat bersahabat, mudah dioperasikan, dan tidak membingungkan seperti beberapa produk lain.

UI/UX

Interface ini rasanya sangat penting. Sebagai pengguna kita sering kebingungan mencari fitur tertentu dengan cepat tetapi berkat UI/UX ASUS memudahkan dan cepat didapat. Hal yang seakan tidak perlu pada dasarnya sangat dibutuhkan dalam keseharian pengguna smartphone.

Connex Case

Zenfone 10 membawa set yang menarik untuk dikoleksi. Aksesori itu tak lain adalah Connex Case. Connex Smart Stand akan membantu kamu bekerja lebih baik atau menonton lebih nyaman karena penyangga ini sangat kokoh, juga tidak terlalu berat. Selain penyangga ponsel pintar, terdapat juga Kartu Connex untuk menyimpan kartu penting.

Connex Case

Sudah siap memiliki Zenfone 10?

Baca Juga:
Kenapa Laptop ASUS Layak Dibeli?

Zenfone 10 di Indonesia

Zenfone 10 diluncurkan di Indonesia pada 29 September 2023. Sebelum itu, telah diperkenalkan ponsel ‘compact’ ini kepada media. Perkenalan pembuka yang menarik perhatian karena Zenfone 10 sudah sangat dinantikan kehadirannya di Indonesia.


Harga Zenfone 10 Launch Sales Promo

Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.

Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Ketersediaan Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :

Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.

Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Zenfone 10

Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

23 Comments

  1. aku tergoda dengan tampilan kamera belakangnya, unik 😀

  2. suka deh asus zenfone 10 yang warna hijau. dan baru tahu kalau casing dan box nya eco-friendly. jadi kepengen juga

  3. warna favorit aku pula hijaunya itu wkwkkw, gemes liat specnya kece banget, nabung dulu lah, biar bisa kebeli , hehehe 🙂

    1. Kereeeen. Itu satu kata yang bisa menggambarkan semua speknya dan sukses meracuni otak dan dompet saya. Haduuuuh

  4. Ngelihat Asus Zenfone 10 yang rilis bulan kemarin malah kepengen upgrade smartphone yg lama nih.

  5. Saya termasuk menyukai2 produk2 Asus Zenfone nih sejak dulu, kamera nya lumayan bagus buat kegiatan fotografi outdoor

  6. ukuran compact namun peformanya luar biasa ya. Warna-warnanya segar dan hasil foto dan videonya bagus. cocok sih buat content creator yang butuh handphone serba bisa dan mudah dibawa kemana-mana

  7. Saya belum pernah pakai Zenfone. Harganya lumayan juga ya. Harus nabung dulu dikit-dikit.

  8. Ini tuh hape incaran saya, makin mupeng deh baca review ini

  9. keren banget nih smartphone, bodynya kecil tapi kemampuannya luar biasa, itu prosesornya cepet banget ya, ini smartphone kan ya, bener-bener deh kecil-kecil cabe rawit

  10. Zenfone 10 ini sepertinya smartphone serbabisa ya. Kagum sama spek kameranya sih kalo saya. Dengan sensor Sony, tentu hasilnya jepretannya juga wow. Desainnya juga keren sih zenfone 10 ini, gak terlalu besar tapi ternyata di dalamnya powerful ya.

  11. Asus Zenfone 10 idaman banget buat bikin konten nih kak. Spec-nya mantap pokonya

  12. Zenfone ini bikin ngiler banget. Emang jaman sekarang harus fokus juga sama fotografi. Terus aku suka banget ukuran Zenfone 10 yang cuma segenggam ini

  13. Senangnya pake ASUS tuh, servis center udah banyak cabangnya di berbagai kota, bahkan kota kecil. Pernah punya ASUS zenfone berapa itu dulu lupa, pas error karena kebanyakan apk, bingung nyari center di mana, pas searching ternyata di Pekalongan ada. Langsung ke sana buat reset. Pelayanannya ramah sekali.

  14. Entah kenapa saya sangat suka dengan model kamera belakang dan warna yang disuguhkan asus di smarphone Asus Zenfone 10 ini

  15. sepupu aku nih suka banget fotografi, kayaknya mau aku saranin beli ini aja deh. soalnya fiturnya bikin mupeng

  16. Kalau buat ngonten, ini HP keren banget. Bisa direkomendasikan ke temen-temen ne.

  17. Kebetulan juga pakai Zenfone 10, btw saya posisinya sebagai content creator. Manfaatin spesifikasi HP tersebut untuk buat konten di Canva dan ambil foto produk. Canggih Pokoknya mah.

  18. Asus Zenfone ini didesain untuk para content creator. Kameranya itu bikin ngiler speknya, apa nggak bagus banget hasilnya?

    Cuman apakah asus sudah meru ah dirinya jadi lebih dingin?

  19. Keren yaaa zenfone 10 ini, kaya pengen punya juga jadinya buat keseharian. Apalagi buat ngonten kayanya bakal cocok banget siiihh

  20. walau imut ukurannya, tapi kaya akan fiturnya.
    mau banget nih ponsel untuk dukung pekerjaan

  21. Setuju banget untuk ASUS yang tiada henti berinovasi.
    Karena inovesinya tersebut, terkait kenyamanan pengguna, namun tidak mengurangi fungsi dan fitur tercanggih yang dibutuhkan para generasi Z.
    Uniknya, ASUS masih mempertahankan ciri khasnya yakni modelnya yang compact yaa.. Ga meniru smartphone flagship zaman sekarang yang layarnya lebar sehingga kadangkala jadi menyulitkan penyimpanan plus saat menggunakannya.

  22. Fiturnya menarik dengan kualitas foto dan video yang oke bisa jadi pilihan bagi yang suka foto maupun merekam tiap momen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *