ROG Phone 2
Gadgets,  Teknologi

Ulasan Lengkap ROG Phone 2 dan 3 Pilihan Paket Penjualan

Ulasan Lengkap ROG Phone 2 dan 3 Pilihan Paket Penjualan – Mari mengubah sudut pandang dalam menilai mobile game dengan ROG Phone 2. Dunia game adalah sebuah kepingan yang sama sekali tidak bisa dilepas dalam kehidupan multitasking. ROG Phone 2 tentu membawa perubahan dalam industri mobile gaming. Samsung Galaxy Note 10+ Saja Jauh Lebih Lelet dibanding ROG Phone 2.

Setiap langkah adalah bermain game untuk saat ini. Memang tidak semua orang larut di dunia game tetapi banyak pandangan yang mengharuskan orang bermain game, apakah sekadar bersenang-senang atau membunuh waktu biar tidak semakin bosan. Sebuah perangkat mobile yang ramah terhadap game menjadi perhatian khusus. Alasannya cukup klise, bukan karena gaya hidup mewah tetapi beberapa smartphone cepat panas, bikin ulah atau malah memori tidak cukup untuk mengunduh game tertentu.

Kita tahu pasti, mobile game seperti PUBG, Free Fire maupun game lain membawa pengaruh yang tidak ‘sehat’ untuk mesin smartphone. Memori yang kecil sama sekali tidak bisa menampung upgrade PUBG dengan level yang lebih menantang atau perbaikan bug di Free Fire yang membutuhkan ruang lebih besar.

Fenomena Mobile Game yang Tidak Terbendung

Anak-anak bermain game adalah lumrah di era digital. Game online populer dan banyak dibicarakan seperti PUBG, AOV maupun Free Fire memicu adrenalin mereka untuk mendapatkan kesenangan dan bisa juga menghilangkan stress akibat tugas sekolah yang makin hari berbeda dan menggunung.

Kita tidak berbicara benar atau salah terhadap mobile gaming tetapi yang terjadi di lapangan dunia game telah menjadi candu. Sebuah game bisa mengubah gaya hidup anak-anak karena dukungan dari smartphone yang dikhususkan untuk bermain game.

 

Selama ini, kita memandang bahwa game adalah buang-buang waktu. Di satu sisi benar apabila manfaat belum didapat, akan jauh berbeda bila seseorang bisa memiliki kehidupan yang lebih layak ‘hanya’ dari bermain game semata.

 

Binky Paramitha, Psikolog & Co Founder Rumah Dandelion, menyebutkan bahwa game bisa melatih koordinasi tangan dan mata secara lebih baik. Game bisa meningkatkan visualisasi dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis. Namun demikian bagi seorang anak sekolah harus menaati waktu dalam bermain game. (Okezone, 20/09/2019).

 

Pada tanggal 4 September 2017, kumparan.com menuliskan efek positif bermain game, salah satunya adalah anak-anak bisa memecahkan masalah dengan baik. Saat bermain game, otak dipaksa untuk berpikir keras untuk memecahkan teka-teka selama game dimainkan. Interaksi di dunia game online saat ini juga tidak bisa dipisahkan dari bertambah teman dari antar daerah, pulau maupun negara dan bahkan bisa belajar bahasa asing secara tidak langsung.

 

Dalam ajang olahraga Asia, Asian Games 2018 Jakarta & Palembang 2018. Game online menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan. Dilansir dari idntimes.com (19/08/2018) game yang masuk ke arena pertandingan antara lain Arena of Valor (AoV), Clash Royale, Hearthstone, Starcraft 2, PES 2018 dan League of Legends. Kominfo sendiri merilis data pengguna internet di Indonesia tahun 2019 dari 142 juta pengguna, 30 juta lebih adalah anak-anak milenial yang aktif bermain game. (okezone, 28/03/2019)

 

Saya sendiri tidak menyalahkan anak-anak bermain game ditengah kemelut sistem pendidikan Indonesia. Barangkali dengan bermain game bisa mengatasi masalah belajar yang rumit dan bisa menenangkan pikiran sejenak.
rog phone 2
Fenomena anak main game.

Satu catatan penting dari saya sebagai guru adalah mengatur waktu dengan baik maka nilai di sekolah akan tinggi sehingga orang tua tidak keberatan jika anak mereka bermain game selama waktu senggang.

Saya rasa, orang tua juga tidak akan keberatan memberikan smartphone gaming untuk menunjang aktivitas game maupun gaya hidup generasi milenial. Apalagi di saat ini, anak-anak mudah mendapatkan ‘sesuatu’ dari dunia internet, termasuk game. Dan apabila disuguhkan prestasi di luar prestasi akademik kepada orang tua, bukan saya membanggakan malah akan didukung perkembangan ke depan.

 

Di tangan generasi milenial, sebuah smartphone gaming sudah bukan rahasia lagi. Anak-anak bahkan lebih tahu perkembangan ini karena sudah berada di dalam kubangan yang sama. Mereka tahu mana smartphone yang memiliki daya tahan lama maupun kecepatan kerja.

 

Kerisauan hati akan smartphone gaming dengan takaran yang pas, bumbu yang punya segala rasa dan tentu saja bisa diajak bertempur dalam waktu lama, telah diluncurkan pada 5 Desember 2018. Nama besar ROG Phone telah melekat dalam jati diri anak-anak dan mereka mau tahu lebih banyak karena memang butuh.

 

Beda kelas adalah beda rasa. Seorang gamer punya selera bukan saja pria. Gamer sejati yang berkecimpung di dunia digital tahu pasti bahwa ROG Phone 2 tidak hanya buat gaya-gayaan namun menjawab semua tantangan.

 

Teman saya, Afit, pernah berujar, salah satu smartphone yang cantik dipakai case adalah ROG Phone dan setelah memiliki ROG Phone 2, Afit berkata, ROG Phone 2 handphone terganteng 2019.  
rog phone 2
Mewah, berkelas dan gahar.
ASUS cukup berani memboyong ROG Phone 2 ke Indonesia ditengah gempuran smartphone dengan banyak kamera. ROG Phone 2 dengan segala kemungkinan yang bisa menyegarkan mata, meneduhkan pandangan, membuat semua gebrakan menjadi nyata dan tentu saja membuat user lebih berkelas saat bermain ponsel; seperti pandangan Afit tadi.

Suguhan Manis dari ROG Phone 2

Kata Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, “There are only two kinds of gaming phones; ROG Phone and others.”
Quote Jimmy Lin yang keren.

ASUS tidak bermain ‘aman’ dengan meluncurkan ROG Phone 2 di Indonesia. Justru, ASUS memperlihatkn eksistensi perangkat gaming yang makin kokoh mereka genggam. Sejak tahun 2016, keluarga ROG mampu bertahan di 60% market share dan itu artinya nomor 1 sebagai gaming brand.

ROG Phone 2 datang untuk memperkuat ‘logo’ menyala di produk laptop ROG yang kini sangat digemari game. Sebuah padu yang menarik dan tidak ada tandingannya. Orang lain seperti – langsung – ketakutan melihat logo gahar dari ROG. Bagaimana sebuah smartphone gaming ini menyalakan hari-hari gamer?
rog phone 2
Indahnya ROG Phone 2.

Mobile gaming harus dipersenjatai dengan prosesor yang kuat. Dalam keseharian, user akan lebih banyak berselancar di dunia game online dibandingkan di media sosial. Penetrasi game online tidak sama seperti memainkan Ludo atau si burung marah. Meskipun Angry Bird memiliki kapasitas besar tetapi permainan ini cukup ringan.

 

Pengembang tentu tidak akan bertahan di game ringan selalu. Ide segar yang diperah tiap malam sehingga lahir Free Fire maupun PUBG yang kini digandrungi anak-anak. Sejalan dengan itu, prosesor yang dipakai berada di tingkatan nomor 1 dalam hal kecepatan dan respon lebih cepat.

 

ROG Phone 2 datang dengan Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform with 7nm, 64-bit octa-core processor. Di kecepatan 2.96GHz prosesor ini menjadi nomor 1 terkencang di dunia. Dukungan kecepatan CPU adalah GPU Qualcomm® Adreno™ 640 yang akan menawarkan pengalaman berlebih. Tak akan pernah padam karena memori pilihan 8GB dan 12GB LPDDR4x, serta ditambah dengan media penyimpanan sampai dengan 512GB. Lengkap sudah kesempurnaan untuk sebuah mobile game.
Prosesor kencang ROG Phone 2
Performa kecepatan 2.96GHz dari SDM885 Plus adalah 4% lebih kencang dibandingkan dengan SDM885 pada kecepatan 2.84GHz. Sedikit saja perubahan ini membawa pengaruh besar terhadap penetrasi kemampuan pada mesin ROG Phone 2. Mesin akan bekerja dengan baik selama prosesor itu memungkinkan pekerjaan berat aman-aman saja.
Kecepatan CPU ROG Phone 2
ROG Phone 2 sangat beruntung karena GPU Adreno 640 memiliki kecepatan 675GHz, yang artinya 15% lebih cepat dibandingkan dengan GPU Adreno 640 dengan kecepatan 585GHz. Sebuah keseimbangan yang baik untuk melahap banyak game populer dan jauh dari kata kesal selama bermain game.
Kecepatan GPU ROG Phone 2

Interface yang elegan dengan ciri khas tersendiri adalag Android™ Pie™ with new ROG UI. ASUS menciptakan ekosistem yang menarik dan berkelas sehingga benar-benar rasa game di ROG Phone 2. Penempatan yang sesuai dengan tagline we own the game.

Jimmy Lin dalam siaran tertulis menyebut, “Sejak pertama kali hadir, ROG merupakan brand gaming yang konsisten mengedepankan performa serta pengalaman gaming terbaik dan hal tersebut dapat dijumpai di ROG Phone 2. Tidak ada smartphone gaming yang bisa menandingi ROG Phone 2,

 

Berkelas dan beda. Mungkin itulah kalimat yang cocok untuk ROG Phone 2. Dapur picu yang gahar didukung oleh layar yang tak cuma tempelan manis saja tetapi sangat baik di kelasnya. ROG Phone 2 menggunakan layar AMOLED 10-bit HDR display sebesar 6.59 inci dengan refresh rate 120Hz/ms.

 

Layar ROG Phone 2 tampak baik-baik saja dalam mentransfer visual ke pengguna. Detail gambar tidak menghilangkan konsistensi maupun merusak sebuah permainan. Dengan refresh rate yang dimilikinya layar smartphone gaming ini sangat cepat merespon dan super-smooth.
Layar terbaik dari ROG Phone 2

Layar sentuh yang cepat sekali respon, bekerja dengan baik barangkali adalah impian banyak orang. Kecepatan respon layar ROG Phone 2 adalah 240Hz dengan sistem operasi yang dioptimalkan dengan baik.

Sentuhan cepat dan pilihan layar yang baik membawa pengaruh besar untuk sebuah game menang dengan cepat. Bagaimana layar memvisualisasikan kecerahan dan cepat pula bekerja akan mempercepat pula kemenangan maupun cepat naik level.
Sentuhan yang responsif

Sudah bukan rahasia lagi jika layar smartphone memiliki tingkat kecerahan tersendiri. ROG Phone 2 dengan Delta E<1 membawa pengaruh besar terhadap cerah atau redupnya layar. Bukan saja saat bermain namun dalam kondisi apapun kejernihan layar dari ROG Phone 2 tidak diakali tetapi menyempurnakan segala kemungkinan yang akan terjadi saat layar tidak cerah.

Kalibrasi layar yang baik membuat performa dalam bermain game juga akan aman-aman saja. Game bukan lagi permainan membunuh sepi tetapi sebuah harapan untuk menuai kesuksesan. Di saat kondisi ini, layar ROG Phone 2 tanpa keraguan untuk menendang yang redup ke sisi lain karena game tidak mengenal permisi apalagi lawan begitu tangguh.
Layar yang baik karena Delta E<1
Perlindungan layar terbaik dari Corning® Gorilla® 6 Glass tidak saja tangguh tetapi mampu mengubah efek warna menjadi lebih melankolis. ROG Phone 2 memiliki 1073.74 million colors dan jauh sekali meninggalkan kompetitor yang bermain di 16.77 million calors.
Jumlah warna yang banyak.
Tes akhir menunjukkan bahwa ROG Phone 2 memiliki julukan world’s fastest and most accurate screen karena 120Hz untuk refresh rate, 1ms untuk response time, 240Hz untuk touch sampling rate, serta memiliki Delta E<1 color accuracy dan 10-bit HDR display.
Nomor 1 tercepat layarnya di dunia.
Bermain game dengan layar yang cukup berkelas adalah lebih dari ‘tingkat dewa’ untuk mendapatkan kelayakan kemenangan. Jauh dari kata kesal dan usaha lebih tinggi karena perangkat mendukung untuk menang terus dan lagi-lagi menang.
Nyamannya bermain game di ROG Phone 2

Prosesor sudah sangar gahar di kelasnya. Layar juga sudah sangat baik untuk sebuah smartphone gaming. Satu catatan lain adalah bagaimana dengan baterai dari ROG Phone 2 ini? ASUS dikenal baik sebagai pemasok smartphone dengan baterai tahan lama.

ROG Phone 2 disokong dengan baterai yang tidak kecil yaitu 6000mAh. Baterai yang lebih besar daripada yang dibayangkan saat ini. ROG Phone 2 memiliki teknologi ROG HyperCharge dan juga High Compatibility yang mampu mengisi daya jauh lebih cepat. Soal usia baterai ROG Phone 2 bisa dibaca ulang pada tulisan sebelumnya. Namun yang pasti, usia baterai ROG Phone 2 jauh lebih baik dari Samsung Galaxy Note 10+ di tahun pertama dan tahun kedua.
Besar baterai ROG Phone 2
Dengan besar baterai yang dipakai ini, ROG Phone 2 mampu bertahan selama 10,3 jam saat bermain game QQSpeed, sedangkan saat bermain King of Glory bisa bertahan selama 7,5 jam, dan 7,1 jam saat bermain PUBG Mobile.
Durasi lama main game di ROG Phone 2

Baterai yang baik menjadi penawar yang tak kalah menarik pula untuk sebuah smartphone gaming. ROG Phone 2 memang diperuntukkan bagi gamer yang akan melahap banyak sekali game terbaik saat ini. Di sisi lain, seorang gamer yang manusia biasa juga akan mengabadikan momen suatu saat nanti. Apakah foto panorama maupun swafoto. Maka, kamera yang ditanam pada ROG Phone 2 juga tidak main-main.

Kamera utama adalah sebesar 48MP dengan sensor SONY IMX586 dengan sudut bukaan lensa adalah F1.79. Kamera kedua adalah sebesar 13MP untuk ultrawide view. Sedangkan untuk kamera depan, ROG Phone 2 menjatuhkan pilihan pada kamera sebesar 24MP/4C yang akan mudah mengenali wajah.
Kamera ROG Phone 2
Dengan HDR+ di kamera utama, sudut pandang yang baik dari panorama maka akan menghasilkan foto terbaik di kelasnya. Kamera utama ROG Phone 2 tidak hanya bicara soal tangguh tetapi bagaimana cara kamera smartphone gaming berani melawan kamera smartphone camera yang kini merajah gaya hidup influencer.
Fitur HDR+ kamera ROG Phone 2
Malam hari menjadi sebuah pengantar terbaik bagi view keren. Super night mode memancarkan warna-warni yang lebih cerah, pasti dan tidak imajinasi dari kamera utama ROG Phone 2. Lelah main game lalu mencari foto terbaik di mana-mana barangkali bisa membuat kita lebih fresh terhadap hari yang lelah.
Fitur Super Night Mode di kamera ROG Phone 2
Biasanya, kamera kedua menjadi anak tiri dari sebuah smartphone. Tidak demikian dengan kamera ultrawide view di ROG Phone 2. Dengan sudut kemiringan 125 derajat kamera ini mampu menyuguhkan hasi terbaik di dalam ruangan.
Kamera ultrawide yang baik.
Bukan berarti selfie tidak boleh dengan menggunakan kamera ROG Phone 2. Sah-sah saja untuk swafoto karena itu sangat manusiawi. Kamera depan ROG Phone 2 memiliki bukaan lensa sebesar F2.0 dan teknologi Quad Bayer yang mampu mendeteksi wajah dengan baik dan tidak mudah blur.
Fitur selfie juga lengkap

Performa bicara di atas segalanya. Soal desain yang menarik dan tambahan performa lain akan saya lanjutkan di artikel Pevita Pearce; Ratu Gamer Cantik di Peluncuran ROG Phone 2.

Di bagian akhir sebelum bocoran harga yang semua sudah tahu. Bahwa, ROG Phone 2 sangat berbeda dengan smartphone lain yang kini ada di pasaran. ROG Phone 2 dilengkapi dengan aksesoris yang tidak main-main dan juga tidak bisa disandingkan soal unik, keren dan juga harganya.

 

ROG Phone 2 memiliki banyak aksesoris, di antaranya adalah ROG AeroActive Cooler, ROG TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad dan ROG Desktop Docking.

ROG AeroActive Cooler

Aksesoris ini adalah yang unik dan menarik dari ROG Phone 2. ROG AeroActive Cooler tak lain perangkat pendingin aktif yang dapat dipasang smartphone gaming terbaik ini. ROG AeroActive Cooler dengan kipas yang lebih senyap, bekerja secara aktif mendinginkan komponen dan menjaga performa agar tetap stabil. ROG AeroActive Cooler dilengkapi dengan port USB Type-C untuk mengisi daya ROG Phone 2, dan juga 3.5mm audio jack.
ROG AeroActive Cooler yang keren
ROG AeroActive Cooler dengan mudah dikaitkan dengan ROG Phone 2 melalui port yang tersedia di bodi smartphone. Cukup kaitkan lalu akan bekerja dengan baik dan menghindari panas berlebih dari smartphone yang bekerja lama saat bermain game.
GAMBAR 8

ROG TwinView Dock 2

TwinView Dock II bisa disebut layar kedua untuk ROG Phone 2. Gamer akan merasa sangat nyaman bermain game dengan bantuan ROG TwinView Dock 2 ini. TwinView Dock 2 mengusung layar yang sama dengan ROG Phone 2. Baterai berkapasitas 5.000mAh akan menunjang kinerjanya. Sebuah kipas juga ditempatkan di TwinView Dock II yang memungkinkan gamer bermain dalam jangka waktu lebih lama tanpa mengorbankan performa.
ROG TwinView Dock 2 yang unik

ROG Kunai GamePad

ROG Kunai Gamepad adalah konsol game buat ROG Phone 2. ROG Kunai Gamepad sangat menarik dan dinanti kehadirannya, terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. ROG Kunai Gamepad dilengkapi dengan tombol fisik dan kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol.
Konsol game untuk ROG Phone 2

ROG Desktop Docking

Main game di ROG Phone 2 seperti di desktop? ROG Desktop Docking akan membantu gamer untuk itu. ROG Desktop Docking memiliki port USB Type-A dan port display seperti HDMI dan DisplayPort sehingga bisa dihubungkan ke monitor, keyboard, serta mouse. ASUS juga sudah menyediakan sistem remapping khusus di dalam ROG Phone 2 sehingga game dapat dikontrol menggunakan keyboard dan mouse.
ROG Desktop Docking

 

ROG Desktop Docking
Aksesoris ROG Phone 2 ini dijual secara terpisah dengan harganya seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
Harga aksesoris ROG Phone 2

Dengan apa yang dimiliki oleh ROG Phone 2 saat ini, sangatlah layak untuknya menjadi satu-satunya smartphone gaming dengan segala kesempurnaan. Ada kualitas tentu ada harga. ROG Phone 2 memiliki 3 paket penjualan yang bisa dibeli sesuai kebutuhan gamer.

ROG Phone 2 ‘polos’ dijual dengan harrga Rp 8.499.000.
Harga ROG Phone 2
ROG Phone 2 paket 1 dengan isi paket selain smartphone adalah Aero Case, AeroActive Cooler 2 dan 30W ROG Charger, dijual dengan harga Rp 12.499.000.
Harga ROG Phone 2 paket 1
ROG Phone 2 paket 2 dengan isi paket adalah smartphone, all accessories, dan ROG Sultcase, dijual dengan harga Rp 21.999.000.
Harga ROG Phone 2 paket 2
ROG Phone 2 paket 3 dengan isi paket antara lain smartphone, all accessories, dan ROG Sultcase, dijual dengan harga Rp 22.891.000.
Harga ROG Phone 2 paket 3
Ketiga paket ini adalah ROG Phone 2 dengan memori 12GB dan media penyimpanan 512GB, sedangkan ROG Phone 2 polos dengan 8GB memori dan media penyimpanan sebesar 128GB. Ketersediaan ketiga paket tersebut akan diberitahu ASUS Indonesia dalam waktu dekat. Bukankah sudah tidak sabar untuk segera memiliki ROG Phone 2? Simak spesifikasi lengkap ROG Phone 2 di tabel ini.
Main Spec. ROG Phone 2
Processor 2.96GHz Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform with 7nm,
64-bit octa-core processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 640
UI Android™ Pie™ with new ROG UI
Display 6.59-inch 19.5:9 (2340 x 1080) 120Hz/1ms AMOLED 10-bit HDR display
Ultra low touch latency at 49ms
600nits outdoor readable brightness
Delta E < 1
111,8% of DCI-P3 color gamut
500,000:1 contrast ratio AMOLED display
with Corning® Gorilla® 6 Glass
Blue-light filter for eye care
Supports Always On
Capacitive touch panel with 10-point multitouch (supports glove touch)
Dimensions 170.99 x 77.6 x 9.48 mm
Weight 240g
Battery 6000mAh
Memory Up to LPDDR4X12GB RAM
Storage Up to UFS 3.0 512GB
Sensor In-display fingerprint sensor, face recognition,
accelerator, e-compass, gyroscope, proximity sensor,
Hall sensor, ambient light sensor,
ultrasonic sensors for AirTrigger II and grip press, dual vibrators
Wireless Technology 4G LTE up to 1.2Gbps downloads
with integrated Qualcomm® Snapdragon™ X24 LTE modem
Qualcomm Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac
Wi-Fi Direct
Bluetooth® 5.0 (EDR + A2DP), supports Qualcomm® aptX™, aptX HD and aptX Adaptive
NFC
GPS Supports GPS(L1+L5), GLO, BDS, GAL(E1+E5a), QZSS(L1+L5)
I/O ports Side:
Custom USB-C™
Supports USB 3.1 Gen 2 / DP 1.4 (4K) / fast charging (PD 3.0 + QC 4.0) (30W)
30W ROG HyperCharge direct charging
Bottom:
USB-C™
Supports USB 2.0 / fast charging (PD3.0) (30W) / direct charging
3.5mm headphone jack
Main Rear Camera 48MP SONY IMX586 flagship sensor, Quad Bayer Technology,
F1.79, 0.8µm/1.6µm effective pixel size, 1/2.0″, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second rear Camera 13MP, 125˚ ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction
Front Camera 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0
Voice Wakeup Yes
Speaker Dual front-facing stereo speakers with DTS:X
Ultra Virtual Surrounding Sound
Stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder,
deeper and less distorted sound effect
NFC Supported
Price Rp 8.499.000

 

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *