Tips Memilih Transportasi

Tips Memilih Transportasi saat Liburan Agar Lebih Hemat

Musim liburan akan segera tiba. Destinasi yang menarik telah menunggu wisatawan untuk segera merapat ke sana. Tips Memilih Transportasi saat liburan sangat penting.

Banyak tawaran yang mesti dipertimbangkan agar kamu benar-benar menikmati masa-masa liburan tersebut. Liburan panjang yang akan kamu lakukan tentu saja wajib dinikmati.

Namun ada bagian penting yang mesti diperhatikan selama kamu berada di salah satu destinasi wisata. Apa itu? Sarana transportasi selama di sana.

Nah, kamu nggak mungkin mengandalkan jalan kaki saja. Antara satu tempat wisata dengan tempat lain tentu berbeda jaraknya.

Untuk itu kamu wajib memperhatikan jenis transportasi yang aman, murah dan hemat waktu. Jenis transportasi apa saja yang bisa kamu andalkan selama di tempat liburan?

Sepeda Motor

Sepeda motor adalah pilihan yang tepat jika kamu bepergian hanya berdua dengan teman atau pasangan. Harga sewa sepeda motor harian pun tergolong murah.

Sepeda motor yang disewa telah menyediakan paket lengkap seperti STNK, helm dua, spion lengkap dan perlengkapan lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa sepeda motor yang disewa harus benar-benar bagus. Jika terjadi sesuatu selama kita menyewanya maka akan dikenakan biaya tambahan.

Mengapa sepeda motor jadi lebih hemat? Alasan pertama karena biaya sewa murah. Kedua karena hemat waktu jika pergi ke mana-mana. Ketiga tidak perlu biaya tambahan untuk sopir.

Alasan-alasan ini pula harus didukung dengan keberanian dari traveler sendiri. Sewa sepeda motor artinya keamanan kembali kepada diri kita masing-masing.

Kita juga harus paham jalan ke tempat yang dituju. Harus menjaga sepeda motor dengan baik. Harus menaati peraturan setempat. Harus patuh rambu-rambu lalu-lintas.

Jika tidak kerugian akan diterima. Dan tentu saja, niat awal bersenang-senang akan terbengkalai.

Rental Mobil

Rental mobil adalah alternatif terbaik selama berada di tempat wisata. Biaya rental mobil tergolong lebih mahal dibandingkan sepeda motor. Namun keuntungannya adalah kita dapat sopir yang tahu jalan ke tujuan wisata.

Kita hanya cukup mengarahkan tujuan pertama ke mana, kedua ke mana dan seterusnya. Biaya rental mobil pun akan terasa lebih ringan apabila traveling bersama beberapa orang.

Jika dalam satu hari biaya rental mobil mencapai Rp.500.000 dengan jumlah penumpang 5 orang, maka cukup bagi 5 saja. Dari pagi sampai sore (tergantung batas waktu pemakaian misalnya 10 jam), kita bebas mau ke mana saja.

Keuntungan lain dari rental mobil adalah kita nggak peduli mau hujan atau terik matahari. Rencana demi rencana yang telah dibuatkan daftarnya akan berjalan mulus saja.

Kita juga tidak akan tersesat yang kemudian membuang waktu saja. Sopir mobil rental tersebut juga bisa menjadi guide dadakan tanpa diminta.

Selain itu, kita juga nggak perlu khawatir soal bensin karena semua telah terangkum dalam biaya sewa mobil ini. Kita cukup bawa badan dan perlengkapan elektronik dan lainnya agar perjalanan lancar.

Kendaraan Umum

Kendaraan umum memang bukan pilihan terbaik. Namun untuk kamu yang tidak memiliki alternatif lain, kendaraan umum patut dimasukkan ke dalam list.

Kekurangan menggunakan kendaraan umum adalah harus berganti jenis kendaraan jika beda tempat tujuan. Belum lagi bicara harus sering bertanya ke sana-kemari agar tidak salah naik kendaraan.

Kendaraan umum tidak memiliki tujuan khusus ke tempat wisata sehingga kamu harus lebih peka mesti turun di mana. Salah-salah kamu akan nyasar dan kembali harus mengeluarkan biaya lebih.

Sarana transportasi di tempat wisata harus direncanakan dari awal. Bisa juga kamu cek harga sebelum berbelanja untuk mengetahui sarana transportasi online yang ada di tempat wisata tujuan kamu.

Paling tidak kamu bisa mengandalkannya untuk ke bandara. Tips Memilih Transportasi saat liburan sangat dibutuhkan.

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: