Cara Mendaftar M-Banking dan Tips Aman Transaksi Online

Transaksi Online

Kemajuan sektor perbankan sekarang ini memungkinkan semua orang dapat melakukan transaksi dengan mobile banking.

Transaksi Online di Mana Saja

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan melalui aplikasi keuangan ini, mulai dari cara daftar m-Banking, transfer uang, membayar tagihan, hingga belanja online.

Mengingat kemudahan yang ditawarkan, banyak orang memilih bertransaksi dari m-Banking dibandingkan menggunakan alat perbankan konvensional.

Anda hanya butuh bermodal smartphone dan jaringan internet, maka berbagai aktivitas transaksi bisa dilakukan sambil bersantai atau tiduran di rumah.

Untuk bisa menggunakan layanan dari mobile banking Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Namun tenang saja karena cara daftar m-Banking cukup mudah. Persyaratan yang ditentukan pun tidak seribet yang Anda bayangkan.

Apa itu Mobile Banking?

Aplikasi atau alat perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah untuk melakukan transaksi online melalui smartphone dan koneksi internet. Aplikasi keuangan ini menyediakan berbagai macam fitur pembayaran.

Aplikasi mobile banking bisa digunakan dengan cara terhubung internet. Sejumlah aktivitas keuangan yang bisa Anda lakukan menggunakan mobile banking, di antaranya cek saldo, transfer, pembayaran tagihan, hingga top up dompet digital. Layanan ini termasuk aman karena pihak bank memberikan jaminan.

Mayoritas bank saat ini sudah menyediakan layanan mobile banking, sehingga memudahkan bagi calon nasabah yang akan daftar m-Banking tanpa harus datang ke kantor cabang bank untuk menyelesaikan administrasi.

Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu mulai dengan mengunduh dan instal m-Banking pilihan Anda melalui Play Store (bagi pengguna android) atau App Store (bagi pengguna Apple). Sebab, Anda harus melakukan registrasi terlebih dulu sebelum memakainya.

Setelah selesai melakukan registrasi, Anda harus memasukkan user ID dan password untuk login. Kemudian Anda dapat memilih berbagai macam fitur transaksi finansial yang telah disediakan, dan akan diminta OTP saat akan menyelesaikan transaksi.

Tips Aman Transaksi Menggunakan m-Banking

Transaksi Online

Adanya kemudahan transaksi dengan mobile banking merupakan inovasi baru dalam dunia perbankan di era digital.

Meski sangat membantu Anda dalam bertransaksi, namun Anda juga perlu memperhatikan keamanan saat menggunakannya. Supaya lebih aman dan terlindung, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan..

Menggunakan Jaringan Internet yang Aman

Untuk bisa mengakses m-Banking pasti membutuhkan user ID dan PIN. Karena itu simpanlah data tersebut dengan aman.

Pastikan mengakses m-Banking menggunakan jaringan pribadi, dibanding memakai jaringan internet gratis di publik. Jangan lupa juga untuk tidak sembarangan menginstal dan memakai aplikasi pihak ketiga seperti VPN.

Rajin Update Aplikasi m-Banking

Pihak bank biasanya akan selalu memperbaiki produk mobile banking sesuai perkembangan teknologi.

Versi terbaru aplikasi biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan serta peningkatan keamanan sistem. Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk selalu melakukan pembaruan atau update mobile banking.

Mengganti Password Secara Berkala

Demi menunjang keamanan, m-Banking akan meminta Anda memasukkan password dan user ID saat mengakses aplikasinya.

Input password ini digunakan untuk memverifikasi bahwa aktivitas benar dilakukan oleh pemilik rekening yang sah. Maka, tidak ada salahnya mengganti PIN secara berkala agar terhindar dari risiko kebocoran data.

Jangan Transaksi lewat Smartphone Orang Lain

Usahakan Anda melakukan transaksi online hanya menggunakan smartphone pribadi. Mengakses aplikasi m-Banking mewajibkan Anda untuk memasukkan data-data penting dan sangat privasi.

Jadi lebih baik jangan menggunakan smartphone orang lain untuk mengakses m-Banking.

Aktifkan Fitur Autentikasi

Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan verifikasi setiap saat melakukan transaksi online. Mengaktifkan fitur autentikasi menjadi penting dilakukan untuk meningkatkan keamanan.

Dengan demikian, Anda akan lebih tenang dalam melakukan berbagai aktivitas perbankan secara digital.

Manfaat Menggunakan m-Banking

Ada banyak ragam manfaat menggunakan m-Banking, sebab setiap bank menawarkan keunggulan yang berbeda-beda untuk memberi kenyamanan nasabah. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa langsung didapatkan:

Menghemat Waktu dan Tenaga

Jika Anda memiliki banyak kegiatan yang lebih penting atau sibuk, memiliki m-Banking tentu sangat membantu Anda dalam menghemat tenaga.

Anda tidak perlu bolak balik datang ke kantor bank atau mencari mesin ATM dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

Selain itu, menggunakan layanan ini juga menghemat waktu. Dengan smartphone yang telah memiliki mobile banking berbagai kegiatan perbankan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu, seperti untuk cek saldo, transfer, pengajuan rekening, membeli produk investasi.

Lebih Hemat

Manfaat selanjutnya dari m-Banking adalah bebas biaya administrasi atau iuran, baik biaya langganan menggunakan aplikasi maupun biaya bulanan.

Bahkan sekarang banyak yang menawarkan promo berupa cashback. Tentu saja berbagai keuntungan tersebut membuat Anda lebih mudah mengatur dan menghemat keuangan.

Jaminan Keamanan

Faktor utama yang dipertimbangkan ketika seseorang ingin menggunakan layanan perbankan adalah keamanannya.

Aplikasi mobile banking menawarkan keamanan yang lebih tinggi dibanding alat pembayaran konvensional. Pihak bank sudah melengkapi setiap produk mobile banking dengan keamanan berlapis.

Bebas Melakukan Tarik Tunai

Tak hanya praktis dan aman, menggunakan m-Banking memiliki fitur yang sangat bermanfaat, yaitu tarik tunai.

Anda bisa melakukan tarik tunai tanpa perlu datang ke bank. Bahkan beberapa aplikasi menyediakan layanan bebas biaya admin untuk tarik tunai.

M-Banking PermataMobile X

PermataMobile X menjadi salah satu aplikasi keuangan yang memiliki ratusan fitur untuk kebutuhan transaksi online.

Mobile banking dari PermataBank disediakan untuk memudahkan penggunanya melakukan transaksi di era digital. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Pin dan user ID untuk meningkatkan keamanan data penggunanya.

PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini.

Perencanaan keuangan Anda menjadi semakin mudah karena terdapat berbagai layanan seperti cek saldo tanpa harus login.

Fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, whatsapp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, serta tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, diantaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan masih banyak lainnya. Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *