susu soya

Susu Soya untuk Bayi Dianjurkan atau Tidak Boleh Sama Sekali

Tahukah kamu susu soya tak lain susu kedelai yang seringkali dijadikan alternatif untuk memenuhi asupan nutrisi bayi. Susu ini menjadi pilihan beberapa ibu karena kandungan yang ada di dalam susu tersebut.

Kacang soya atau kedelai memiliki khasiat yang umum diketahui oleh masyarakat. Dalam 250 ml susu soya mengandung protein sebanyak 7 gram, lemak sebanyak 4 gram, sebanyak 80-100 kalori dan juga 4 gram karbohidrat.

Susu soya tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak jenuh. Sumber protein, vitamin A, kalium dan isoflavon terdapat dalam susu soya. Susu soya ini sangat berbeda dengan susu kebanyakan yang kita temui di pasaran. Harus dipahami dengan baik, konsumsi susu soya kepada bayi setidaknya memahami kebutuhan bayi tersebut.

Bayi yang alergi terhadap susu sapi atau susu formula akan dianjurkan untuk minum susu soya ini. Bayi yang lahir prematur dan bayi yang berusia kurang dari 6 bulan sangat tidak dianjurkan untuk minum susu soya. Bayi yang alergi suatu makanan juga tidak dianjurkan untuk minum susu soya ini agar terhindar dari bertambahnya alergi terhadap makanan tersebut, atau bahkan akan alergi terhadap makanan lainnya.

Baca Juga:

Susu Soya untuk Bayi Aman atau Tidak?

Bayi sangat membutuhkan kandungan susu selama masa pertumbuhan. Susu soya sebenarnya memiliki banyak sekali kelebihan untuk bayi yang alergi terhadap susu formula.

Susu ini pada dasarnya aman untuk bayi, terutama bayi dengan alergi susu formula. Susu kedelai ini sangat banyak sekali manfaatnya yang wajib Ibu ketahui. Manfaat yang akan langsung dirasakan oleh bayi adalah menjaga kesehatan pencernaan.

Pencernaan bayi sangat berbeda dengan orang dewasa. Selama minum susu soya, asupan serat akan terpenuhi sehingga pencernaan bayi terlindungi dari muntah dan diare. Bayi tentu tidak bisa sembarangan dikasih susu atau makanan tertentu karena pencernaan mereka belum terlalu kuat.

susu soya

Senyawa isoflavon akan menangkis virus dan penyakit lain pada bayi. Susu kedelai yang kaya antioksidan ini sangat berkualitas untuk meningkatkan imun bayi yang masih rentan terhadap penyakit.

Tanpa disadari orang tua, kadar lemak jahat yang tinggi akan mengganggu pencernaan anak di masa mendatang. Dengan mengonsumsi susu ini sejak dini, anak yang alergi terhadap susu formula dan makanan tertentu bisa menangkis lemak jahat ini.

Bayi rentan sekali mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh intoleransi laktosa. Dengan minum susu ini, bayi akan aman karena susu ini dibuat tidak mengandung laktosa. Ibu pasti ingin bayinya selalu sehat, maka catatan penting ini menjadi wajib agar perkembangan mereka tumbuh pesat.

Kapan Waktu Terbaik Susu Soya Diberikan untuk Bayi?

Bayi yang alergi susu formula biasanya akan dianjurkan untuk minum susu soya. Bayi yang mengalami gangguan metabolik juga disarankan untuk diberikan susu ini. Pemberian susu yang terbuat dari kedelai ini kepada bayi tentu saja tidak boleh berlebihan, orang tua harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum memberikan susu ini sebagai pengganti susu formula.

Susu soya yang diberikan perlu memperhatikan bahan yang digunakan. Untuk bayi sendiri sangat dianjurkan untuk memberikan susu ini yang terbuat dari kedelai utuh (whole). Kandungan kedelai utuh ini sangat berbeda dengan kedelai biasa.

Pastikan juga bahwa susu dari kedelai ini yang akan diberikan untuk bayi mengandung vitamin A, vitamin D, omega-3 dan juga kalsium. Kandungan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak terutama untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Ibu patut mencatat jumlah kalsium yang masuk ke dalam tubuh bayi apabila memberikan mereka susu soya. Zat alami phytate yang dikandung susu kedelai ini akan mengurangi kemampuan tubuh bayi dalam menyerap kalsium dan mineral. Pastikan bahwa Ibu benar-benar mencatat kebutuhan bayi sebelum diberikan susu ini.

Susu soya yang terbuat dari tanaman atau kedelai maka dipastikan bahwa bayi yang mengonsumsi susu ini tidak mendapat asupan vitamin B12. Vitamin ini hanya ada pada makanan hewani yang seharusnya tercakup pada susu sapi, tetapi Ibu bisa mengakali dengan makanan lain untuk menutupi kebutuhan vitamin B12 seperti daging ayam, telur, yoghurt, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, kepiting maupun kerang; yang disesuaikan kembali untuk konsumsi bayi.

Susu kedelai yang baik sebelum dikonsumsi bayi harus memiliki asam amino, kolin, AA&DHA, AL, AAL, zat besi, L-Metionin, Sistein, Taurin, yang tujuannya adalah tumbuh kembang optimal, mendukung fungsi otak dan perkembangan sistem saraf serta penglihatan, dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Nah, susu soya yang diberikan kepada bayi wajib mematuhi aturan main atau waktu yang tepat agar mereka tercukupi asupan nutrisinya. Namun, apabila kurang yakin, Ibu wajib konsultasi dengan dokter agar tumbuh kembang anak berjalan sesuai dengan seharusnya.

Rekomendasi Susu Soya untuk Bayi

Susu soya yang akan diberikan untuk bayi tidak boleh sembarangan. Ibu tentu tidak ingin bayinya mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Ibu patut perhatikan kandungan yang ada di susu ini, dan juga rekomendasi dari Ibu lain agar seimbang.

Susu soya yang direkomendasikan antara lain Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Triple Bifidus dan Morinaga Chil School Soya MoriCare Triple Bifidus.

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Triple Bifidus adalah susu untuk memperkuat daya tahan tubuh. Formula baru Triple Bifidus mengandung kombinasi 3 bakteri baik Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan Bifidobacterium infantis M-63.

Susu ini juga berperan penting dalam mendukung perkembangan kecerdasan, dan juga tumbuh kembang optimal. Untuk anak usia 1-3 tahun yang alergi terhadap susu formula sangat dianjurkan untuk minum Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Triple Bifidus.

susu soya

Morinaga Chil School Soya MoriCare Triple Bifidus sangat baik untuk anak usia 3-12 tahun yang alergi terhadap susu formula atau susu sapi. Susu soya ini mengandung isolat protein soya (kedelai) berkualitas tinggi dan dilengkapi formula baru Triple Bifidus yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran cerna anak.

susu soya

Susu soya yang direkomendasikan ini bisa menjadi pertimbangan Ibu dalam rangka memberikan asupan nutrisi untuk bayi, balita dan anak-anak kita. Dengan diberikannya susu ini, alergi terhadap susu bisa berkurang dan anak mendapatkan yang terbaik di kehidupan mereka!

***

Referensi:
https://www.alodokter.com/memberi-susu-soya-untuk-bayi-ini-faktanya
https://morinagaplatinum.com/id/milestone/manfaat-susu-soya-untuk-bayi

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: