Service Motor

Jangan Lupa Service Motor dalam 3 Bulan Sekali

Pernah nggak punya pengalaman sepeda motor mogok di jalan? Kesal sudah pasti. Belum lagi jika mogoknya pulang kerja. Sudah panas. Lelah. Rasanya ingin cepat sampai ke rumah lalu beristirahat.

Jangan Lupa Service Motor

Saya pernah mengalami pengalaman yang tidak mengeenakkan itu. Pulang kerja di sore hari, sedikit gerimis, lalu sepeda motor matic mogok di tengah jalan. Nahasnya, mogoknya itu di jalan yang sepi, malah nggak ada perumahan di sana. Kiri kanan adalah hutan. Sejauh mata memandang adalah jalan lurus dengan matahari mulai tenggelam.

Mungkin sekitar 5 kilometer lagi saya bisa menemui bengkel sepeda motor yang entah masih buka atau sudah tutup. Saya dorong sepeda motor yang sudah tidak mau hidup lagi itu. Jam sudah pukul 18.00 lewat. Sudahlah. Saya pikir inilah hari paling sial.

Tiba-tiba, seseorang mendorong sepeda motor saya dari belakang. “Naik, bang! Saya dorong!” Perintahnya. Baiklah. Saya naik dan dia mendorong sepeda motor itu seperti sangatlah kencang. Saya menunjuk bengkel di sebelah kanan. Dia mendorong sampai di depan bengkel yang pemiliknya hampir menutupnya itu.

Saya berpaling dan berujar, “Terima kasih…” kepada dia yang membantu saya tadi. Kening saya berkerut. Tidak ada siapa-siapa di belakang. Hanya seorang pengendara kencang ke arah berlawanan persis seperti orang yang mendorong saya tadi ke sini.

“Pak, minta tolong cek motor saya,” pinta saya dengan memelas kepada bapak tua pemilik bengkel itu. Dengan enggan bapak itu memeriksa sepeda motor saya. “Pistonnya kena. Tak siap hari ini!” ujarnya tegas. Akhirnya, saya pulang setelah dijemput adik dan sepeda motor di simpan di bengkel tersebut.

Kira-kira, karena kejadian turun mesin akibat menunda-nunda ganti oli itu saya harus mengeluarkan biayar 1 juta lebih!

Intinya, jangan pernah abaikan service motor karena bisa fatal sekali jika ditunda-tunda. Sepeda motor apalagi matic jika tidak mengganti oli maksimal 3 bulan sekali saja akan merembet ke mana-mana masalahnya. Belum lagi masalah lain yang akan muncul jika mengabaikan kondisi motor yang bunyi kriuk-kriuk di bagian mesin.

Cepat ke bengkel terdekat seperti Planet Ban untuk mendapatkan penangangan terbaik.

8 Bagian Penting Sepeda Motor

Saat hendak service motor, ada beberapa komponen yang mesti di cek lebih lanjut. Komponen atau bagian ini harus mendapatkan menanganan secara berkala jika ingin aman terkendali sebuah sepeda motor. Apa saja 8 bagian penting sepeda motor yang wajib diservice secara berkala itu?

Oli Mesin

Sebenarnya mudah saja mengetahui oli mesin motor masih bagus atau tidak. Oli mesin yang sudah encer atau berubah warna adalah pertanda bahwa oli motor matic tersebut sudah tidak baik-baik saja. Kondisi lain yang dipengaruhi oleh oli mesin adalah knalpot mengeluarkan asap berlebihan, dan bau mesin saat dihidupkan sangat menyengat. Maka, segera ke bengkel untuk ganti oli mesin sepeda motor, jangan tunggu sampai aus!

Oli mesin ini tak lain sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Dalam jarak tempuh 2500 KM sebuah sepeda motor hendaknya harus sudah diganti oli mesin ini. Kamu bisa merasakan sendiri bagaimana perubahan dari sepeda motor. Jika sudah tidak kuat lagi tarikannya, jangan tunggu sampai 2500 KM untuk mengganti oli. Harga oli yang murah jangan jadi alasan untuk menunda-nunda karena jika sudah terjadi kerusakan mesin barulah dirasa tidak enaknya mengeluarkan biaya lebih banyak.

Jenis Oli Motor
Sumber: Planet Ban

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Jika sepeda motor kamu adalah motor matic maka saat service motor, oli yang harus diganti bukan cuma oli mesin saja tetapi oli gardan juga termasuk. Kecuali, kamu orang yang suka bolak-balik ke bengkel hanya untuk mengganti oli saja.

Dampak tidak ganti oli
Sumber: Planet Ban

Oli gardan sangat penting untuk sepeda motor matic di mana gunanya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti kedua oli di motor matic kamu ya.

Busi

Sebagian dari kita mengabaikan fungsi busi pada sebuah sepeda motor karena jika belum bau mesinya jangan dulu ganti busi. Padahal itu adalah salah pengertian karena busi sangatlah penting untuk dicek saat service motor.

Bahaya busi kotor
Sumber: Planet Ban

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Maka dari itu, jangan pernah juga mengabaikan untuk cek fungsi busi ketika kamu service motor tiap triwulan.

Kampas Rem

Seringkali kita menemui sepeda motor yang mengeluarkan bunyi cuit saat hendak direm. Hal ini bertanda bahwa kampas rem sepeda motor tersebut sudah tidak bagus lagi. Pengeremen pada sebuah kendaraan sangatlah penting karena ini berkaitan dengan keselamatan. Jika diabaikan maka saat motor melaju kencang, tiba-tiba ingin direm selanjutnya adalah kurang pakem yang berakibat rem blong.

Saat service motor, kondisi rem juga harus diingatkan untuk pengecekan. Kembali lagi bahwa biaya yang dikeluarkan hanya sedikit tetapi keselamatan adalah taruhannya. Kamu bisa memilih bagian mana yang penting untuk motor kamu.

Filter Udara

Jujur saja, saya sering sekali mengganti filter udara ketika pengecekan sudah tidak bersih atau memang harus diganti. Di sebagian bengkel, mereka memang akan mengecek filter udara ini. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Jadi, jangan abaikan juga ya karena sirkulasi udara yang masuk akan berpengaruh terhadap usia dari motor.

Aki atau Accu

Kondisi aki yang baik akan membuat aliran listrik di sepeda motor juga bagus. Sebuah sepeda motor mesti mendapat perhatian jika sudah ada kendala ditemukan atau kurang enak saat dikendarai. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt.

Ban

Sudah lazim jika kita ‘hanya’ memperhatikan ban setiap pagi. Kempes nggak. Banyak angin nggak. Memang sangat perlu untuk memeriksa ban lebih lanjut. Jika sudah tipis bisa segera diganti karena selain mudah bocor juga mudah terpeleset pada jalan licin.

Ban sepeda motor pada saat service motor sebenarnya tidak perlu dicek terlalu dalam. Jika kamu melihat ban sudah gundul atau kira-kira sudah aman lagi untuk dipakai, lebih baik diganti ban baru saja agar lebih nyaman.

Tune up Motor Rutin

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Pada dasarnya tune up motor bisa kamu lakukan setiap 3 bulan sekali. Selain bisa berhemat biaya juga kondisi mesin sudah harus diservice ulang. Pada saat tune up yang dilakukan adalah pemeriksaan pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Bengkel Service Motor Terbaik

Tentu, sebuah bengkel service motor perlu mendapatkan perhatian. Bengkel service motor terbaik akan menjadi pilihan agar motor aman dan terkendali saat diservice. Salah satu bengkel service motor terbaik adalah Planet Ban. Kamu bisa mendapatkan service motor seperti mendapatkan mesin rasa motor baru.

Di Planet Ban, kamu akan mendapatkan pengalaman menarik yaitu service motor pada bagian atau komponen yang jarang mendapat pengecekan, dan disetel rutin. Hal ini menjadi daya tarik ketika kamu mendapatkan pelayanan di Planet Ban. Selain itu, inilah beberapa manfaat service motor di Planet Ban.

1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Sudah tidak ragu untuk service motor di Planet Ban, bukan?

Inilah Beda Service Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Tak bisa dipungkiri kalau kita membutuhkan service motor terbaik. Jika di salah satu bengkel membuat tidak nyaman, kita akan mencari bengkel lain yang kira-kira aman dan nyaman untuk sepeda motor. Nah, inilah perbedaan service motor di Planet Ban dengan bengkel lain.

1. Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.
2. Jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.
3. Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.
4. Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Bagaimana menurut kamu? Sudahlah mendapat perhatian untuk segera service motor di Planet Ban saja?

22 responses to “Jangan Lupa Service Motor dalam 3 Bulan Sekali”

  1. Dian Radiata Avatar
    1. bairuindra Avatar
  2. Nurul Sufitri Avatar
    1. bairuindra Avatar
  3. Happy fika Avatar
    1. bairuindra Avatar
  4. Rudi Soedjono Avatar
  5. Febri Avatar
  6. Maswo Avatar
  7. Maseko Sakazawa Avatar
    1. bairuindra Avatar
  8. Emma Avatar
    1. bairuindra Avatar
  9. Stafana Charis Avatar
    1. bairuindra Avatar
  10. Latifah Kusuma Avatar
    1. bairuindra Avatar
  11. Elvina Yanti Avatar
    1. bairuindra Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *