Apa Itu Reksadana Pasar Uang? Ini Keuntungan dan Jenisnya – Berinvestasi merupakan kegiatan menguntungkan yang belakangan ini semakin diminati oleh masyarakat. Reksadana Pasar Uang menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih. Mengetahui berbagai keuntungan menggiurkan serta banyak pilihan jenis produk investasi di dalamnya.

Lalu apa itu Reksadana? Reksadana adalah tempat pengelolaan dana investor yang dilakukan oleh Manajer Investasi. Tugas dari Manajer Investasi dalam program Reksadana yaitu menginvestasikan dana pada saham, pasar uang, obligasi maupun instrumen pasar uang.

Reksadana Pasar Uang

Sumber: https://unsplash.com/photos/tR-QKDF-xss

Jenis-jenis Reksadana Sebagai Produk Investasi

Ada berbagai macam jenis Reksadana yang perlu diketahui oleh investor dan dipertimbangkan masing-masing risiko dan keunggulannya. Di bawah ini penjelasan lengkapnya terkait jenis Reksadana Pasar Uang, saham, pendapatan dan campuran:

Reksadana Pendapatan Tetap

Anda bisa menggunakan jenis Reksadana Pendapatan Tetap untuk memulai berinvestasi. Memilih jenis investasi ini Anda harus menginvestasikan aktiva berupa efek utang atau obligasi.

Persentase investasinya paling sedikit 80%. Meskipun disebut memiliki risiko tinggi, jenis Reksadana Pendapatan Tetap ini memiliki tujuan paten yaitu menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.

Reksadana Pasar Uang

Sempat disinggung pada pembukaan, bahwa jenis Reksadana yang satu ini merupakan instrumen investasi dengan peminat cukup tinggi. Informasinya, jangka waktu jenis Reksadana ini hanya beberapa bulan, tidak sampai setahun.

Tawaran instrumen investasi dari jenis Reksadana ini berupa sertifikat Bank Indonesia, sertifikat deposito, surat berharga pasar uang, deposito berjangka dan instrumen-instrumen investasi lainnya. Masalah risikonya tergolong lebih rendah, sebab instrumen investasi ini memiliki tujuan memelihara modal dan likuiditas investasi.

Reksadana Campuran

Berdasarkan dari namanya tentu sudah sedikit tergambar mengenai Reksadana Campuran ini kan? Ya, jenis investasi ini menggunakan dana investor ke dalam kombinasi instrumen investasi obligasi serta saham pada portofolio.

Tingkat return modal jenis Reksadana ini menjadi salah satu keuntungan bagi investornya karena persentasenya tinggi. Demikian juga ada beberapa risiko yang harus diwaspadai oleh investor agar dapat diantisipasi masalah kerugiannya.

Reksadana Saham

Selain Reksadana Pasar Uang, pendapatan dan campuran ada pula jenis Reksadana Saham. Jenis instrumen investasi yang satu ini adalah Manajer Investasi menginvestasikan dana paling sedikit 80% pada saham.

Sama halnya dengan jenis instrumen investasi lainnya, selain menawarkan tingkat return paling tinggi juga beriringan dengan beberapa risiko. Hanya saja, dapat diminimalisir serta diantisipasi untuk masalah risikonya, sebab Reksadana lebih menjaga pertumbuhan harga saham dalam waktu yang lama.

Keuntungan dan Kerugian Reksadana Pasar Uang

Bekerjasama dengan Reksadana ada banyak tawaran keuntungan yang akan didapatkan oleh investor. Demikian juga beberapa kerugian beriringan dengan keberuntungan. Hanya saja, untuk kerugiannya tidak terlalu mengkhawatirkan karena ada beberapa cara agar meminimalisir risiko.

Sebelum membahas kerugian investasi Reksadana, penting sekali bagi Anda mengetahui keuntungannya terlebih dahulu. Upaya ini agar Anda mendapatkan gambaran sebelum memutuskan bekerjasama. Apa saja itu?

Tingkat Risiko Tergolong Minim

Secara keseluruhan jenis produk Reksadana memiliki risiko masing-masing. Tapi walaupun ada yang diklaim lebih tinggi dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya, tentu saja masih relatif rendah. Apalagi jenis Reksadana ini yang risikonya tergolong sangat minim.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pengalokasian dana investasinya dikhususkan pada instrumen pasar uang yang notabennya berfluktuasi rendah.

Return Stabil

Pergerakan nilai instrumen pasar uang yang tidak fluktuatif membuat tingkat return Reksadana Pasar Uang lebih stabil. Selain itu, potensi untuk mendapatkan profit dari instrumen pasar uang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan deposito.

Hal tersebut didasarkan karena profit tergantung pada jumlah dana yang diinvestasikan. Berbeda dengan sistem deposito yang hanya mendapatkan keuntungan berupa bunga dan ditetapkan oleh bank.

Modal Awal Sangat Kecil

Keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memilih bekerja sama dengan Reksadana, tidak perlu mengeluarkan modal awal besar untuk bisa berinvestasi. Hanya puluhan ribu rupiah saja Anda sudah bisa memulainya.

Anda dapat melakukan investasi hanya dengan modal Rp100.000 saja. Tapi untuk modal sangat rendah ini Anda hanya bisa melakukannya melalui aplikasi online.

Tingkat Likuiditas Tinggi

Menariknya lagi berinvestasi Reksadana termasuk Reksadana Pasar Uang dengan likuiditasnya yang tinggi. Anda memungkinkan untuk mencairkan dana dalam jangka waktu yang pendek, bahkan hitungan hari sekalipun.

Tidak hanya itu, adanya likuiditas tinggi yang dimiliki oleh Reksadana membuat investor terhindar dari risiko lambatnya pembayaran utang dari perusahaan. Dalam hal ini Anda juga tidak dikenakan denda meskipun mencairkan dana dalam waktu singkat.

Bebas Pajak

Berhubung Reksadana bukan objek pajak, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah pajak dari return dana yang diterima. Alasannya karena Reksadana menetapkan pengembalian dana seluruhnya bebas pajak.

Keamanan Terjamin

Reksadana menawarkan keamanan yang terjamin karena berada dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebagai investor, tentu Anda tidak perlu lagi khawatir untuk berinvestasi melalui Reksadana.

Membahas tentang keuntungan Reksadana Pasar Uang tidak ada salahnya kalau sekaligus mengetahui kerugiannya. Dibawah ini beberapa kerugian berinvestasi Reksadana:

  • Kompetensi Manajer Investasi terkadang kurang.
  • Nilai aktiva bersih berisiko turun.
  • Dana investasi lambat dibayar.
  • Berisiko ditutup dan tidak dijamin kerugiannya oleh pemerintah.

Investasi Reksadana Mudah Lewat digibank by DBS

Tidak perlu bingung untuk berinvestasi Reksadana, Anda bisa menggunakan digibank by DBS. Ada banyak keunggulan yang bisa dinikmati, di antara keunggulan sebagai berikut:

  • Puluhan pilihan produk investasi, tersedia lebih dari 50 produk Reksadana, Anda bisa gunakan sesuai kebutuhan.
  • Kemudahan berinvestasi, melalui Aplikasi digibank by DBS Anda sudah bisa jual beli Reksadana, switching dan daftar SID atau Single Investor Identification.
  • Bisa dimulai dengan modal kecil, Anda cukup menyiapkan dana mulai 100 ribu sudah bisa mulai investasi Reksadana.
    embelian fleksibel, Anda bisa secara berkala melakukan pembelian kapan saja.
  • Tersedia pilihan Reksadana unggulan, digibank by DBS memiliki 3 kategori Reksadana yaitu kinerja terbaik, scoring terbaik dan terpopuler.

Penjelasan mengenai jenis-jenis Reksadana beserta keuntungan dan kerugian Reksadana jenis pasar uang tentu sudah bisa dipertimbangkan untuk mulai berinvestasi. Hanya saja, tidak perlu khawatir untuk masalah risikonya karena dapat diminimalisir dan diantisipasi dengan mudah.

Apalagi keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan berupa kemudahan dalam melakukan investasi Reksadana Pasar Uang. Mengapa demikian? Karena bisa dilakukan melalui digibank by DBS, yang mana Anda akan mendapatkan keuntungan lebih jika menggunakan aplikasi ini.

%d bloggers like this: