realme narzo 20 Pro

realme narzo 20 Pro Sebuah Smartphone Gaming dengan 38 Menit Baterai Terisi 100%

realme narzo 20 Pro Sebuah Smartphone Gaming dengan 38 Menit Baterai Terisi 100% – Beberapa waktu lalu, seorang teman meminta tolong beli sebuah smartphone untuk anaknya. Budget sudah ditetapkan dan saya kebingungan mencari produk dengan harga yang ramah kantong. Kita tahu pasti, selama masa pandemi, anak-anak belajar di rumah dengan gadget.

Teman saya ini termasuk orang berada sehingga langsung membelikan smartphone untuk anaknya. Namun, dibalik itu semua ada cerita di mana sang anak tidak serta-merta meminta uang kepada orang tua untuk mendapatkan smartphone terbaru ini. Anak ini rupanya menyelipkan sisa jajan harian untuk mendapatkan sebuah smartphone baru.

Keren sudah pasti. Terlepas dari cara dirinya mendapatkan smartphone tersebut, anak ini juga memiliki cara berpikir tersendiri akan pilihan smartphone apa yang menjadi pilihannya. Dengan budget yang ‘minim’ tetapi harus mendapatkan gawai terbaik tentu tidak mudah. Nah, anak ini sudah memiliki alternatif tersendiri, salah satu pilihannya adalah smartphone realme.

Baca Juga:

Saya lantas ke toko ponsel di kota dan mencari ke beberapa tempat ponsel realme yang dimaksud. Dari satu pintu toko ke pintu lain untuk mendapatkan produk sesuai budget dan mendapatkan promo khusus pembelian. Ada toko yang menjual produk realme, dan ada pula yang tidak. Saya tentu mencari sesuai pesanan agar yang punya puas hati. Jika saya membeli produk lain tentu yang akan pakai nanti kecewa.

Pilihan Pada Smartphone realme

Anak-anak saat ini mudah sekali membaca informasi maupun menonton review produk di YouTube. Demikian dengan anak teman saya ini. Sembari mengumpulkan uang membeli smartphone – juga ditambah sedikit oleh orang tuanya – dirinya terus membaca, membandingkan, dan mencari produk smartphone terbaru di pasaran.

Dalam sebulan bisa banyak sekali review produk. Dalam sebulan pula, ada beberapa tontonan yang disaksikan oleh anak ini. Saat sebuah produk dijual dengan harga terjangkau namun dirinya belum cukup tabungan, maka produk ini gagal dirinya miliki. Tiba ada produk realme yang dipatok dengan harga tak lebih Rp1,5 jutaan, dan dirinya telah cukup tabungan, maka produk ini yang menjadi pilihan.

Katanya waktu itu, “Saya tonton kan realme itu bagus, Bang,” bagus menurut anak-anak sesuai dirinya dengan pemahaman yang dipunya sudah layak di mata saya.

Sangat jarang anak-anak membaca atau bahkan menonton review produk terlebih dahulu sebelum mendapatkannya. Anak ini memiliki sudut pandang yang berbeda. Jatuh pilihannya kepada realme karena pertimbangan itu tadi; banyak menonton review di YouTube adalah faktor penting.

Alasan yang lebih spesifik, “Beterainya bisa tahan lama, Bang,” pilihan anak-anak sejatinya tidak bisa diganggu-gugat. Alasan yang lebih masuk akal daripada cuma ‘bagus’ saja menjadi pertimbangan saya saat membeli realme untuknya.

Anak-anak tentu punya alasan tersendiri lainnya. Tetapi, satu alasan saja sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan sebuah produk telekomunikasi!

realme dan Kebutuhan Harian Generasi Milenial

Saya pikir, realme sangat cocok untuk generasi milenial. Kenapa anak teman saya menjatuhkan pilihan kepada realme karena baterai tahan lama – seperti katanya – dan juga desain yang tidak monoton. User realme bisa penuh percaya diri saat menggenggam smartphone ini, terlebih jika menyebut idolanya, Iqbaal Ramadhan, sebagai brand ambassador produk ini.

realme adalah produk yang kekinian dan sesuai kepribadian anak muda. Salah satu produk yang menarik perhatian adalah realme narzo 20 Pro. Boost the Power menjadi slogan dari produk ini karena menawarkan baterai yang benar-benar menarik di kelasnya.

realme narzo 20 Pro

Dalam bingkisan yang mengilap, realme narzo 20 Pro dilengkapi dengan baterai besar 4500mAh dengan pengisian daya cepat 65W SuperDart Charge kombinasi powerful di rentang harga 3 jutaan yang dapat mengisi 100% dalam waktu 30 menit saja.

Poin ini barangkali yang mendapat perhatian banyak anak muda untuk memilih realme. Dunia game yang fleksibel dan terus berubah, membuat anak-anak muda butuh smartphone yang powerful agar bisa gaming dalam waktu yang sangat lama.

Sudah tidak zaman lagi anak muda menenteng power bank ke mana-mana. Sudah jarang sekali pula saya melihat orang-orang menenteng power bank. Salah satu alasannya ‘mungkin’ saja karena telah berganti smartphone dengan baterai tahan lama dan juga pengisian daya lebih cepat.

Seri narzo adalah smartphone yang berorientasi pada kinerja untuk gamer muda. Kami berani menghadirkan prosesor game terbaik di segmennya, baterai besar dengan pengisian daya cepat. realme narzo 20 Pro menjadi Best Value for Money Smartphone for Gaming in 3 million.

Daya Tahan Baterai realme narzo 20 Pro yang Menantang

Di kelas menengah ke bawah, sangat jarang sekali kita menemukan smartphone dengan performa baterai yang cukup baik. realme narzo 20 Pro menjawab tantangan hemat beterai tetapi bisa diisi dalam waktu yang relatif singkat.

Di harga 3 jutaan, realme narzo 20 Pro melejit kencang dan mendapatkan peningkatan besar-besaran saat pengisian baterai berkat 65W SuperDart Charge. Fitur ini dapat mengisi baterai lebih cepat untuk kapasitas 4500mAh. Meskipun diisi cepat, baterai smartphone ini tetap dingin sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir.

Bayangkan, dalam waktu 38 menit saja, baterai realme narzo 20 Pro dapat diisi penuh atau 100%. Teknologi pengisian cepat di smartphone ini juga bekerja dengan baik saat bermain game, di mana pengisian dilakukan sampai 47% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Pengisian baterai realme narzo 20 Pro menarik perhatian karena 3 menit bisa terisi sampai 14% dan sangat jarang sekali di smartphone lain. Pengisian baterai sebentar itu bisa digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 1,2 jam, mendengar musik selama 10 jam, menonton film selama 2 jam dan juga melakukan panggilan telepon selama 5,78 jam.

Selain itu, realme narzo 20 Pro mendukung pengisian daya PD/QC 18W yang akan membantu pengguna dalam berbagai kebutuhan.

Teknologi pengisian baterai realme narzo 20 Pro ini memang tidak main-main. Pengisian yang dilakukan 98% lebih efisien dengan proses yang dikendalikan sangat ketat dan didinginkan dengan baik untuk mencegah panas berlebih saat pengisian daya.

Kita sering khawatir smartphone terasa panas saat mengisi daya, tetapi tidak demikian saat menggunakan realme narzo 20 Pro. Daya input pengisian baterai meningkat sangat signifikan berkat 65W SuperDart yang mengandalkan sel ganda 3C tingkat tinggi generasi terbaru, di mana 4500mAh baterai itu sama dengan 2250mAH dikali dengan 2. Jadi, baterai akan bekerja secara terpisah namun tetap seimbang saat bekerja.

Daya tahan beterai realme narzo 20 Pro diperkuat dengan cip cerdas lima-inti. Keunggulan yang dimiliki antara lain: perlindungan terhadap adapter yang kelebihan beban, perlindungan terhadap pengidentifikasi kondisi pengisian cepat, perlindungan terhadap antaramuka yang kelebihan beban, perlindungan arus lebih dan tegangan berlebih, dan perlindungan terhadap sekring baterai.

Baterai realme narzo 20 Pro dijaga dengan baik sesuai takaran yang pas. Penggunaan yang tepat dan tidak berlebihan akan membuat daya tahan baterai lebih lama dari yang dibayangkan. Proses pengisian baterai dan pemakaian dipantau oleh sepuluh sensor suhu yang terdiri dari Termistor NTC, dan Koefisien Suhu Negatif. Dengan demikian, pengisian baterai lebih dinamis agar dapat menghilangkan panas berlebih saat pengisian daya.

Performa realme narzo 20 Pro yang Menggoda

realme narzo 20 Pro diciptakan untuk gamer yang membutuhkan performa baterai terbaik namun tetapi berjalan dengan cepat. Prosesor gaming Helio G95 disematkan menjadi kombinasi yang powerful untuk realme narzo 20 Pro di harga 3 jutaan. Menjadi pilihan smartphone powerful oleh gamer muda yang menginginkan smartphone kencang dengan harga 3 jutaan.

Daya tahan baterai sudahlah baik di kelasnya dengan pengisian cepat. realme narzo 20 Pro memadu baterai dan prosesor yang seimbang. MediaTek Helio G95 merupakan salah satu prosesor yang dirancang khusus untuk gaming. Dibuat dengan proses 12nm, prosesor ini dipercaya sangat kencang dan efisien.

Kinerja lebih baik berkat dua core Cortex-A76 yang memungkinkan kecepatan sampai dengan 2.05GHz, ditambah dengan enam core Cortex-A55 yang bekerja sangat efisiensi sampai 2GHz. Dalam mendukung kinerja prosesor ini, disematkan 900MHz Mali-G76GPU yang membuat visual makin menarik pada layar yang baik pula.

Di kelas 3 jutaan, realme narzo 20 Pro adalah smartphone yang menarik karena perpaduan CPU, GPU, RAM yang sangat cepat, AI yang mendukung lebih baik dan berbagai penetrasi lain yang membuat anak muda lebih nyaman bermain game.

Dalam mendukung kinerja baterai, Helio G95 bekerja dengan Carbon Fiber Cooling System. Sistem pendingin serat karbon ini sangat canggih yang mampu mendinginkan prosesor 8,6%. Hal ini sangat baik untuk realme narzo 20 Pro dalam bekerja meskipun dalam waktu lama.

Layar realme narzo 20 Pro yang Cerah

Sebuah smartphone gaming pastinya harus memiliki layar yang lebih baik. Terobosan juga dihadirkan untuk realme narzo 20 Pro dengan refresh rate layar 90Hz Ultra Smooth Display di segmen harga 3 jutaan untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih powerful di kelasnya.

Dengan kecepatan sampel 120Hz dan bentang 6,5 inci, sudah dapat dipastikan bahwa layar ini sangat kekinian. Layar realme narzo 20 Pro dapat menghasilkan 90 frame perdetik, kecepatan layar 50% lebih tinggi dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Bisa dibayangkan bagaimana visual yang baik dan sensitivitas yang nyata untuk smartphone murah.

Pengalaman visual ini didukung juga oleh rasio 20:9 dengan 2400×1080 resolusi FHD+, dan 90.5% rasio layar-ke-badan serta didukung kecerahan 480nits. Dengan kemampuan yang demikian, banyak permainan yang sejatinya buram menjadi lebih cerah.

Layar realme narzo 20 Pro ini termasuk menggunakan teknologi tinggi. Salah satunya adalah Punch-hole Light Effect. Teknologi ini memungkinkan tepi kamera depan menyala tepat saat fitur penguncian wajah diaktifkan.

Teknologi lain yang mementingkan kesehatan adalah Eye Protection, di mana fitur ini akan mengurangi radiasi cahaya biru layar agar ketegangan mata tidak terjadi. Fitur ini dapaty diatur secara otomatis yang akan menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Yang menarik dari realme narzo 20 Pro adalah fitur OSIE yang memungkinkan tampilan video, intensitas warna mendapat perhatian lebih sehingga tampil memukau. Tiap pixel yang dikeluarkan oleh layar ponsel ini mendapat perhatian khusus sehingga tidak ada warna yang mubazir.

Desain realme narzo 20 Pro yang Mewah

Untuk sebuah smartphone yang kekinian dan anak muda, realme narzo 20 Pro sangat memperhatikan tata letak ini. Kita bisa melihat desain dari smartphone kelas menengah ini dari pemilihan bahan serta warna yang elegan.

Diciptakan untuk mereka yang pantang menyerah dan selalu ingin menang, realme narzo 20 Pro datang dengan warna White Knight dan Black Ninja. Ketangguhan yang dipancarkan dari warna ini menjadikan user nyaman menggunakannya.

Ada yang menarik pastinya dari bodi smartphone ini, di mana pola cahaya bisa berubah-ubah begitu terkena cahaya. Hal ini karena poses pelapisan yang unik yang memungkinkan bodi bagian belakang ponsel mengikuti spektrum cahaya yang dipancarkan.

Desain canggih dan mewah ini dibuat dengan delapan langkah, yaitu: penyematan logo yang jadi identitas ponsel pintar, tekstur transfer UV, dip dyeing, lempeng listrik, sablon penutup, cetakan bertekanan tinggi, pengerasan lacquer dan CNC.

Dengan langkah yang serius ini, realme narzo 20 Pro bisa tampil dengan ciri khas anak muda yang nyata. Layar sebesar 6,5 inci 90Hz Ultra Smooth Display sangat memanjakan user saat menggunakannya.

Kamera realme narzo 20 Pro Tidak Main-main

realme narzo 20 Pro tidak main-main untuk urusan kamera. Hal ini penting sekali mengingat sasaran utama anak anak muda yang gamer sekaligus ‘fotografer’ dalam waktu bersamaan. Tak bisa dipungkiri bahwa anak muda masih gemar berfoto apalagi swasfoto.

48MP AI Quad Camera adalah kamera utama untuk realme narzo 20 Pro. Selain itu, terdapat 8MP kamera sudut ultra-lebar 119 derajat, dan 2MP masing-masing untuk lensa potret B&W dan lensa makro.

Kamera utama 48MP realme narzo 20 Pro memiliki aperture besar f/1.8 dan bukaan lensa 6P. Sistem kamera ini bekerja dengan baik dengan mekanisme piksel binning cerdas 4-in-1 Quad Bayer. Saat proses pengambilan gambar, empat piksel yang berdekatan akan bergabung membentuk piksel yang lebih besar.

Saat itu terjadi, resolusi dan kualitas gambar dari kamera ini lebih sensasional dan detail yang kaya meskipun diambil dalam pencahayaan yang rendah.

Kamera kedua 8MP memiliki aperture f/2.3 yang memungkinkan pengguna tidak perlu mundur ke belakang untuk mengambil gambar dalam rentang yang luas. Dalam sudut pandang 119 derajat, kamera ini akan menangkap objek jauh lebih besar baik untuk gambar lanskap, arsitektur maupun grup besar yang tidak bisa dijangkau oleh kamera utama.

Lensa makro juga disematkan untuk mendukung pemotretan dengan jarak 4cm, serta lensa B7W Portrait yang mampu mendeteksi rangkaian cahaya lebih luas, membuat gambar bergaya retro maupun menambahkan tekstur pada potret.

Kamera smartphone ini juga didukung oleh fitur malam yang keren. Ada tiga fitur malam yang diunggulkan antara lain Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Pemandangan kota yang indah dapat direkam dengan baik oleh kamera ini.

16MP In-display Selfie Camera dengan sensor Sony IMX471 yang memungkinkan hasil swafoto lebih baik. Kebutuhan selfie sangat tercukupi dengan aperture F2.0 dan mendukung mode kecantikan pintar, efek bokeh dan fitur lainnya yang digemari oleh anak muda.

Khusus fitur kecantikan disematkan algoritma terbaru sehingga proses foto selfie lebih bersenyawa tiap-tiap orang. Kamera depan ini akan membaca kulit alami dan lembut dengan mudah sehingga tidak lagi memunculkan tipuan kamera saat berfoto dengan kamera depan realme narzo 20 Pro.

realme UI dan Android 10 yang User Friendly

Pengalaman multikasting akan semakin lengkap dengan realme UI. Didukung oleh Android 10, realme narzo 20 Pro berjalan dengan baik untuk berbagai kebutuhan. realme UI sendiri dirancang dengan lebih estetika sehingga pengguna tidak kerepotan untuk pengaturan yang ribet. Tampilan yang keren ini terasa sangat mulus dan menyenangkan pengguna. Ragam fitur juga mendukung pengguna untuk berbagai kebutuhan hariannya.

realme narzo 20 Pro membawa serta Soloop yang tak lain alat pintar untuk mengedit video pendek. realme tampaknya sangat paham sekali anak muda gemar merekam video yang langsung diupload ke media sosial. Dengan fitur ini, anak muda tidak perlu meng-instal aplikasi pihak ketika yang memakan memori lebih besar.

Untuk urusan keamanan, realme narzo 20 Pro mengandalkan fitur pemindari sidik hari seluas 2,4mm. Fitur ini terdapat di tombol daya yang dibuat dengan teknologi tinggi. Sekali tekan di tombol daya maka smartphone ini langsung terbuka tanpa membutuhkan ruang lain yang bisa mubazir untuk penempatan sidik jari.

Sebagai smartphone di harga 3 jutaan, realme narzo 20 Pro cukup menarik karena membawa serta keamanan tinggi, salah satunya adalah anti air. Semua lubang di smartphone ini adalah kedap air di mana disegel dengan pelindung silikon yang membuat air tidak mudah masuk ke dalam bodi.

realme narzo 20 Pro adalah smartphone yang keren dengan memori 8GB dan media penyimpanan 128GB. Smartphone ini juga dilengkapi dengan 3 slot kartu, dua untuk SIM Card dan sisanya adalah untuk MicroSD yang bisa disematkan sampai 256GB.

Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Processor MediaTek Helio G95

CPU:Octa-core, Up  to 2.05GHz

GPU:ARM Mali-G76 MC4 900MHz

Storage & RAM 8GB + 128GB

RAM:8GB LPDDR4x dual-channel

ROM:128GB UFS 2.1

Display 90Hz Ultra Smooth Display

6.5” (16.5cm) Fullscreen

Resolution:2400×1080 FHD+

Screen-to-body ratio:90.5%

Corning Gorilla Glass 3

Charging & Battery 65W SuperDart Charge

4500mAh(typ)

Includes an 10V/6.5A charger & cable

USB Type-C port

Camera 48MP AI Quad Camera

 

48MP Primary Camera

26mm, f/1.8

1/2” Sensor Size

 

8MP Ultra wide-angle Lens

FOV 119°, f/2.3, 5P lens

 

2MP B&W Portrait Camera

f/2.4, 3P lens

 

2MP Macro lens

4cm focus, f/2.4, 3P lens

 

Photography function:

Super Nightscape, Panorama, Portrait Mode, Time-lapse Photography, HDR, Ultra Wide, Ultra Macro, AI Scene Recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost

Video recording:

Support Ultra Wide Video

Support 4K/30fps Video Recording

Support 1080P/30fps, 60fps Video Recording

Support 720P/30fps, 60fps Video Recording

 

In-display Selfie

16MP Primary camera

f/2.1 5P lens

IMX471

 

Photography function:

Time-lapse Photography, Front Panorama, Beauty, Flip Selfie, Nightscape, Portrait Mode

 

Video recording:

Support 1080P/30fps video recording

Support 720P/30fps video recording

Support 120fps slo-mo video recording

Cellular & Wireless 3-Card Slot

2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot

 

Wireless network

2.4/5 GHz

802.11 a/b/g/n/ac

 

Bluetooth 5.0

Navigation GPS/AGPS/Glonass/Beidou
Size & Weight Height: 162.3mm

Width: 75.4mm

Depth: 9.4mm

Weight: 191g

Sensors Magnetic Induction Sensor/Light Sensor / Proximity Sensor/ Gyrometer / Acceleration Sensor
Operating System Realme UI

Based on Android 10

Packing List realme narzo 20 Pro

65W SuperDart Charger

USB Type-C Cable

Protect Case

Protect Film

SIM Card Tool

Important Info Booklet with Warranty Card

Harga Rp 3.399.000

Perangkat Pendukung Penuh Gaya

realme narzo 20 Pro tidak saja gahar soal performa tetapi mendapatkan tempat yang layak di hati realme Fans. Dalam menunjang gaya hidup lebih baik tersebut, anak muda yang membeli smartphone ini bisa menggabungkan kebutuhan multikasing dengan beberapa perangkat pendukung. Ada tiga perangkat pendukung realme narzo 20 Pro yang wajib dibawa serta.

realme Buds Air Pro

Dengar musik tidak lagi kerepotan dengan earphone konvensional. realme Buds Air Pro datang dengan chip S1 noise cancellation yang bekerja dengan konsumsi daya lebih rendah. realme Buds Air Pro datang dengan Transparency Mode yang memungkinkan suara di sekiling dapat didengar dengan sekali klik.

realme Buds Air Pro di Game Mode akan menghasilkan latensi 94ms yang memungkinkan pengguna lebih nyaman. Chip realme S1 ultra-power dengan kombinasi baterai sebesar 486mAh memungkinkan penggunaan selama 25 jam.

Fitur ANC juga menarik yang dapat digunakan untuk penghembatan mendengar musik selama 20 jam tanpa henti. Fitur pengisian baterai cepat juga bisa diandalkan yaitu 10 menit pengisian untuk mendengar musik selama 3 jam.

realme Smart Cam 360

Kamera pendukung juga sangat dibutuhkan saat ini. realme Smart Cam 360 derajat menghadirkan penglihatan panorama yang keren seluas 360 derajat. Perangkat ini dapat berotasi ke segala arah dengan perekaman Video WDR 1080p.

Gambar yang jelas meskipun minim cahaya karena perangkat ini memiliki iluminator inframerah 940nm berkualitas tinggi. Fitur Full Color in Low Light juga memungkinkan warna dalam video tetap stabil dalam redup.

Yang menarik adalah AI Motion Detection Monitor yang mampu mendeteksi suara, gerakan dan tubuh manusia secara bersamaan. Fitur lain adalah Voice Talkback & 360 Vision yang memungkinkan komunikasi dua arah secara real time.

realme Watch S

Jam pintar yang keren sudah jadi idaman saat ini. realme Watch S datang dengan sensor PPG level atas dari Goodix di mana detak jantung dapat dipantau selama 24 jam tanpa gangguan serta mengukur jumlah detak jantung secara cepat dan tepat.

Fitur SpO2 pada jam pintar ini akan mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Pengguna tidak perlu cek rutin ke dokter untuk kesehatan fisik karena fitur ini bekerja secara berkala.

realme Watch S hadir dengan Color Touch Screen seluas 1,3”(3,3 cm) dengan resolusi tinggi 360*360 piksel (278 PPI). Kecerahan otomatis menjadi bagian penting dari smartphone ini. Kecerahan tertinggi adalah 600nits yang dapat disesuaikan dalam lima level.

Jam tangan pintar ini dilengkapi oleh baterai sebesar 390mAh yang mampu bertahan sampai 15 hari. realme akan membawa realme Watch S untuk menjadi The Most Trendy Health Assistant sekaligus bersanding dengan smartwatch premium.

Perangkat lain yang mendukung kinerja smartphone ini dapat dilihat pada tabel di bawah ya, beserta paket penjualannya.

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: