PC tidak mungkin dilupa

PC Tidak Mungkin Dilupa?

Baik. PC mungkin sudah dilupa? Nyatanya tidak. Ada yang ‘hanya’ bisa dilakukan dengan PC karena keunggulan yang lebih dibandingkan laptop. Saya juga pernah berpikir bahwa PC sudah tidak dianggap lagi di dunia yang makin modern; dengan laptop makin membaik dari segi desain dan performa.

PC mungkin akan tinggal kenangan saja karena warung internet sudah tidak ada, toko komputer lebih banyak menjual laptop daripada PC, maupun segi kepraktisan yang hanya dimiliki oleh laptop. Sudut pandang yang kemudian saya ralat saat berkecimpung sendiri dengan sebuah PC.

Personal Computer ini mampu mengontrol atau menjadi ‘otak’ kerja PC lain bahkan laptop dalam waktu bersamaan. Meski kita menyambungkan berbagai kabel ke bodi CPU, dihidupkan dalam waktu lama, PC jangan sekali mengalami ‘error’ dan bahkan padam dengan sendirinya.

Ketika PC ‘Hampir’ Dilupa

Tiba di saat saya menahkodai ujian akhir di sekolah (dulu masih ada UNBK), PC benar-benar sebuah perangkat yang diunggulkan sebagai server. Program ujian akhir yang lebih berat dengan kabel LAN maupun internet yang tidak boleh putus, PC mampu menyeimbangkan itu semua.
PC tidak mungkin dilupaBagian bodi belakang CPU dengan banyak port untuk LAN, USB, HDMI, maupun port lain, masih berguna dalam waktu lama meskipun keseharian sudah mengandalkan laptop. Bagaimana sebuah komputer bekerja dengan satu port untuk internet dan satunya lagi untuk kabel LAN ke komputer klien, dan ini hanya ‘bisa’ dilakukan oleh PC saja.

Bukan laptop tidak mungkin. Bisa saja dengan performa yang unggul, namun kita membutuhkan rangkaian lain untuk menyambungkan port-port penting ini dan juga aliran listrik harus tetap tersambung. Dalam proses ujian akhir misalnya, maupun aktivitas serupa lain, seperti tes CPNS, tidak bisa mengandalkan baterai laptop yang berakibat fatal jika mati.

Padamnya laptop server karena keteledoran operator bisa berakibat fatal pada kelangsungan ujian. Kinerja yang dimaksimalkan tentu akan memakan baterai dengan cepat pula. Dalam pejalaran ini tentu saja laptop tidak bisa diandalkan.

Sangat berbeda dengan PC yang bisa bekerja optimal meskipun terus-menerus disambungkan ke aliran listrik. Cadangan catu daya yang tersimpan di dalam CPU bisa mengubah kinerja menjadi lebih baik bukan malah sebaliknya.

Ketika PC Membawa ke Kehidupan Baru

Kerasnya perubahan yang terjadi saat teknologi kian berkembang berdampak benar pada PC. Namun PC tetaplah PC. Komputer dengan banyak komponen ini bisa saya sebut telah membawa ke kehidupan baru, terutama anak-anak di sekolah.

Pemerintah tahun lalu memang benar meniadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Orang-orang bersuka-cita karena tidak perlu repot dengan ujian ini. Anak-anak merasa tidak takut duduk di depan komputer saat mengerjakan soal dan juga tidak perlu ujian yang memberatkan.

Nyatanya tidak demikian. UNBK telah tiada bukan berarti ujian lain juga tidak ada. Berpacu dengan perkembangan teknologi, ujian akhir kelas 12 juga menggunakan teknologi, baik berbasis komputer maupun berbasis android; intinya sama-sama berbasis online.
PC tidak mungkin dilupaSaya tetap menahkodai ujian akhir anak-anak kelas 12 dengan ujian berbasis online ini. Soal-soal diinput ke aplikasi dan ujian dijalankan menggunakan PC. Ujian juga menggunakan sesi dengan sekali masuk adalah 20 siswa, pada durasi ujian 2 jam (bukan 2 jam pelajaran dengan kurasi 45 menit perjam).

Jika diakumulasi, butuh 6 jam PC menyala jika terdapat 3 sesi, dengan transfer jawaban yang tidak putus dari perangkat yang digunakan anak-anak saat ujian. 20 orang anak sekali masuk ujian saja bisa membuat kinerja PC bertambah besar karena tembakan ‘jawaban’ permenit. PC butuh ketahanan lebih yang dimilikinya tanpa keraguan.

Dalam kinerja ini sokongan PC sangat membantu tanpa mengalami kendala sama sekali. Anak-anak yang sedang mengikuti ujian tentu berharap semua jawabannya tersimpan dengan rapi. Bahkan, beberapa anak sering bertanya apakah mereka telah logout dengan benar, atau apakah jawaban telah masuk ke server.

Dengan performa yang dimiliki oleh PC, tanpa keraguan lagi bahwa komputer desktop ini telah membawa ke kehidupan baru tiap anak yang baru saja selesai ujian.

Sebuah PC Minimalis untuk Kerja Masa Depan

Ke depan, saya masih bergantung kepada PC untuk banyak hal terutama ujian akhir sekolah. Saya bisa menemukan kemudahan menggunakan laptop untuk server ujian nanti. Dengan performa yang dimiliki, bisa diandalkan dalam berbagai kebutuhan, PC tetaplah kawan sepadan untuk menuju kesuksesan masa depan anak-anak nantinya.

Mungkin ini, saya perlu meng-upgrade PC ke generasi terbaru dengan komputasi lebih baik agar ujian berjalan lancar, raport digital cepat selesai, dan juga kebutuhan administrasi sekolah lain tidak terbengkalai.

Saya bisa sebut, PC yang saya inginkan nanti adalah sebuah komputer yang mampu memberikan yang terbaik untuk aktif dalam waktu lama selama ujian dan pengisian nilai anak-anak ke aplikasi raport digital. Sampai di sini, saya yakini ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) adalah jawaban dari keraguan itu semua.

Desain ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

Yang saya bayangkan adalah PC dengan bodi CPU besar dan berat. Yang terlihat dari ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) malah sebaliknya. Bentuknya yang imut dan slim membuat perhatian tertuju padanya dengan pasti.

PC desktop ini memiliki desain yang menarik perhatian. Mungilnya sudah pasti tetapi performa tidak bisa ditandingi. ASUS membuat CPU ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) sekecil mungkin tetapi tidak membuatnya kehilangan port-port penting.

Padanya masih terdapat port mouse dan keyboard konvensional yang berbentuk bulat dengan warna hijau dan ungu. Ditambah dengan port display, HDMI dan VGA yang berguna untuk berbagai kebutuhan.

ASUS memberikan ruang sebanyak 4 untuk port USB 2.0 di bodi belakang, dan juga port untuk kabel LAN (RJ-45). Port microphone dengan warna merah masih terlihat di sana, dan juga port line out dan line in yang tentu saja sangat berguna. Tak lupa, sebuah port besar untuk aliran listrik.
PC Tidak Mungkin DilupaDi bagian bodi depan, ASUS menawarkan ornamen garis-garis yang menarik sebagai rongga udara di sebelah kiri. Sedangkan di sebelah kanan, ASUS mengoptimalkan ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) dengan hadirnya indikator HDD, optical disk driver bay, port headphone dan audio combo, dan juga 4 port untuk USB 3.2 Gen 1. Tak lupa, ASUS menyediakan ruang untuk port smart card reader dan SD card reader.

Jangan lupa tombol power ada di sebelah kanan atas dengan bentuk yang menyatu dengan bodi namun bisa bisa dibedakan.
Bagaimana dengan bagian dalam dari CPU ini? ASUS terbilang memberikan kemajuan penting terhadap material CPU yang mudah dibuka. Dengan sedikit sentuhan, bagian dalam CPU ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) langsung terlihat. Jadi, kita tidak perlu membuka baut terlebih dahulu untuk membongkar CPU ini.

Di dalam sana terdapat sebuah kipas yang besar berdampingan dengan 2x DIMM, lalu ada 3.5 HDD dan ODD. ASUS juga membenamkan 2,5 HDD untuk menambah performa lebih bagus.
Dalam mendukung semua itu, ASUS membubuhkan 2xM.2 for storage, 1xM.2 for WiFi, 1xPCIe 3.0×16, 2xPCIe 3.0×1 dan 1xPCI yang akan menambah performa makin tinggi. Di dekat sudut itu semua, terdapat motherboard yang mencuri perhatian.

ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) memiliki motherboard terbaik di dunia. Dengan 100% kapasitor yang solid, motherboard ini akan memberikan pengalaman lebih berarti terhadap kinerja komputer. Motherboard ini tentu saja menjadi bagian dari perlindungan sistem yang komprehensif dalam melindungi perangkat keras di dalamnya.
Motherboard yang dibenamkan pada PC andalan ASUS ini telah melalui pengujian ekstensif dengan stabilitas 24/7. sedangkan kinerja yang konsisten menjadi penawaran lain dari motherboard ini.

Catatan di akhir bagian ini adalah sertifikasi uji ketahanan militer AS (MIL-STD 810G) untuk ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA). Jadi bisa dipastikan bahwa selain performa software, hardware juga mendapatkan perhatian lebih dari ASUS.

Performa ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

Saya percaya bahwa ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) adalah PC andalan untuk kebutuhan kerja di sekolah. Sebagaimana yang tercipta pada performa yang mendukung berbagai aktivitas kantoran pada umumnya.

Desain yang menarik perhatian didukung pula dengan dapur picu yang tak kalah menarik untuk diketahui. ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) memang tidak membutuhkan banyak ruang di kantor tetapi kecil-kecil bentuk tidak membuatnya minder.

ASUS membenamkan prosesor 10th Gen Intel Core di ExpertCenter D5 SFF (D500SA), dengan berbagai pilihan yang dapat dilihat pada tabel akhir tulisan ini. Alternatif lain juga datang dari pemilihan Windows 10 Pro atau Windows 10 Home.

Dalam mendukung kinerja lebih baik, ASUS membenamkan RAM sampai dengan 64GB DDR4, dan media penyimpanan 3TB HDD dan 2TB SSD. Dengan paduan keduanya ini akan mampu menghadirkan performa yang diimpikan selama ini.
Tak berhenti sampai di sini saja, untuk menghadirkan visual lebih baik, ASUS menawarkan GPU Intel® HD Graphics 630, atau NVIDIA® GeForce GT710 2GB GDDR5, atau NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5. Semua ini menjadi titik awal dari sebuah kinerja lebih menantang dari ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA).

Lainnya dari ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

Apa cukup berhenti di desain dan performa saja? Tentu tidak. ASUS menawarkan lebih untuk ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) agar menjadi andalan pekerja kantor maupun sekolah-sekolah. Yang pertama ASUS membenamkan kapasitor kelas atas dan juga produk ramah lingkungan.

ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) dengan model yang dimilikinya saat ini adalah sebuah PC dengan sertifikasi 80 PLUS® Platinum. Di mana energi terbuang sangat minimum sehingga lebih sedikit panas serta penghematan biaya jangka panjang.
Di atas terlihat jelas daya terbuang dengan 80 PLUS adalah 20% atau 37,5W dari 150W. Itu artinya kinerja akan lebih baik karena panas berkurang.

Yang menarik lainnya adalah ASUS Control Center. Sebuah terobosan baru dari ASUS dengan manajemen terpusat untuk pemantauan perangkat keras maupun lunak dari jarak jauh. Dalam satu portal, administrator dapat mengelola dengan baik aset yang tersimpan melalui antarmuka berbasis web yang sangat ramah pengguna.

ASUS Business Manager menjadi bagian penting lain di mana bekerja dalam tiap pergerakan yang dilakukan oleh PC, terutama USB yang disambung secara sembarangan. Data penting akan terenkripsi dengan baik dan dapat dipulihkan secara optimal.
Dalam beberapa waktu ke depan, ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) masih menjadi sebuah PC yang mampu menghadirkan performa terbaik dalam balutan desain modern dan dinamis, namun juga bersahabat dengan pengguna yang terbiasa mengontrol kinerja jarak jauh.

Simpulan dari PC Desktop ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

Sebagai penutup, saya mengutip siaran tertulis dari Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, “Kami sangat mengerti bahwa PC desktop masih memiliki peran besar dan belum dapat tergantikan oleh komputer portabel seperti laptop atau mobile workstation. Sebagai perusahaan teknologi yang berangkat dari industri PC desktop, ASUS tentu memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda serta memberikan nilai lebih melalui teknologi dan inovasi terkini,”

Dan benar, nilai lebih yang ditawarkan oleh ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA) mewakili semua kebutuhan yang diinginkan selama ini. Saya meyakini sekali lagi, meskipun tergerus dengan hadirnya laptop, PC tidak mungkin dilupa begitu saja!

Main Spec. ExpertCenter D5 SFF (D500SA)
CPU Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)

Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)

Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)

Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)

Operating System Windows 10 Pro

Windows 10 Home

Memory Up to 64GB DDR4
Storage Up to 3TB HDD
Up to 2TB SSD
Graphics Intel® HD Graphics 630

NVIDIA® GeForce GT710 2GB GDDR5

NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5

Input/Output Front IO

1 x 20 -in-1 Card Reader(Optional), 1 x Headphone, 4x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x Microphone& Headphone (Combo jack)

Rear IO

4 x USB 2.0, 1 x PS/2(Keyboard), 1 x PS/2(Mouse), 1 x HDMI 1.4, 1 x DisplayPort, 1 x RJ45 LAN, 1 x COM Port(Serial Port) (Optional), 1 x Parallel Port (Optional), 1 x D-sub, 3 x Audio Jack(s)

Expansion 1 x PCI, 1 x M.2 (for Wi-Fi card), 2 x M.2 Socket, 2 x PCI-e x 1, 1 x PCI-e x 16
Audio High Definition 7.1 Channel Audio
Software ASUS Business Manager, ASUS Control Center
Dimension 9.5 x 29.28 x 34 cm
Weight 5.5kg
Power Up to 300 W (80 PLUS)
Accessories Included keyboard, mouse, monitor
Warranty 3 tahun garansi global

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: