OPPO A54 Smartphone 2 Jutaan yang Tahan Air

Biasanya, smartphone yang tahan air itu dijual dengan harga relatif mahal. Smartphone yang tahan air juga sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Belum lagi bicara konten yang akan dipublikasikan yang tidak mengenal cuaca. Namun, smartphone dengan harga murah tetapi tahan air baru OPPO A54 saja.

Ngomongin smartphone dari OPPO, sejauh ini selalu saja penuh kejutan di segmen masing-masing. Mulai dari sisi kamera yang menjadi ikon menarik dari smartphone OPPO, sampai dengan warna-warni bodi yang mempunyai ciri khas tersendiri. Satu hal lagi tentu saja material yang dipakai oleh OPPO yang menjadikan smartphone mereka makin berkelas. Meskipun dijual dengan harga relatif terjangkau.

Begitulah OPPO mampu mengubah gaya hidup anak muda menjadi lebih menarik dan berkelas. Dengan desain yang mewah, sentuhan yang elegan dari sisi bodi, layar terbaik pula, dan tentu kamera yang tak bisa dikalahkan di kelasnya masing-masing.

OPPO A54 mendapat tempat tersendiri setelah diluncurkan. Seri A ini memang segmen khusus untuk kelas menengah ke bawah yang menginginkan smartphone mewah tetapi terjangkau. OPPO Seri A juga sangat populer di kalangan anak muda Indonesia. Selain model yang keren, fitur dan spesifikasi lengkap.

Aryo Meidianto A, Public Relation Manager OPPO Indonesia dalam siaran tertulis menyebut, “OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021. Berbeda dengan suksesornya, OPPO A54 menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. A54 juga hadir dengan desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaharuan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,”

Bagaimana OPPO A54 Menjadi Sangat Menarik?

Bahkan, belum ada smartphone dengan harga murah yang tahan air. Kalaupun ada bisa klarifikasi di kolom komentar. Setahu saya, sebuah smartphone yang spesifikasi tinggi, misalnya tahan air, bukanlah smartphone yang bisa dijual dengan harga murah karena komponen ini cukup baru dan mahal.

OPPO A54 sangatlah menarik untuk saya. Dari segi model dan spesifikasi sudah lebih dari cukup untuk anak muda yang ini tampil gaya. Nilai tambah lagi adalah sertifikat tahan air yaitu standar IPX4. Lapisan penahan air akan memberikan ketahanan lebih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Yang dilakukan OPPO terhadap A54 adalah rain of pipe-swing test yang dilakukan selama 10 menit. Hasilnya tentu sangat menarik yaitu selama 10 jam tidak terjadi kesalahan fungsi pada smartphone ini. Bisa dipastikan bahwa ketahanannya sangat baik.

Tidak berhenti di sini saja, OPPO A54 memiliki 5 lapisan perlindungan yang telah melalui proses uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Jadi ketahanannya sudah sangat mumpuni untuk sebuah smartphone murah.

Dalam menjaga ketahanan fisiknya, OPPO melakukan 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental. Konsistensi dalam menjaga produk agar lebih baik ini pula membuat OPPO A54 sangat direkomendasikan. Bukankah ini sangat menarik untuk sebuah perubahan smartphone kelas menengah?

Bagaimana dengan Desain OPPO A54?

Dari sisi desain, OPPO A54 memang sangat menarik perhatian. Meskipun dengan harga yang relatif murah, namun desainnya sangat modern dan kekinian sesuai keinginan anak muda. Hal menarik pertama adalah pilihan warna yang keren.

Adalah Starry Blue dan Crystal Black yang mendapat sentuhan material terbaik di kelasnya. Di mana rangka tengah dengan tebal 0,2 mm dipadu dengan bingkai aluminium yang memberikan kesan solid dan juga kokoh.
OPPO A54OPPO A54 dengan bingkai yang kokoh ini dibuat dengan teknologi electroplating. Gradasi bingkai yang halus dan modern ini memiliki 3 lapisan penyemprotan sehingga tampak sangat indah sekali. Perpaduan warna dan material yang sangat cocok untuk sebuah perangkat smartphone kelas menengah.

Desain yang simpel namun mewah ini kemudian dipadu dengan kamera yang tak kalah baiknya. OPPO menyembatkan 3 kamera utama di A54 beserta lampu kilat yang ditempatkan dalam sebuah bingkai berbentuk persegi yang terletak di sudut kiri atas.

Warna yang beda yaitu hitam dari bingkai kamera ini membuatnya tampil mencolok. Bisa dipastikan bahwa desain dan kamera smartphone ini hadir dengan sangat stylish di kelasnya.

Kamera OPPO A54 yang terbagi 3 ini adalah 13MP Kamera Utama, 2MP Kamera Makro, dan 2MP Kamera Bokeh. Pastinya kamu bisa menikmati berbagai macam gaya dengan kamera terbaik ini. Selain itu, untuk menambah gaya dengan kamera selfie, OPPO menawarkan 16MP Kamera Swafoto di A54 ini.

Salah satu fitur yang menarik dari kamera OPPO A54 adalah Dazzle Color. Ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan, menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna.

Fitur lain adalah AI Scene Recognition untuk pengenalan objek secara otomatis, setidaknya ada 23 suasana yang dapat dikenali. Fitur Ultra Night Mode akan membuat suasana malam lebih menarik. Saat diaktifkan secara manual, fitur ini akan membuat objek terlihat lebih baik dengan kecerdasan buatan yang dimilikinya.

Gambar panorama dapat diambil dengan sudut 180°. Di kamera belakang juga terdapat AI Beautification 2.0 yang membuat hasil menjadi lebih bersinar. Efek percantik buatan yang ada di fitur ini akan mendeteksi kulit orang Indonesia secara khusus sehingga membuatnya makin menarik.

Dengan hasil kamera terbaik ini pula, kamu bisa menikmati sentuhan yang indah dari sebuah kamera smartphone murah. Tentu, bersenang-senang dengan kamera telah menjadi keharusan anak muda untuk saat ini.

Bagaimana dengan Layar OPPO A54?

Layar sebuah smartphone menjadi bagian penting lain sebelum mendapatkan sebuah produk. Hal ini berkaitan dengan apa yang diinginkan oleh semua orang; misalnya bermain game maupun multimedia. Jadi layar dengan akurasi warna terbaik dan lebih besar menjadi pilihan tepat saat ini.

OPPO A54 datang dengan layar single punch-hole yang berukuran 6,51 inci. Layar ini sangat berbeda dengan kompetitor di kelasnya di mana masih menggunakan layar waterdrop tetapi dijual dengan harga setara. Sebelumnya, smartphone OPPO menyematkan layar serupa pada perangkat menengah atas mereka yaitu Reno5 F.

Bisa dipastikan bahwa OPPO A54 adalah smartphone ‘kelas atas’ yang dibalut untuk kelas menengah ke bawah. Fitur Eye Comport pada smartphone ini bisa menjadi alternatif dalam mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan mata.

Fitur unggulan ini bisa diaktifkan secara otomatis maupun manual dan bahkan periode terjadwal. Misalnya pengaktifan tergantung pada cahaya di sekitarnya.
OPPO A54OPPO A54 hadir dengan layar yang sangat berbeda di kelasnya. Sunlight Screen misalnya menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Pada saat terpancar sinar matahari ini, layar akan mengalami peningkatan sebesar 14,55 atau 550 nits sehingga layar menjadi lebih terang.

Kondisi ini sangat berbeda saat Moonlight Screen aktif yaitu di pencahayaan rendah atau malam hari. Kecerahan layar akan berkurang sampai 2 nits sehingga mata tidak silau. Selain itu, AI Smart Backlight menjadi alternatif lain di mana dapat mempelajari kebiasaan pengguna sehingga layar akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Layar OPPO A54 ini sungguh menarik untuk kelas menengah ke bawah dan mengerti anak muda. Dengan akurasi warna dan fitru yang dimilikinya ini, smartphone yang baru saja diluncurkan di Indonesia tersebut layak untuk dipertimbangkan.

Bagaimana dengan Performa OPPO A54?

Desain sudah menarik, kamera juga terbaik. Lalu bagaimana dengan performa dari OPPO A54 ini? Tentu saja OPPO akan menawarkan performa terbaik untuk memberikan kenyamanan pada pengguna, baik dalam hal multimedia maupun bermain game.
OPPO A54OPPO melakukan peningkatan yang cukup signifikan untuk OPPO A54 ini. Sebagai perbandingan, OPPO A54 tak lain penerus suksesor A53 yang beberapa waktu lalu menjadi yang terbaik di kelasnya.

OPPO A53 menggunakan prosesor Snapdragon 460 Octacore 1,8 GHz, memori 4GB, media penyimpanan 64GB, fitur sidik jari adalah Black cover Fingerprint dan tentu saja tidak memiliki sertifikat tahan air.

Sedangkan OPPO A54 menggunakan prosesor Mediatek P35 Octacore 2,3 GHz, memori 4GB, media penyimpanan 128GB, fitur sidik jari adalah Slide Fingerprint Unlock dan telah memiliki sertifikat tahan air IPX4.

Prosesor yang digunakan oleh OPPO A54 ini telah mengalami peningkatan yang lebih bagus dan mulus. Mediatek P35 ini merupakan prosesor tercepat berkat kecepatan 2,3GHz, prosesor ini juga akan membuat smartphone lebih hemat dengan teknologi Mediatek CorePilot, dan tentu saja menjadi prosesor terpintar dengan fitur AI Enchancements Camera.

Kecepatan dapur picu saja tidak cukup. Sebuah smartphone membutuhkan media pendukung lain yang membuatnya lebih berkelas. OPPO memberikan penyegaran yang lebih pada RAM maupun media penyimpanan yang lebih luas.

Untuk A54 ini OPPO menyematkan media penyimpanan lebih besar yaitu 128GB yang dapat dilakukan peningkatan dengan triple slot yang sangat optimal dengan microSD sampai 256GB.

Sidik jari di bagian samping menjadi bagian yang menarik dari OPPO A54 ini. Diyakini lebih mudah dan simpel untuk disentuh sehingga bagian ini menjadi bagian yang menarik perhatian pengguna di kelasnya.

Kebutuhan sidik jari memang sudah bukan hal yang bisa dianggap remeh. Akses cepat ke smartphone membuatnya menjadi sentuhan yang menarik dan penting meskipun berada di kelas menengah ke bawah.

Dengan adanya keamanan berupa sidik jari ini membuat smartphone lebih terjamin keamanan. Buka layar lebih cepat, mudah dan berkelas tentunya.

Masih meragukan perfoma OPPO A54 ini? Rasanya wajib untuk segera memilikinya, bukan? Tidak berhenti di sini saja, teknologi tinggi lain adalah 5 sensor suhu yang dapat meredam panas dengan baik. Optimalisasi suhu perangkat ini menjadi lebih baik berkat Multi-layer Heat Dissipation di mana menggunakan lembaran grafit pada penutup layar, rangka tengah, penutup belakang, speaker, dan juga rangka tengah yang menggunakan bahan konduktivitas termal tinggi.

Nah, perfoma yang kencang ini pula makin terbaik di kelasnya dengan dukungan baterai lebih besar yaitu 5000 mAh. Sambungan charger ini menggunakan konektor Type-C yang membuatnya makin cepat bekerja.

Dalam kondisi normal, baterai ini bertahan sampai 2,2 hari. Kamu bisa melakukan panggilan telepon secara non-stop selama 25,4 jam, dan bisa menonton YouTube tanpa henti sampai 19,9 jam. Fitur baterai lain adalah perlindungan overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek, proteksi arus berlebih, dan juga tinta tahan api untuk proteksi kebakaran level V-0. Main game juga makin seru.

Baterai 18W ini mendukung Fast Charging di mana dalam 42 menit bisa mengisi sampai 50%, untuk pemakaian 70% cukup diisi daya selama 60 menit, dan 142,5 menit pemakaian jika diisi daya sampai 100%.

Bagaimana dengan Tatap Muka OPPO A54?

Tiap smartphone memiliki tatap muka atau interface yang berbeda. Ciri khas ini juga terdapat pada OPPO A54 di mana menggunakan ColorOS 7.2 yang keren.
OPPO A54Dukungan penuh dari Android 10 membuat OPPO A54 ini sangat unggul seperti HyberBoost, di mana bekerja sebagai mesin pendorong yang memiliki tiga kemampuan yaitu scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost memungkinkan aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem.

Fitur lain adalah Black Screen Mode di mana ketika layar dimatikan aplikasi seperti YouTube tetap berjalan di belakang layar. Biasanya kita menemukan ponsel pintar yang langsung tidak bisa menyalakan YouTube ketika layar dimatikan. Fitur di OPPO A54 ini memungkinkan sentuhan tidak sengaja dapat dicegah dan juga konsumsi daya baterai dapat dikurangi.

Dalam memudahkan aktivitas harian, Photo Translator menjadi bagian penting karena Google Lens akan membantu menerjemahkan teks melalui Google Translate. Fitur ini sendiri telah mendukung 120 bahasa di seluruh dunia. Jadi, anak muda yang sedang belajar bahasa Korea bisa mengandalkan fitur ini.

Bagaimana dengan Harga OPPO A54?

OPPO mulai menjual A54 ini tanggal 1 April 2021 dengan harga yang sangat murah di kelasnya. Penjualan yang dilakukan melalui e-commerce atau di OPPO Store terdekat di kotamu, akan mendapatkan penawaran menarik. OPPO A54 dengan dua pilihan warna dijual dengan harga harga Rp. 2.699 juta saja. Kamu juga bisa intip spesifikasi lengkap pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi OPPO A54
Dimensi & Berat Dimensi: 163.6 mm x 75.7 mm x 8.4 mm

Berat: Sekitar 192 g

Tampilan 6.51-inches Single Punch-hole Display

1600×720 pixels Liquid Crystal LCD

60Hz Refresh Rate

89.2% Screen to Body Ratio

Sensor Sidik Jari Pembuka Sidik Jari Samping
Prosesor Mediatek Helio P35
RAM 4GB LPDDR4X
Penyimpanan 128GB, dapat dierluas hingga 256 GB dengan MircroSD
Kamera Utama • 13MP Kamera Utama

• 2MP Kamera Makro

• 2M Kamera Bokeh

Kamera Depan • 16MP Kamera Swafoto
Baterai &

Pengisian Daya

5000mAh

18W Fast Charge

 

Sistem Operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Warna Crystal Black dan Starry Blue
Harga Rp. 2.699.000

OPPO A54 – smartphone superior performa efisien yang dihadirkan untuk kebutuhan harian anak muda dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Saatnya berpaling pada sebuah perangkat yang lengkap, dan juga ramah kantong. Kapan lagi bergaya kalau bukan dari sekarang?

Leave a Comment

%d bloggers like this: