oli motor terbaik
Teknologi

Oli Motor Terbaik Rawat Kendaraan dalam Waktu Lama

0
(0)

Oli Motor Terbaik dari Pertamina Enduro Rawat Kendaraan dalam Waktu Lama – Oli motor terbaik merawat kendaraan lebih lama, bahkan bertahun-tahun. Dalam menjaga mesin motor atau mesin mobil, kita diharuskan untuk rutin mengganti oli terbaik. Sebagaimana diketahui bahwa oli merupakan pelumas pada kendaraan kita. Saat pelumas ini sudah kering, maka komponen di dalam kendaraan akan aus akibat gesekan kasar. Alasan memilih oli motor terbaik bisa dibaca sampai akhir tulisan ini.

Oli Motor Terbaik Sangat Penting

Oli motor terbaik sangat penting di mana perlumasan mesin bisa diibaratkan dengan minuman di dalam tubuh kita. Jika kering maka akan dahaga. Jika tidak ditambahkan lagi maka akan aus. Manusia saja bisa dahaga dan sakit jika kurang minum. Makan bisa keselet. Mesin kendaraan yang notabene barang mati jika tidak dirawat dengan baik lebih parah sakitnya.

Kendaraan membutuhkan oli agar bisa bergerak maksimal. Oli motor atau oli mobil dikenal sebagai pelumas dapur picu kendaraan. Cairan kental berwarna pekat ini wajib diganti secara rutin. Kekentalan oli motor sangat bergantung pada masa pemakaian. Makin lama dipakai, oli akan makin cair dan berubah warna.

Oli yang sudah dipakai lebih dari 3 bulan biasanya akan berkurang kadar kentalnya. Sehingga, dianjurkan untuk mengganti oli dalam waktu 3 bulan sekali agar performa mesin tetap terjaga. Oli motor maupun oli mobil memiliki zat pelumas aditif yang mampu menjaga komponen kendaraan. Oli merawat motor dengan baik.

oli motor terbaik

Kita sering merasakan suara mesin yang bising saat berkendara? Atau mungkin asap knalpot yang berubah warna dan bau? Salah satu faktornya adalah tidak mengganti oli terbaik secara rutin. Oli juga berfungsi sebagai peredam suara dan membuat suara mesin terdengar lebih halus.

Dalam menilai penting atau tidaknya oli kendaraan, di sini kita harus benar-benar paham sekali bahwa sebetulnya oli memiliki peranan penting. Banyak pengalaman pengendara yang kemudian turun mesin atau masuk bengkel karena tidak mengganti oli secara rutin. Zat aditif yang dimiliki oli akan mencegah komponen berkarat.

Komponen mesin berkarat karena pelumas yang sudah habis. Saat komponen mesin berkarat semua akan ikut mengalami kendala karena tidak berjalan secara seimbang. Transfer respon antara satu komponen ke komponen lain akan terganggu karena satu kerusakan saja, akibatnya kita harus segera membawanya ke bengkel untuk mendapat perawatan.

Oli yang lama tidak diganti akan membawa pengaruh besar terhadap mesin, bahkan bisa saja kerusakan besar terjadi. Komponen yang telah aus mau tidak mau harus diganti dengan komponen lain. Untuk menghindari hal ini tentu saja kita harus mengganti oli secara rutin.

Oli juga berfungsi sebagai perapat komponen. Celah antara silinder dan piston akan dirapatkan oleh oli agar terhindar dari kemungkinan kebocoran kompresi dan juga berkurang tekanan hasil pembakaran.

Waktu yang Tepat Ganti Oli Kendaraan

Kita kadang sering bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor maupun oli mobil. Ada beberapa pendapat menyebut 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali, saya memilih opsi kedua untuk ini. Namun, ada pula yang memberi pendapat sebaiknya mengganti oli setelah menempuh jarak 5000 KM atau 10.000 KM. Tentu dalam perhitungan ini agak sulit untuk kendaraan lama, berbeda dengan kendaraan baru yang dimulai dari angka 0.

Kendaraan baru dianjurkan untuk mengganti oli saat odometer menunjukkan angka 1000 KM. Tak jarang oli akan diganti kembali pada jarak tempuh 2.500 KM. Untuk kendaraan baru biasanya terdapat beberapa promosi dari tempat service atau tempat kita membeli kendaraan seperti gratis oli selama 3 kali.

Dalam buku manual kendaraan, terdapat anjuran untuk mengganti oli kendaraan tiap menempuh jarak 10.000 KM. Pembuat mesin kendaraan memiliki standar tersendiri dan mengetahui betul kadar kerja dari sebuah mesin.

Sebagai pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat, tidak selamanya kita bisa mengandalkan anjuran dari buku manual. Konsultasi juga dengan bengkel langganan kapan waktu terbaik untuk mengganti oli. Kondisi kendaraan yang sering terjebak kemacetan akan berbeda dengan kendaraan yang selalu berjalan di jalanan sepi.

Saya termasuk orang yang sering mendengar pendapat dari tukang service kendaraan. Misalnya, saat mengecek kondisi filter oli dan dirasa telah kotor dan perlu diganti, saya akan menggantinya dengan yang baru.
oli motor terbaik
Filter oli akan adalah tempat mengendap kotoran yang lama-kelamaan akan menumpuk dan menghambat kinerja. Penyumbatan ini membuat sirkulasi oli tidak merata ke beberapa bagian. Ganti filter ini biasanya tergantung dari jarak tempuh maupun kondisi kendaraan. Filter oli yang kurang baik biasanya akan diketahui oleh tukang service dan kita bisa segera menggantikannya dengan yang baru.Ganti oli rutin adalah wajib namun perhatikan juga kualitas oli. Oli terbaik memiliki kekentalan yang lebih kental dan tidak mengalami perubahan warna. Oli yang berubah warna lebih hitam dan mengeluarkan bau tengik dipastikan bahwa oli tersebut tidak layak pakai lagi.Kondisi oli akan membawa perubahan durasi ganti oli. Oli yang berubah warna menjadi putih susu dan kekentalan cukup pekat itu artinya oli telah terkontaminasi dengan air. Oli yang tidak baik membuat kondisi mesin bermasalah di kemudian hari.

Oli Motor Terbaik

Saat mengganti oli motor kita akan memilih yang terbaik. Kendaraan juga akan memilih oli mana yang sesuai dengan komponen mesin dan tidak. Oli terbaik sesuai akan membuat tarikan dan suara lebih halus. Oli yang tidak sesuai, tarikan akan berat dan suara lebih menggema.

Beda kendaraan tentu beda oli yang akan dipakai. Sepeda motor matic tidak akan bisa memakai oli kendaraan biasa. Efeknya akan terasa selama durasi pemakaian. Ibarat kita memasukkan kancing ke lubang yang sama, makin dipaksa tidak akan sesuai.

oli motor terbaik

Oli Motor Terbaik untuk Honda

Honda menjadi merek kendaraan bermotor yang digemari. Oli motor honda sebenarnya bisa apa saja namun soal kualitas menjadi pilihan lain. Kita tentu tidak boleh asal-asal dalam memilih oli motor karena berdampak buruk beberapa waktu ke depan.

Sepeda motor Honda memiliki komponen yang berbeda dengan merek lain. Oli terbaik untuk sepeda motor Honda sesuai dengan mesin. Honda sendiri merupakan salah satu merek sepeda motor yang dikenal sangat irit bahan bakar. Hal ini tentu dipengaruhi oleh komponen yang dipakai.

Honda menjadi salah satu brand yang mengusung hemat bahan bakar dan mendapatkan pelayanan terbaik dalam hal oli. Teknologi mesin PGM-FI menjadi cikal-bakal irit bahan bakar yang dimiliki honda.

Irit bahan bakar saja tidak cukup tanpa dukungan oli terbaik. Honda memiliki performa yang baik sehingga oli yang dipakai haruslah baik pula. Salah satu oli terbaik untuk sepeda motor honda matic adalah oli Enduro dari Pertamina Lubricants.
oli motor terbaik

Oli Enduro sendiri memiliki banyak varian antara lain Enduro 4T Racing SAE 10W-40, Enduro 4T SAE 20W-50, Enduro Matic-G SAE 20W-40, Enviro 2T SAE 20, Enduro 4T Sport, Enduro Matic SAE 10W-30. Penjelasan lengkap pada point berikutnya.

Oli Motor Terbaik untuk Yamaha

Yamaha memiliki peranan penting yang memilik tagline kuat yaitu, Yamaha Semakin di Depan. Dalma memilih oli, sepeda motor Yamaha juga tidak boleh main-main. Yang namanya sepeda motor tentu saja memiliki komponen yang serupa sehingga perawatannya juga sama.

Motor Yamaha memiliki kekuatan tersendiri yaitu sangat responsif terhadap kecepatan rendah. Hal ini tentu dipengaruhi oleh mesin dan juga komponen lain. Pemilihan komponen yang tepat akan membuat kendaraan lebih nyaman.

Komponen terbaik juga harus didukung dengan oli terbaik pula. Sama halnya dengan sepeda motor lain, motor Yamaha haruslah memiliki kemampuan yang serupa dalam memilih oli. Jangan asal pilih oli karena membawa pengaruh besar terhadap usia komponen.

Enduro juga menjadi alasan sepeda motor Yamaha bertahan lebih lama. Tiap motor Yamaha agar bergerak lebih responsif lagi tentu saja sangat membutuhkan oli terbaik ini. Dengan oli yang baik maka lebih maksimal dalam bekerja. Salah memilih oli akan berakibat fatal terhadap sepeda motor Yamaha.

Oli Motor Termahal

Kadangkala, kita merasa gengsi karena memilih oli motor termurah. Sehingga, kita beralih ke oli motor termahal agar tidak malu dan bisa dipamerkan kepada siapa saja yang tanya.

Dalam memilih oli motor sebenarnya bukan terletak pada murah dan mahal saja. Kompas.com (12/05/2016) menyebut dalam memilih oli bukan harga yang menjadi patokan. Salam Isadat, Technical Service Engineer for Indonesia memberikan pendapat, “Mobil dan motor yang tua seperti tahun 1990-an berbeda karakter dengan mesin mobil dan motor yang saat ini. Jangan sembarang membeli oli.”

Isadat melanjutkan, “Jangan mentang-mentang membeli oli dengan harga mahal lalu digunakan ke mobil dan motor tua, yang ada malah mesin jadi loyo,

RELATED:

Kunci utama dalam memilih oli itu terletak pada kental atau encer suatu oli motor. Tidak semua yang mahal itu menjamin kualitasnya. Oli juga demikian pada sepeda motor Honda maupun Yamaha.

Oli sama dengan pasangan hidup. Motor yang kita kendarai cocok dengan oli Enduro maka pakai saja oli ini dan jangan ganti dengan merek lain. Komponen di dalam mesin akan mengenal jenis oli yang berbeda.

Saat oli diganti dengan merek lain yang lebih mahal dan diyakini terbaik. Komponen di dalam mesin akan beradaptasi terlebih dahulu lagi dengan oli tersebut. Jika tidak sesuai maka kendaraan akan lambat, tarikan tidak lagi kencang dan bisa jadi komponen menjadi rusak.
oli motor terbaik

M Abidin, GM After Sales dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dikutip dari halaman yang sama menyebut, “Semahal apa pun olinya, bila tidak cocok digunakan dengan teknologi motornya akan sia-sia dan buang-buang duit saja.”

Abidin melanjutkan, “Motor era sekarang cenderung memiliki setelan RPM yang tinggi, mesin juga didesain lebih kompak dengan celah sirkulasi makin sempit di mesin sehingga membutuhkan pelumas yang viskositasnya rendah agar mudah ditransfer, beda dengan motor era ’80 dan ’90-an,

Maka sebagai pengendara, kita harus benar-benar paham betul bahwa motor kita cocok dengan oli yang mana. Enduro ya harus setia. Semua berpengaruh satu sama lain yang berefek kepada nyaman atau tidaknya. Salah pilih saja nanti sebentar-sebentar ganti oli.

Oli Motor Matic Terbaik

Saya sudah sebut di atas bahwa Endoru memiliki beberapa varian oli yaitu Enduro 4T Racing SAE 10W-40, Enduro 4T SAE 20W-50, Enduro Matic-G SAE 20W-40, Enviro 2T SAE 20, Enduro 4T Sport, Enduro Matic SAE 10W-30.

Khusus sepeda motor matic mendapatkan tempat yang berbeda karena bisa disebut motor matic sangat bergantung kepada oli. Motor matic yang lama diganti oli akan membuat mesin aus karena gesekan di komponen kasar.

Akibat dari aus ini paling fatal akan kena piston yang menggantinya membutuhkan biaya berkali lipat dari harga oli yang murah. Oli motor matic dari Endoru memberikan pelayanan terbaik kepada komponen mesin sehingga tidak cepat aus. Penting diketahui bahwa enduro adalah satu-satunya oli yang membuat komponen lebih bersahabat meskipun kita lupa mengganti oli.

oli motor terbaik
Oli Enduro untuk motor matic yang pertama adalah Enduro Matic-G SAE 20W-40. Oli ini dibuat khusus untuk motor matic dengan mesin 4 tak atau 4 langkah. Kualitas tinggi yang ditawarkan akan memberikan kehangatan kepada komponen motor.

Oli ini mendapatkan desain base oil sintetik yang mana membuat pengendara lebih nyaman meskipun di tengah kemacetan maupun jalanan yang tidak stabil atau penuh tanjakan.

Pilihan kedua oli motor matic adalah Enduro Matic SAE 10W-30. Oli ini masih untuk motor matic 4 tak. Zat yang terkandung di dalam oli ini adalah moly additive.

Zat aditif ini akan mengurangi pergeseran pada kondisi kecepatan dan temperatur tinggi yang dialami oleh mesin kendaraan bermotor. Hal ini akan berdampak pada tidak cepat panasnya komponen meskipun berjalan jauh.

Selain kedua oli tersebut terdapat varian lain adalah Enduro 4T Racing SAE 10W-40. Oli ini memiliki standar kendaraan di Jepang. Oli yang dimaksud memiliki tingkat kekentalan tinggi sehingga menjadi rekomendasi.

Kualitas yang baik diformasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan yang membuatnya bertahan lama. Oli Enduro 4T SAE 20W-50 memiliki mutu tinggi. Oli ini diformulasikan antara bahan dasar mineral dengan kualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan, didesain khusus untuk motor 4 tak.

Pemilihan oli ini tepat untuk mereka yang butuh performa tinggi dalam berkendara. Oli Enduro 4T Sport tak lain oli yang sesuai namanya. Penggunaan oli ini berkaitan dengan jenis sepeda motor.

Oli motor sintetik ini mendapatkan perlindungan maksimal sehingga jauh dari keausan yang sering dikhawatirkan pengguna kendaraan roda dua. Terakhir adalah Enviro 2T SAE 20 yang mana menjadi oli motor terbaik Pertamina dengan sistem pendingin udara.

Oli Mesin Motor Full Synthetic

Oli Full Synthetic dinilai yang terbaik karena memiliki bahan dasar yang sama dengan pelumas lain seperti hasil olahan minyak bumi. Oli ini lebih baik karena bebas dari karbon reaktif yang biasa ditemui pada oli Semi Synthetic dan Mineral. Asam, oksigen dan logam berat dihasilkan oleh karbon reaktif yang mempengaruhi kinerja mesin.

RELATED:

Kelebihan lain dari Oli Full Synthetic adalah tidak mudah menguap, tahan terhadap oksidasi, pelumasan disebut lebih merata, dan juga dalam temperatur tinggi akan bekerja lebih maksimal.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh sebuah kendaraan agar bertahan lebih lama. Bagi seorang pemilik kendaraan, hal pertama yang dipikirkan saat membeli motor adalah berapa lama dipakai.

Sebagian besar dari kita bukanlah orang yang mau mengganti motor karena bermasalah sedikit. Kita cenderung memakai kendaraan dalam waktu lama sehingga oli terbaik itu sangatlah membantu dalam merawat komponen mesin. Semakin baik kita menjaga maka akan semakin bagus pula kondisi kendaraan, dan tentu saja akan semakin lama pemakaiannya.

Oli Motor Terbaik untuk Perjalanan Jauh

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa masyarakat Indonesia mau melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan roda dua. Misalnya saat liburan akhir tahun maupun liburan hari raya idulfitri di mana budaya mudik masih menjadi primadona.

Mudik dengan kendaraan roda dua masih menjadi pilihan. Namun sebelum mudik tentu saja harus memperhatikan kondisi kendaraan, termasuk oli apa yang dipilih. Dalam menempuh perjalanan jarak jauh, oli tidak boleh asal pilih.
oli motor terbaik

Oli yang dianjurkan untuk pemudik atau siapa saja yang menempuh perjalanan jarak jauh adalah oli full synthetic. Oli ini soal bertahan lama berkendara dan keramahan bagi mesin kendaraan.

Selama perjalanan jauh kita hanya akan berhenti di beberapa tempat dalam waktu sebentar. Mesin yang belum stabil, pelumas yang belum kental lagi langsung diajak kembali berperang di medan. Dengan memilih oli full synthetic atau paling minimal semi synthetic, kita sudah merawat kendaraan dengan baik.

Nanti, saat kembali dari perjalanan jauh kendaraan akan kembali dalam kondisi seimbang dan kita tidak perlu kerepotan dalam memperbaikinya.

Oli Motor Terbaik untuk Perjalanan Jarak Dekat

Dalam keseharian, kita ke mana-mana menggunakan sepeda motor. Mau beli ikan dalam jarak dekat, naik motor. Mau ke rumah kerabat yang atapnya terlihat beberapa meter di depan, juga naik motor. Kebiasaan ini sudah tidak bisa diubah lagi.

Enduro dari Pertamina menjadi pilihan terbaik untuk oli motor yang menempuh perjalanan jarak dekat ini. Oli yang memiliki elemen penting dalam mendinginkan mesin, pelumas yang baik, tidak akan mudah membuat kendaraan aus.

Mungkin, sebagian kita menganggap bahwa jarak dekat nggak begitu berpengaruh terhadap oli. Namun jangan salah, dalam durasi pemakaian yang lama juga akan membuat komponen aus. Meskipun kita hanya pulang pergi ke rumah kakek-nenek dalam satu kampung, oli tetap harus diganti rutin.

Nama juga motor dihidupkan dan jalan maka komponen di dalamnya akan bergesekan. Makin digesek makin ‘memakan’ pelumas. Makin lama makin aus.

oli motor terbaik
Hal sepele bagi pengendara adalah malas mengganti oli padahal jika diganti akan mengurangi masalah. Coba lihat di beberapa tempat di kampung-kampung.

Anak-anak muda yang katanya tidak pergi jarak jauh mengeluarkan asap hitam dari knalpot. Berbanding terbalik dengan orang lain yang pergi jarak jauh tetapi suara mesin masih halus. Hal ini karena tidak mengganti oli secara rutin dan membuat mesin bermasalah.

Jika demikian perawatannya, bisa saja mereka yang cuma memiliki perjalanan jarak dekat yang akan turun mesin motor untuk diperbaiki yang akan membutuhkan biaya lebih besar.

Keuntungan Ganti Oli Motor Secara Rutin

Motor – seperti yang sudah disebut – termasuk kendaraan yang juga sensitif terhadap keenceran oli. Oli begitu penting bagi komponen di dalam motor.

Oli yang dipilih untuk motor haruslah sesuai dengan spesifikasi motor, tidak boleh asal pilih. Pelumas untuk kendaraan roda dua ini sangat bergantung pada kualitas dan kuantitasnnya.

Oli motor terbaik penting dipilih dan memang tidak mudah. Di pasaran banyak sekali oli motor yang dijual bebas dan kembali lagi kepada kita memilih yang mereka apa.

Kualitas rendah akan menurunkan performa motor dan keawetan mesin jadi berkurang sehingga tidak akan bertahan lama. Oli yang beredar di pasaran sangat banyak. Kualitas terbaik oli ditentukan oleh tingkat kekentalan oli itu sendiri.

SAE atau Society of Automotive Engineer, mendefinisikan oli dengan tingkat kekentalan tinggi akan bekerja lebih efisien dan optimal. Hal ini akan membuat mesin motor bertahan lama.

oli motor terbaik

Oli Motor Bersihkan Mesin

Tanpa sadar, kita terlalu suka dengan lupa merawat mesin motor. Banyak alasan tidak ganti oli motor salah satunya adalah malas. Dalam 3 bulan terakhir, kapan motor dibawa ke tempat service untuk mendapatkan pelayanan? Minimal ganti oli saja tak masalah, terutama untuk motor matic.

Konsep motor matic yang berbeda dengan motor bergigi pada umumnya, membuat jenis motor ini rentan sekali terhadap turun mesin. Salah perawatan apalagi abai terhadap oli, otomatis berakibat buruk dan biaya pebaikan tidak sedikit. Komponen motor matic yang sangat bergantung kepada oli.

oli motor terbaik
Komponen motor yang cenderung tertutup tidak mudah mendapatkan sirkulasi udara sehingga debu yang masuk mudah menjadi kerak. Pembakaran di dalam mesin makin lama akan meninggalkan kerak-kerak yang banyak.

Maka sampai di sini kita paham betul bahwa pelumas ini memiliki peranan penting terutama sebagai pembersih utama. Ibarat di dalam sebuah kamar yang membutuhkan perangkat agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Pendingin ruangan tersebut juga harus mendapat perawatan agar terjaga kesterilannya. Manusia yang sensitif akan mudah merasakan perbedaan lalu akan membereskan masalah sebelum sakit. Mesin motor yang tak bisa berbicara adalah kita yang paham kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor itu.

Membuat Mesin Motor Awet

Pengalaman mengajarkan saya bahwa oli harus tetap terjaga. Begitu knalpot mengeluarkan bau di motor matic, langsung saja ganti oli. Jika diperlambat akibatnya mesin motor tidak akan awet seperti yang diharapkan.

Pada dasarnya, oli motor yang diganti tiap periode akan melindungi mesin dari kerusakan. Gesekan yang terus terjadi membuat pelumas ini cepat pula berkurang kadar kekentalannya.

Untuk mencoba pengecekan ini, kita bisa membandingkan dua kendaraan. Motor pertama diganti oli secara rutin sedangkan motor kedua diabaikan saja. Pastikan juga bahwa kondisi mesin kedua motor dalam keadaan baik.

Selama percobaan, motor dipakai seperti biasa dalam jarak dekat maupun jauh. Nah, kita akan segera mengetahui kondisi mesin kedua motor selama periode percobaan ini. Motor dengan rutin ganti oli dipastikan akan tetap mengeluarkan suara halus, asap knalpot tidak bau maupun tarikan yang lembut.

Motor yang tidak diganti oli berbanding terbalik dengan motor ganti oli terbaik. Motor ini jika beruntung cuma batuk-batuk saja dengan tarikan yang susah, suara yang menderung, asap knalpot bau dan paling parah adalah harus turun mesin.

Demikian pentingnya oli sampai-sampai membuat kita berpikir dua kali untuk tidak mengganti oli motor. Orang awam saja paham bagaimana sebuah oli berperan penting dalam kelancaran mesin motor bekerja.

Mencegah Terkena Aus

Saya pernah mengganti piston motor matic lebih dari Rp 600 ribuan. Dari sini sudah bisa ditebak apa masalahnya. Saya cenderung mengabaikan asap knalpot yang bau atau nanti saja kalau ganti oli. Padahal menunda-nunda ini berbahaya sekali untuk usia komponen di dalam sebuah motor.

Motor matic yang piston tidak bekerja lagi atau telah aus langsung mati di tengah jalan. Akibatnya adalah kita harus mendorong sepeda motor menuju bengkel.

Waktu itu, saya harus memanggil becak membawa motor matic yang telah mati ke bengkel yang jauh. Ada sebab ada akibat. Aus atau karat karena pelumas tidak berfungsi. Aus di motor matic sebenarnya mudah dideteksi. Misalnya, tarikan sudah tidak lagi lembut, suara sudah agak bergetar maupun bau asap knalpot yang tidak lagi bersahabat.

Saat itu terjadi segera ganti oli motor matic agar sirkulasi lebih baik, pelumas kembali membuat komponen bekerja maksimal dan biaya perawatan tidak begitu banyak. Saran saya, saat ganti oli motor matic adalah dengan mengganti kedua oli jangan cuma satu saja.

Hemat Biaya dengan Ganti Oli Rutin

Sebagai informasi, harga oli Enduro untuk sepeda motor matic berkisar antara Rp 34.000 sampai dengan Rp 40.000. Pada kisaran harga ini jika masih ada yang merasa enggan untuk rutin ganti oli adalah golongan kaya raya.

Dengan ganti oli rutin bukan saja motor lebih baik dalam pemakaian tetapi hemat biaya. Begitu mesin motor bermasalah, piston rusak maka kita akan segera menyesal tidak mengeluarkan uang Rp 34.000 saja untuk mengganti oli tiap – minimal – 3 bulan sekali.

Dalam hal ini mari kita definisikan dengan pengeluaran lain. Sebut saja ganti oli dengan harga paling murah tadi yaitu Rp 34.000 untuk jenis oli Enduro Matic-G 20W-40 0,8 liter.

Dalam tiga bulan kita hanya mengeluarkan Rp 34.000 saja untuk oli terbaik agar mesin aman. Namun itu masih malas karena berbagai alasan. Kita bandingkan dengan pengeluaran lain misalnya rokok perbungkus bisa Rp 20.000 dalam beberapa hari; bahkan bisa sehari bagi yang candu.

Dalam sebulan kita mengeluarkan Rp 600.000 untuk rokok jika sehari perbungkus. Dalam 3 bulan adalah Rp 1.800.000 untuk kesenangan yang tidak mengenyangkan itu.

Tiba di saat demikian, kita harus berpikir lebih realitis di mana kebutuhan yang banyak manfaatnya harus diutamakan dibandingkan dengan kebutuhan yang bahkan bisa mendatangkan penyakit. Dengan memahami spesifikasi motor, oli yang dipilih juga tidak akan salah. Mesin motor akan menyesuaikan dengan oli mana yang terbaik buat dirinya sendiri.

Motor Enak Dikendarai

Apa yang diharapkan dari sebuah mesin kendaraan selain enak dipakai? Dikutip dari detik.com (02/03/2018) sebuah sepeda motor yang enak dikendarai karena empat faktor, yaitu dilengkapi banyak fitur modern, bodi yang ringan, tidak bising saat dinyalakan, dan dilengkapi digital speedometer modern dan informatif.

Untuk saat ini, hampir semua motor telah mengikuti karakteristik dari keempat keinginan tersebut. Motor modern dipercaya memiliki kemampuan yang baik dalam bekerja dan membuat pengendara lebih nyaman. Motor yang enak dikendarai sudah lengkap spesifikasi yang kekinian. Misalnya, kita sering terganggu dengan bising motor saat dihidupkan.

Untuk menghindari hal demikian sebaiknya menggunakan motor dengan mesin Blue Core 125cc LC4V, dan juga motor yang dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Kedua fitur ini akan membuat torsi merata di setiap putaran mesin sehingga tidak begitu bising saat dinyalakan.


Selain itu, motor dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) akan halus suaranya. Fitur lain seperti Stop dan Start System memastikan mesin stop atau mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan start atau menyala kembali saat tuas gas diputar. Biasaya fitur ini berfungsi jika dinyalakan saat di lampu merah. Bahan bakar jadi irit dan mesin bisa berhenti sejenak.

Lepas dari itu semua, kembali lagi ke pemilihan oli dan juga rutin ganti oli. Dengan spesifikasi lengkap saja tidak cukup tanpa perawatan maksimal yang akan membuat kita tidak nyaman berkendara. Rawat mesin dengan spesifikasi modern tersebut dengan ganti oli secara kontinu sehingga mesin aman, berkendara nyaman.

Memudahkan Pemeliharaan Motor

Tips mudah dalam hal pemeliharaan motor adalah perawatan secara rutin. Tak ada kata lain selain ke bengkel tanpa harus rusak terlebih dahulu.

Kapan waktu yang tepat service sepeda motor? Saya sudah sebut bahwa 3 bulan barangkali adalah pemilihan waktu maksimal. Boleh saja sebulan sekali tetapi 3 bulan sekali bisa dilakukan agar lebih hemat biaya dan motor juga belum terkendala.

Motor yang mendapatkan pergantian oli secara rutin, pada pemeliharaan juga tidak begitu repot. Spare part tidak ada yang harus diganti, jika memang harus barangkali perangkat sederhana saja.

Akan berbeda dengan tidak ganti oli yang bisa saja spare part yang harus diganti membutuhkan biaya mahal. Saat dibawa ke bengkel, motor yang rutin ganti oli biasanya akan cepat pula servicenya. Komponen-komponen tertentu hanya dibersihkan saja. Jika ada komponen yang harus diganti mungkin seperti busi maupun minyak rem.

Saiful, Service Advisor Yamaha Deta Ciputat kepada GridOto.com (20/08/2018) menyebut, “Untuk pemakaian normal, minyak rem di motor sebaiknya dikuras dan diganti baru setiap 25 ribu kilometer,” Jadi, jangan ragu untuk memelihari motor agar performa tidak menurun meskipun usianya tidak lagi muda.

Mengapa Harus Memilih Oli Terbaik?

Enduro oli motor terbaik saat ini. Saat memilih sesuatu kita tentu akan senang terlebih dahulu. Jika sudah nyaman makan kita akan bersamanya selamanya. Demikian pula dalam memilih oli terbaik untuk motor.

Komponen di dalam motor tidak selamanya memihak kepada oli mahal saja, juga tidak kepada oli murah selalu. Untuk memastikan berjodohnya oli dengan motor, kita bisa coba pakai oli A selama sebulan lalu ganti oli B bulan berikutnya.

Kenapa butuh waktu lama? Tentu saja makin lama oli dipakai makan berkurang kadar kekentalannya. Kita akan tahu siapa yang bertahan lama dan siapa yang segera membuat motor melambat tarikannya.

Dengan membandingkan kedua oli ini kita akan bisa menjatuhkan pilihan kepada oli A atau oli B. Dianjurkan bahwa jangan mengganti merek oli motor karena komponen akan kembali beradaptasi dalam waktu lama.

oli motor terbaik

Terjamin Kualitas Oli

Kualitas adalah nomor satu. Tidak hanya soal kepercayaan konsumen saja tetapi pengaruh terhadap mesin motor juga sangat perlu sekali. Jaminan kualitas suatu oli tentu saja berangkat dari perjalanan panjang. Oli Enduro dari Pertamina mendapat perhatian khusus di hati konsumen.

Pertamina Enduro bukan oli biasa. Dari oli motor terbaik ini, PT Pertamina Lubricants mendapatkan penghargaan Superbrands Awards 2017 untuk kategori kategori “Automotive Lubricants” sebagai pelumas unggulan roda dua. Pertamina Enduro menyusul Mesran mendapatkan penghargaan serupa. (oto.detik.com, 07/06/2017).

Syafanir Sayuti, VP Sales & Marketing Domestic Retail Automotive, menyebut, “Kami berterima kasih kepada seluruh konsumen Indonesia atas kepercayaannya kepada Pertamina Enduro sebagai pelumas motor pilihan masyarakat. Enduro merupakan salah satu brand pelumas unggulan kami. Enduro memiliki berbagai varian dan spesifikasi yang memang di formulasikan khusus untuk beragam kendaraan roda dua dan cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia,”

Oli Enduro mengubah pandangan terhadap oli terbaik yang hanya memberikan pelayanan terbaik pula pada sepeda motor.

Harga Oli Terbaik Sangat Terjangkau

Bagi sebagian orang, oli motor matic adalah segalanya bagi kehidupan mereka. Jika sudah demikian maka beberapa pilihan dari Enduro bisa dipertimbangkan. Motor matic telah menjadi andalan saat ini dan oli mau tidak mau harus rutin diganti. Pertamina Enduro menawarkan harga yang spesial untuk oli motor matic.

Jenis Oli Harga
Pertamina Enduro Matic-G 20W-40 0,8 liter Rp 34.000
Pertamina Enduro Matic-G 20W-40 1 liter Rp 40.000
Pertamina Enduro Matic-G 10W-30 0,8 liter Rp 37.000
Pertamina Enduro Matic-G 10W-30 1 liter Rp 39.000

Dengan harga yang murah ini namun performa yang lebih baik, tidak ada keraguan untuk rutin mengganti oli motor. Jika membiarkan komponen motor berkarat adalah menyia-nyiakan kesempatan dan waktu di mana selagi mudah kenapa harus dipersulit.

Layanan Konsumen

Salah satu hal yang menarik dari Pertamina Enduro adalah pelayanan yang mudah diperoleh. Layanan konsumen bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja. POM bensin menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan Pertamina Enduro.

Fokus konsumen yang diberikan oleh Pertamina Enduro ini tidak main-main. Biasanya di hampir tiap POM bensin terdapat sebuah kios yang menyediakan ganti oli Enduro maupun konsultasi kepada tenaga teknis yang ada di sana.

Kemudahan akses ini memberikan peluang yang lebih besar kepada konsume untuk segera mengganti oli motor mereka. Jadi, bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh dan merasa ragu soal ketahanan oli motor bisa langsung menggantikannya di POM bensin Pertamina yang mana sudah terdapat tenaga teknis yang siap membantunya.

Persediaan Oli Selalu Ada Sepanjang Tahun

Pertamina Enduro dipastikan ada sepanjang tahun. Pertamina Lubricants memastikan bahwa oli motor terbaik mereka akan tersedia dalam waktu lama. Dengan penghargaan yang telah didapat, kepercayaan konsumen dan juga keunggulan yang dimilikinya, sulit sekali stok oli Enduro ini kosong.

Jangkauan yang luas dan sistem penjualan yang mudah dengan menggandeng hampir semua POM bensin berlogo Pertamina. Pertamina Enduro memastikan diri dalam stok yang banyak, pembelian mudah dan harga terjangkau.

Mudah Didapatkan di mana-mana

Kita tentu bingung mau ganti oli di mana dan tempat apa yang menyediakan Pertamina Enduro. Jangan khawatir karena tidak saja di tempat khusus saja tetapi di bengkel-bengkel biasa kita service motor juga menyediakan oli ini.

Oli motor Enduro telah merata penjualannya di seluruh Indonesia. Pertamina Lubricants memastikan bahwa sepeda motor masyarakat Indonesia akan tetap aman dan nyaman digunakan. Dengan oli terbaik ini, Pertamina Lubricants tak akan sia-sia dalam menjaga keawetan motor matic maupun motot bergigi di Indonesia.

Siapa Saja Bisa Mengganti Oli Terbaik

Setiap orang punya hak yang sama dalam mengganti oli motor mereka. Dengan harga yang pas, kesempatan yang sama dan mudah didapatkan di mana-mana, Pertamina Enduro adalah oli yang tepat untuk sepeda motor kita.

Oli motor terbaik ini tidak memandang orang kaya maupun miskin. Asalkan ada keyakinan untuk membuat mesin motor awet, langsung saja ganti oli ke Pertamina Enduro.

Kita yang tahu benar bahwa motor sedang membutuhkan oli baru atau cukup dengan oli lama dalam beberapa waktu. Satu catatan bahwa jangan pernah menunda mengganti oli karena akan menyesal kemudian dengan biaya yang lebih banyak buat perbaikan mesin.

Oli Terbaik Bagus buat Motor dan Mobil

Oli terbaik hanyalah milik mereka yang butuh kenyamanan dalam berkendara. Oli terbaik yang bagus buat motor adalah Pertamina Enduro dan oli terbaik buat mobil adalah Pertamina Fastron. Cukup memilih sesuai kendaraan yang dikendarai dan rasakan pengalaman berkendara lebih kencang, tidak tersendat-sendat, suara halus dan tarikan lembut.


Oli motor terbaik hanyalah milik kita saja. Perhatikan soal oli maka kenyamanan akan dirasakan dalam waktu lama. Kita harus pelit sesekali untuk membuat yang lain senang. Boleh tidak merokok sehari saja untuk mengganti oli. Bisa dibayangkan motor rusak dan tidak bisa ke mana-mana saat orang lain liburan? Liburan tidak akan menyenangkan!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Blogger | Teacher | Writer| "pada sebuah mimpi, ingin kembali ke suatu masa" Kerjasama: [email protected]

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *