Media Sosial di HP Bikin Cepat Habis Kuota dan Cepat Panas

Media sosial adalah interaksi yang tiada batas sejauh ini. Media Sosial di HP pada dasarnya punya sisi positif dan negatif.

Banyak orang terkoneksi dengan media sosial karena kebutuhan dan kemudahan yang dihadirkan oleh media ini.

Media sosial menjadi sarana berbagi informasi, berdebat, berbagi foto maupun video dan beragam hal menarik lain.

Munculnya media sosial rupanya menindabobokan pengguna. Media sosial pun tidak satu yang kini terpasang di sebuah smartphone.

Ada media sosial yang berbasis microblogging, media sosial berbagi foto saja dan lain-lain.

Tiap orang mau tidak mau akan sibuk dengan media sosial karena lebih informatif dan bahkan berbau gosip dengan mudah daripada media lain.

Namun memasang banyak media sosial dalam sebuah smartphone amankah? Coba kita lihat analisa penggunaan media sosial.

Media sosial membutuhkan ruang penyimpanan sangat besar. Sadar atau tidak sadar, besarnya kapasitas media sosial itu ratusan MB yang memakan memori internal.

Sebagian besar media sosial saat ini tidak mendukung penyimpanan eksternal sehingga harus disimpan pada internal.

Bayangkan jika kamu menginstal banyak aplikasi media sosial dengan rata-rata 100MB lebih saat telah bekerja.

Jangan salah, kapasitas media sosial di PlayStore hanya ‘manipulasi’ saja sedangkan penerapannya berbeda. Contohnya, Facebook membutuhkan ruang setidaknya 279MB saat sudah dijalankan.

Media sosial memakan kuota internet dalam jumlah banyak. Media sosial adalah pemakan kuota internet terbanyak.

Rata-rata kuota yang dihabiskan oleh Facebook adalah 1,34GB dalam penggunaan terjadwal. Twitter memakan kuota sebesar 1,63GB dalam waktu terjadwal.

Dua aplikasi media sosial besar ini saja telah memberikan ‘harapan’ untuk mengisi paket data dalam waktu dekat. Bagaimana dengan banyak aplikasi media sosial lain yang terpasang?

Media sosial memakan RAM (memori) terlalu besar dalam bekerja. Pekerjaan di smartphone bermula dari RAM, dan media sosial memiliki peranan penting dalam mempercepat dan memperlambat sebuah smartphone.

RAM akan mudah berkurang apabila smartphone menjalankan banyak aplikasi termasuk media sosial, hal ini akan membuat kinerja tidak bagus.

Media sosial dengan teman sama dan tidak ada interface berbeda sebaiknya dihapus saja.

Langkah terbaik adalah menghapus saja daripada banyak media sosial namun teman yang sama dan intensitas penggunaan jarang. Hal ini akan membuat smartphone lebih aman.

Media sosial mengambil daya lebih besar. Dengan kapasitas yang cukup besar ini, media sosial membutuhkan energi yang lebih besar agar dapat berjalan maksimal.

Aman sebuah smartphone itu pada bagian mana? Baterai dan paket data. Media sosial mengambil peran penting dalam menghabiskan baterai dan paket data.

Dua hal ini yang paling sering dikeluhkan pengguna smartphone daripada urusan memori penuh maupun ruang penyimpanan tak ada lagi sisa.

Media Sosial di HP kalau teman dan kebutuhan itu-itu saja atau sama, lebih baik menggunakan satu atau dua saja.

1 thought on “Media Sosial di HP Bikin Cepat Habis Kuota dan Cepat Panas”

  1. Iya emang bener si ,akupun juga sepertinya sama,
    Cuma aku atasi, jadi semenjak aku ganti hp infinix gak cepet panas hpnya, terus kalo kuota aku pakenya smartfren unlimited jadinya ada cup perharinya,jadi agak terkontrol gtu

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: