3 Manfaat Buah untuk Kedekatan Anak yang Sering Diketahui Tapi Dilupakan

Buah bukan informasi baru untuk dibagikan. Bahkan, semua yang kita konsumsi dalam bentuk kemasan saat ini dibuat dari buah. Sebut saja untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kita cenderung membeli minuman botol yang praktis. Padahal, minuman ini terbuat dari perasan jeruk. Dari sini kita lebih memilih kepraktisan daripada kesehatan itu sendiri. Manfaat buah jauh lebih baik daripada makanan kemasan itu.

Di sisi lain, ada pula orang yang enggan makan buah dengan berbagai alasan. Orang dewasa yang mencontoh tidak makan buah ini di hadapan anak-anak, membuat mereka juga enggan makan buah. Jadinya, semua beli yang dalam bentuk kemasan di mana belum tentu aman untuk kesehatan.

Anak-anak memang tidak selesa melihat buah – kecuali beberapa saja yang suka. Tetapi, pendekatan dari orang tua bisa dicoba agar anak-anak mau makan buah harian. Kebutuhan vitamin alami dari buah ini sangat dibutuhkan oleh anak karena belum terkontaminasi dengan pengawet.

Anak-anak pada usia 1 tahun harus lengkap nutrisinya, salah satu dari buah-buahan. Kebutuhan gizi anak makin bertambah seiring perkembangan mereka. Pemberian buah secara rutin akan menjadi kebiasaan anak untuk makan buah harian dan tentu saja akan melindungi kesehatan mereka.

Seberapa penting buah untuk anak-anak? Pada dasarnya tidak bisa dikalkulasikan secara terperinci karena nutrisi dari buah sangat alami. Misalnya, makan apel, nutrisinya akan berbeda dengan sepotong semangka. Untuk itu, kita harus tahu manfaat buah ini apa saja. Di antaranya adalah mengandung vitamin A, C maupun E.

Kandungan Vitamin A

Buah mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi untuk anak-anak sangat dibutuhkan vitamin A dalam rangka merangsang perkembangan mereka. Vitamin A tak lain berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Vitamin A mudah didapatkan pada buah blewah, semangka, jeruk bali maupun blackberry. Pada umumnya, anak-anak akan menyukai buah-buahan ini jika orang tua tahu pendekatannya. Bahkan, ada anak yang suka makan semangka dalam jumlah banyak yang mana asupan vitamin A mereka tercukupi.

Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A tentu aman untuk anak karena buah masih alami, sangat berbeda dengan membeli buah sejenis yang sudah dipaket dalam kemasan yang belum tentu aman untuk anak-anak. Kadang, minuman kemasan hanya mengambil sari saja untuk membuatnya memiliki rasa seperti buah dimaksud.

Kandungan Vitamin C

Dalam meningkatan daya tahan tubuh, vitamin C menjadi alternatif yang sangat alami. Vitamin C juga akan membantu proses pemulihan rasa sakit yang sering alami. Di dalam vitamin C terdapat manfaat antioksidan yang akan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikan bebas.

Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, nanas, mangga bahkan kiwi adalah jenis buah yang mengandung vitamin C. Kebutuhan harian akan vitamin C ini akan membantu perkembangan anak. Anak-anak cenderung suka jeruk sehingga dapat diberikan kepadanya dan menghindari minuman kemasan dari sari jeruk.

Kandungan Vitamin E

Buah-buahan seperti alpukat, kiwi, mangga, jambu biji maupun aprikot adalah buah yang mengandung vitamin E. Konsumsi vitamin E harian untuk anak dalam membantu meningkatkan produksi antibodi dalam rangka melawan penyakit, dan juga menangkat radikal bebas. Dengan begitu, daya tahan tubuh anak akan terjamin.

Di dalam vitamin E juga terdapat sifat antiradang dan antioksidan di mana berfungsi menguatkan daya tahan tubuh anak. Biasanya akan berfungsi dalam melawan infeksi bakteri maupun virus. Jadi, memberikan anak buah alami lebih baik dari minuman kemasan.

Konsumsi buah untuk anak patut dipertimbangkan. Jangan hanya diberikan saat sakit saja tetapi kebutuhan harian tidak mendapat perhatian. Anak yang berusia 1-3 tahun setidaknya mengonsumsi buah sebanyak 1 mangkuk kecil untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Buah yang diberikan ini sebenarnya bisa disiasati. Bisa dipotong-potong kecil atau dibuat puding buah, bisa juga dengan dibuat jus meskipun buah segar sangat direkomendasikan. Pendekatan orang tua sangat penting sekali guna membentuk pola makan buah pada anak. Jika sudah teratur sejak dini, maka anak-anak tak segan untuk makan buah untuk memenuhi kebutuhan harian mereka sampai dewasa nanti.

Nah, demikian manfaat buah  untuk memenuhi kebutuhan harian anak. Mulai dari sekarang ya, agar kesehatan anak tetap terlindungi sampai kapanpun.

Leave a Comment

Exit mobile version