Makanan Ibu Hamil Bergizi

Makanan Ibu Hamil Bergizi Penting untuk Perkembangan di Bayi

Selama masa kehamilan, ibu tentu saja membutuhkan asupan yang banyak sekali. Kalau biasanya ibu hanya makan untuk dirinya sendiri, selama masa kehamilan ini ibu juga harus menambah porsi agar bayi di dalam kandungannya tercukupi asupan nutrisi dan juga gizi. Makanan Ibu Hamil Bergizi di mana-mana mudah didapatkan.

Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk memilih makanan sehat dan bergizi seimbang. Hal ini untuk membantu janin tumbuh dan berkembang secara optimal. Dalam catatan Angka Kecukupun Gizi tahun 2019, menyebutkan bahwa ibu hamil membutuhkan tambahan kalori sebesar 180 kkal/hari untuk trimester pertama. Sedangkan pada trimester kedua dan ketiga, ibu hamil harus mendapatkan 300 kkal/hari untuk tambahan kalori harian.

Pola makan yang sehat dan kebiasaan akan membuat ibu hamil mudah mengontrol berat badannya. Berat badan yang seimbang akan membuat proses persalinan lebih mudah nantinya. Untuk itu, ibu hamil harus memperhatikan makanan apa saja yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

Susu Jangan Sampai Lupa

Kita tahu bahwa banyak sekali susu hamil yang dijual di pasaran. Ibu hamil bisa disebut ‘wajib’ minum susu untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Susu ibu hamil memang dibuat dengan formula khusus di mana mengandung vitamin B6 yang akan meredakan mual dan muntah selama kehamilan.

Susu ibu hamil juga mengandung fosfor, vitamin B kompleks, dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan janin. Jadi, ibu hamil jangan segan-segan untuk minum susu yang banyak ya selama masa kehamilan.

Kacang-kacangan Juga Dianjurkan

Ibu hamil membutuhkan zat besi lebih daripada orang pada umumnya. Maka dengan makan kacang-kacangan ibu hamil akan mendapatkan asupan serat, protein, zat besi, asam folat, dan juga kalsium.

Asam folat dalam jumlah yang cukup akan melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf dan terlahir dengan berat badan rendah. Kacang-kacangan akan membantu ibu hamil selama masa kehamilan agar terhindar dari hal ini.

Ubi Bisa Jadi Cemilan

Ubi mengandung beta-karoten yang sangat tinggi. Beta karoten ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Hal ini akan dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan diferensiasi sebagian besar sel dan jaringan. Janin akan tumbuh menjadi sehat.

Serat yang dikandung dalam ubi juga akan membuat rasa kenyang. Selain itu akan menurunkan kadar gula darah, dan juga akan memperbaiki kesehatan pada saluran pencernaan.

Ikan Salmon Sangat Enak Buat Ibu Hamil

Siapa yang nggak suka ikan salmon? Sepertinya hampir semua orang suka dengan ikan salmon ini. Tahukah kamu kalau ikan salmon mengandung omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mata janin?

Selama kehamilan, EPA dan DHA serta asam lemak omega-3 sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Selama kehamilan, asupan makanan laut dibatasi 2x perminggu karena kandungan merkuri dan kontaminan yang mudah ditemukan pada makanan laut.

Ikan salmon juga sumber vitamin D alami yang akan membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi imun. Jadi, jangan segan-segan untuk makan ikan salmon selama masa kehamilan.

Telur Jangan Lupa

Makanan paling mudah ditemui adalah telur. Telur mengandung nutrisi yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Salah satu kandungannya adalah kolin, yang akan memastikan otak dan sistem saraf janin berkembang dengan sehat dan mengurangi cacat tabung saraf.

Konsumsi telur sepertinya mudah sekali dilakukan karena selain harga murah, cara penyajiannya juga sangat mudah apakah direbus maupun digoreng.

Sayuran Hijau

Ibu hamil jangan malas makan sayuran hijau ya. Brokoli, kale dan bayam misalnya adalah sayuran yang kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan juga potasium.

Sayuran hijau ini juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat. Dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau ini akan menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ayam dan Daging Merah

Daging merah mengandung kolin, vitamin B, dan zat besi yang akan dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat besi tak lain mineral penting yang akan berguna untuk sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Dan juga akan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ayam dan juga daging merah untuk membantu perkembangan janin lebih baik selama masa kehamilan.

Buah Beri

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah. Buah yang baik karena mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C tinggi adalah stoberi, bluberi, dan blackberi. Vitamin C ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Gandum

Makan roti boleh saja karena terbuat dari gandum. Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi serat, vitamin B, dan magnesium terutama pada trimester kedua dan ketiga. Kandungan serat ini bisa didapatkan dari gandum.

Alpukat

Selama masa kehamilan, alpukat menjadi buah yang terbaik untuk ibu hamil. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal di mana manfaatnya untuk perkembangan otak, kulit, dan juga jaringan-jaringan tubuh janin. Kandungan di dalam alpukat adalah serat, asam folat, vitamin K, kalium, vitamin C, vitamin E, dan juga tembaga. Ibu hamil yang sering merasakan kram pada otot kaki bisa mengonsumsi alpukat.

Dried Fruit Boleh Dicoba

Dried Fruit kaya akan mineral, vitamin, serat dan kalori. Satu buah saja bisa sama dengan gizi dari buah segar. Sajian dried fruit akan membantu ibu hamil selama masa kehamilan karena sudah mengandung folat, zat besi dan juga kalium.

Air Mineral Itu Penting

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak-banyaknya. Dalam kebutuhan harian, ibu hamil dianjurkan untuk minum 2 liter air mineral sehari atau 8 gelas. Namun, kebutuhan ini nanti bisa disesuaikan berdasarkan individu masing-masing.

Vitamin ibu hamil yang dibutuhkan mudah sekali didapatkan, bukan? Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk memberikan asupan yang cukup untuk ibu hamil selama masa kehamilan.

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: