Mabuk Perjalanan? Lakukan Tips Ini Untuk Mencegahnya – Bus adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Baik bus milik pribadi, maupun bus angkutan umum. Dapat dikatakan bahwa semua orang tentu pernah menggunakan bus dari satu tempat ke tempat lain.

Mabuk Perjalanan

Tidak hanya bus antar kota saja, tetapi saat ini juga sudah banyak bus yang lalu lalang dari satu daerah ke daerah lain yang masih berada di satu kota. Contohnya seperti bus TransJakarta, yang berkeliling di area kota Jakarta dan sekitarnya saja.

Bus adalah salah satu transportasi yang dapat mengangkut banyak penumpang. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa bus adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan.

Akan tetapi, rupanya masyarakat masih sedikit sulit untuk memilih bus dibanding mobil atau sepeda motor. Salah satu alasannya adalah karena mudah merasa mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan adalah kondisi ketika otak menerima sinyal yang berbeda dari beberapa anggota tubuh.

Sebagai contoh, ketika kamu sedang menaiki bus, mata kamu seakan melihat pohon dan jalanan bergerak mengarah pada kamu, terlebih kamu seperti melihatnya dari atas, karena ukuran bus yang besar.

Mabuk-Perjalanan

Sedangkan sendi dan otot merasa bahwa tubuh tidak bergerak. Keadaan seperti itu yang membuat beberapa orang tidak suka naik bus. Terutama jika bepergian antar kota dengan bus dalam waktu yang lama. Maka perlu diperhatikan soal tips Mabuk Perjalanan.

Contohnya seperti perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur. Bepergian dengan bus dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sekitar 8 jam sampai 10 jam. Mabuk Perjalanan memang sangat mengganggu.

Hanya dengan membayangkan waktunya saja sudah membuat beberapa orang merasa mual. Itulah salah satu alasan mengapa sebagian orang memilih menggunakan moda transportasi lain jika bepergian dalam jarak yang jauh.

Akan tetapi, sebenarnya mabuk perjalanan adalah hal yang bisa ditangani. Sebelum perjalanan dimulai, hendaknya kamu melakukan beberapa hal yang bisa mencegah mabuk perjalanan ketika naik bus. Inilah tips Mabuk Perjalanan yang penting sekali.

Tidur yang Cukup

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan menggunakan bus. Ketika tubuh mendapat istirahat yang cukup, maka energi di dalam tubuh tentu akan lebih stabil dan bugar.

Tidak hanya berlaku untuk supir bus saja, tetapi para penumpang juga dianjurkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan mengurangi rasa pusing dan mual pada dirimu. Sebaliknya, jika kamu kekurangan waktu tidur maka rasa mual dan pusing mudah menyerang.

Makan yang Cukup

Beberapa orang memilih untuk tidak makan apapun sebelum melakukan perjalanan dengan bus. Padahal, hal itu justru akan lebih memungkinkan terserang mabuk perjalanan. Biar bagaimanapun dengan makan cukup bisa terhindar dari Mabuk Perjalanan.

Bahkan, ketika mabuk perjalanan dalam kondisi perut yang kosong akan lebih memperparah keadaan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kamu makan yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kurang. Pastikan juga kamu makan makanan yang tidak terlalu asam dan pedas.

Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Tempat duduk di dalam bus adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi mabuk perjalanan. Untuk menghindarinya, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih tempat duduk yang nyaman.

Biasanya, tempat duduk di barisan depan adalah pilihan terbaik. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memesan tiket secara online beberapa hari sebelum keberangkatan. Saya pun sering mengalami Mabuk Perjalanan saat naik bu.

Selain lebih praktis, kamu juga bisa memilih tempat duduk sendiri karena masih banyak yang kosong. Cobalah untuk memesan di website resmi agen bus atau jasa perjalanan seperti Traveloka.

Menghindari Baca Buku dan Bermain Ponsel

Membaca buku dan bermain ponsel adalah dua hal yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Sebab, pada saat itu fokus pikiran kamu akan terpecah antara perjalanan dan kegiatan yang sedang dilakukan.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari membaca buku atau bermain ponsel ketika sedang berada di dalam bus. Benar sekali main ponsel bisa mabuk perjalanan.

Membawa Minyak Angin

Minyak angin adalah salah satu obat ampuh yang bisa diandalkan ketika mabuk perjalanan. Umumnya, orang yang bepergian menggunakan bus akan membawa minyak angin untuk berjaga-jaga. Mabuk Perjalanan bisa dialami oleh siapa saja.

Kamu bisa menggunakan tips ini untuk menghindari atau mengatasi mabuk perjalanan. Oleskanlah minyak angin di bagian perut, dahi, dan sekitar hidung ketika sudah merasa akan mabuk perjalanan.

Akan tetapi, beberapa orang justru tidak menyukai aroma minyak angin. Maka dari itu, pastikan kamu memperhatikan sekitar sebelum menggunakan minyak angin di dalam bus.

Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan

Salah satu cara yang terbilang ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan menggunakan bus adalah dengan meminum obat anti mabuk perjalanan. Banyak orang yang memilih mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan ketika ingin bepergian jauh dengan menggunakan bus. Jangan lupa ya agar tidak mabuk perjalanan.

Cara kerja obat ini akan membuat kamu merasa ngantuk sehingga akan tertidur selama perjalanan. Hal itulah yang akan membuat kamu tidak merasakan mabuk selama perjalanan. Itulah tips mengatasi Mabuk Perjalanan untuk diterapkan dengan baik.

%d bloggers like this: