Lebih Unggul ASUS ExpertBook B9450 atau LENOVO ThinkPad X1 Carbon – ASUS ExpertBook B9450 adalah sebuah laptop bisnis paling ringan yang sudah dilahirkan ASUS. Laptop dengan keamanan tinggi ini menyusul ASUS ZenBook yang terlebih dahulu datang dengan tipe tipis dan ringan. ExpertBook VS ThinkPad X1 adalah perbandingan keduanya yang layak. 

ASUS memberikan 9 keunggulan utama untuk ASUS ExpertBook B9450 di antaranya adalah laptop bisnis dengan sistem keamanan canggih, sistem pendingin paling canggih, paling ringan dan powerful, paling ringan dan ringkas di dunia, paling ringan dan tangguh, paling ringan dengan daya tahan baterai 24 jam, laptop bisnis premium paling ringan dan ringkas, ringkas dengan konektivitas modern, dan laptop bisnis untuk pebisnis yang mobile dan dinamis.

Dengan diluncurkannya ASUS ExpertBook B9450 dengan keamanan nomor satu membuat persaingan semakin menjadi-jadi. ASUS sendiri membawa perubahan besar terhadap perkembangan dunia digital yang semakin dinamis dan butuh pengamanan lebih tinggi.

Baca Juga:

Sadar akan pentingnya data di internet, dan hampir semua orang bekerja di dunia maya, ASUS menawarkan pengalaman lebih tinggi untuk pebisnis maupun pekerja kantoran yang keseharian menyimpan data di penyimpanan awan. Tidak berhenti di situ saja, ASUS juga memberikan kenyamanan penyimpanan konvensional dengan kunci BIOS yang baru ada di laptop ini.

ASUS ExpertBook B9450 telah menang dalam berbagai konversi dengan laptop lain di tipe serupa. Pokde.net menulis panel layar 14 4K sangat tidak dianjurkan karena berhubungan dengan penskalaan, yang membuat item layar menjadi kecil saat mode ini dimatikan. Salah satu laptop yang masih mengandalkan hal ini adalah Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Maka, disadur dari beberapa sumber, adalah kelayakan untuk membandingkan ASUS ExpertBook B9450 dengan Lenovo ThinkPad X1 Carbon karena tatap muka yang seimbang.

ASUS ExpertBook B9450 VS Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Baik ASUS maupun Lenovo mengandalkan prosesor 10th Gen Intel Core i7 (Comet Lake). Saat berada di rentang yang sama, laptop ini menyusuhkan berbagai hal dinamis namun tetap saja tidak seimbang. ASUS dengan ciri khas tersendiri, Lenovo juga masih mempertahankan ‘IBM’ meskipun akuisisi telah lama terjadi. Sekadar informasi tambahan, IBM masih tetap ‘egois’ sebagai brand besar dan pertama di dunia dengan laptop gahar tetapi luput melihat hal-hal kecil di sekiling, termasuk perubahan daya saing dari produsen Asia.

Saat kita membandingkan sebuah produk, tentu saja prosesor sebagai otak utama menjadi tujuan penting. Jika telah sama maka hal lain baru dibandingkan kemudian. Apple to apple saat kita membandingkan yang serupa, sangat jauh berbeda jika kita membandingkan Core i5 dengan Core i7, meskipun layar serupa maupun memori lebih besar.

Layar Cerah VS Layar Buram

Benar seperti review Pokde.net yang telah mencoba kedua laptop ini. Di sisi layar, Lenovo ThinkPad X1 Carbon sudah berbeda dengan ASUS ExpertBook B9450. Optimasi layar ASUS ExpertBook B9450 lebih baik dibandingkan Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Beberapa pengguna sangat terganggu dengan jenis layar, kecerahan layar (meskipun bisa diatur) dan panel layar yang digunakan.

Layar Lenovo ThinkPad X1 Carbon lebih buram dibandingkan ASUS ExpertBook B9450. Meskipun ukuran layar lebih besar, tetapi tidak bisa memberikan jaminan berarti untuk kenyamanan beberapa pengguna. Di masa kini, panel layar sangat membawa pengaruh besar dalam multimedia, apakah cuma menonton video atau konten kreator yang kesehariannya butuh panel lebih jernih agar video tidak ada yang ‘cacat’ saat pengeditan.

ExpertBook VS ThinkPad X1

Lenovo memang tidak membuat laptop asal jadi, tetapi saat melihat kondisi saat ini, Lenovo mungkin berpikir demikian. ASUS menghadirkan rasio layar 94% yang memungkinkan ukuran 14 inci tetapi dengan bezel tipis sekali. ASUS mampu menyematkan webcam, kamera IR dan termasuk penutup lensa fisik di atas layar. Ini tentu tidak mudah dalam mendesain tetapi ASUS mampu menyuguhkan hal demikian menjadi lebih baik.

ExpertBook VS ThinkPad X1

Desain ErgoLift juga keunggulan dari ASUS yang tidak dimiliki oleh Lenovo. Desain ini memungkinkan layar terangkat membentuk sudut 5 derajat. Rongga udara yang bebas membuat laptop tidak mudah panas dan keyboard juga lebih nyaman digunakan. Desain ErgoLift ini adalah paten lain yang baru ASUS yang memilikinya.

Keyboard Lembut VS Keyboad Banyak Aksesoris

Lepas dari layar, keyboard ASUS ExpertBook B9450 jauh lebih nyaman dibandingkan Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Selain Desain ErgoLift bentukan keyboard sendiri serta tidak ada gangguan dari touchpad di tengah-tengah keyboard. Lenovo tetap mempertahankan touchpad berbentuk bulatan merah di tengah keyboard padahal touchpad umumnya sebuah laptop sudah ada di laptop ini. Pada sebagian pengguna, touchpad ini sangat mengganggu aktivitas mengetik.

Nyaman atau tidak mengetik di atas keyboard Lenovo ini saya belum mencobanya tetapi sudah merasakan adanya gangguan dengan touchpad bulatan merah itu. Lembut atau tidak keyboard ini kita harus mencobanya sedangkan keyboad ASUS sendiri sudah menjadi makanan sehari-hari bagi saya.

Touchpad yang ditempatkan di bagian tengah adalah rata-rata laptop dan itu sudah menjadi sebuah kebiasaan pengguna juga. ASUS tidak menambahkan banyak aksesoris di touchpad ASUS ExpertBook B9450 numpad yang membantu beberapa pekerjaan. Berbeda dengan Lenovo yang sekali lagi, masih mempertahankan ciri khas IBM, dengan menambahkan pengatur perintah klik kiri dan kanan di bagian atas touhpad.

ExpertBook VS ThinkPad X1

Penempatan pengatur perintah klik kiri dan kanan di bagian atas barangkali menjadi ‘kebiasaan’ bagi pengguna Lenovo dan IBM, namun tidak dengan pengguna lain yang membeli laptop karena harga lebih murah. Pengguna terbiasa dengan klik kiri dan kanan pada bagian bawah touchpad. Di mana, pengguna tidak setia Lenovo akan membutuhkan penyesuaian atau malah kembali menggunakan tetikus yang membuat pengguna tambah repot dan tidak praktis.

Laptop latar di keyboard dan numpad yang keren juga menjadi bagian penting dari ASUS ExpertBook B9540. Lenovo hanya menyematkan lampu latar pada laptop kelas atas semata – padahal ThinkPad X1 Carbon juga sudah sangat kelas atas.

Lampu latar ini memiliki keunggulan tersendiri, salah satu hal yang paling mudah adalah membantu saat bekerja di dalam remang.

Bodi Bagus VS Bodi Asal Jadi

Nilai jual sebuah laptop, selain prosesor adalah desain dan juga bahan yang dipakai untuk merakitnya sehingga terlihat lebih anggun. Bodi bagian belakang ASUS terlihat lebih bergairah dibandingkan Lenovo yang lebih suram. Bentukan abstrak di bodi ASUS tidak menanggalkan identitas kelas atas dan mudah dibersihkan apabila terkena air maupun susu kental. Saat itu terjadi, layar belakang laptop ASUS ini masih bisa mempertahankan estetika seperti serupa. Beda dengan Lenovo yang layarnya sangat kuno untuk sebuah laptop mahal.

Lenovo masih tetap mempertahankan ciri layar belakang dan model lama yang membuat pengguna milenial tidak tertarik. Bagian belakang layar Lenovo bukan saja tidak indah tetapi lebih dari itu di mana estetika sebuah produk kelas atas tidak ada di merek ini.

Yang terlihat oleh mata adalah ASUS mampu ‘memangkas’ berat ASUS ExpertBook B9450 menjadi sangat ringan yaitu 90 gram saja. Kita dibuat terpesona di mana ASUS mampu menyematkan baterai sebesar 66 WHr untuk laptop setipis ini. Bahan magnesium lithium alloy mendapatkan tempat tersendiri untuk bodi keren dari laptop ASUS. Tentu, butuh percobaan berkali-kali dan tidak asal jadi sehingga produk benar-benar gahar saat di pasarkan.

Jelas sekali bahwa badan yang digunakan untuk sebuah perangkat elektronik sangat menentukan keindahan. Dan, Lenovo masih menyelekan hal tersebut.

Konektivitas Modern VS Kuno

Zaman benar-benar telah berubah. Jika kita masih mengandalkan pengiriman data melalui satu kabel, orang lain sudah dua kabel, saat kita masih mengandalkan USB, orang lain sudah memakai penyimanan awan.

Tidak saja pada rata-rata laptop ASUS, ExperBook B9450 juga dibekali I/O yang lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Di laptop ASUS, kita mendapati port HDMI 2.0 dengan fitur lebih canggih yang membuat kita dapat menghubungkan ExpertBook B9450 dengan layar 4K 60Hz. Fitur ini tidak kita dapatkan pada Lenovo ThinkPad X1 Carbon di mana port HDMI 1.4 hanya bekerja pada batasan tertentu.

Koneksivitas yang sering dipakai misalnya port USB Type A, meskipun tunggal di ExpertBook B9 tetapi sudah mendukung USB 3.2 Gen2 yang memungkinkan throughput 10 Gbps. Koneksivitas serupa di Lenovo ThinkPad X1 Carbon cuma sebatas pada kecepatan 5 Gbps karena masih mengandalkan port USB 3.0 saja.

Dalam urusan koneksi internet, Lenovo bisa dibilang masih kalah jauh dengan ASUS di mana ExpertBook B9450 mengandalkan Intel Wi-Fi 6 AX201 dengan kecepatan WiFi 802.11ax up to 2.4 Gbps, dan ThinkPad X1 Carbon masih bertahan pada Intel Wireless-AC 9560 dengan kecepatan WiFi 802.11ac Wave2 up to 1.73 Gbps. Kita tidak sedang bicara benar atau salah, kita hanya perlu melihat kebutuhan kerja yang saat ini semua berkaitan dengan online data dan online penyimanan serta online pekerjaan. Untuk pekerja bisnis, mereka tentu membutuhkan koneksivitas lebih baik dan stabil.

Keamanan ExpertBook B9450 yang Tidak Dimiliki ThinkPad X1 Carbon

Salah satu fitur unggulan dari ASUS ExpertBook B9540 adalah fitur untuk mengunci BIOS dan SSD. Pengguna dapat mengatur kata sandi masuk ke BIOS dan SSD, yang membuat orang lain tidak bisa masuk sembarangan. Saat fitur ini diaktifkan, kita harus memasukkan kata sandi untuk mengakses BIOS maupun SSD. Lenovo belum bergerak ke fitur ini meskipun sama-sama menyasar pebisnis.

Sistem keamanan lain seperti Windows Hello yang juga sudah dimiliki oleh ThinkPad X1 Carbon. Fitur fingerprint sensor dan facial recognition sensor juga memungkinkan pengguna lebih nyaman saat membuka laptop, dan tidak kerepotan menuliskan kata sandi.

Lenovo kembali dibuat kalah dengan fitur USB Storage Block di mana pengguna tidak bisa sembarangan menyambungkan USB flash disk tanpa seizin administrator. Jadi, saat ingin mengirim data melalui penyimpanan eksternal, kita harus mendapatkan izin terlebih dahulu agar sambungan terhubung.

Tidak saja Lenovo, laptop merek lain mungkin dibuat bingung juga dengan fitur Secure File Shredder di mana pengguna bisa menghancurkan fil digital tanpa jejak. Peretas tidak akan mampu menarik kembali data yang telah dihapus dengan metode apapun.

Sistem keamanan yang kuat ini membuat ASUS ExpertBook B9450 menjadi kuda hitam bagi merek lain. ASUS telah mencuri start agar segera sampai finish secepat mungkin. ExpertBook VS ThinkPad X1 siapa yang unggul itulah yang terbaik.

ExpertBook B9450 vs ThinkPad X1 Carbon Specs

ASUS ExpertBook B9450

Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Processor Up to 10th Gen Intel Core i7 (Comet Lake)
RAM Up to 16GB LPDDR3
Storage 2 x M.2 PCIe 3.0 x4 2280 SSD 1 x M.2 PCIe 3.0 x4 2280 SSD
1 x M.2 PCIe 3.0 x2 2242 SSD
Connectivity Intel Wi-Fi 6 AX201 (WiFi 802.11ax up to 2.4 Gbps) Intel Wireless-AC 9560 (WiFi 802.11ac Wave2 up to 1.73 Gbps)
Gigabit LAN (via micro HDMI dongle) LAN via optional hardware
2 x Thunderbolt 3 2 x Thunderbolt 3
1 x USB 3.2 Gen2 (10 Gbps) 1 x USB 3.0 (5 Gbps)
Display 14″ FHD (1080p), non-touch 14″ FHD (1080p), non-touch
HDMI 2.0 ([email protected] Hz) 14″ FHD (1080p), touch
14″ 2K (1440p), non-touch
14″ 4K (2160p), non-touch
HDMI 1.4 ([email protected])
Security Fingerprint scanner Fingerprint scanner
IR facial recognition IR facial recognition (optional)
TPM 2.0 support TPM 2.0 support
Dimensions 320 x 202 x 14.9 mm 323 x 217 x 14.95 mm
Battery 2-cell, 33 WHr Li-Po battery 4-cell, 51 WHr Li-Po battery
4-cell, 66 WHr Li-Po battery
Weight 870 g (33 WHr variant) 1080 g
990 g (66 WHr variant)

Simpulan dan Rekomendasi

ASUS ExpertBook B9450 telah mematahkan keunggulan yang ditawarkan oleh Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Dengan banyak sekali keunggulan; keamanan tingkat tinggi, salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel, Desain ErgoLift dan fitur-fitur lain, laptop ASUS untuk pebisnis ini menjadi laptop terbaik di kelasnya.

Sama-sama mengusung kelas bisnis, ASUS ExpertBook B9450 kesempatan lebih baik dengan menghadirkan laptop lebih ringan, lebih kencang dan lebih terjamin keamanannya. Pada putaran ini, Lenovo ThinkPad X1 Carbon benar-benar ditendang kuat tanpa perlu mencetak finalti.

Untuk ini, selamat bersenang-senang untuk ASUS ExpertBook B9450!

Harga ExpertBook B9450 Harga Lenovo Thinkpad X1 Carbon
Core i5, 512GB SSD, 8GB RAM, 33Whr battery, Win 10 Home – Rp27.499.000 Gen7 i7 8665u/VPRO/16 GB/512GB/NVMe/W10P – Rp26.000.000
Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home – Rp28.499.000 Black Notebook – Rp30.550.000
Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro – Rp30.999.000 Intel Core i7-8665U/ 14 Inch – Rp37.210.000
Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home – Rp32.499.000 Intel i7-10510U/16GB/1TB SSD/Windows 10 Pro 64 (Hitam) – Rp35.500.000
Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro – Rp34.999.000 Intel Core i7-8665U/ 14 Inch – Rp39.725.000
Core i7, 2x1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro – Rp36.999.000
Sumber Harga: ASUS Indonesia Sumber Harga: https://iprice.co.id/harga/lenovo-thinkpad-x1-carbon/ dan https://www.blibli.com/

BACA JUGA KEUNGGULAN ASUS EXPERTBOOK B9450 DI SINI, dan tonton video peluncuran produk yang disiarkan CNN Indonesia dan MetroTV.

 

***

Tulisan ini disadur dari:

pokde.net/gadget/laptop/asus-expertbook-b9450-vs-lenovo-thinkpad-x1-carbon/

vernonchan.com/asus-expertbook-b9-malaysia-pricing-specs-availability/

robots.net/tech-reviews/laptops-with-best-battery-life/

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *