Ini Dia Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya! – Memiliki mobil merupakan salah satu pencapaian yang tentunya sangat di inginkan, terutama bagi kaum millennial. Tidak hanya untuk kebutuhan mobilitas saja, tetapi juga bisa bepergian bersama keluarga dan teman.

Jenis Asuransi Mobil

Ketika membeli mobil baru, apa yang Anda khawatirkan, takut mobil lecet atau tertabrak? Jangan khawatir karena anda bisa daftar dan merasakan manfaat asuransi mobil.

Mencari informasi asuransi juga terbilang mudah, contohnya dengan membuat pencarian di Google sebagai asuransi mobil Zurich Jakarta atau asuransi mobil terdekat, maka segala jenis informasinya bisa Anda peroleh.

Dalam asuransi mobil, selain asuransi All Risk ada Total Loss Only (TLO). Jika Anda tertarik memiliki asuransi TLO, contoh asuransi ini adalah asuransi mobil TLO Sinar Mas dan masih banyak lainnya.

Seberapa Besar Manfaat Asuransi Mobil untuk Anda?

Ketika berbicara mengenai asuransi mobil, tentunya tidak lain fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan ekstra pada mobil.

Apalagi mobil yang baru saja anda beli, tentunya akan sangat disayangkan bila mobil lecet, tergores, tertabrak, kecelakaan, atau bahkan hilang. Manfaat asuransi mobil adalah untuk meng-cover semua kerugian yang ditimbulkan tersebut.

Seperti halnya kesehatan badan, kondisi mobil juga kita tidak akan tahu, kita tidak bisa menjamin apakah suatu saat kita selalu dalam kondisi yang aman atau bisa mendapatkan musibah seperti kecelakaan mobil.

Tentunya hal tersebut tidaklah diinginkan, akan tetapi bila suatu saat anda menemuinya, anda tidak akan pusing lagi terkait biaya kerusakan mobil karena sudah ditangguhkan kepada pihak asuransi.

Di Mana Bisa Menemukan Asuransi Mobil?

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan asuransi mobil, bahkan jangkauannya luas dan tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia.

Sekarang ini banyak sekali jenis asuransi mobil maupun motor yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi dealer mobil atau motor terdekat di kota Anda tinggal.

Bahkan, ketika Anda membeli mobil baru, tentu saja pihak dealer juga menawarkan jenis-jenis asuransi apa yang ingin didaftarkan dan juga besaran premi yang harus dibayarkan.

Ada Berapa Banyak Jenis Asuransi Mobil di Indonesia?

Ketika Anda menemui keadaan dimana mobil mengalami kerusakan atau hilang, tentunya ada berbagai macam klasifikasi kerusakan tersebut. Ada yang mulai dari mobil lecet, rusak ringan, rusak sedang, rusak berat/ parah, atau kondisi mobil hilang.

Berbagai jenis asuransi mobil yang ada tentunya ada yang meng-cover untuk segala jenis kerusakan dan ada yang hanya ketika terjadi kerusakan berat saja.

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi ini memiliki tipe bahwa hanya dapat anda klaim ketika mobil mengalami kerusakan berat minimal 75%, dengan kata lain mobil sama sekali tidak bisa digunakan. Jadi apabila mobil Anda hanya rusak ringan, maka klaim asuransi TLO tidak bisa dilakukan.

Jenis asuransi berikutnya adalah asuransi mobil all risk alias asuransi mobil untuk segala resiko. Jenis asuransi ini adalah yang paling banyak diminati oleh semua orang, karena bisa meng-cover segala bentuk kerusakan baik mobil dalam kondisi lecet, rusak ringan, rusak sedang, maupun rusak berat. Tidak hanya karena kecelakaan, beberapa jasa asuransi juga meng-cover pembiayaan ketika mobil rusak karena adanya aksi demo, badai, gempa bumi, longsor, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil

Berdasarkan penjelasan sebelumnya maka kita dapat melihat bahwa kelebihan asuransi mobil tentunya adalah bisa meng-cover seluruh jenis kerusakan mobil anda dan tentunya sesuai dengan jenis asuransi yang digunakan dan apakah periode asuransi masih aktif atau tidak.

Sehingga dengan adanya asuransi anda menjadi lebih tenang ketika anda menemui kondisi yang tidak diinginkan. Di samping itu asuransi juga terdapat kekurangan, yaitu terkait dengan besarnya biaya premi yang harus Anda bayarkan.

Jadi Anda sebaiknya memilih jenis asuransi dengan biaya premi yang terjangkau dan tidak memberatkan. Di samping itu, pastikan bahwa Anda terus merawat dan berhati-hati ketika berkendara ya!

Itu dia beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan asuransi mobil, jenis asuransi mobil, dan hal yang lainnya. Bagaimana, apakah Anda akan mengasuransikan kendaraan anda? Memilih asuransi TLO atau All Risk keputusannya ada di tangan Anda.

%d bloggers like this: