Banyak Untung dengan Investasi Reksadana Pasar Uang, Kenapa? –  Saat ini semakin banyak pilihan instrumen investasi yang bisa Anda temukan di Indonesia. Salah satu pilihan instrumen investasi yang tepat dan banyak dipilih oleh masyarakat adalah Reksadana.

Adapun Reksadana memiliki beberapa jenis instrumen seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran dan Reksadana Saham.

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih investasi di Reksadana adalah para investor bisa mendapatkan imbal hasil yang cukup kompetitif.
Selain itu, tentu saja ketersediaan berbagai investasi Reksadana bisa diakses secara digital bahkan lewat smartphone.

Mengenal Reksadana Pasar Uang

Salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih masyarakat adalah Reksadana Pasar Uang. Adapun Reksadana jenis ini membantu para investor untuk melakukan investasi dana 100% ke produk Pasar Uang.

Adapun produk Pasar Uang sendiri terdiri dari deposito perbankan hingga surat berharga yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Investasi instrumen Pasar Uang ini dikenal memiliki risiko yang paling rendah, jadi lebih banyak dipilih oleh masyarakat. Sementara itu berbicara tentang cara kerja Reksadana Pasar Uang, secara sederhana bisa digambarkan sebagai berikut.

Di mana Anda sebagai investor menitipkan sejumlah dana ke yang namanya Manajer Investasi. Kemudian Manajer Investasi ini melakukan pengelolaan dana Anda, agar bisa mendapatkan imbal hasil yang stabil dan maksimal.

Manajer Investasi ini akan mengalokasikan dana dari para investor ke beberapa instrumen seperti deposito perbankan dan surat berharga.
Tugas dari Manajer Investasi tentu belum selesai, karena kegiatannya juga melakukan pemantauan portofolio dan memberikan laporan terkait performa Reksadana kepada para investor.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Pasar Uang

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja Reksadana Pasar Uang, kini Anda juga wajib mengetahui keuntungan investasi di Reksadana jenis ini. Adapun berikut beberapa keuntungan yang diberikan.

1. Pencairan Mudah

Keuntungan yang pertama jika Anda memilih Reksadana Pasar Uang adalah kegiatan pencairan yang bisa dilakukan kapan saja tanpa ada batasan jatuh tempo. Anda juga tidak akan dikenakan potongan biaya, ketika melakukan pencairan.

Jangka waktu pencairan sangat fleksibel karena bisa dilakukan kurang dari setahun untuk kategori jangka pendek. Sementara untuk kategori jangka panjang, bisa dilakukan lebih dari 5 tahun. Jadi bisa dibilang jenis investasi Reksadana ini sangat fleksibel karena bisa untuk Anda yang ingin investasi jangka pendek atau jangka panjang sesuai kebutuhan.

2. Tingkat Risiko Rendah

Sebelumnya memang sudah disebutkan bahwa Reksadana Pasar Uang memiliki tingkat risiko yang paling rendah. Alasannya tentu saja karena semua dana dari para investor seluruhnya dialokasikan pada instrumen Pasar Uang, di mana instrumen ini memiliki fluktuasi yang relatif rendah.

Namun meski tingkat risikonya relatif rendah Anda sebagai investor tetap bisa mendapatkan potensi imbal hasil stabil yaitu 3 sampai 5% pertahun. Adapun keuntungan yang Anda dapatkan dari Reksadana jenis ini bisa juga tergantung dari berapa banyak dana yang diinvestasikan.

3. Tidak Kena Potongan Pajak

Reksadana bukan merupakan objek pajak jadi untuk Reksadana pada instrumen Pasar Uang juga tidak akan dikenakan potongan pajak ketika Anda melakukan pencairan. Sehingga saat Anda mencairkannya, dana beserta keuntungannya bisa diterima tanpa adanya potongan.

4. Likuiditas Tinggi

Reksadana Pasar Uang juga terbilang sangat tepat bagi Anda yang ingin berjaga-jaga dengan memiliki dana darurat. Sebab selain pencairannya bisa dilakukan kapan saja, kegiatan pencairan juga mudah dilakukan dalam waktu yang singkat.

Setelah itu maka dana yang sudah diinvestasikan akan masuk ke rekening Anda. Apalagi kinerja Reksadana jenis ini juga cukup stabil, jadi tidak perlu khawatir nilai investasi akan turun.

Alasannya tentu karena instrumen Pasar Uang dilakukan dalam waktu yang pendek jadi perusahaan bisa lebih cepat membayar kewajiban utang.

5. Investasi Yang Relatif Aman

Anda juga tidak perlu khawatir masalah keamanan investasi di Reksadana Pasar Uang maupun instrumen Reksadana lainnya. Karena sudah pasti pengelolaan Reksadana sudah relatif aman dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga Anda tidak akan menemukan jenis investasi abal-abal pada jenis instrumen Reksadana apapun yang ada.

Investasi  Reksadana Pasar Uang Lewat DBS Treasures

Anda bisa melakukan investasi Reksadana di mana saja karena sistemnya juga fleksibel, bahkan bisa melakukan pembelian Reksadana lewat smartphone.

Salah satunya Anda bisa melakukan investasi Reksadana Pasar Uang lewat perbankan prioritas DBS Treasures, dengan berbagai keunggulan yang dimiliki.

●Dilakukan oleh profesional, melakukan investasi Reksadana di DBS Treasures tentu saja pilihan yang tepat karena dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures akan membantu untuk pengoptimalan kinerja produk investasi yang dipilih.

●Panduan investasi, DBS Treasures memudahkan Anda investasi karena didukung oleh tim ahli  finansial. Seluruh tim ahli yang ada merupakan andal dan proaktif di bidang finansial. Anda tidak perlu khawatir mengenai analisa Pasar Uang dan peluang terkini untuk investasi yang cocok untuk Anda, karena akan dikomunikasikan wawasan oleh para tim ahli dari DBS Treasures ini.

●Kurangi risiko melalui diversifikasi, keunggulan lainnya dari DBS Treasures yaitu membantu Anda dalam melakukan diversifikasi atau penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi. Hal ini secara langsung dapat meminimalisir tingkat risiko investasi yang tentu saja ditakutkan oleh semua investor.
Kini tentu Anda sudah tahu apa saja keuntungan melakukan investasi dengan Reksadana Pasar Uang.

Salah satu cara tepat melakukan investasi di instrumen Pasar Uang adalah melalui Aplikasi digibank by DBS dari DBS Treasures, di mana Anda tidak hanya bisa melakukan pembelian Reksadana tapi bisa juga melakukan penjualan Reksadana hingga switching bahkan proses registrasi SID atau Single Investor Identification bagi investor yang belum memilikinya. Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan tentunya.

%d bloggers like this: