Ini Tanda-tanda Diet Keto Anda Berhasil

Diet keto merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup populer di masyarakat. Kunci utama dalam melakukan diet ini adalah mengonsumsi makanan rendah karbohidrat namun tinggi lemak sehingga bisa menaikkan kadar keton dalam darah.

Kadar keton yang tinggi di dalam darah membuat tubuh mengalami kondisi bernama ketosis. Saat ketosis terjadi, tubuh akan menggunakan cadangan lemak dalam tubuh sebagai bahan bakar energi untuk tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Sebetulnya, diet ini cukup diperdebatkan. Ada beberapa pihak yang menganggap diet keto merupakan metode menurunkan berat badan yang terbilang ‘instan’, namun, ada beberapa pihak yang beranggapan kalau diet ini merupakan cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

Tapi, terlepas dari pro kontra yang beredar, Anda tak perlu khawatir bila ingin melakukan diet ini. Selama dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan manfaat dari pola makan ini dengan risiko yang cukup kecil.

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah diet keto hanya boleh dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Untuk memudahkan, Anda bisa menyiapkan menu diet keto seminggu agar tak perlu bingung dalam menentukan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari dalam kurun waktu seminggu. Pemilihan menunya pun tak perlu yang ribet, intinya fokus kan menu yang mengandung lemak tinggi dan kurangi konsumsi karbohidrat.

Mengutip laman Momslyfe, berbagai makanan yang bisa Anda pilih di antaranya adalah:

  • Daging merah
  • Ikan
  • Ayam
  • Telur
  • Keju
  • Kacang-kacangan
  • Dan makanan dari produk susu sapi

Setelah mencoba melakukan diet keto selama seminggu, Anda bisa mencoba mengevaluasinya apakah cara menurunkan berat badan yang Anda pilih ini efektif atau tidak. Ada beberapa tanda yang menunjukkan diet keto Anda berhasil. Apa saja itu?

Bau Mulut
Kondisi bau mulut merupakan pertanda diet keto Anda sudah cukup berhasil. Bau mulut yang kurang sedap itu disebabkan oleh kadar keton yang naik dan dikeluarkan lewat napas dan urine.

Walaupun merupakan pertanda yang bagus, sayangnya bau mulut bisa mengganggu penampilan Anda. Untuk mengakalinya, jangan lupa menggosok gigi lebih sering dari biasanya dan makan permen karet bebas gula sesekali.

Kelelahan
Tanda kedua yang cukup terlihat jelas adalah Anda akan merasa lebih mudah lelah. Itu wajar terjadi, mengingat Anda hanya mengonsumsi sedikit karbohidrat selama melakukan diet ini. Kelelahan itu terjadi karena cadangan karbohidrat dalam tubuh Anda hanya sedikit yang dapat dibakar menjadi energi. Tanda ini biasanya terjadi pada awal-awal Anda melakukan diet keto.

Kram
Selain merasa mudah lelah, Anda juga akan merasakan kram dan nyeri-nyeri di badan. Hal ini biasanya yang membuat tak sedikit orang mundur saat melakukan diet keto.

Kram dan nyeri-nyeri di badan itu muncul karena ketidakseimbangan mineral dan elektrolit, seperti kekurangan natrium, kalium, dan magnesium, dalam tubuh akibat lebih sedikit mengonsumsi karbohidrat.

Lebih berenergi
Tak sedikit orang akan merasa lebih berenergi setelah menekuni diet keto. Itu bisa terjadi karena tubuhnya telah melakukan penyesuaian dengan cukup baik, dari yang biasanya mengandalkan karbohidrat sebagai sumber energi kemudian mulai membakar lemak dan protein dalam tubuh sebagai penggantinya.

Perasaan ini sejatinya akan dirasakan oleh hampir semua orang yang melakukan diet keto. Ini merupakan pertanda jika tubuh telah melakukan perbaikan setelah merasa kelelahan sebelum-sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, Anda tak hanya akan merasa lebih berstamina saja, melainkan juga merasa lebih fokus.

Bila Anda telah mengalami berbagai tanda tersebut, itu menjelaskan diet keto yang Anda alami telah berhasil. Meski begitu, pastikan tubuh Anda tidak mengalami gejala penyakit lain yang justru bisa membahayakan kesehatan Anda, seperti diare maupun konstripasi.

Leave a Comment

%d bloggers like this: