Gadai BPKB Motor yang Tepat untuk Pinjaman Masa Kini

Makin hari makin banyak sekali kebutuhan. Mau mendapatkan sesuatu secara instan memang lebih praktis karena ragam pinjaman yang mudah ditemukan. Tahukah kamu bahwa kredit multiguna saat ini sudah naik ke permukaan? Kamu bisa memilih yang tepat seperti Kredit Multiguna Finpedia yang lengkap dan telah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Gadai BPKB motor menjadi alternatif saat ini. 

Memang, untuk mendapatkan yang cepat kita tidak mungkin menjual kendaraan hari itu juga. Kita tentu harus mencari orang yang mau membelinya, belum lagi calon pembeli akan mengecek, mempertimbangkan beberapa hari sedangkan kita butuh uang dalam waktu yang cepat.

Di sinilah letak keuntungan kredit multiguna, di mana dalam waktu cepat, bahkan cuma berselang beberapa menit setelah pengajuan, langsung terverifikasi apabila persyaratan lengkap. Nantinya, kita melunasinya secara cicil sesuai dengan kesepatakan.

Apa Itu Kredit Multiguna?

Pada dasarnya Kredit Multiguna ini sudah diketahui jika pernah mengambil uang di bank. Kredit Multiguna tak lain sebuah produk perbankan dengan fasilitas pinjaman dengan menyertakan agunan atau jaminan saat transaksi berhasil dilakukan.

Dalam mengambil uang pinjaman melalui sistem ini, besarnya akan disesuaikan dengan taksiran harga barang/properti yang dijadikan agunan. Misalnya, kalau harga properti adalah Rp200juta, mungkin kamu bisa mendapatkan uang pinjaman sebesar Rp180juta atau disesuaikan dengan harga properti ini.

Pada Kredit Multiguna ini pula nasabah mendapatkan keuntungan lebih besar. Makin tinggi harga jaminan yang diberikan maka makin besar pula jumlah pinjaman yang dapat diambil melalui kredit multiguna. Lebih tepatnya, sistem ini tidak memiliki limit seperti jenis pinjaman kilat lain karena berdasarkan agunan saja.

Apa Keunggulan Kredit Multiguna?

Tiap jenis pinjaman memiliki keunggulan masing-masing. Maka dari itu, kita bisa paham betul keunggulan apa saja sebelum mengambil pinjaman dalam jumlah besar atau kecil sekalipun. Apa saja keunggulan dari kredit multiguna?

Limit Pinjaman Tinggi

Saya sudah sebut kalau limit pinjaman tergantung dari properti apa yang dijadikan agunan. Makin tinggi harga properti ini, makin besar pula jumlah pinjaman uang yang bisa diambil di sistem kredit multiguna.

Di kredit multiguna, kamu bisa mengambil pinjaman sampai miliaran jika properti yang dijadikan agunan bisa mencapai harga ini. Jaminan aset ini pula yang meyakinan bahwa nasabah tidak melarikan diri atau tidak akan melunasi cicilan.

Tenor Bisa Sampai 5 Tahun

Pinjaman dengan limit tertentu kemungkinan membayar cicilan juga makin lama. Sebagaimana diketahui beberapa lembaga memberikan lama masa tenor bisa sampai 10 tahun untuk kredit multiguna ini. Bahkan, tenor bisa lebih dari itu jika properti yang dijadikan agunan memiliki nilai jual yang tinggi. Berbeda dengan kredit yang dilakukan tanpa agunan meskipun praktis tetapi masa pelunasannya bisa lebih cepat.

Apa Kekurangan Kredit Multiguna?

Memang, tiap hal pasti ada keunggulan dan kekurangan. Di mana satu sama lain akan melengkapi jika terjadi sesuatu. Demikian juga dengan kredit multiguna di mana terdapat beberapa kekurangan yang patut digarisbawahi.

Agunan Nomor Satu

Mau mengambil kredit multiguna, pertimbangkan terlebih dahulu agunan apa yang akan diberikan. Aset ini – sekali lagi – harus sesuai dengan jumlah pinjaman yang akan diambil. Lembaga yang tercatat secara resmi tidak akan mengeluarkan besarnya pinjaman kredit multiguna yang kita inginkan apabila tidak menyertakan aset sesuai besar jumlah pinjaman.

Jaminan ini memang penting sekali meskipun dianggap sepele tetapi pihak lembaga keuangan tidak mungkin melepas uang dalam jumlah banyak tanpa aset di tangan mereka. Jika terjadi sesuatu, lembaga ini tentu akan kesusahan mencari balik modal.

Agunan Bisa Hangus

Risiko kredit multiguna ini adalah agunan bisa hangus apabila tidak melunasi pinjaman dalam jangka waktu. Aset tak lain pegangan lembaga keuangan saat nasabah mengajukan pinjaman. Maka dari itu, agar terhindar dari hal-hal demikian pertimbangkan jumlah pemasukan bulanan dan kesanggupan melunasi cicilan sebelum mengambil kredit multiguna ini.

Proses yang Lama

Kredit multiguna ini tergolong lebih lama daripada pinjaman instan lain. Alasannya tentu saja lembaga keuangan akan melihat terlebih dahulu kondisi agunan yang diberikan. Apakah agunan ini cocok untuk besar cicilan yang akan diambil atau tidak. Jika nanti nasabah tidak sanggup melunasi pinjaman, agunan ini bisa dijual untuk menutupi besar pinjaman yang telah diambil.

Apa Kriteria Kredit Multiguna yang Baik?

Kredit multiguna juga memiliki kriteria tersendiri. Maka, nasabah harus jeli sebelum memilih lembaga keuangan yang sesuai. Apa saja kriteria kredit multiguna yang baik itu?

Plafon Pinjaman Tinggi

Plafon pinjaman tinggi ini akan berguna untuk nasabah yang akan mengambil pinjaman dalam jumlah besar. Patut dicatat, tidak semua lembaga mampu memberikan pinjaman sampai miliaran rupiah. Nasabah harus jeli mencari plafon pinjaman tinggi agar bisa mengambil pinjaman dalam jumlah tinggi pula.

Fee Rendah

Suku bunga rendah memang dicari. Makin rendah bunga pinjaman maka makin kecil cicilan yang harus dibayar tiap bulannya. Jika berencana mengambil pinjaman dalam jumlah yang besar, maka patut dipertimbangkan pula suku bunga yang ditawarkan. Jangan sampai nasabah harus melunasi cicilan dalam jumlah yang besar setiap bulan.

Tenor Panjang

Tenor bisa disesuaikan saat melakukan kredit multiguna ini. Nasabah harus jeli untuk menentukan tenor. Di mana makin panjang tenor kemungkinan cicilan yang dibayar akan lebih kecil. Jadi, nasabah tidak kesulitan untuk melunasinya. Nasabah bisa mengambil tenor antar 5 sampai 15 tahun agar cicilan bulanan makin kecil.

Pencairan Cepat

Nasabah tentu butuh uang segera. Jadi, sebelum mengambil pinjaman ini pastikan bahwa dana akan cair dalam waktu tertentu, misalnya 5 hari atau 14 hari. Makin cepat pencairan dana akan lebih bagus karena nasabah membutuhkan uang dalam waktu cepat pula.

Hindari Pinalti

Jika kena pinalti maka nasabah akan mendapatkan denda-denda berikutnya yang memberikan cicilan bulanan. Maka, ada baiknya nasabah menghindari pinalti agar tidak membengkak biaya cicilan bulanan ini.

Biaya Lain Juga Masuk Perhitungan

Saat mengajukan kredit multiguna ini, lembaga keuangan tidak menyediakan materai sehingga nasabah patut membawanya sendiri. Selain itu, biaya-biaya lain seperti jasa notaris maupun appraisal juga akan dikenakan kepada nasabah.

Bagaimana Pelunasan Kredit Multiguna?

Tiap lembaga telah bekerjasama dengan lembaga keuangan lain dalam rangka pelunasan cicilan. Nasabah bisa memilih pelunasan cicilan melalui beberapa metode, di antaranya:

  1. Setoran otomatis (autodebet) dari rekening debitur,
  2. Transfer antarbank,
  3. Internet banking, mobile banking, maupun ATM,
  4. Setoran manual ke teller.

Untuk Apa Kegunaan Kredit Multiguna?

Jika nasabah telah memiliki jaminan atau agunan berupa BPKB mobil, atau BPKB motor atau sertifikat properti, maka layak untuk mengajukan kredit multiguna. Memang, beberapa orang membutuhkan dana lebih untuk kebutuhan tertentu. Demikian juga saat mengajukan kredit multiguna ini.

Apa yang terlihat dari kegunaan dana tunai kredit multiguna antara lain melakukan renovasi rumah, modal usaha, biaya pendidikan anak, pembayaran DP, dan sebagainya, yang membutuhkan biaya lebih besar. Dengan mengambil kredit multiguna ini dipastikan bisa menutupi kebutuhan tersebut.

Kredit Multiguna Finpedia

Finpedia tak lain sebuah lembaga keuangan yang kredibel dan telah terdaftar di OJK. Maka, untuk mengambil kredit multiguna di Finpedia bisa dilakukan dengan mudah. Finpedia memberikan kemudahan yang pasti di mana nasabah mudah mengajukan kredit tanpa persyaratan yang panjang.

Di Finpedia, nasabah bisa menggunakan motor, mobil, maupun properti sebagai agunan sebelum mendapatkan jumlah kredit multiguna yang dibutuhkan. Bahkan, untuk properti nasabah bisa mengambil kredit multiguna sampai Rp5 miliar.

Kredit multiguna Finpedia sangat mengerti kebutuhan nasabah. Ajukan sekarang untuk mendapatkan kemudahan dan kelancaran keuangan kamu. Untuk informasi lebih lanjut bisa ke https://www.finpedia.id/pinjaman/kredit-multiguna?third_class=10502

Leave a Comment

%d bloggers like this: