ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia untuk Usaha Kecil Agar Dapat Untung Besar

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia barangkali masih terdengar asing di telinga kita. Namun, tahukah Anda bahwa sistem ini akan memenuhi kebutuhan harian dalam rangka menunjang penjualan suatu produk. Dalam lingkungan yang serba instan, sistem terbarukan dengan penyimpanan awan yang aman sangat dibutuhkan.

Coba sesekali mengamati mereka yang masih bekerja secara manual di perpustakaan atau di minimarket. Untuk mencari sebuah buku atau produk yang akan dibeli, kita harus menjejeri rak yang banyak dengan produk lain. Bisa dipastikan bahwa kita akan kehabisan waktu hanya untuk mencari – bukan memilih lalu membayarnya.

Sistem konvensional yang cukup ribet ini perlahan ditinggal. Kita butuh sistem manajemen inventory yang baik agar semua produk bisa sekali cek maupun tertata rapi. Di perusahaan besar, sistem ini telah diterapkan sehingga saat membutuhkan sesuatu tidak harus ‘mencari’ tetapi cukup memasukkan kata kunci ke sistem ERP maka yang dibutuhkan segera didapat.

Baca Juga:

Usaha kecil yang akan menuju besar disebut belum layak mendapatkan perhatian dari sistem ini. Perlahan namun pasti, banyak perusahaan yang merangkak naik karena berawal dari hal-hal kecil; misalnya menjual dalam volume sedikit sebelum menggunung.

Sumber daya yang masih terbatas, sedangkan volume kebutuhan dagang makin meningkat, pelaku usaha kecil ini membutuhkan sistem penjualan yang baik agar dagangan mereka laku. Data di per-sheet makin kewalahan karena tiap waktu angka selalu berubah. Catatan mesti ditulis tiap saat agar tidak salah hitung yang berujung kepada laba-rugi. Maka, sistem terbaik akan membawa perubahan besar pula terhadap sistem pembelian dari konsumen.

Usaha Kecil Jalan Terus Mencari Untung

Tak bisa dielak, Anda mungkin salah seorang yang sering mendapatkan pesan singkat dari rekanan soal dagangan mereka. Bahkan, beberapa dari kawan kita, persekian detik meng-update status WhatsApp atau bahkan InstaStory mengenai lapak mereka.

Nah, pada dasarnya kawan kita ini sedang menjalankan usaha kecil yang menuju usaha besar bila ditekuni dengan yakin. Pusat Badan Statistik mencatat 64 juta pelaku bisnis usaha kecil (Bisnis UKM) di tahun 2020. Angka ini akan terus bertambah menurut minat dari penjual itu sendiri.

Usaha kecil yang dijalankan oleh kawan kita misalnya, mendapat banyak sekali kendala terlebih soal manajemen barang, jangkauan yang sedikit maupun pengelolaan keuangan yang kurang baik. Usaha kecil yang masih tertatih sering sekali mendapatkan masalah yang tidak terpikirkan atau bahkan menjadi rahasia umum.

Permintaan bertambah sedangkan stok habis, menjadi alasan untuk tidak melanjutkan usaha. Di sisi lain, pemilihan usaha yang banyak di pasaran atau bahkan jarang minat pembeli membuat stok mati atau tertimbun. Harga yang kurang tepat juga membuat pelanggan tidak melirik usaha kita.

Inovasi yang kurang dibarengi oleh kurangnya modal menjadi alasan lain bahwa bisnis usaha kecil tidak berjalan dengan lancar. Pencatatan yang kurang akurat membuat usaha yang dijalankan ini tamat riwayat dalam waktu singkat.

Bagaimana Mencari Untung dari Usaha Kecil

Usaha kecil bukan tidak mungkin mendapatkan laba sebesar-besarnya. Pelaku usaha haruslah berbenah untuk mendapatkan cara terbaik agar dagangannya laku. Bisnis usaha besar yang kita lihat sekarang pada dasarnya memahami kemauan konsumen, sehingga bisa mematok harga yang sesuai.

Standar produk yang dipakai menjadi acuan soal kelayakan untuk dibeli atau dijual. Pelaku usaha setidaknya memiliki benteng yang kuat agar usaha mereka berjalan dengan lancar. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

  • Lokasi sangat menentukan sebuah bisnis usaha berjalan sesuai harapan, dalam arti untuk memulai bisnis bukan mencari gedung bagus melainkan di mana orang yang ramai sehingga produk yang dijual ada yang beli.
  • Konsumen yang tepat sasaran sangat berkenaan dengan lokasi, daerah yang sepi maka konsumen juga sepi, demikian juga sebaliknya. Jauh sebelum itu, survei kebutuhan konsumen juga sangat dibutuhkan. Jika di suatu lokasi sudah banyak toko kelontong, maka kita bisa membuka usaha lain.
  • Manajemen permintaan harus diperhatikan, jangan langsung memborong barang dalam jumlah banyak tetapi daya beli di daerah tersebut masih rendah.
  • Manajemen penawaran juga menjadi pertimbangan agar pelaku usaha tepat sasaran saat menjual suatu produk.
  • Database sangatlah penting, tidak ada salahnya mulai menggunakan perangkat lunak terbaru agar perhitungan untung rugi lebih akurat dan juga tepat dalam penentuan harga produk.

Dalam menunjang keinginan pelaku usaha kecil ini pula, Cloud ERP Indonesia mengenalkan sebuah layanan terbaik dalam rangka mendukung penjualan produk itu.

Jika Usaha Ingin Sukses, Manajemen Inventory Jadi Solusinya

Siapa yang tidak ingin usahanya sukses? Tiap orang yang sudah memulai tentu ingin mendapatkan hasil terbaik pula. Modalnya kecil maka yang dijalankan juga kecil, termasuk memulai dengan manajemen inventory yang tidak terlalu mahal.

Sebelum mengenali software ERP untuk perusahaan distribusi, kita harus memahami terlebih dahulu sistem manajemen inventory. Dalam pengertian umum, manajemen inventory tak lain proses dalam pengelolaan persediaan. Hal ini mirip seperti kita menyusun buku-buku di rak agar terlihat rapi dan mudah diambil apabila dibutuhkan lagi nanti.

Perusahaan yang sukses sekarang ini telah menerapkan manajemen inventory sejak lama. Perusahaan besar melakukan mekanisme pergudangan untuk produk mereka, jadi apabila stok di pasaran habis, sistem akan langsung memberi notifikasi sehingga bisa didistribusikan dengan segera.

Jauh berbeda dengan perusahaan skala kecil yang mana permintaan masih sedikit sehingga stok juga tidak banyak. Dengan sistem manajemen inventory ini, usaha kecil yang dijalankan tidak akan kesulitan saat stok menipis karena sistem sudah memberitahunya lebih awal.

Sistem manajemen inventory pada dasarnya memiliki banyak sekali manfaat. Selain kebutuhan kita sendiri terhadap perusahaan teknologi, juga manajemen kerja yang baik sehingga untung mudah diraih.

Manfaat sistem manajemen inventory yang harus diketahui antara lain:

  • Untuk meningkatkan produktivitas
  • Dapat mengontrol persediaan barang secara otomatis
  • Database sangat terpusat dan efektif
  • Biaya lebih hemat karena harga terjangkau
  • Tenaga berkurang karena pekerjaan dikerjakan oleh sistem
  • Pencatatan data sangat akurat
  • Pelanggan mendapatkan kepuasan dari bisnis yang kita jalankan.

Sistem manajemen inventory menjadi sarana yang tepat dalam melancarkan usaha kecil menengah. Dengan pencatatan yang akurat, kinerja yang efisien, dan hal lain yang tidak akan menghambat usaha.

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia

Dalam sistem manajemen inventory, patut diketahui bahwa fitur yang diberikan sangat efektif dalam menunjang usaha kecil menengah. Diantara keuntungan yang didapat antara lain:

  • Pelaporan bersifat visual yang lengkap dan akurat.
  • Stok persediaan barang terkontrol secara otomatis.
  • Barang yang dikirim ke pelanggan dapat dilacak dengan baik.
  • Dapat mengontrol sistem pembelian barang maupun pemesanan ulang.
  • Tersedia scan barcode barang dan jasa.
  • Dapat mengontrol supplier secara lengkap.

Usaha kecil menengah diyakini dapat bekerja dengan baik setelah menggunakan sistem manajemen inventory. UKM dengan penghasilan rata-rata Rp1 miliar tiap bulannya, sudah membutuhkan sistem ERP agar usaha lebih lancar.

Keuntungan Menerapkan Sistem Cloud ERP pada Usaha Kecil

Sistem cloud ERP menjadi bagian penting dalam rangka menyukseskan usaha kecil menengah. Perlu diketahui bahwa sistem ini memberikan kemudahan yang sangat signifikan terhadap suatu usaha.

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem di mana menyederhanakan berbagai aktivitas di dalam perusahaan. Sistem ERP akan mengintegrasikan semua cabang di perusahaan agar manajemen lebih baik dan akurat.

Kenapa perusahaan besar menggunakan sistem ERP ini? Salah satunya agar kenyamanan dan keamanan perusahaan tetap terjaga. Selain itu, keuntungan menerapkan sistem cloud ERP pada sebuah perusahaan adalah:

  • Cloud ERP memiliki biaya yang cukup rendah dibandingkan ERP konvensional, di mana perusahaan tidak perlu membeli server maupun perangkat keras lain dalam mendukung sistem ini. Perusahaan juga tidak perlu bersusah payah melakukan maintenance maupun upgrade sistem karena semua kendali melalui vendor yang telah dipercaya.
  • Penerapan Cloud ERP yang sangat mudah di mana bisa menggunakan versi mobile atau website yang terkoneksi ke internet. Orang yang diberikan hak akses bisa membukanya melalui browser seperti Google Chrome, Firefox, Safari, maupun Internet Explorer.
  • Tidak lagi tergantung pada IT karena sistem ERP langsung terhubung dengan ERP vendor yang dituju. Tim IT bisa mengerjakan hal lain yang lebih urgen maupun bisa penghematan di bagian ini.
  • Mudah diakses dari mana saja. Sistem Cloud ERP yang terhubung ke internet mudah diakses tanpa perlu berdiam diri di kantor.
  • Bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan karena Cloud ERP tidak membatasi pada satu bisnis atau usaha yang besar saja.
  • Data tersimpan dengan aman karena semua data tersimpan dalam Cloud, sehingga bisa mengurangi kehilangan data apabila tersimpan dalam PC.

Cloud ERP Indonesia sudah sangat berkembang ditandai dengan masuknya perusahaan Korea Selatan yang bernama Younglimwon Softlab Co.,Ltd yang mambawa sistem penyimpanan awan ini.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

SystemEver bukan produk baru karena Younglimwon Softlab Co.,Ltd meluncurkannya pada tahun 1997. Software Cloud ERP ini dikhususkan untuk Small Medium Enterprises agar usaha yang dijalankan dapat berjalan maksimal.

SystemEver sendiri telah memiliki banyak sekali pelanggan sejak beroperasi, baik di bidang perdagangan, manufaktur maupun layanan industri. SystemEver mencakup aplikasi persediaan barang (inventory), penjualan, program akuntansi, dan juga sistem manajemen.

SystemEver Indonesia juga menyasar bisnis usaha kecil menengah yang diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan lebih baik setelah menggunakan sistem Cloud ERP. SystemEver menyuguhkan cara terbaik dalam mengamankan data perusahaan.

Sistem Cloud ERP yang meyakinkan soal ketepatan kerja membuat pelaku usaha kecil menengah untuk memilih SystemEver Indonesia, dengan alasan:

  • Teruji secara pengalaman, di mana SystemEver telah melayani lebih 27 tahun di sistem yang sama. Ribuan pelanggan di Korea dan beberapa negara lain membuktikan ketangguhan dari sistem keamanan dari SystemEver ini.
  • Salah satu fitur yang diunggulkan adalah Visual-K, di mana sangat mudah digunakan. Visual-K bekerja dengan baik melalui interface yang simpel dan mudah dijalankan. Tampilan sederhana membuat pengguna tidak rumit dalam pengoperasian.
  • SystemEver sangat fleksibel karena mudah diakses dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung ke internet baik melalui mobile maupun desktop.
  • Apabila kesulitan, SystemEver menyediakan Consultant-K yang akan melakukan konfigurasi sistem ERP dengan cepat.
  • SystemEver Indonesia menjual software sistem ERP ini dengan harga terjangkau. Untuk pembelian bisa mengecek pada website SystemEver maupun melalui e-mail ke [email protected] atau telepon ke (021)-29851628.
  • Multibahasa yang memudahkan pengoperasian. Bahasa yang tersedia antara lain, Inggris, Indonesia, Korea, Jepang, Mandarin, dan Vietnam.

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia tidak datang begitu saja untuk memenuhi kebutuhan harian. Sistem ini memberikan kemudahan akses, memberikan ruang dalam bekerja lebih baik dan memberikan pelayanan yang tidak disangka oleh pengguna.

Dalam memenuhi kebutuhan itu, SystemEver saat ini tersedia dalam 2 versi, yaitu SystemEver i5 dan SystemEver i7.

SystemEver i5

SystemEver i5 adalah software ERP yang terintegrasi dengan Basic Costing, pengelolaan barang (inventory), dan penjualan. Data yang tersedia pada sistem ini adalah real time dan mudah diakses dari mana saja.

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia

SystemEver i5 diperuntukkan kepada perusahaan distribusi maupun penjualan (trading), perusahaan yang membutuhkan data secara real time maupun perusahaan dengan terbatasnya sumber daya.

SystemEver i7

SystemEver i7 adalah software ERP yang terintegrasi dengan manajemen pabrik di mana penggunaannya membuat perusahaan lebih efisien.

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia

Perusahaan yang sedang berkembang sangat terbantu dengan SystemEver i7 ini karena dapat dengan baik merencanakan produksi, menerapkan rencana penjualan jangka panjang dan pendek maupun membantu kebutuhan urgen lain.

Simpulan dan Rekomendasi

ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia memenuhi kebutuhan pelaku UKM. Dengan biaya yang terjangkau, hemat tenaga dan perangkat keras, sistem yang dijalankan sangat berguna dalam meningkatkan penjualan hasil usaha.

Sistem Cloud ERP sangat dibutuhkan baik usaha kecil menengah maupun skala besar. Pelaku usaha dapat dengan mudah melakukan manajemen inventory dari mana saja, baik melalui mobile dan desktop. Data yang tersimpan di awan juga tidak membuat risau apabila perangkat rusak, bahkan jika sistem ERP terjadi kesalahan maupun ingin melakukan perbaikan, pihak vendor sendiri yang akan melakukannya.

SystemEver Indonesia mewakili kebutuhan sistem ERP yang makin mudah diakses. Usaha kecil menengah dapat menerima manfaat dengan cepat dari penerapan sistem ini. ERP untuk jasa ini dapat berguna dalam waktu lama.

Leave a Comment

%d bloggers like this: