Download Buku SKI MA

Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 untuk Tahu Sejarah Islam Lebih Dalam – Pelajaran SKI diajarkan untuk mengenang masa lalu. Pelajaran ini sangatlah penting agar sejarah tidak mudah dilupakan. Dengan belajar SKI, pelajaran terpenting dalam Islam bisa menjadi bagian penting dalam tatanan kehidupan saat ini.

Sejarah Kebudayaan Islam memang pelajaran yang sedikit monoton. Namun, seorang guru yang memahami dengan baik konsep mengajar akan membuatnya menyenangkan. SKI diajarkan sejak sekolah dasar sampai menengah atas.

Dengan mempelajari materi SKI, anak-anak bisa mendapatkan pelajaran penting dari pengalaman hidup masa lalu. Untuk itu, download buku SKI MA Kurikulum 2013 sangatlah penting bagi guru dalam rangka menunjang proses pembelajaran lebih baik. Anak-anak juga demikian akan terarah dengan materi yang sebenarnya.

Baca Juga:

Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas X
Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas XI
Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas XII

Ringkasan materi SKI di sini dikutip dari buku SKI MA Kurikulum 2013 kelas X. Dengan membaca ringkasan ini membawa kita untuk membaca lebih lanjut sejarah dari masa lampau.

Label jahiliyah yang diberikan kepada bangsa Arab pra Islam, bukan berarti tidak ada kebaikan sama sekali dalam kehidupan mereka. Bangsa Arab masih memiliki akhlak mulia dan budaya positif yang menyejukkan dan menakjubkan akal manusia. Di antara perkembangan kebudayaan masyarakat Arab pra Islam:

Tradisi keilmuan

Bangsa Arab pra Islam telah mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, terbukti dengan dikembangkannya ilmu astronomi yang ditemukan oleh orang-orang Babilonia.

Ilmu Astronomi ini berkembang di Arab setelah bangsa Babilonia diserang oleh Bangsa Persia kemudian mengenalkan ilmu astronomi ini kepada orang-orang Arab pada masa itu. Selain astronomi mereka juga pandai dalam ilmu nasab, ilmu rasi-rasi bintang, tanggal-tanggal kelahiran dan ta‟bir mimpi.

Berdagang

Masyarakat Arab yang tinggal di perkotaan atau disebut ahlul-hadar, mereka hidup dengan berdagang. Kehidupan sosial ekonominya sangat ditentukan oleh keahlian mereka dalam berdagang. Mereka melakukan perjalanan dagang dalam dua musim selama setahun, pada musim panas pergi ke Negeri Syam (Syiria) dan pada musim dingin mereka pergi ke negeri Yaman.

Pada masa itu sudah berdiri sebuah pasar yang diberi nama pasar Ukaz. Pasar Ukaz dibuka pada bulan-bulan bertepatan dengan waktu pelaksanaan ibadah haji, yaitu; bulan Dzulkaidah, Zulhijjah dan Muharam.

Bertani

Masyarakat Arab yang tinggal di pedalaman yaitu masyarakat Badui, mata pencahariannya adalah dengan bertani dan beternak. Kehidupan mereka nomaden, hidup mereka berpindah-pindah dari satu lembah ke lembah yang lain untuk mencari rumput bagi hewan mereka.

Masyarakat yang hidup di daerah yang subur, mereka bercocok tanam dan hidup di sekitar oase seperti Thaif. Mereka menanam buahbuahan dan sayur-sayuran.

Bersyair

Pasar Ukaz tidak hanya menyediakan barang dagangan berupa perniagaan dan kebutuhan sehari-hari saja, tetapi juga pagelaran kesenian seperti qashidah-qashidah gubahan sastrawan Arab. Syair menjadi salah satu budaya tingkat tinggi yang berkembang pada masa Arab pra Islam.

Syair juga dapat menjadikan seseorang atau kabilah tertentu menjadi kabilah terbelakang atau kabilah yang terhormat. Syair menjadi masalah mafakhir (kebanggaan) mereka dalam kehidupan sosialnya.

Selain bersyair, mereka juga terbiasa menuliskan kata-kata hikmah dalam setiap bangunan agung yang mereka dirikan untuk dijadikan peringatan dan diambil hikmahnya bagi generasi selanjutnya. Orang Arab saat itu berloba-lomba dan membanggakan sikap dermawan. Separuh syair-syair mereka diisi dengan pujian dan sanjungan terhadap kedermawanan.

Menghormati Tamu

Kehidupan sosial bangsa Arab pra Islam terkenal pemberani dalam membela pendiriannya, mereka tidak mau mengubah pendirian yang sudah mengakar dalam kehidupan mereka.

Salah satunya adalah menghormati dan memuliakan tamu, menghormati tamu adalah bagian dari menjunjung tinggi sikap dermawan yang mereka miliki, mereka berlomba-lomba untuk memuliakan tamu dengan segala harta benda meraka.

Bangsa Arab pra Islam rela untuk berkorban harta bendanya hanya untuk memuliakan tamu. Pernah ada seorang laki-laki yang kedatangan tamu di rumahnya, sementara dia tidak memiliki apa-apa selain onta yang menjadi tumpuan hidupnya. Ia rela menyembelih untanya hanya demi untuk menjamu tamunya.

Menepati Janji

Bagi orang Arab, janji adalah hutang yang harus mereka bayar. Melanggar janji adalah aib bagi hidup mereka, bahkan dalam sebuah kisah Hani bin Mas‟ud bin Mas‟ud asy-Syaibani hanya demi sebuah janji mereka rela membinasakan keturunan mereka dan menghancurkan rumah demi memenuhi sebuah janji.

  1. Dari segi keyakinan, bangsa Arab pada masa jahiliyah terbagi menjadi beberapa golongan: Golongan yang mengingkari Sang Pencipta dan hari kebangkitan. Mereka percaya bahwa alam, masa, dan waktulah yang membinasakan segalanya seperti yang termaktub dalam QS. Al-Jaatsiyah (45) : 24.
  2. Golongan yang mengakui adanya Tuhan, tetapi walaupun mengakui adanya Tuhan, namun mengingkari adanya hari kebangkitan, seperti yang termaktub dalam QS. Qaaf (50) : 15.
  3. Golongan yang menyembah berhala, biasanya masing-masing kabilah memiliki berhala sendiri-sendiri. Kabilah Kalab di Daumatul Djandal misalnya, mereka mempunyai berhala Wad, kabilah Huzdail mempunyai berhala Suwa‟ Kabilah Madzhaj dan kabilah-kabilah di Yaman semuanya menyembah Yaghuts dan Ya‟uq, Kabilah Tsaqif di Thaif menyembah Latta, Kabilah Qurays di Kinanah menyembah Uzza. Kabilah Aus dan Khazraj menyembah Manat, dan sebagai pemimpin dari semua berhala adalah Hubal yang ditempatkan di samping sisi Ka‟bah.
  4. Golongan yang lain adalah golongan yang cenderung mengikuti ajaran Yahudi, Nasrani, dan Shabiah, ada pula yang menyembah malaikat atau jin.

Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 dari Kelas X sampai dengan Kelas XII dari sekarang agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. File buku dapat diunduh pada link di bawah ini:

Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas X
Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas XI
Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 Kelas XII

Pelajaran SKI sangat membawa pengaruh besar terhadap pendidikan masa kini. Pengalaman dalam sejarah dapat kita ambil manfaatnya dengan sebaik mungkin. Yang baik tentu menjadi amalan dalam berbuat kebaikan. Yang tidak baik dijadikan pelajaran untuk mengubah nasib. Download Buku SKI MA Kurikulum 2013 segera untuk mengajar lebih baik.

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *