Download Buku Fikih MA Kurikulum 2013

Download Buku Fikih MA Kurikulum 2013 Kelas X Sampai Kelas XII Lengkap untuk Guru dan Siswa – Buku materi ajar guru memang sangat beragam namun untuk beberapa kepentingan buku tersebut dibuat secara khusus. Buku yang dibuat secara khusus ini kemudian disebarkan kepada guru-guru untuk mendapatkan buku terbaik sebagai bahan ajar.

Salah satu buku yang dibuat khusus adalah Buku Fikih dari kelas X sampai dengan kelas XII oleh Kementerian Agama RI. Buku ini menjadi acuan bagi guru dalam mengajar dan juga dijadikan patokan dalam memberikan nilai kenapa anak-anak.

Buku Fikih MA ini dapat perhatian khusus sehingga bisa diunduh sebagaimana mestinya. Download Buku Fikih MA Kurikulum 2013 adalah di sini untuk mendapatkan pengalaman mengajar lebih baik dan mendapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Baca Juga:

Kaidah Belajar Fikih

Fikih dapat dipelajari dengan mudah untuk menjadi acuan dalam beribadah. Bagaimana acuan belajar Fikih itu yang terdapat dalam Buku Fikih MA Kelas X ini, dapat dibaca pada beberapa paragraf ini sebelum mengunduh buku dimaksud.

Kata Fikih adalah bentukan dari kata Fiqhun yang secara bahasa berarti (pemahaman yang mendalam) yang menghendaki pengerahan potensi akal. Ilmu Fikih merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syariah Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan berbagai aspek kehidupan manusia, baik menyangkut individu, masyarakat, maupun hubungan manusia dengan Penciptanya.

Definisi fikih secara istilah mengalami perkembangan dari masa ke masa, sehingga tidak pernah bisa ditemukan satu definisi yang tunggal. Pada setiap masa itu para ahli merumuskan pengertiannya sendiri.

Sebagaimana Imam Abu Hanifah (w. 150 H / 767 M.) mengemukakan bahwa Fikih adalah pengetahuan manusia tentang hak dan kewajibannya. Dengan demikian, fikih bisa dikatakan meliputi seluruh aspek kehidupan manusia dalam berislam, yang bisa masuk pada wilayah akidah, syariah, ibadah dan akhlak.

Selanjutnya Imam Syafi’i (w. 204 H / 819 M) mendefinisikan Fikih sebagai “Ilmu/pengetahuan mengenai hukum-hukum syari’ah yang berlandaskan kepada dalil-dalilnya yang terperinci. Pendefinisian Imam Syafi’i ini merupakan pendefinisian yang paling popular dikalanagan para Fuqaha’.

Berikut ini perlu dilihat beberapa definisi fikih yang dikemukakan oleh ulama ushul fikih berikut:

  1. Ilmu yang mempunyai tema pokok dengan kaidah dan prinsip tertentu. Definisi ini muncul dikarenakan kajian fikih yang dilakukan oleh fuqaha’ menggunakan metode-metode tertentu, seperti qiyas, istihsan, istishâb, maslahah mursalah dan sadduz zari’ah.
  2. Ilmu tentang hukum syar’iyyah yang berkaitan dengan perbuatan manusia, baik dalam bentuk perintah (wajib), larangan (haram), pilihan (mubah), anjuran untuk melakukan (sunnah), maupun anjuran agar menghindarinya (makruh) yang didasarkan pada sumbersumber syari’ah, bukan akal atau perasaan.
  3. Ilmu tentang hukum syar’iyyah yang berkaitan dengan ibadah dan muamalah. Dari sini bisa dimengerti kalau fikih merupakan hukun syariah yang lebih bersifat praktis yang diperoleh dari istidlâl atau istinbât (penyimpulan) dari sumber-sumber syariah (Al-Qur’an dan Hadis).
  4. Fikih diperoleh melalui dalil yang terperinci (tafshili), yakni Al-Qur’an, Al-Hadis, Qiyasdan Ijma’ melalui proses istidlâl (deduktif), istinbât (induktif) atau nazar (analisis). Oleh karena itu tidak disebut fikih manakala proses analisis untuk menentukan suatu hukum tidak melalui istidlal atau istinbath terhadap salah satu sumber hukum tersebut.

Ulama fikih sendiri mendefinisikan fikih sebagai sekumpulan hukum amaaliyah (yang akan dikerjakan) yang disyariatkan dalam Islam. Dalam hal ini kalangan fuqaha membaginya menjadi dua pengertian, yakni:

  • memelihara hukum furu’ (hukum keagamaan yang tidak pokok) secara mutlak (seluruhnya) atau sebagiannya.
  • Materi hukum itu sendiri, baik yang bersifat qat’î maupun yang bersifat ʑannî

Kaidah belajar Fikih memang penting sekali dan ini menjadi acuan dalam belajar. Maka, bisa segera untuk download buku ini pada link di bawah.

Download Buku FIKIH MA Kelas X Kurikulum 2013 Lengkap
Download Buku FIKIH MA Kelas XI Kurikulum 2013 Lengkap
Download Buku FIKIH MA Kelas XII Kurikulum 2013 Lengkap

Ruang Lingkup Belajar Fikih

Belajar Fikih sangat penting dan mendapatkan ruang lingkup tersendiri. Dalam belajar Fikih tidak bisa setenga-setengah. Ruang lingkup ini juga dikutip dari buku yang bisa didownload pada link di atas dan di bawah ini.

Ruang lingkup yang terdapat pada ilmu Fikih adalah semua hukum yang berbentuk amaaliyah untuk diamaalkan oleh setiap mukallaf (orang yang sudah dibebani atau diberi tanggungjawab melaksanakan ajaran syariah Islam dengan tanda-tanda seperti baligh, berakal, sadar, sudah masuk Islam).

Hukum yang diatur dalam Fikih Islam itu terdiri dari hukum wajib, sunah, mubah, makruh dan haram; di samping itu ada pula dalam bentuk yang lain seperti sah, batal, benar, salah dan sebagainya.

Obyek pembicaraan Ilmu Fikih adalah hukum yang bertalian dengan perbuatan orang-orang mukallaf yakni orang yang telah akil baligh dan mempunyai hak dan kewajiban. Adapun ruang lingkupnya seperti telah disebutkan di muka meliputi:

Pertama, hukum yang bertalian dengan hubungan manusia dengan khaliqnya (Allah Swt.). Hukum-hukum itu bertalian dengan hukum-hukum ibadah.

Kedua, hukum-hukum yang bertalian dengan muamalat, yaitu hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan sesamanya baik pribadi maupun kelompok dalam segi transaksi finansial.

Ketiga, Hukum-hukum munakahah (pernikahan), ini sering juga disebut dengan hukum kekeluargaan (Al-Ahwâl Asy-Syakhshiyyah). Hukum ini mengatur manusia dalam keluarga baik awal pembentukannya sampai pada akhirnya.

Keempat, Hukum jinâyah atau hukum perdata, yaitu hukum yang mengikat manusia dengan kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.

Keempat hukum Islam inilah yang dibicarakan dalam kitab-kitab fikih dan terus berkembang hingga saat ini.

Dengan mengetahui ruang lingkup ini maka segera bisa mengunduh materi agar belajar dapat dilaksanakan dengan baik.

Download Buku FIKIH MA Kelas X Kurikulum 2013 Lengkap
Download Buku FIKIH MA Kelas XI Kurikulum 2013 Lengkap
Download Buku FIKIH MA Kelas XII Kurikulum 2013 Lengkap

Belajar akan sangat mudah karena materi ajar telah tersedia. Fikih harus diajarkan dengan sebenarnya agar tidak mendapatkan kesalahpahaman di kemudian hari. Contohnya, bersuci, harus diajarkan dengan benar agar manusia bisa suci dari hadas besar dan kecil.

Fikih adalah pelajaran penting di MA sehingga semua harus belajar dengan tekun dan menyimak penjelasan guru dengan baik. Download Buku FIKIH MA Kurikulum 2013 Lengkap dari kelas X sampai kelas XII agar prestasi anak meningkat tajam.

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *