CCTV Murah di Kamar Pribadi Bardi Smart IP Camera dan Remote Pintar dari Smartphone

Ke mana-mana, saya selalu memperhatikan kamera pengintai. Buat saya, selain unik, kamera tersembunyi ini memiliki fungsi yang sangat besar sekali. Di banyak tempat, rekaman kamera pengintai sangat dibutuhkan. Bagaimana dengan ruang lingkup yang lebih sempit. Rupanya, saat ini sudah ada kamera CCTV murah di kamar pribadi.

Saya sempat mengira kalau CCTV ini sangat mahal sekali dan rumit cara pemakaiannya, ternyata tidak demikian. Kamera cerdas ini memberikan pengalaman yang tak terlupa namun dalam harga yang relatif murah. Tanpa perlu terhubung dengan komputer, kita bisa mengontrol hanya melalui sebuah aplikasi saja dari smartphone.

Bardi Smart IP Camera datang dengan model yang imut dan juga menarik perhatian. CCTV ini bisa dengan mudah dipasang di kamar pribadi untuk mendapatkan pengamanan lebih ketat. Kita bisa mengetahui segala sesuatu yang berkenaan dengan seisi ruangan, saat kita berada di luar rumah. Dengan menyematkan CCTV murah ini, maka kita tidak perlu khawatir soal keamanan di dalam rumah. Yang pasti, kamera pengintai ini harus dipasang tersembunyi ya.

Baca Juga:

Manfaat CCTV di Rumah

Tahukah kamu jika CCTV atau IP Camera memiliki manfaat untuk rumah kita sendiri? IP Camera yang sederhana akan mengubah semua hal yang berkenaan dengan sudut ruangan dalam rumah kita. Kamera ini akan membuat kita aman dan nyaman meskipun sedang tidak berada di rumah.

Pada beberapa kasus, IP Camera menjadi penyelamat bagi rumah tangga seseorang. Misalnya, saat tangan nakal menjamah rumah maka kamera pengintai ini yang akan ‘memberitahu’ kepada pemilik rumah siapa datang dibalik semua itu.

IP Camera setidaknya memiliki manfaat seperti berikut ini.

Pertama, dengan memasang IP Camera di dalam rumah kita akan mengetahui siapa yang berusaha masuk ke dalam rumah tanpa izin. Dengan demikian, kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi begitu saja.

Kedua, IP Camera digunakan untuk memantau seluruh ruangan. Ini juga berlaku untuk memonitor aktivitas di dalam rumah, misalnya jika memiliki usaha bisa memantau kinerja karyawan sehingga bisa memutuskan siapa karyawan terbaik dan kurang maksimal kinerjanya.

Ketiga, IP Camera sangat bermanfaat selama penyelidikan suatu kasus atau tindak kejahatan. Rekaman yang dimiliki oleh pihak berwajib akan menjadi bukti kuat yang tak terbantahkan. Dengan begitu, kejahatan dapat ditumpas dengan mudah.

Keempat, IP Camera adalah pengawas terhadap aset yang ada di dalam rumah atau perusahaan. Jika ada yang berusaha mencuri aset tersebut, maka dengan mudah kita tahu siapa yang melakukan tindak kejahatan tersebut.

Kelima, IP Camera adalah kamera tersembunyi yang hanya kita saja yang tahu di mana letaknya. Jadi, di dalam rumah atau di mana tempat yang ingin ditempatkan kamera pengintai ini, kita saja yang tahu. Kamera pengintai ini biasanya tidak bersuara, hanya memiliki kedipan cahaya yang bisa disembunyikan juga dengan trik khusus.

Keenam, IP Camera saat ini bisa dikontrol menggunakan smartphone jadi bisa diawasi dari mana saja dan kapan saja. Meskipun kita sedang tidak berada di rumah, tetapi IP Camera masih bisa memberikan informasi kepada pemilik rumah tanpa diketahui oleh penyusup.

Nah, dari sekian banyak manfaat IP Camera atau CCTV ini saya yakin sekali ada yang menarik perhatian. Jadinya, kita perlu juga memasang IP Camera di kamar pribadi sekalipun. Daripada mendapatkan hal yang tidak diinginkan, lebih baik memanfaatkan IP Camera bukan? Salah satunya adalah Smart IP Camera dari Bardi.

Perbedaan Kamera CCTV dengan Smart IP Camera

Tentu, kamera CCTV yang sering sekali kita lihat berbeda dengan Smart IP Camera dari Bardi. CCTV digunakan untuk ruang lingkup yang lebih besar sedangkan IP Camera bisa dalam cakupan yang lebih sempit, misalnya di dalam kamar.

Untuk dapat memastikan perbedaan antara kamera CCTV dengan IP Camera, saya akan berikan sedikit pandangan.

Kamera CCTV

  • Kamera CCTV masih mengandalkan sinyal analog saat melakukan transmisi gambar ke receiver. Rekaman gambar analog ini bisa berubah persepsi dan mesti diperjelas kembali agar tahu aktor dibalik rekaman kamera ini.
  • Kamera CCTV membutuhkan banyak sekali kabel pada tiap kamera. Bisa disimpulkan, makin banyak kamera yang dipasang maka akan makin banyak kabel yang dibutuhkan.
  • Gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV masih buram sehingga sulit mendeteksi kejadian perkara.
  • Tiap kejadian yang direkam oleh kamera CCTV hanya bisa disaksikan melalui komputer di kantor atau di rumah, tidak bisa di tempat lain.
  • Kamera CCTV hanya mampu merekam satu sudut saja atau sudut pandang terbatas, untuk memastikan tiap sudut ruang terekam maka dibutuhkan kamera lain pada sudut lain pula.
  • Kamera analog yang dipakai untuk kamera CCTV tidak terlalu aman sehingga mudah disadap oleh pihak yang merasa dirugikan.
  • Kamera CCTV analog lebih murah dan mudah dipasang serta tidak memakan bandwidth lebih banyak, hal ini karena transmisi menggunakan DVR dan kabel coaxial.

IP Camera

  • IP Camera membutuhkan jaringan internet untuk pengiriman gambar dari perangkat ke aplikasi yang terpasang di smartphone.
  • IP Camera mengandalkan switch yang tersambung ke NVR, bukan DVR seperti CCTV. NVR memiliki sistem perekaman yang mengubah format digital untuk disimpan dalam memori eksternal yang terpasang di badan IP Camera. Rekaman bisa diputar kembali saat microSD dipasangkan ke komputer.
  • IP Camera bisa dipantau melalui smartphone maupun laptop yang terhubung internet. Kita dapat mengawasi dari jarak jauh dan selama 24 jam penuh.
  • Video yang dihasilkan IP Camera lebih jernih dan detail, bahkan beberapa tipe bisa menghasilkan resolusi FHD sampai 4K.
  • Sudut pandang yang luas sehingga tidak membutuhkan banyak kamera dalam satu ruang pemantauan.
  • IP Camera hanya membutuhkan satu kabel untuk disambungkan ke aliran listrik saja agar perangkat ini terus menyala dalam suatu waktu.
  • Video yang direkam telah terenkripsi sehingga tidak mudah diambil alih atau disalahgunakan oleh pihak lain.

Bardi Smart IP Camera CCTV Murah di Kamar Pribadi

CCTV Murah di Kamar Pribadi itu adalah Bardi Smart IP Camera. Saya yakin sekali, siapa saja yang melihat kamera pengintai ini pasti akan suka. Bardi memberikan sentuhan yang manis pada IP Camera ini dengan warna putih mengilap dan bentuk yang mungil.

CCTV Murah di Kamar Pribadi

Smart IP Camera dari Bardi ini sejatinya adalah ‘CCTV’ untuk indoor atau di dalam ruangan. Kita bisa memaksimalkan di ruang tamu, ruang keluarga maupun di kamar pribadi. Pemasangan yang mudah dan pengawasan cukup dengan smartphone membuat IP Camera lebih unggul.

Bagaimana cara kerja Smart IP Camera ini? Tentu saja hal yang paling utama adalah mengunduh aplikasi Bardi Smart Home di Android ataupun iOS. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua produk Bardi seperti IP Camera, lampu pintar maupun remote pintar.

Langkah-langkah menghubungkan CCTV murah di kamar pribadi dengan Bardi Smart Home adalah:

Pertama, pastikan Smart IP Camera terhubung dengan aliran listrik sehingga lampu LED berkedap-kedip.

Kedua, masuk ke aplikasi Bardi Smart Home lalu tambahkan perangkat baru, pastikan bahwa kita sudah memiliki akun dan bisa melakukan pendaftaran jika pertama kali dipakai.

CCTV Murah di Kamar Pribadi

Ketiga, cari Smart IP Camera di layar Bardi Smart Home tersebut sesuai dengan ikon atau gambar yang mirip dengan perangkat. Pastikan juga bahwa smartphone terhubung ke jaringan WiFi yang ada di sekitar atau jika tidak terdapat WiFi bisa mengandalkan dua smartphone dengan salah satunya diaktifkan portable hostpot.

Keempat, layar smartphone akan memunculkan barcode yang unik. Lalu, arahkan layar smartphone ke dekat Smart IP Camera dalam jarak 15 – 20 cm. Jika QR-Code ini berhasil dipindai, maka perangkat akan mengeluarkan suara ‘dong dong dong,’ yang artinya keduanya perangkat telah terhubung dengan menyetujui ‘I Heard a Prompt’ yang berwarna biru.

CCTV Murah Kamar Pribadi

Proses koneksi Smart IP Camera dengan Bardi Smart Home telah selesai. Semudah itu bukan? Sekarang kita tinggal memantau hasil rekaman dari CCTV murah di kamar pribadi ini saja. Di mana saja kita berada bisa dengan mudah memantau hasil video yang dikeluarkan dari kamera pengintai ini.

Nah, patut diketahui kalau Smart IP Camera memiliki setidaknya 6 fitur yang bisa diandalkan dengan baik. Fitur-fitur ini memiliki fungsi masing-masing yang sangat bermanfaat bagi perekaman di ruang pribadi kita. Di antara keenam fitur ini antara lain:

Screnshoot

Salah satu fitur dari IP Camera dari Bardi adalah bisa menyimpan gambar yang sedang direkam videonya. Fitur ini memungkinkan kita untuk memotret layar yang bisa digunakan suatu waktu. Misalnya, untuk memastikan bahwa aktor yang ada di dalam rekaman tersebut benar itulah orangnya. Dengan kualitas video yang jernih, potret layar bisa dengan mudah ditangkap.

Speaker

Smart IP Camera memiliki speaker yang bisa diandalkan untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, untuk menakut-nakuti penyusup ke dalam rumah dengan suara yang tak terduga. Speaker ini juga berguna untuk kita yang sedang merekam suasana rumah dengan suara-suara tertentu; atau bahkan merekam kerabat yang sedang berlatih menyanyi.

Record

Fitur Record pada CCTV murah di rumah pribadi dari Bardi ini hanya bisa diaktifkan ketika microSD telah dipasangkan. Jangan lupa untuk menanamkan memori eksternal agar semua rekaman video dari IP Camera tersimpan dan kita bisa menontonnya kembali suatu saat nanti. Dan, ini juga menjadi dokumen penting untuk kebutuhan bukti fisik.

Playback

Fitur Playback juga erat kaitannya dengan microSD. Jadi, pastikan bahwa memori eksternal sudah tertanam di Smart IP Camera sebelum mencoba fitur ini. Tanpa memori eksternal, fitur ini sama sekali tidak berfungsi.

Cloud Storage

Penyimpanan awan juga menjadi salah satu bagian penting yang mungkin bisa diandalkan, terutama jika tidak mau mengandalkan microSD. Dengan menghubungkan Smart IP Camera dengan Cloud Storage, maka video yang direkam tersimpan di awan dan kita bisa mengaksesnya tanpa perlu mencopot microSD dari badan IP Camera. Jadi, saat berada di tempat jauh masih bisa melihat kondisi yang ada di dalam rumah.

Alarm

Fitur terakhir adalah Alarm. Smart IP Camera akan memberikan ‘sinyal’ kepada pemilik rumah jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Alarm ini bisa diandalkan untuk keamanan lebih sehingga kita lebih cepat tahu apa yang sedang terjadi di rumah.

CCTV Murah Kamar Pribadi

Smart IP Camera menjadi pilihan mudah dan simpel untuk keamanan rumah tangga. CCTV murah di rumah pribadi kenapa nggak dimulai dari sekarang?

Spesifikasi Smart IP Camera

Model IDR-IPC-STC
Warna Putih
WIFI IEEE 802.11 b/g/n 2.4 ghz
System Support IOS & Android OS
Features Flip Video untuk di meja dan plafon

Deteksi gerakan dan notifikasi di app

Rekam dengan SD Card (dijual terpisah)

Otomatis mode malam bila gelap

Smart IR Remote Kendalikan Perangkat Elektronik dari Smartphone

Konsep rumah pintar barangkali memang telah menjadi perhatian. Apapun yang dilakukan harus serba pratis, termasuk mengendalikan perangkat elektronik dengan smartphone. Salah satunya adalah mengandalkan Bardi Smart IR Remote 10M.

Smart IR Remote sangat mungil dan berbentuk bulat pipih. Material perangkat ini cukup kuat dan elegan untuk produk yang harganya Rp 160.000 saja. Di bagian belakang terdapat colokan micro USB untuk menyambungkan ke aliran listrik, dan satu tombol untuk pengaktifan sinyal WiFi.

Sinyal infrared menjadi andalan sehingga penempatan Smart IR Remote ini harus lebih dekat dengan perangkat lain yang akan dihubungkan. Setelah penyetingan, kita bisa langsung mengontrol perangkat elektronik seperti televisi, AC dan lain-lain hanya melalui aplikasi di smartphon yaitu Bardi Smart Home.

Setelah aplikasi Bardi Smart Home diunduh pada smartphone, maka pastikan di sekitar terdapat jaringan WiFi. Untuk menyambungkannya adalah sambungkan terlebih dahulu Smart IR Remote ke aliran listrik, kemudian tekan tombol WiFi dalam 5 detik sehingga lampu indikator berkedip.

Di Bardi Smart Home pastikan untuk menambah perangkat baru secara manual. Jika WiFi stabil dan perangkat ini berjalan dengan baik, maka AC, TV, Proyektor, maupun Kipas Angin bisa dikendalikan dengan mudah.

Saat perangkat baru telah ditambahkan dan Smart IR Remote telah berjalan di aplikasi, maka kita bisa memilih device yang ingin dikoneksikan seperti STB, TV, Air Conditioner, TV Box, Fan, DVD, Light maupun Projector. Kita bisa memilih sesuai yang diinginkan.

Misalnya, jika memilih TV maka pastikan merek TV yang ada di rumah adalah tipe tersebut. Demikian pula dengan perangkat lain yang akan ditambahkan sesuai dengan keinginan.

Nah, dengan semudah itu bukan untuk melakukan hal-hal simpel dari satu aplikasi saja. Bardi Smart IR Remote sangat membantu kebutuhan harian menjadi lebih praktis.

Spesifikasi Smart Remote – Universal IR

Model 10 – BLK
Warna Hitam
WiFi IEEE 802.11 b/g/n 2.4 ghz
Voltase DC 5V 1A w/ 220V Adapter
Sistem Suport IOS & Android OS
Frekuensi Infrared 38-56KHz
Sudut Infrared 3600
Jarak Infrared 10m

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: