Cara Untuk Mencuci Baju yang Tepat dan Tidak Luntur

Adalah cara untuk mencuci baju yang penting diketahui agar pakaian tidak luntur dan bahkan tercampur dengan warna baju lain. Hal sepele bahkan bisa menjadi masalah besar saat kesalahan mencuci baju terjadi.

Dalam seminggu, ada berapa kali kamu mencuci baju? Apakah mencuci pakai mesin cuci atau cuci pakai tangan? Berapa kalipun kamu mencuci baju dan dengan media apapun tidak masalah asalkan bisa memisahkan mana baju yang kira-kira akan luntur dan mana baju yang boleh dicampur satu sama lain.

Adakalanya baju yang terlihat tidak akan luntur serat kainnya malah baju ini pula yang membuat masalah besar untuk baju lain. Baju yang semula dianggap tidak luntur bahkan menjadi baju yang bisa membuat baju lain tidak tertolong.

Patut diketahui bahwa baju yang telah kena lunturan dari baju lain tidak bisa tertolong lagi dengan mudah, terutama baju putih. Makanya, untuk baju putih dianjurkan untuk dicuci terpisah karena sulit sekali beradaptasi dengan warna baju lain.

Bahkan, jenis kain yang dianggap tidak luntur untuk baju putih bisa saja menjadi luntur. Maka pemisahan mencuci baju sesuai jenis kain ini sangat penting dilakukan. Apa saja yang mesti diperhatikan saat kamu mencuci baju?

Pastikan Jenis Deterjen Aman untuk Kain

Deterjen yang dipakai juga berpengaruh terhadap serat baju yang akan dicuci. Maka, sebelum kamu mencuci pastikan bahwa deterjen yang digunakan sudah aman untuk semua jenis baju.

Deterjen bubuk tentu tidak disarankan untuk jenis baju dengan kain lembut atau warna putih dan hitam. Deterjen bubuk tidak mudah larut dalam air apalagi jika dicuci pakai mesin cuci. Sehingga bekas deterjen bisa membuat bercak-bercak pada kain.

Deterjen cair menjadi pilihan tepat untuk saat ini karena mudah larut meskipun mencuci pakai mesin cuci. Pemilihan deterjen ini juga harus mewakili kebutuhan baju putih atau baju yang lain yang sensitif terhadap deterjen.

Tidak Mencampur Baju yang Mudah Luntur

Baju batik dengan jenis tertentu akan mudah luntur. Makanya disarankan untuk mencuci baju batik pertama kali dengan cara terpisah. Dengan itu kita bisa memahami jenis kain yang digunakan itu akan luntur ataupun tidak.

Jika sudah memahami dengan benar jenis kain ini maka sebaiknya memisahkan baju yang mudah luntur dengan yang tidak. Bagi sebagian orang yang terbiasa merendam pakaian sebelum dicuci jangan sekali-kali mencampur baju yang mudah luntur ini. Bisa dipastikan semua pakaian akan kena lunturannya.

Segera Angkat dari Mesin Cuci

Jangan biarkan baju yang sudah dicuci dibiarkan dalam waktu lama di dalam mesin cuci. Meskipun sudah kering tetapi tidak sebenarnya kering karena masih menyisakan kelembaban.

Nah, kelembaban ini bisa berbahaya untuk jenis kain yang luntur itu. Ada kain yang dianggap tidak luntur tetapi pada dasarnya membuatnya luntur tanpa sebab yang jelas. Sehingga ada baiknya setelah mesin cuci berhenti bekerja, langsung saja mengangkat pakaian ini dan menempatkannya di jemuran.

Jemur Terpisah dengan Baju yang Mudah Luntur

Di jemuran juga harus memisahkan pakaian yang jenis kain luntur ini. Kita tidak bisa memastikan bahwa baju yang luntur namun sudah kering di dalam mesin cuci bisa tidak luntur juga. Bisa saja baju ini akan luntur di jemuran.

Dengan memisahkan baju yang mudah luntur dengan tidak, terutama tidak menindihnya dengan baju putih, kita sudah mengamankan baju lain dari luntur ini.

Nah, cara untuk mencuci baju ini memang penting dipahami agar kita tidak rugi di kemudian hari. Tidak mungkin dalam seminggu kita beli baju baru selalu karena kesalahan baju luntur.

Leave a Comment

%d bloggers like this: