Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Bagi manusia mata memiliki fungsi yang sangat penting, jadi kesehatan mata ini harus benar- benar dijaga. Untuk menjaga kesehatan mata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yang akan dibahas pada artikel kesehatan di bawah ini.

Jika Anda memiliki mata dengan kondisi yang sangat sehat sudah pasti Anda bisa melihat dengan jelas, sehingga aktifitas Anda tidak akan terganggu. Ini di acara tetap untuk menjaga kesehatan mata:

Periksakan mata secara rutin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksakan mata Anda secara rutin, baik bagi anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia.

Periksalah mata Anda minimal 2 tahun sekali, tapi bagi Anda yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas sebaiknya lakukan pemerikasaan mata tiap satu tahun sekali.

Tujuan dari memeriksa mata ini memiliki tujuan untuk mencegah lebih dini penyakit mata. Jika penyakitnya diketahui sejak dini maka pengobatannya juga bisa dilakukan sebelum penyakit menjadi lebih parah. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit mata secara genetic pemeriksaan ini sebaiknya jangan sampai terlewat.

Konsumsi makanan bergizi

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, pilihlah makanan yang memiliki berbagai kandungan vitamin yang baik untuk mata dan juga tubuh.

Makanan bergiji ini bisa Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsi tuna, sayuran hijau, telur, salmon, jeruk, dan kacang-kacangan.

Hindari penggunaan alat elektronik berlebihan

Hal ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari untuk menggunakan smartphone atau komputer secara berlebihan, karena hal ini bisa membuat mata Anda menjadi lelah.

Gejala yang sering muncul diantaranya ada nyeri leher, bahu dan punggung terasa nyeri, sakit kepala, pandangan menjadi kabur, dan mata kering. Tapi jika hal ini tidak bisa dihindari sebaiknya Anda coba untuk mengistirahatkan mata Anda.

Cobalah untuk mengalihkan pandangan Anda setiap 20 menit sekali selama 20 detik. Selain itu Anda juga bisa istirahat sebanyak 2 jam sekali selama 15 menit. Bila mata Anda terasa kering coba untuk menggunakan obat tetes mata atau lebih sering mengedipkan mata.

Hindari sinar ultraviolet

Hal keempat adalah menghindari sinar ultraviolet, efek bahaya dari sinar ini juga bisa menyerang mata Anda juga. Jika mata Anda sering terkena paparan dari sinar ultraviolet bisa membuat mata Anda beresiko terkena penyakit katarak, kornea terbakar, degenerasi makula, dan yang paling menyeramkan adalah kanker mata. Untuk menghindarinya Anda bisa menggunakan kacamata hitam ketika beraktifitas pada siang hari.

Hentikan kebiasaan merokok

Hal kelima yaitu coba untuk menghentikan kebiasaan Anda merokok. Jika terlalu sering merokok mata Anda bisa terkena degenerasi makula, katarak, hingga kerusakan saraf optic yang bisa beresiko menyebabkan retina jadi rusak dan terjadi kebutaan.

Hati-hati ketika menggunakan make up

Hal keenam yaitu berhati-hatilah saat Anda menggunakan makeup, seperti yang kita tahu kalau bentuk dari makeup ini ada yang berbentuk cairan atau juga krim, kedua produk tersebut tentunya sangat rentan terjadi pertumbuhan bakteri jika didiamkan terlalu lama.

Sangat disarankan untuk membuang makeup yang sudah lama tidak Anda gunakan, selain itu sebaiknya hindari juga penggunaan alat makeup secara bersamaan.

Olahraga

Hal yang terakhir bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan olah raga secara rutin, olah raga ini sangat banyak manfaatnya bahkan untuk seluruh anggota tubuh Anda. Lakukanlah beberapa olah raga yang ringan.

About the author

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing

Partnership: [email protected]

www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: