Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan 5 Tips Ini

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur – Air sumur menjadi kebutuhan harian yang tidak bisa dipisahkan sama sekali. Setiap orang memang membutuhkan sumur untuk mencuci, bahkan sampai minum. Namun, air sumur tidak selamanya bersih dan terhindar dari kuman. Sehingga kita perlu membersihkan air sumur agar tidak berbau.

Bau air sumur sangat meresahkan rumah tangga. Bayangkan saja, piring jadi bau, pakaian juga bau apek karena air sumur keruh, kotor dan berbau. Sebagian orang membutuhkan cara terbaik untuk membersihkan air sumur ini.

Rutin membersihkan air sumur bisa menghilangkan bau air sumur itu sendiri. Malas membersihkan air sumur, bisa dipastikan bahwa rumah tangga akan tidak baik-baik saja. Air adalah kebutuhan primer yang tidak boleh putus. Tak ada makanan berat mungkin tidak masalah, asalkan air tetap tersedia.

Bahkan, tiap orang sekarat atau kecapaian, air yang pertama dibutuhkan bukanlah nasi atau makanan yang bikin kenyang lainnya. Maka, dalam rumah tangga air sumur haruslah benar-benar bersih dan tidak bau.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Inilah cara menghilangkan bau air sumur untuk rumah tangga lebih baik, sehat, aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Zat Kimia Boleh Dicoba

Pipa yang dipakai bisa adanya bakteri yang menempel di sana sehingga air sumur jadi kotor. Selain pipa, penampung air juga harus dibersihkan terlebih dahulu.

Bahan kimia barangkali bisa digunakan untuk cara ampuh dan paling mudah, yaitu Kaporit atau Sodium Hipoklorit. Bahan kimia ini boleh digunakan seperlunya saja, tidak boleh berlebihan karena berakibat fatal pada kesehatan.

Kamu bisa menggunakan bahan kimia ini dengan 1 sendok makan untuk air sebanyak 1000 liter. Untuk air yang lebih banyak, kamu bisa menyiasati dengan menambahkan tawas sebagai bahan alami. Misalnya untuk 1 sendok makan kaporit bisa dicampur dengan 3 sendok makan tawas, ini dilakukan jika 1000 liter air.

Tawas Jadi Alternatif

Jika merasa kurang nyaman dengan bahan kimia, kamu bisa mengandalkan tawas saja. Tawas yang dipakai adalah dihaluskan terlebih dahulu. Untuk 1 kilogram tawas bisa dipakai untuk 1000 liter air yang diaduk sampai larut. Lalu endapkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Air tawas ini kemudian dituangkan ke dalam sumur. Air sumur tidak langsung jernih dan bisa ditambahkan kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tawas menjadi bahan alami dan disebut nyaman untuk membersihkan air sumur yang telah kotor.

Ijuk Jadi Pembersih Air Sumur

Ijuk adalah cara menjernihkan air sumur yang keruh. Air sumur keruh ini bisa berbau jika diendapkan lebih lama. Air sumur mudah sekali melarutkan benda lain yang masuk ke dalamnya, sehingga kita membutuhkan perantara lain agar bersih.

Ijuk yang dipakai untuk membersihkan air sumur adalah dengan meletakkannya di dasar sumur. Ijuk ini akan berfungsi sebagai saringan sumur alami, yang murah dan mudah didapatkan di manapun. Untuk mendapatkan penyaringan lebih baik, batu kerikil bisa diletakkan pada hamparan ijuk agar air mudah bersih.

Menguras Sumur Secara Berkala

Sumur yang dibiarkan dalam keadaan kotor jadi tidak baik. Mengapa dianjurkan untuk menguras sumur karena kebersihan air tergantung pada hal ini.

Sumur berlumut, dinding kotor mudah sekali kuman dan bakteri bersarang. Karena ini pula sumur dan airnya jadi bau. Makin dibiarkan makin kotor dan berbau. Namun dengan dibersihkan maka bau akan hilang dan air akan kembali jernih dan bersih.

Sumur yang dalam bisa dijernihkan sendiri atau menggunakan jasa orang lain yang bisa membantu membersihkan sumur ini. Intinya, sumur tetap harus dibersihkan secara berkala agar air sumur tidak bau dan kotor.

Jernihkan Air di Penampungan

Air sumur yang berwarna bisa dibersihkan dengan penampungan. Air sumur yang terlanjur tidak bersih bisa diakali dengan baik pada penampungan. Penampungan yang dipakai bisa menggunakan filter pada saringan agar air tetap bersih.

Penampungan air ini pula harus dibersihkan secara berkala karena cepat berlumut. Tiga hari sekali atau seminggu sekali bisa menjadi menjadi waktu yang baik untuk membersihkan penampungan air sumur ini.

Cara menghilangkan bau air sumur bisa dilakukan dengan berbagai cara. Nah, tips yang sudah saya berikan ini bisa diterapkan agar air sumur bersih, dan terhindar dari bau sehingga nyaman dipakai.

Leave a Comment

%d bloggers like this: