Belajar Matematika dengan Mudah

Belajar Matematika dengan Mudah Bersama Matific, Langsung Bisa Dalam 5 Menit – Saat belajar terasa sulit. Rasanya semua buku pelajaran dibuang saja. Saat matematika sungguh keterlaluan untuk dipelajari. Tak ada harapan lagi untuk belajar hitung-hitungan dengan baik, atau langsung menyebut bukan bakatnya di bidang ini.

Baca Juga:

Kaidah Belajar dalam Kehidupan

Tujuan dari belajar itu sendiri harus diluruskan kembali. Sebelum membuka pelajaran di kelas, guru yang biasanya malas membaca harus kembali buka kompetensi inti di Kurikulum 2013. Salah satu poin penting adalah mengapa kita perlu belajar.

Dimulai dari sini, guru memiliki tugas meluruskan niat belajar bukan semata untuk mendapatkan nilai terbaik. Jika demikian terjadi, makin ke sini anak-anak hanya akan mengejar nilai saja tetapi penerapan dalam kehidupan jadi omong kosong belaka.

Matematika sejak dulu dianggap sebagai pelajaran yang tidak mau untuk dipelajari. Tiap ada kelas matematika, selalu saja ingin bolos atau tidur saja di dalam kelas. Belum lagi, guru matematika itu sungguh terlalu ‘baik’ kepada anak muridnya.

Seorang yang tidak bisa menghapal perkalian dengan baik, langsung dihukum berdiri di depan kelas. Ada lagi yang tidak mampu menyelesaikan tugas, bisa kena pukul dengan rol sampai telapak tangan memerah.

Matematika jadi candu nikmat akan ketakutan itu sendiri. Namun, siapapun yang kena hukuman akan jera dan belajar dengan yakin kembali. Guru-guru matematika yang tegas mengubah cara pandang kita agar mencintai matematika dengan gaya belajar model lama.

Belajar dengan gaya begitu saja memang tidak menarik. Matematika yang dilihat saja enggan apalagi untuk belajar, mesti melewati proses belajar yang berbeda. Di mana, anak-anak merasa yakin bisa dengan belajar sambil bermain, atau belajar dengan dukungan media pembelajaran yang inovatif.

Media animasi yang kini makin populer bisa mengubah sudut pandang terhadap matematika itu sendiri. Dengan beragam animasi itu anak-anak akan menyenangi belajar matematika dengan berbagai cara. Salah satu media pembelajaran yang sekarang sedang dikembangkan di Indonesia adalah Matific.

Kenalan dengan Matific, Belajar Online Matematika Praktis

Matific adalah sebuah lembaga pendidikan khusus matematika dari Australia. Sistem belajar di Matific sangat berbeda dibandingkan dengan sistem belajar di media pembelajaran online lain. Matific menekankan bagaimana pelajaran matematika itu menyenangkan, hanya dengan menonton sebuah tayangan animasi.

Belajar di Matific sangat menyenangkan karena dimulai dari proses kreatif yang dekat dengan anak-anak, terutama anak sekolah dasar. Memang, untuk saat ini pelajaran matematika yang ada di Matific adalah untuk kelas 1 sampai kelas 6 – untuk kelas berikutnya masih dalam pengembangan oleh tenaga ahli.

Belajar Matematika dengan Mudah

Matific menekankan bahwa belajar matematika itu sangat menyenangkan melalui media animasi. Materi yang diajarkan di Matific juga mengacu kepada Kurikulum 2013 Revisi. Di mana, materi dari kelas 1 sampai kelas 6 tidak akan melenceng dari apa yang dipelajari di sekolah.

Kelebihan Belajar Matematika di Matific

Pada sebuah aplikasi belajar tentu saja memiliki kelebihan masing-masing. Matific juga memiliki kelebihan yang bisa kita andalkan khususnya guru-guru SD dan MI. Semua materi dari kelas 1 sampai kelas 6 lengkap. Cara penyajian saja yang berbeda dari belajar konvensional, yang selama ini diajarkan oleh guru-guru di sekolah.

Tak bisa dipungkiri kalau guru SD mengajar masih seadanya saja. Selama proses belajar, masih jauh dari kreativitas maupun membuat media menarik, hanya mengajar dari buku dan papan tulis. Makin ke sini sangat tidak menarik, sehingga kehadiran Matific menjadi andalan guru matematika di SD.

Tiap materi yang ada di database Matific tidaklah monoton. Materi yang ada selalu menyertakan video animasi keren. Dengan begitu, anak-anak bisa dengan mudah memahami suatu konsep. Misalnya, Bilangan dan Operasi dengan video animasi sebanyak 246 buah. Jadi, bisa dipastikan pelajaran tidak lagi monoton dan bisa dilakukan di mana saja.

Bagaimana Cara Kerja Matific?

Matific membedakan Beranda untuk guru dan anak didik. Proses belajar mengajar mengacu kepada materi yang telah disediakan. Jadi, guru hanya mengambil pilihan untuk memberikan penugasan kepada anak didik. Sedangkan, anak didik nantinya akan melakukan login dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

Matific tak lain aplikasi yang memudahkan siswa memahami matematika, dipastikan dalam seminggu, 15 menit saja siswa belajar matematika di Matific, bisa mengalami peningkatan yang signifikan. Matific bekerja atas dasar transparan di mana, penilaian yang dilakukan langsung terlihat secara nyata. Saat siswa selesai menjawab soal, guru langsung bisa mengecek berapa nilai yang didapat.

Matific menerapkan cara dengan teknologi maju. Guru menetapkan tugas secara otomatis kepada siswa berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri. Guru kemudian melacak kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas, yang selanjutnya bisa diberikan tugas yang lain.

Belajar Matematika dengan Mudah

Pada materi yang telah ada, sistem belajar sangat menyenangkan di mana visualisasi dari materi matematika di Matific sangat lengkap. Anak-anak yang cenderung malas belajar menjadi suka memahami matematika dengan baik atas dasar audio visual tadi.

Tugas otomatis dari sistem Matific memberikan ruang kepada guru tanpa perlu mengecek secara manual. Guru hanya perlu mengeklik sekali saja lalu memberikan keleluasaan kepada siswa dalam menyelesaikan tugas mereka.

Belajar dengan Matific memiliki alasan tersendiri. Ahli matematika yang berkumpul di sistem ini merangkul materi dengan baik agar mudah dipahami oleh siswa. Alasan itu antara lain:

  1. Materi yang disajikan adalah pemecahan masalah dan pola pikir kritis dengan metode penemuan. Rangkuman materi yang diberikan menitikberatkan kepada bagaimana suatu konsep ditemukan, dengan cara video animasi yang menarik.
  2. Belajar matematika sangat jarang melalui permainan yang dekat dengan siswa. Di Matific, semua itu bisa terjangkau di mana belajar sambil bermain sangat menyenangkan.
  3. Kurikulum 2013 Revisi misalnya sudah tersedia di Matific. Konten-konten lain yang disediakan sesuai dengan kebutuhan di suatu daerah. Tugas yang diberikan juga mengacu kepada tugas sekolah maupun tugas rumah.
  4. Matific memberikan janji yang pasti di mana dalam waktu 15 menit saja dalam seminggu, anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan dari belajar online ini.
  5. Sistem belajar yang memahami siswa dengan baik adalah di Matific, tugas yang diberikan tidak berat dan sesuai dengan keinginan anak-anak saat belajar.
  6. Fitur-fitur yang ada di Matific sejatinya sangat mudah dipahami oleh siswa karena dibuat mirip dengan game. Anak-anak yang terbiasa bermain dengan game di ponsel mereka, akan terbiasa pula dengan cara kerja Matific.
  7. Ruang lingkup perkembangan siswa sangat nyata di Matific, guru bisa membedakan siswa berprestasi dan memiliki nilai tinggi dengan sebaliknya. Dengan begitu, saat memberikan tugas di pertemuan berikutnya, guru akan membedakan tiap materi.
  8. Laporan kegiatan belajar mengajar juga mudah dilihat di sistem maupun dengan mencetak file PDF. Guru bisa menyimpannya yang akan dibutuhkan suatu waktu.
  9. Dalam memilih konten yang akan diberikan kepada siswa, guru mempunyai kewajiban untuk tugas berurutan maupun acak sesuai dengan keinginan pada pengaturan yang berlaku. Dengan mengubah pengaturan ini, guru mampu mengubah cara kerja tiap siswa.
  10. Belajar di Matific itu menyenangkan. Guru bisa memberikan tugas kepada siswa setelah menelaah sendiri, mencari materi sesuai kurikulum, dan juga menyesuaikan dengan kondisi anak. Sedangkan siswa, cukup mudah mengerjakan tugas saat terhubung ke aplikasi.

Tiap materi yang tersedia di Matific sangat mudah dipahami oleh siswa. Untuk beberapa siswa yang kurang peka terhadap matematika, menonton satu dua kali video animasi bisa langsung paham isi materinya.

Matific diciptakan untuk memudahkan yang rumit dalam sistem belajar matematika itu sendiri. Bagaimana cara kerja yang lengkap dari Matific, bisa menonton video berikut ini ya.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Belajar matematika sangat membosankan tanpa media pendukung. Aturan rumit yang berlaku di matematika, berlaku juga pada pola pikir seseorang terhadap pelajaran berhitung. Maka dari itu, dibutuhkan media yang baik agar pembelajaran itu berlangsung dengan efisien pula.

Dengan rasa nyaman dari sebuah pembelajaran, Matific adalah pilihan terbaik untuk belajar matematika. Apa yang selama ini kita butuhkan telah tersedia di Matific. Tinggal kita mengubah persepsi saja untuk menggunakan atau tidak aplikasi matematika terbaik ini.

Secara performa, Matific sangat direkomendasikan. Semua fitur yang tersedia memudahkan kita untuk mengungkap misteri yang menakutkan dari matematika. Video animasi yang ada juga menjurus kepada belajar matematika tidak sulit. Maka, Matific dianggap sangat bersahabat dengan guru dan juga siswa.

Aplikasi Matific sudah tersedia di AppStore, Google PlayStore, Windows Store, maupun amazon appstore. Kamu bisa mencoba belajar matematika mudah itu dari sini. Klik di sini untuk memulai pelajaran matematika itu.

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *