Bagaimana Teknologi Dapat Mengganggu Tidur Anda

Bagaimana Teknologi Dapat Mengganggu Tidur Anda – Teknologi memang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Kemajuan teknologi merupakan hal yang penting bagi hampir semua bidang, misalnya di bidang industri, komunikasi, bahkan pendidikan.

Teknologi dapat menjadi sumber pendapatan, sarana hiburan, transportasi, dan masih banyak lagi. Namun, ternyata ada sisi negatif dari teknologi, yaitu dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Padahal kualitas tidur yang baik akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, tidur yang terganggu dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan stres. Bagaimana teknologi dapat mengganggu tidur Anda? Coba simak beberapa hal berikut ini.

Baca Juga:

Cahaya Terang dari Monitor Dapat Menyebabkan Sulit Tidur

Di malam hari, tubuh secara alami akan mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai sinyal untuk tidur. Secara alami tubuh akan mengeluarkan melatonin 2 jam sebelum waktu tidur, dan akan menyebabkan kita mengantuk. Namun, produksi melatonin ini dapat dihambat oleh cahaya terang.

Berbagai riset telah menunjukkan bahwa cahaya terang dari monitor laptop, ponsel, tablet, atau TV dapat membuat kita sulit tidur. Cahaya terang dari gadget yang diserap oleh mata kita selama 1,5 jam di malam hari dapat menghambat pelepasan hormon melatonin.

Bahkan, sebuah riset menunjukkan bahwa pada anak-anak dan remaja, mata yang terpapar cahaya terang dari monitor selama 50 menit saja dapat menyebabkan sulit tidur.

Namun, saat ini hal tersebut juga sulit untuk dikendalikan, karena banyak anak-anak dan remaja yang menggunakan laptop, tablet, atau ponsel di malam hari karena banyaknya tugas sekolah atau karena pengaruh media sosial.

Sebenarnya efek buruk teknologi ini dapat diatasi, yaitu usahakan untuk stop menggunakan gadget kurang lebih 2 jam sebelum waktu tidur Anda.

Teknologi Dapat Menstimulasi Otak Untuk Tetap Terjaga

Setelah seharian bekerja, umumnya rutinitas kita adalah membersihkan badan dan bersantai, dan hal ini akan mengirim sinyal pada tubuh bahwa ini saat tidur atau istirahat di tempat tidur kita.

Tetapi, sekarang umumnya kita mengisi waktu bersantai dengan membaca berita dari internet, menonton video terbaru, atau mengecek media sosial.

Padahal, aktivitas ini akan mengisi otak kita dengan informasi atau pengetahuan baru yang akan menstimulasi otak kita untuk berpikir dan mencerna informasi baru ini. Hal ini akan membuat otak kita tetap terjaga dan akhirnya menjadi sulit untuk merasa kantuk.

Aktivitas yang melibatkan teknologi yang mampu menstimulasi otak secara pasif diantaranya adalah menonton TV atau video dan membaca buku elektronik. Dan aktivitas menggunakan teknologi yang dapat menstimulasi otak secara aktif diantaranya adalah bermain game, mengunggah sesuatu pada media sosial, membalas email, atau membaca dan membalas chat.

Teknologi Dapat Cukup Menyita Waktu dan Perhatian Anda

Pernahkah saat menonton video atau film di ponsel atau laptop, Anda merasa “tanggung” untuk menghentikan video padahal sudah waktunya untuk tidur?

Saat mengalami ini Anda mungkin berpikir “satu video lagi lalu saya akan tidur”, atau “satu episode lagi lalu saya akan tidur”, atau “filmnya nanggung jika tidak ditonton sampai selesai”.

Disadari atau tidak, teknologi dapat menyita banyak waktu Anda yang seharusnya dapat dipakai untuk beristirahat.
Memakai teknologi juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari kebutuhan tubuh untuk tidur, sehingga Anda tidak merasa kantuk. Dari “satu video lagi” atau “satu episode lagi”, akhirnya Anda dapat kehilangan beberapa jam dari waktu tidur Anda.

Kebutuhan Untuk Selalu Aktif di Media Sosial Dapat Mengganggu Waktu Tidur

Resiko ini banyak terjadi pada anak-anak atau remaja. Sebenarnya anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak waktu tidur (8 hingga 10 jam) dibandingkan dengan orang dewasa (7 hingga 8 jam).

Namun, remaja juga umumnya lebih aktif di media sosial. Bahkan saat tidak mengunggah apapun, pada malam hari remaja akan tergoda untuk melihat media sosial karena tidak ingin “ketinggalan”.

Membaca atau mengirimkan post, atau mengunggah komentar pada sosial media akan mengurangi waktu tidur dan menstimulasi otak sehingga menjadi lebih sulit tidur.

Agar teknologi tidak mengganggu waktu tidur kita, sebaiknya hentikan memakai gadget 2 jam sebelum waktu tidur atau tidak menaruh gadget di kamar tidur.

Anda juga dapat mengatur notifikasi ponsel dalam mode diam atau getar di malam hari. Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tidur Anda nyaman dan tidak terganggu oleh teknologi.

2 thoughts on “Bagaimana Teknologi Dapat Mengganggu Tidur Anda”

  1. Pada akhirnya kembali kepada kita untuk disiplin melepas gajet saat mau tidur dan melatih diri agar hidup tidak dikontrol oleh perangkat teknologi.

    Sayangnya sepertinya masih susah buat saya hehehe

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: