Asuransi Salam Anugerah Keluarga
Review

Asuransi Salam Anugerah Keluarga Jadikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia

Asuransi Salam Anugerah Keluarga Jadikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia – Dalam banyak kesempatan, kita harus memilih antara hidup senang sekarang atau nanti. Demikian juga ketika bicara soal asuransi bagi diri sendiri maupun keluarga. Memang benar sekarang kita tidak membutuhkan banyak namun ke depan mungkin saja sangat membutuhkan pertolongan dari asuransi dalam suatu waktu.

ARTIKEL INI AWALNYA DITULIS UNTUK REVIEW ASURANSI SALAM ANUGERAH. DI TENGAH JALAN SETELAH DRAF DIKIRIM, AGENSI TIDAK ADA KABAR DAN BERHENTI HAMPIR SETENGAH TAHUN. SETELAH DITANYA KEMUDIAN HARI, AGENDI MENYEBUT PIHAK BERKEPENTINGAN MEMBATALKAN KERJASAMA INI. ARTIKEL INI DIPUBLIKASI KARENA KASIHAN TERHADAP DIRI SENDIRI YANG TELAH MENULIS DALAM PROSES YANG PANJANG. 

Asuransi bicara banyak hal soal keuntungan ketika terjadi musibah. Dengan percaya kepada asuransi maka dengan sendirinya kita percaya diri kita sendiri bahwa pertolongan tercepat adalah dari biaya klaim asuransi itu sendiri. Bayangkan kalau harus mencari pinjaman di tempat lain. Belum tentu orang mau menerima karena bisa saja mereka butuh atau tidak percaya dengan kita.

Asuransi saat ini sudah ramah terhadap tabungan nasabah. Di mana, asuransi berbasis syariah telah mendapatkan tempat tersendiri dengan nasabah. Cukup kita saja mau memilih asuransi yang bagaimana dan mengapa menjatuhkan pilihan pada asuransi tersebut.

Baca Juga:

Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Asuransi telah memiliki dua model, yaitu asuransi konvensional (lama) maupun asuransi syariah. Asuransi konvensional adalah perjanjian antara dua belah pihak atau bahkan lebih dengan penanggung sangat terikat kepada tertanggung yang akan menerima premi asuransi. Premi ini diberikan sebagai penggantian kerugian, kerusakan, atau kehilangan sesuai perjanjian kepada tertanggung.

Sedangkan asuransi syariah menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dengan No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, disebutkan bahwa asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu akad atau perikatan yang sesuai dengan syariah.

Dalam pelaksanaannya, asuransi konvensional dengan asuransi syariah terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan ini yang membuat kita berani menjatuhkan pilihan kepada asuransi berbasis syariah atau tidak sama sekali.

Dana Hangus dan Kepemilikan Dana

Pada sebagian asuransi konvensional dana hangus tidak bisa diklaim. Dana yang dimaksud adalah pemegang polis asuransi jiwa tidak meninggal dunia sampai batas penanggungan berakhir, maka dana tersebut akan hangus. Berbeda dengan asuransi syariah, dana hangus ini bisa diambil walaupun sebagian kecil harus dikhlaskan dalam dana tabarru’ sesuai perjanjian.

Selama masa pembayaran asuransi, misalnya tidak sanggup lagi membayar setiap bulan, dana di asuransi syariah bisa ditarik kembali setelah penutupan buku. Berbeda dengan asuransi konvensional yang memegang prinsip dana yang telah disetor akan jadi milik perusahaan, artinya jika tidak lagi melunasi tiap bulan sebagian besar dana yang telah disetor sebelumnya akan hangus.

Kepemilikan dana di asuransi syariah sepenuhnya milik nasabah, perusahaan hanya mengelola saja. Sedangkan pada asuransi konvensional, kepemilikan dana kembali kepada perusahaan dalam pengalokasian dana ataupun alokasi investasi yang semua dikelola oleh perusahaan.

Akad (Perjanjian)

Asuransi konvensional menggunakan akad jual beli (akad tabaduli). Yang dinamakan akad jual beli yaitu ada penjual, pembeli, barang yang diperjualbelikan, harga dan ijab qabul. Asuransi syariah tidak demikian, di mana akad yang digunakan adalah akad tolong-menolong (akad takaful). Di mana ketika ada nasabah lain tertimpa musibah, bisa ditolong oleh nasabah lain melalui dana tabarru’ (dana sosial).

Prinsip Dasar Kedua Asuransi

Asuransi konvensional memiliki prinsip risk tranfer di mana secara penuh risiko ditanggung oleh perusahaan. Misalnya asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi perjalanan, semua yang berkaitan dengannya adalah tanggungan perusahaan. Sedangkan asuransi syariah memegang prinsip risk sharing, di mana nasabah akan saling membantu dan tolong menolong dan memberikan jaminan kepada antar nasabah agar terlindungi dengan dana bersama (tabarru’).

Wakaf

Wakaf adalah nilai yang berbeda dari asuransi syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional. Wakaf tak lain penyerahan hak milik atau benda tahan lama kepada penerima wakaf. Di asuransi syariah, nasabah bisa mewakafkan manfaat asuransi dalam bentuk santunan asuransi meninggal dunia dan nilai tunai polis kepada penerima wakaf.

Pengawas Dana Asuransi

Asuransi konvensional diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga asuransi ini harus terdaftar secara remis di OJK. Asuransi syariah memiliki pengawas khusus yang disebut Dewan Pengawas Syariah (DPS). Pengawasan yang dilakukan guna mengetahui proses transaksi di asuransi syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku.

Pembayaran Klaim

Dalam hal klaim asuransi, asuransi konvensional hanya membolehkan satu orang memegang satu polis asuransi saja. Dengan begitu, biaya pembayaran premi juga lebih tinggi. Masing-masing anggota keluarga memiliki premi masing-masing, yang artinya terpisah satu sama lain.

Klaim asuransi syariah lebih mudah karena sistem pencarian dana dari tabungan bersama. Asuransi syariah membolehkan satu polis untuk seluruh anggota keluarga. Seluruh keluarga akan mendapatkan perlindungan berupa rawat inap di rumah sakit berkat tabarru’ tadi. Pembayaran dilakukan untuk semua tagihan yang timbul. Asuransi syariah juga memungkinkan double claim di mana nasabah bisa klaim asuransi meskipun sudah keluar dana dari asuransi lainnya.

Zakat

Asuransi syariah sangat memudahkan segala urusan termasuk pembayaran zakat. Jumlah zakat yang dikeluarkan sesuai dengan besar keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Jadi, nasabah tidak perlu kerepotan untuk membayar zakat melalui sistem pembayaran lain. Dengan membayar zakat di asuransi syariah ini, memungkinkan kemudahan akan didapatkan karena setelah membayar zakat semua manfaat akan disalurkan kepada yang berhak.

Asuransi Syariah dengan Kelebihan Khusus

Saat ini, orang sedang berlomba-lomba mendapatkan perlindungan terbaik dari asuransi. Asuransi syariah dengan perbedaan yang sangat signifikan dari asuransi konvensional makin digemari oleh banyak orang.

Asuransi syariah akan semakin membaik ke depan. Hal ini karena aturan yang sesuai dengan ajaran Islam. Nasabah juga sangat diuntungkan berkat asuransi syariah dengan prinsip tolong menolong tadi. Lantas, apa saja keuntungan asuransi syariah yang sekarang ini makin populer?

Tidak Ada Dana Hangus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau dana hangus pada asuransi konvensional sama sekali tidak bisa ditarik kembali. Nah, di asuransi syariah, nasabah bisa menarik kembali dananya meskiun belum jatuh tempo. Kemudahan dari asuransi syariah karena nasabah bisa mencairkan dana meskipun dalam keadaan mendadak dengan berbagai alasan yang diterima sesuai perjanjian. Keuntungan ini bisa didapat oleh semua nasabah dalam satu keluarga yang terdaftar.

Hasil Investasi

Asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional yang membuat nasabah khawatir akan investasi di sana. Investasi di asuransi syariah sangat beragam yang memberikan tingkat pengembalian investasi menarik dan juga optimal. Sistem bagi hasil yang diterapkan lebih tinggi daripada menabung dengan deposito sekalipun. Jadi, dengan investasi di asuransi syariah, segala kemungkinan bisa didapatkan dari bagi hasil tersebut.

Tidak Ada Denda Telat Bayar

Asuransi syariah benar-benar mementingkan kepentingan nasabah. Apabila nasabah terlambat melakukan pembayaran, proteksi yang diberikan tidak berubah sama sekali. Nasabah tidak perlu khawatir akan perubahan karena telat membayar premi yang telah disetujui kedua belah pihak. Nasabah bisa memberikan alasan yang pasti kenapa terlambat melakukan pembayaran tanpa ada denda sedikitpun.

Pembagian Nisbah

Manfaat asuransi syariah yang menonjol adalah pembayaran nisbah yang tinggi yaitu 70 persen untuk nasabah dan 30 persen untuk asuransi. Saat nasabah mengambil asuransi kesehatan maka semua biaya akan ditanggung oleh asuransi, dari murah sampai ke mahal. Demikian pula dengan biaya pendidikan yang mencakup seluruh biaya, bahkan ketika nasabah mengalami kesulitan keuangan sekalipun.

Bebas Kontributor Dasar

Nasabah sangat diuntungkan dengan asuransi syariah karena bisa menikmati pelayanan meskipun tidak mampu secara total. Konstributor dasar akan dibebaskan dari nasabah yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Nasabah akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas serta perawatan di rumah sakit secara tunai.

Double Claim

Salah satu keuntungan dari asuransi syariah adalah bisa double claim di mana satu polis bisa digunakan untuk satu keluarga. Dengan begitu, premi akan lebih murah daripada satu orang satu polis seperti pada asuransi konvensional. Pembayaran premi yang digabung akan memudahkan nasabah dalam segala urusan dan akan lebih murah juga. Selain itu, double claim juga berlaku pada saat melakukan klaim dengan asuransi berbeda di mana asuransi syariah bisa mendapatkannya juga.

Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Asuransi Salam Anugerah Keluarga adalah salah satu asuransi syariah yang dapat diandalkan. Asuransi syariah ini tak lain unit dari Sun Life Indonesia Syariah. Dengan kemudahan yang telah diberikan selama ini, Asuransi Salam Anugerah Keluarga dapat dipercaya sebagai salah satu asuransi syariah keluarga yang memberikan perlindungan lebih.

Kita sudah ketahui bahwa asuransi yang menarik saat ini adalah bukan lagi asuransi yang masing-masing anggota keluarga memiliki polis sendiri-sendiri. Asuransi Salam Anugerah Keluarga dengan berbasis syariah akan memberikan kenyamanan dengan satu polis untuk semua anggota keluarga. Jadi, akan mudah untuk melakukan klaim suatu waktu.

Asuransi Salam Anugera Keluarga memberikan keuntungan dengan cukup satu konstribusi untuk satu keluarga. Nasabah akan mendapatkan 200% santunan asuransi dan juga akan mendapatkan tambahan santunan asuransi masing-masing Rp 10 juta untuk maksimal 2 orang anak. Di tahun pertama, nasabah akan mendapatkan keuntungan sebesar 5% dari konstribusi asuransi berkala. Nasabah juga bisa menikmati asuransi kesehatan keluarga sampai dengan Rp 40 miliar.

Asuransi Salam Anugerah Keluarga sangat menarik di mana memiliki keunggulan yang sangat pasti. Paket kesehatan keluarga yang mencakup suami dan istri serta anak, akan melindungi keluarga ketika terjadi musibah yang tidak diinginkan.

Perlindungan yang pasti adalah satu polis untuk seluruh anggota keluarga. Nasabah akan mendapatkan fasilitas yang lengkap dengan kamar mandi di dalam. Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini mencakup perawatan kanker seperti radioterapi atau kemoterapi, imuoterapi dan pengobatan hormonal. Nasabah juga akan mendapatkan pelayanan untuk rawat jalan cuci darah, ICU, operasi rekonstruksi akibat kanker yang semuanya dibayar sesuai tagihan di rumah sakit yang berlaku asuransi ini.

Selama polis asuransi ini aktif, nasabah akan mendapatkan Limit Booster yang menambah batas tahunan keseluruhan sampai dengan 6x dengan estimasi sampai dengan Rp 40 miliar. Nasabah juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan untuk penyakit kritis seperti stroke, kanker dan coronary bypass surgery.

Ada yang menarik dari Asuransi Salam Anugerah Keluarga yaitu perlindungan yang berbeda untuk keluarga pasien. Di mana akomodasi pendamping pasien untuk seumur hidup yang berlaku untuk perawatan di dalam dan luar negeri. Akomodasi berupa hotel hanya berlaku untuk perawatan di luar Indonesia saja.

Bagaimana dengan paket kesehatan dari Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini? Paket Kesehatan Sun Medical Platinum Syariah dibagi menjadi dua yaitu untuk suami dan istri, serta anak.

Paket Kesehatan Sun Medical Platinum Syariah

Manfaat Asuransi Masing-masing Peserta PLANS S PLAN A PLAN B PLAN C
Penggantian biaya sesuai tagihan Rp 3 miliar Rp 5 miliar Rp 5 miliar Rp 7,5 miliar
Limir Booster Rp 12 miliar Rp 30 miliar Rp 30 miliar Rp 40 miliar
Santunan Tunai Harian Rawat Inap Rp 1,25 Juta Rp 1,5 Juta Rp 1,5 Juta Rp 2,5 Juta

Dengan catatan, paket asuransi kesehatan ini berlaku apabila klaim telah dibayarkan seluruhnya oleh asuransi kesehatan lain yang sama atau sejenis dengan produk ini.

Spesifikasi Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Tiap asuransi tentu saja memiliki spesifikasi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dari pemegang polis itu sendiri. Asuransi Salam Anugerah Keluarga juga memiliki penjabaran lengkap produk yang bisa dilihat dengan jelas agar bisa dipergunakan sebaik mungkin sewaktu-waktu.

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi jiwa ini pemegang polis atau peserta pertama adalah mereka yang berusia 18 sampai dengan 60 tahun. Apabila ada tambahan, peserta kedua adalah mereka dengan usia 18 hingga 60 tahun, sedangkan anak antara 30 hari sampai dengan 17 tahun. Namun, apabila belum cukup, nasabah bisa membeli Sun Medical Platinum Syariah dengan tambahan 4 orang anak yang sah sehingga pemegang polis memiliki 6 anggota keluarga.

Asuransi ini memiliki ketentuan yang menarik soal usia pemegang polis yaitu sampai dengan usia 88 tahun dengan masa pembayaran konstribusi selama masa asuransi. Berkah keluarga yang didapatkan dari asuransi kesehatan ini adalah komitmen selama 5 tahun.

Yang menarik lagi adalah pembayaran konstribusi dapat dilakukan secara bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan bahkan tahunan dengan minimum konstribusi tahunan adalah Rp 9 Juta. Fitur tambahan juga dapat didapatkan oleh nasabah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, terdapat fitur wakaf berkala, wakaf manfaat asuransi dan wakaf manfaat investasi.

Asuransi syariah yang sudah ada di Indonesia ini memiliki manfaat perlindungan lebih dengan catatan khusus sesuai perjanjian.

Spesifikasi Manfaat Asuransi Tambahan

Asuransi Kecelakaan Memberikan tambahan Santunan Asuransi apabila Peserta meninggal dunia karena kecelakaan
Kematian Akibat Cacat atau Kecelakaan Memberikan Tambahan Santunan Asuransi apabila Peserta meninggal dunia karena kecelakaan
Sun Medical Platinum Syariah Memberikan perlindungan kesehatan kepada maksimal 6 anggota keluarga dalam satu Polis
Penyakit Kritis Memberikan tambahan Santunan jika Peserta terdiagnosis salah satu dari 40 tipe penyakit kritis sebelum peserta berusia 65 tahun
Santunan Rawat Inap dan Pembedahan Memberikan tambahan Santunan Asuransi saat Peserta dirawat di Rumah Sakit atau menjalani operasi
Pembebasan Konstribusi Akibat Pemegang Polis Sakit Kritis Memberikan pembebasan pembayaran kontribusi jika Pemegang Polis terkena penyakit kristis hingga maksimal berumur 65 tahun
Pembebasan Konstribusi Akibat Pemegang Polis Meninggal Dunia Memberikan pembebasan pembayaran Kontribusi jika Pemegang Polis meninggal dunia hingga maksimal berumur 65 tahun
Pembebasan Konstribusi Akibat Pemegang Polis Cacat Total tetap Memberikan pembebasan pembayaran Kontribusi jika Pemegang Polis cacat total tetap akibat kecelakaan hingga maksimal berusia 65 tahun

Asuransi Syariah dengan Perlindungan Terbaik

Asuransi dengan berbagai perlindungan memang banyak namun kita harus memilih mana asuransi yang tepat untuk kita dan keluarga. Asuransi syariah adalah salah satu pilihan di antara banyak pilihan itu. Asuransi Salam Anugerah Keluarga tak lain menjadi asuransi yang bisa dipilih untuk mendapatkan perlindungan terbaik.

Tiap nasabah membutuhkan perlindungan terbaik, bukan? Dengan asuransi syariah yang dimiliki saat ini, nasabah tidak perlu khawatir akan perlindungan diri dan keluarga mengingat banyak sekali manfaat yang didapat.

Dengan apa yang diuraikan ini, kebutuhan asuransi sangatlah masuk ke dalam pertimbangan khusus agar bisa mendapatkan kesejahteraan bagi diri dan keluarga inti.

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *