Asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan Beri Perlindungan Selama Perjalanan, Begini Cara Klaimnya

Asuransi perjalanan kerap kali disepelekan oleh sebagian orang karena dinilai cuma menambah beban bujet pengeluaran, apalagi jika hanya melakukan perjalanan domestik.

Padahal, asuransi perjalanan sangat penting dimiliki selama perjalanan. Sebab, asuransi ini akan memberikan kita benefit untuk berjaga-jaga jika terjadi hal atau musibah yang tidak diinginkan.

Jika mengetahui detail manfaat asuransi perjalanan, dijamin Anda tidak akan pernah melewatkan membeli jenis asuransi ini setiap akan melakukan perjalanan.

Nah, biar lebih yakin, Anda bisa langsung mengetahui tips dan pilihan asuransi perjalanan dalam artikel berikut. Selain memiliki asuransi perjalanan, Anda pemilik kendaraan sebaiknya cek asuransi mobil online terbaik untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan kesayangan.

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi perjalanan bertujuan untuk memproteksi diri agar perjalanan lebih tenang dan nyaman. Sederhananya, jenis asuransi yang satu ini dapat memberikan perlindungan selama perjalanan, mulai dari berangkat hingga pulang.

Misalnya, ada keterlambatan penerbangan atau terjadi kerusakan dan kehilangan bagasi, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.

Karena itu, asuransi perjalanan sangat berguna untuk menghindari kerugian finansial yang bisa menyebabkan kantong jebol saat liburan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Berikut ini lima manfaat asuransi perjalanan yang dijamin akan membuat Anda semakin yakin untuk selalu membeli asuransi satu ini setiap akan bepergian:

1. Kehilangan dan kerusakan bagasi

Anda pasti sudah sering mendengar cerita koper yang rusak bahkan hilang saat perjalanan. Jika memiliki asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan menanggung risiko kerugian tersebut.

Meski tidak sebanding dengan rasa kesalnya, setidaknya Anda mendapat ganti rugi ketimbang zonk gak dapat apa-apa.

2. Keterlambatan Penerbangan

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda juga akan mendapat kompensasi jika penerbanganmu mengalami keterlambatan.

Untuk nominal uang yang ANda dapatkan umumnya sesuai dengan kesepakatan yang ada pada polis.

3. Biaya Pemulangan Jenazah

Meninggal dunia saat sedang bepergian tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Tapi, balik lagi namanya ajal siapa yang tahu.

Jika hal terpuruk tersebut terjadi, maka pihak asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah. Dengan begitu, dapat mengurangi beban keluarga karena biasanya mereka juga akan menanggung biaya penguburan atau kremasi.

4. Biaya Berobat

Pihak asuransi juga akan mengcover biaya pengobatan jika kamu sakit selama perjalanan. Itulah mengapa asuransi perjalanan sangat berguna karena biaya pengobatan tentu akan menguras banyak bujet.

5. Uang Santunan Jika Meninggal Dunia atau Cacat Permanen

Selama bepergian segala kemungkinan bisa saja terjadi. Salah satunya, terjadi kecelakaan yang berakibat fatal, seperti cacat permanen hingga meninggal dunia.

Dengan membeli asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan memberikan santunan kepada keluarga korban sesuai dengan polis yang sudah disepakati.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Berikut ini adalah langkah prosedur klaim asuransi perjalan:

  • Laporkan klaim maksimal 30 hari setelah kejadian ke contact center dari masing-masing perusahaan asuransi
  • Contact center akan menjelaskan tentang langkah selanjutnya dan dokumen klaim yang dibutuhkan
  • Kirimkan dokumen yang diminta ke pihak asuransi
  • Hasil evaluasi klaim akan diinformasikan dalam waktu 14 hari kerja setelah berkas diterima pihak asuransi.

Formulir Klaim

  1. Salinan paspor
  2. Buku polis
  3. Surat pernyataan dokter
  4. Boarding pass
  5. Surat keterangan dari kepolisian
  6. Akta kelahiran atau kartu pelajar
  7. Foto bukti kejadian yang diklaim
  8. Kuitansi pembayaran terkait klaim
  9. Akta kematian
  10. Kartu Keluarga
  11. Tag bagasi
  12. Rekomendasi dokter
  13. Bukti kepemilikan barang
  14. Dokumen lain yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *