Apa Itu DNS dan Fungsinya Bagi Website

Apa Itu DNS

Dunia blog semakin mengalami perubahan, terutama blog atau website yang memiliki hosting sendiri alias tidak gratisan. Bagi pemilik blog di blogger.com (blogspot), tentu tidak perlu memikirkan banyak soalan karena Google sudah menjamin banyak hal meskipun domain berbayar. Lain cerita ketika pengguna menggunakan wordpress di mana semua hal butuh penetrasi dengan baik termasuk DNS. Apa itu DNS? Kamu bisa cek apa itu DNS melalui reseller domain Indonesia

Apa Itu DNS?

Apa itu DNS? mungkin ada yang masih bingung dengan pengertian dari DNS atau Domain Name System. DNS sendiri adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator atau URL dengan Internet Protocol Address (IP Address).

DNS sendiri mengubah cara lama dengan mengetik IP Address di mesin pencari, dengan mengetik nama website atau blog saja. Misalnya, bairuindra.com, bukan lagi IP Address dari alamat blog ini. Bayangkan jika kita harus mengetik IP Address yang tentu saja kesulitan mengingat sederet angka yang mudah dilupa.

Saat kamu mengakses Google, kamu tentu langsung mengetik Google.com di address bar, bukan mengetik sejumlah angka seperti 172.217.0.142. Dengan hal yang lebih mudah ini semua akses akan lebih gampang dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Sudahkah kamu paham apa itu DNS? Nah, bagaimana jika sebuah blog dengan hosting di luar Google tidak menentukan DNS? Maka, alamat yang dituju tidaklah sah. Dengan kata lain, sampai kapanpun blog yang tidak ditentukan DNS tersebut tidak akan bisa diakses atau tidak aktif di internet.

Fungsi DNS Sebuah Blog

DNS memiliki fungsi yang sangat besar sekali bagi sebuah blog atau website. Secara umum, DNS itu memiliki fungsi sebagai berikut:

1. DNS meminta informasi IP Address sebuah blog berdasarkan nama domain.
2. DNS meminta informasi URL sebuah blog berdasarkan IP Address yang dimaksukkan.
3. DNS mencari server yang tepat untuk mengirimkan email.

Fungsi umum dari DNS ini akan otomatis bekerja saat sebuah blog ditentukan DNS pada servernya. Bagaimana jika DNS tidak ditentukan? Secara jelas, internet tidak akan mudah mengakses ke halaman dituju karena penentuan ‘panggilan’ tersebut belum selesai, kecuali kamu mengetik IP Address di mesin pencari.

Apa Itu DNS

Dengan demikian, DNS itu harus ditentukan terlebih dahulu sebelum blog diluncurkan ke publik. Pada dasarnya, provider penyedia hosting memang sudah menyarankan untuk mengganti DNS atau memasukkan DNS baru sebelum layanan blog bisa diakses.

Apa itu DNS saya rasa sudah jelas sekali berdasarkan pengertian dan fungsi dari DNS untuk sebuah blog. Bagaimana dengan blogger? Tentu saja, DNS sudah diatur oleh Google karena sistem blogspot adalah layanan dari Google tanpa perlu membeli hosting dari pihak ketiga.

Kelebihan DNS Bagi Sebuah Blog

DNS sangat banyak kelebihannya bagi sebuah blog. Apa itu DNS sudah jelas sekali maksudnya. Namun apa itu kelebihan DNS adalah sebagai berikut:

1. DNS membuat pengguna mudah mengakses internet, nyaman, dan aman. Bisa dibayangkan ketika harus membuka sebuah alamat blog, sulit sekali jika kita mengetik sederet angka maka dengan DNS kita hanya perlu mengetik nama alamat atau domain saja.

2. DNS bisa saja sama meskipun IP Address dari blog berubah-ubah. Konsistensi dari DNS ini membuat sebuah blog tidak terganggu dengan perubahan yang terjadi, sehingga meskipun IP Address berubah, domain yang dimaksud masih tetap bisa diakses dengan mudah.

3. DNS mudah dikonfigurasi pada saat terjadi kendala pada IP Address. IP Address bisa diubah dengan mudah namun DNS tidak demikian. Pada saat Konfigurasi, kamu cuma perlu melakukan update data pencocokan DNS dan IP Address maka alamat blog sudah live kembali.

4. DNS dipercaya lebih aman dibandingkan dengan cara lain. Salah satu hal yang baik dari DNS adalah mencegah peretasan yang mencoba masuk ke alamat blog secara tidak bertanggung jawab. Apa itu DNS sudah jelas sekali di poin itu dari segi keamanan data blog atau data pengguna.

5.DNS menghadirkan sistem lebih cepat untuk pengguna dibandingkan dengan layanan lain. Blog yang cepat tentu mudah bersaing di saat begitu banyak sekali blog atau website saat ini.

Apa itu DNS menurut kamu? Apakah DNS itu penting diterapkan? Dengan mengetahui apa itu DNS maka blog akan terkendali dengan baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *