5 Trik Email Marketing
Review

5 Trik Email Marketing Wajib untuk Toko Online

5 Trik Email Marketing Wajib untuk Toko Online – Pernahkah Anda mendapatkan email promosi dari channel yang Anda ikuti? Barangkali sering ya. Jika Anda terlalu sering mendapat email promosi, kira-kira Anda merasa terganggu dan bosan atau tidak? Nah, sebenarnya email-email tersebut merupakan email marketing yang bertujuan untuk meraih pelanggan.

Namun, usaha tersebut jika tidak diatur sedemikian rupa justru dapat menjadi bumerang, alih-alih membuat pelanggan berbelanja kembali, malah membuat pelanggan kabur dengan melakukan unsubscribe karena merasa terganggu. Lalu bagaimana cara manajemen email marketing yang efektif? Yuk, simak ulasannya di sini.

Bagi Anda yang sedang merintis usaha online, email marketing merupakan salah satu cara cepat untuk mendatangkan pelanggan. Ada beberapa trik yang perlu Anda lakukan agar email marketing Anda efektif, antara lain:

Baca Juga:

Jangan Hanya Mengirim Email Promosi

Email marketing memiliki tujuan utama untuk membuat pelanggan kembali berbelanja di toko online Anda. Namun, jika email atau surel yang Anda kirimkan hanya seputar produk yang Anda jual, tentu semakin lama penerima surel akan bosan dan jengah. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyiasatinya dengan mengirim surel dengan konten yang bervariasi.

Mengirimkan surel mengenai tips atau informasi baru yang sedang hits namun masih berkaitan dengan produk yang Anda jual, bisa menjadi poin menarik di mata pelanggan. Intinya, jangan menggunakan email hanya untuk mengejar target penjualan, tetapi juga untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Email merupakan sarana komunikasi yang bersifat real time, apalagi saat ini hampir semua ponsel tersinkronisasi otomatis dengan email. Hal ini membuat pemilik email langsung mendapatkan notifikasi saat ada email masuk. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan waktu pengiriman email agar tidak mengganggu dan efektif untuk penjualan Anda.

Mengirimkan email di hari Senin yang identik dengan awal minggu yang penuh kesibukan, sebaiknya Anda hindari. Karena banyak orang yang melakukan pembersihan email minggu lalu yang sudah terbaca atau tidak berguna pada awal minggu. Jika Anda mengirimkan email marketing pada hari Senin, besar kemungkinan email Anda ikut terbuang menuju keranjang sampah bersama email lain yang sedang dibersihkan.

Hari terbaik untuk mengirim email marketing adalah hari Rabu dan Kamis. Pada hari Rabu, orang sudah mulai tidak terlalu sibuk sehingga email marketing yang masuk kemungkinan besar terbaca. Sedangkan hari Kamis merupakan hari terbaik untuk mengirimkan email marketing. Mengapa? Karena pada hari Kamis banyak orang yang mulai merencanakan acara untuk akhir pekan dan memiliki waktu yang agak longgar. Namun, pada hari Kamis tentu banyak email marketing lain yang turut memenuhi inbox para pelanggan. Jadi, pastikan email marketing Anda menarik ya.

Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu merupakan akhir pekan. Banyak orang yang memiliki acara keluarga atau acara akhir pekan lainnya. Hanya sedikit orang yang membuka email mereka pada masa ini. Jadi, mengirim email marketing pada akhir pekan sebaiknya dihindari karena kurang efektif.

Perhatikan Laporan Analitik dan Lakukan Segmentasi

Jika menggunakan email marketing provider, Anda dapat mengetahui dari mana saja segmen pembaca surel Anda. Dari hal tersebut, Anda dapat mengelompokkan segmen pembaca kemudian menyajikan email marketing yang berbeda antar segmen agar lebih efektif dan sesuai target.

Membangun Reputasi Merek Secara Konsisten

Saat merek Anda sudah dikenal pelanggan, Anda harus tetap berusaha membangun reputasi agar pelanggan tetap setia pada produk Anda. Terdapat 2 hal penting yang dapat membuat merek Anda semakin kuat di mata pelanggan yaitu konten yang sesuai dan desain yang menarik.

Konten yang menarik dapat Anda buat berdasarkan hasil analitik dari email campaign yang telah Anda buat. Konten yang tepat pada subscriber yang tepat dapat meningkatkan peluang penjualan yang lebih tinggi.

Konten yang bagus sebaiknya ditunjang dengan web yang responsif. Gunakan web hosting murah berkualitas untuk mendapatkan web dengan performa yang bagus. Selain itu, beli domain murah terpercaya dan desain email marketing yang menarik dan user friendly juga berpengaruh terhadap kunjungan pelanggan ke web Anda.

Berikan Feedback dan Bangun Relasi dengan Pelanggan

Membuat pelanggan Anda merasa penting dan istimewa merupakan salah satu cara mengikat pelanggan dalam email marketing yang efektif. Memberikan feedback, ucapan terima kasih, atau ucapan selamat ulang tahun merupakan hal-hal yang dapat membangun relasi yang bagus dengan pelanggan.

Sediakan Web yang Responsif

Email marketing yang efektif harus ditunjang dengan web yang responsif. Bayangkan jika pembaca email marketing Anda tertarik lalu melakukan kunjungan ke web Anda namun loading-nya sangat lama.

Bisa jadi, pelanggan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi web Anda, bukan? Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda menunjang kinerja web Anda dengan menyewa web hosting murah berkualitas agar web dapat merespons lebih cepat.

Salah satu penyedia web hosting murah berkualitas yang terpercaya yaitu Hostinger. Hostinger merupakan website builder yang telah berpengalaman di bidangnya.

Demikian beberapa trik email marketing untuk toko online Anda agar mencapai jumlah penjualan yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *