5 Tips Memilih Domain Murah Agar Usia Blog Lebih Lama

Domain Murah

Meskipun blog sekarang sudah tergantikan YouTube, tetapi saya tidak khawatir karena informasi dalam bentuk tulisan tetap kekal sepanjang zaman. Berangkat dari sini, saya kemudian membekali senjata yang mumpuni agar blog bertahan lama yaitu dengan domain murah.

Domain Murah dan Serba-serbi Main Blog

Saya kenal beberapa blogger yang kemudian terlena dengan harga mahal dari sebuah domain. Mereka selalu bertanya kepada saya, kenapa bertahan di blog berbayar sedangkan pemasukan dari sini cukup pas-pasan.

Kau yang sudah lama bermain blog bisa percaya hal ini? Saya rasa tidak. Blogger yang sudah malang-melintang di dunia digital tentu tahu banyak sekali domain .com murah yang bisa diandalkan.

Semula, saya juga berpikir akan mahal sekali perawatan sebuah blog dengan domain berbayar. Ah, nanti tidak bisa bayar perpanjangan. Ah, nanti blog akan terbengkalai. Ah, nanti saya tidak bisa terkenal. Ah, nanti tidak ada membaca. Ah, ah, lain ikut serta yang membuat semangat 45 saja berkurang.

Namun, tahukah kau ketika saya nekat, maka adalah hasil yang didapat meskipun itu perlahan-lahan. Saya mengubah domain menjadi berbagai dengan domain.com murah. Salah satu alasan kenapa memilih yang murah, karena saya percaya murah pun bisa berkualitas.

Asalkan, saya aktif menulis dan menyediakan konten yang bermanfaat untuk pembaca. Pembaca blog dengan domain berbayar sejatinya ‘tidak tahu’ apakah blog kita murah atau mahal. Konten yang disediakan menarik, inspiratif dan bermanfaat itulah yang kemudian menjadi acuan bahwa blog kita bisa menjadi referensi.

Saya memulai bairuindra.com dengan domain.com murah semurah-murahnya. Saya melihat alternatif di provider penyedia layanan dengan diskon besar-besaran dan mereka memberikan pelayanan yang baik.

Saya mulai serius. Ini yang penting. Saya yakin untuk mengisi konten sebaik mungkin dan sebanyak mungkin meskipun tidak rutin setiap hari. Nama juga blog pribadi tentu saja dikelola mingguan sudahlah sangat baik.

Domain murah yang saya pakai tidaklah murahan, tampaknya demikian di mana sampai sejauh ini blog saya masih bertahan dan berjalan ke 7 tahun keaktifannya. Usia yang tidak main-main untuk sebuah blog pribadi dengan segudang prestasi.

Memang, terdapat keraguan untuk memulai domain murah dan ke mana mau dibawa blog tersebut. Domain murah yang kita tahu adalah bagian penting dalam menaiki tangga kesuksesan seorang blogger. Kau mau sukses? Maka yakinlah dengan domain murah yang mana karir blog akan bertahan lama dengan konten terbaik.

Inilah Tips Memilih Domain Murah

Dalam memilih domain murah tentu tidak asal-asalan. Kita tahun melihat kembali provider penyedia layanan. Apakah bisa dipercaya. Apakah kredibel. Apakah memberikan pelayanan 24 jam. Apakah mudah diajak diskusi. Apakah mudah diajak kompromi.

Mulai dari sini, kita bisa memetakan provider ini sangatlah bijaksana dalam menyediakan layanan domain murah sepanjang tahun. Inilah tips yang mesti diketahui agar blog tersebut memiliki usia lebih lama dibanding harus menggunakan domain mahal tetapi hanya bertahana sebulan saja.

Domain Populer .com atau .id

Apakah .xyz tidak bagus? Saya tidak menyebut domain murah ini dan itu bagus atau tidak. Kembali ke hal ‘populer’ di masyarakat kita. Domain murah itu banyak. Bahkan, bisa didapatkan dengan harga Rp0 pertahun.

Domain murah yang sampai hari ini masih populer di masyarakat antara lain .com dan .id. Kedua domain murah ini dikenal blogger sebagai domain profesional yang menjadi senjata mereka dalam berkarya.

Kenapa memilih domain murah populer ini? Nama sangatlah berpengaruh terhadap identitas. Nama yang populer akan mudah diingat dibanding nama yang kurang populer. Maka dari itu pilihkan domain .com maupun .id karena sangat populer di dunia dan Indonesia.

Biaya Pelayanan Murah

Dalam memilih domain murah tentu harus melihat biaya pelayanan. Jika menggunakan Blogspot, perhatikan tidak ada biaya tambahan setelah membeli domain murah tersebut. Jika menggunakan WordPress, jangan lupa pastikan biaya hosting dan lain-lain yang mungkin bisa ter-klik tanpa sadar yang akan masuk ke pembayaran bulan atau tahun berikutnya.

Biasanya, provider penyedia layanan domain murah ini akan memberikan penawaran terbaik untuk setiap pelanggan. Maka jangan ragu untuk bertanya langsung kepada mereka apa saja penawaran terbaik dan berapa biaya pelayanan tahunan.

Beli Domain Murah Tahunan Saja

Kadangkala kita memikirkan domain murah bulanan bisa sangat murah. Namun bisa diperhatikan ini bisa menjadi trik dari provider untuk menarik pelanggan.

Domain murah yang ditawarkan mungkin murah di bulan tersebut, tetapi bisa saja naik di bulan berikutnya. Solusi terbaik adalah membeli domain murah tahunan saja. Dengan membeli domain jangka panjang, kita tidak terlalu pusing untuk memikirkan biaya perawatan tiap bulan.

Domain yang dibeli tahunan bisa diisi lebih serius manakala di tanggal dan bulan dimaksud kita harus membayar perpanjangan domain ini. Keuntungan membeli domain murah tahunan juga tak lain kita membeli satu paket tanpa ada penambahan biaya berdasarkan isu tertentu. Misalnya, saat terjadi suatu kejadian, provider menaikkan harga, jika membeli domain bulanan maka kita akan terkena imbas di bulan berikutnya.

Beli Domain di Provider Unggulan

Ada kawan blogger merekomendasikan provider A untuk domain murah terbaik. Di waktu berbeda, kawan lain menyarankan ke provider B. Jika mendapatkan dua opsi begini, mau tidak mau kita harus menelaah provider mana yang aman di kantong dan pelayanan.

Langkah pertama mungkin bisa dengan chat langsung kepada customer service kedua layanan. Kita bisa melihat dari cepat tanggap dan bagaimana respon mereka terhadap konsumen.

Langkah kedua adalah membandingkan harga antara A dan B, jika tidak jauh beda dan layanan yang diberikan lebih baik maka kita berhak memilih yang lebih unggul.

Jangan lupa untuk mencari tahu layanan mana yang banyak digunakan oleh pengguna internet karena ini nanti akan berkenaan dengan service yang kita dapatkan.

Hosting Mana yang Bagus?

VPS hosting sudah populer saat ini. Jika pengguna Blogspot tidak ribet soal hosting, pengguna WordPress dengan domain murah tentu harus menggunakan hosting.

Dalam memilih hosting ini, kau juga bisa membandingkan hosting mana yang bagus untuk blog kita. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah tidak terkendala saat hujan badai. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap performa blog.

Misalnya, hosting di provider A katanya tiba-tiba down sedangkan ada sebuah tulisan yang diikutsertakan dalam lomba blog Rp20 juta. Nah, tahulah betapa bingungnya kita?

Dalam memilih hosting memang tidak boleh asal-asal. Domain murah dan hosting di Domainesia bisa menjadi alternatif agar blog yang sudah dibangun dengan baik bisa bertahan lama dan makin dikenal orang.

Sudah saatnya blogger masa kini memilih domain murah terbaik agar blog bertahan lama dan makin menginspirasi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *