5 Kriteria Blogger Profesional yang Dipercaya Pembaca

Blogger Profesional

Kau butuh ‘sesuatu’ maka mesin pencari langsung dibuka. Meskipun sekarang disebut zamannya konten video atau YouTube, namun referensi membuat sebuah ‘makalah’ misalnya tetaplah jurnal dari blog atau tulisan ahli yang termuat berbentuk artikel.

Blogger Profesional Itu

Blog yang ‘pernah’ disebut ditinggalkan dan sebagian orang beralih ke konten lain tidaklah demikian adanya. Konten berbentuk tulisan tetaplah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Artikel yang dipublikasikan mendapat tempat tersendiri di hati pembaca yang notabene tidak mendapatkan referensi serupa dari sebuah video joget-joget atau video pembuka aib selebriti.

Seorang penulis konten di internet akan disebut blogger profesional jika memenuhi 5 kriteria ini. Hal yang simpel sebenarnya dibanding kriteria lain yang pernah ditulis oleh blog sebelumnya. Saya menjabarkan kriteria ini karena paling utama jika berkenaan dengan blogger profesional.

Blog Aktif

Seorang blogger profesional tentu memiliki blog aktif. Blog yang aktif ini tak lain sebuah media dalam rangka menyampaikan pendapat, opini, maupun tulisan bermanfaat lain. Konten berupa tulisan di blog oleh blogger profesional ini akan tersimpan dengan baik dalam database ‘mesin pencari’ sehingga bertahan lama. Berbeda dengan konten video joget-joget yang sering kau tonton di mana dalam 24 jam sudah tidak banyak lagi penontonnya.

Blog aktif tak lain sebuah blog yang dikelola oleh blogger profesional dengan ragam konten. Blogger profesional membuat blognya aktif dengan berbagai cara. Salah satunya membuat blog tidak seperti rumah yang jarang dibersihkan, dan atau bahkan tidak berpenghuni.

Blogger profesional membuat blognya aktif dengan konten-konten yang telah terstruktur dengan baik. Blog aktif ini ditandai dengan rutin update konten, memiliki rutinitas yang ‘sama’ seperti media online lain meskipun tidak menulis dan menupdate konten persekian menit.

Rutin Update Konten

Blog aktif adalah sebuah blog dari blogger profesional yang memiliki jadwal update. Memang, saya sendiri belum memiliki jadwal khusus untuk update konten namun tidak pernah membuat blog saya tidak pernah terupdate sama sekali dalam sebulan.

Blogger profesional yang memang bekerja dengan baik sebagai blogger, tidak ada salahnya untuk memulai update secara berkala. Kau bisa mengatur pola dengan baik misalnya seminggu sekali, atau seminggu dua kali. Update konten ini tentu saja disesuaikan dengan kriteria blog yang sudah ditentukan sebelumnya.

Update konten bagi blogger profesional sangat dibutuhkan untuk menjaga eksistensi dan konsistensi dalam berkarir sebagai blogger. Kau tidak ‘mungkin’ disebut seorang blogger profesional manakala update konten tiga bulan sekali atau bahkan hampir setahun sekali, sembari menunggu status pembayaran perpanjangan domain.

Tentu, jika keadaan demikian, kau belum layak disebut sebagai seorang blogger profesional sebagaimana mestinya.

Sering Menang Lomba Blog

Memang, menang blog itu relatif. Kau ikut lomba blog pun suka-suka. Namun untuk mencapai ke tahap blogger profesional setidaknya kau pernah mencoba peruntungan di lomba blog. Lomba blog bukan saja untuk mengukur kemampuan menulis tetapi membuat blogger profesional lebih percaya diri.

Apa keuntungan mengikuti lomba blog ini? Salah satunya jika menang lomba blog, kau akan dikenal lebih luas lagi, tidak sebatas konten yang diserap oleh mesin pencari dengan halaman 1 tiap konten. Di mana untuk menembus halaman 1 mesin pencari tidaklah semudah yang dibayangkan oleh blogger profesional.

Relasi juga berlaku saat menang lomba blog. Di mana kau akan kenal banyak orang, disegani oleh blogger profesional lain, dan tentu saja sponsor akan berdatangan untuk memenuhi panggilan mereka sesuai kontrak kerja. Siapa yang tidak mau ini terjadi? Maka ikutilah lomba blog untuk membangun kepercayaan diri, relasi dan kemampuan menulis sebagai blogger profesional.

Kategori Konten

Di sebuah kanal berita, kau mungkin sering melihat menu gaya hidup, hiburan, wisata maupun teknologi. Nah, untuk blog dari blogger profesional semestinya memiliki kategori konten begini. Di mana blog personal tetap dianggap profesional dengan ragam kategori.

Kategori konten di blog saat ini sudah umum dan sangat memudahkan pembaca. Blogger profesional membutuhkan pengkategorian konten sebagai sarana untuk memudahkan pembaca saat masuk ke halaman blog.

Misalnya, saat salah satu konten dari blogger profesional masuk ke halaman 1 mesin pencari. Pembaca bisa saja menemukan konten lain misalnya di kategori pendidikan maupun kategori gaya hidup. Sehingga, pembaca bisa berlama-lama di blog seorang blogger profesional ini.

Inilah gunanya membuat kategori konten yang penempatannya bisa berada di bagian atas, atau bagian samping kiri kanan tema blog. Usahakan kategori konten ini paling mudah ditemui oleh pembaca setelah membaca salah satu artikel yang membuat mereka sampai ke blog tersebut.

Domain Berbayar

Kriteria yang wajib dipenuhi oleh blogger profesional adalah memiliki domain berbayar. Saat ini, sebuah blog tidak lagi cukup dengan domain gratisan semata karena selain mesin pencari tidak menyimpannya dengan baik juga tidak profesionalnya seorang blogger.

Saat ini, begitu banyak pilihan domain murah dari berbagai provider, termasuk DomaiNesia. Kau bisa cek domain murah sekarang untuk membuat blogmu menjadi blogger profesional seperti yang diinginkan selama ini.

Jika kau sudah membuat blog, maka jangan setengah-setengah. Jadilah blogger profesional yang berangkat dari usaha nol besar sampai mendapatkan hasil berkali-kali nol dari kerja keras ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *