4 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik

4 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik untuk Kerja Dimana Saja – Laptop tipis dan ringan menjadi produk paling dicari di tengah tren Working From Home (WFH). Kerja dimana saja tidak perlu khawatir ribet karena laptop tipis memudahkan mobilitas dan tidak bikin bahu dan lengan pegal membawanya.

Sejak pandemi COVID-19 mewabah di seluruh dunia, banyak perusahaan yang beralih sistem kerja menjadi Work From Home. Beberapa pekerja bahkan mulai berpindah dari kerja di rumah menjadi kerja di cafe yang sepi atau hotel untuk berganti suasana.

Perubahan ini membuat banyak orang yang mencari laptop tipis dan ringan untuk memudahkan mobilitas mereka. Apalagi salah satu keunggulan laptop yang tipis dan ringan adalah tidak membuat bahu atau tangan pegal. Selain itu laptop tipis juga lebih hemat tempat. Kerja dimana saja jadi tidak ribet.

Baca Juga:

Lalu bagaimana dengan spesifikasi laptop tipis? Tentu kamu tidak mau mengorbankan spesifikasi hanya karena ingin laptop yang lebih tipis, kan? Nah, berikut rekomendasi 5 laptop tipis dan ringan namun punya spesifikasi yang gahar. Cocok untuk kerja dimana saja.

Daftar Isi

ACER Swift 7

ACER Swift 7 dikenal sebagai salah satu laptop dengan berat paling ringan yaitu 890 gram, dengan ketebalan hanya 9,99 mm saja.

Meski bodinya tipis dan ringan, laptop ini sudah dibekali dengan layar sentuh Full HD 144 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Layarnya sendiri sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 sehingga tahan goresan.

Untuk prosesornya sendiri, laptop ini punya jeroan yang tidak main-main. ACER Swift 7 ini dibekali Intel i7 Gen 8 dengan Intel UHD Graphics 620, serta RAM 8GB.

Untuk membuka berbagai tools pekerjaan, laptop ini tidak akan mengalami kendala. Apalagi sistem operasi Windows 10 Home yang tersemat di laptop ini adalah yang terbaik di kelasnya.

Dari segi fitur keamanan, ACER Swift 7 punya sensor pemindai sidik jadi supaya booting lebih aman.

Tak hanya itu, laptop ACER satu ini juga dibekali dengan dua port USB Type-C yang dapat mendukung Thunderbolt 3 untuk sambungan media beresolusi 4K.

HP Elite Dragonfly

HP punya ultrabook terbaik yang dirancang untuk para profesional dengan mobilitas tinggi yaitu HP Elite Dragonfly. Ultrabook ini bahkan sempat dinobatkan sebagai salah satu ultrabook terbaik di tahun 2020.

HP Elite Dragonfly punya bobot 990 gram dengan ketebalan 1,61 cm. Selain dapat digunakan dalam mode laptop, HP Elite Dragonfly ini juga merangkap sebagai tablet sehingga dapat mendukung banyak aktivitas yang dibutuhkan para profesional.

Ukuran layar 13,3 inch, cukup standar untuk laptop yang nyaman digunakan bekerja. Layar laptop HP ini sendiri touch screen dengan pengolahan grafisnya mengandalkan IGP Intel UHD Graphics yang dapat mengoptimalkan Touchscreen IPS beresolusi Full HD dan 4K.

HP Elite Dragonfly pun dilengkapi dapur pacu yang gahar. Prosesornya sudah Intel Core i8 Gen Whiskey Lake, sementara pengolahan grafisnya mengandalkan IGP Intel UHD Graphics. RAM-nya sendiri 16GB LPDDR3-2133 dengan pilihan memori internal mulai dari 256G hingga 2TB.

Dell XPS 13 (2020)

4 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik

Dell XPS 13 merupakan pemain utama di kelas ultrabook. Tahun 2020 ini Dell XPS 13 kembali memperbarui ultrabooknya. Meski perubahan tidak begitu signifikan dibandingkan versi lamanya, namun masih layak disebut sebagai laptop tipis dan ringan terbaik.

Dell XPS 13 (2020) ini punya bingkai yang tipis (nyaris tanpa bezel) di seluruh sisi layar sehingga dimensi layarnya menjadi 16:10. Tingkat kecerahannya sendiri meningkat menjadi 25% lebih tinggi.

Untuk jeroannya sendiri, Dell XPS 13 (2020) ini menggunakan Intel Core Generasi ke-10. Kamu bisa memilih satu di antara tiga varian yaitu Core i3-1005G1, Core i5-1035G1 dan Core i7-1065G7.

RAM-nya sendiri tersedia dalam pilihan 4GB hingga 32GB dengan memori internal 256GB hingga 2TB. Salah satu keunggulan lain dari laptop ini adalah kapasitas 52Wh. Baterainya cukup tahan lama untuk digunakan bekerja cukup lama.

Apple Macbook Air

4 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik

Untuk para penggemar Apple, tahun 2020 Apple sempat merilis Macbook Air 2020 dengan meningkatkan beberapa fiturnya. Macbook Air sendiri dikenal sebagai varian laptop Apple paling tipis dengan ketebalan hanya 1,61 cm dan bobot 1,29 kg.

Apple Macbook Air paling baru ini punya layar Retina Display 13,3 inch dengan resolusi 2560 x 1600, tingkat akurasi warnanya pun lebih baik. Apalagi dengan adanya dukungan True Tone, layar ini mampu menyesuaikan kecerahan dan intensitas warna berdasarkan kondisi cahaya di sekeliling. Dengan begitu mata kamu tidak lelah walaupun menatap layar cukup lama.

Dari segi prosesor, laptop ini dibekali Intel Core i3 / Intel Core i5 generasi ke-10 serta Intel Iris Plus Graphics. Tidak heran jika performanya lebih cepat, terutama dari segi grafis yang meningkat hingga 80%.

Untuk pekerja kreatif, peningkatan ini sangatlah berguna. Tak hanya pengembangan dari dapur paca, Macbook Air 2020 juga memiliki fitur baru seperti Magic Keyboard, trackpad Force Touch, speaker stereo, dan Apple T2 Security Chip. Jadi, dari keempat laptop ini, mana yang kamu incar?

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *