11 Wisata Alam Semarang
Wisata

11 Wisata Alam Semarang yang Terkenal Romantis

11 Wisata Alam Semarang yang Terkenal Romantis – Saat yang dinantikan adalah ketika liburan. Wisata alam menjadi pilihan terbaik. Ada beberapa alasan mengapa kita memilih berwisata di alam terbuka. Setiap orang punya pilihan wisata kapan saja dan memberikan yang terbaik untuk hidup mereka.

Mengapa Wisata Alam Sangat Penting?

Wisata alam tak hanya soal keindahan saja. Wisata alam juga mendekatkan diri kita dengan alam. Di mana pada dasarnya, alam itu selalu berbicara dengan kita. Kadangkala, kita tidak peka dengan suara alam tersebut.

Baca Juga:

Duduk santai di bawah terang bulan, atau di pantai sambil menunggu sunset. Tak lain sebuah keharusan di dalam hidup kita. Ku lari ke pantai memiliki makna yang dalam karena pantai memberikan kesejukan dan mengundang rindu. Ku daki gunung tak saja mengapa dan bagaimana tetapi bisa menyehatkan badan.

Catatan penting saat kita berwisata di alam adalah bagaimana menjaga, melindungi, dan memberikan yang terbaik sebelum alam itu murka. Sesungguhnya kerusakan di alam itu karena kita yang menjadi salah satu penyebabnya. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya untuk wisata alam, termasuk sewa bus Semarang untuk wisata alam di Semarang.

11 Wisata Alam Semarang

Di Semarang, banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Wisata alam ini berdampak positif terhadap pariwisata Semarang itu sendiri. Semarang menjadi salah satu daerah tujuan wisata menarik karena banyak sekali tempat wisata.

Tempat wisata alam di Semarang wajib masuk ke dalam destinasi utama saat berkunjung ke Semarang. Pantai sangat indah. Ada kebun binatang. Goa yang nenjadi tempat unik dan menarik bagi sebagian orang, maupun curug dengan air terjun indah.

Pantai Tirang

Pantai Tirang tak lain salah satu pantai yang ramai dikunjungi di Semarang. Suasana yang tenang dan damai membuat pantai ini menjadi destinasi yang menarik.

Deru ombak yang tak seganas dibayangkan membuat kita lebih memaknai bahasa alam secara keseluruhan. Biasanya, orang akan memancing di pantai ini, beberapa di antaranya melihat terumbu karang dan juga mandi jika kondisi memungkinkan.

11 Wisata Alam Semarang
Sumber: dream.co.id

Pantai Tirang sangat strategi yang terletak di Tugurejo. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa dikunjungi melalui Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, atau bahkan langsung dari Bandar Udara Ahmad Yani. Namun, bisa berada di dalam kota bisa menggunaakn bus dari Terminal Bus Semarang.

Pantai Tirang ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Untuk memasuki kawasan wisata ini kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 perorang. Namun cukup untuk menikmati suasana pantai yang adem.

Pantai Marina

Matahari terbenam adalah primadona dari Pantai Marina. Suasana yang tepat untuk mendapatkan suasana romantis bersama pasangan. Cakrawala yang indah sangat ditunggu oleh traveler yang sengaja ke tempat ini.

Pantai Marina berada di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari. Lokasi yang strategis dan dekat dengan Bandara Ahmad Yani sehingga banyak orang mau mampir ke sini. Suasana yang menyenangkan tentu saja apalagi bisa melihat pesawat yang sedang take-off atau landing.

sewa bus semarang
Sumber: tempo.co

Di dekat pantai ini terdapat restoran yang menghidangkan beragam seafood yang enak. Tentu saja sangat menarik karena makanan ini dari udang atau cumi-cumi segar dari nelayan yang baru pulang melaut.

Untuk melihat sunset di Pantai Marina harus datang lebih cepat kalau tidak mau tinggal sisa. Pemandangan yang indah tidak seberapa dibanding uang masuk ke sana sebesar Rp.3.000 saja.

Pantai Maron

Pantai lain yang di Semarang adalah Pantai Maron. Pantai ini terletak di Tugurejo. Selain pemandangan laut yang indah juga hutan bakau rimbun yang membuat suasana makin indah dalam menanti waktu sore.

Sumber: tempatwisataindonesia.id

Suasana yang berbeda dan keindahan alam yang ditawarkan tidak main-main dari pantai ini. Kita juga mudah menjangkau ke Bandara Ahmad Yani maupun ke Perumahan Graha Krapyak. Untuk menikmati suasana pantai dan hutan bakau kita harus membayar uang masuk sebesar Rp.5.000.

Pantai Morodemak

Sejarah Demak memang tak pernah luntur. Pantai Morodemak tak lain salah satu destinasi menarik selama di Semarang. Di sini kita bisa melihat kapal nelayan di bawah sinar matahari yang menukik di senja. Dermaga yang memiliki ciri tersendiri juga tak lupa dari keindahan.

Sumber: dream.co.id

Sama halnya dengan Pantai Maron, Pantai Morodemak juga memiliki hutan bakau. Kita bisa menyewa perahu nelayan jika ingin mengelilingi hutan bakau yang rimbun. Sudah pasti, kalau beruntung, kita bisa menemukan burung bangau di antara batang pohon bakau.

Pantai Jodo Batang

Di Batang juga terdapat pantai dengan air membiru dipadu dengan awan biru pula. Sangat kontras dengan keindahan dari keinginan kita. Pantai Jodo Batang berada di Dukuh Buntu, Sidorejo.

Pemandangan yang beda menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Kita bisa melihat sudut pantai dari atas atau bawah. Di sana juga terdapat rel kereta api yang pemandangannya langsung menghadap ke lautan lepas.

11 Wisata Alam Semarang
Sumber: mbatang.com

Kesan yang sangat romantis seperti di film-film. Tak jarang, traveler menjadikan pantai ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Cukup membayar Rp.3.000 untuk menikmati kesejukan pantai. Di pantai ini tersedia kursi pantai, gazebo dan juga hammock yang bisa digunakan untuk menambah sudut pandang foto.

Goa Kreo

Rumah Eskimo menjadi salah satu bagian penting dalam background foto jika ke Goa Kreo. Rumah Eskimo sengaja dibuat untuk menarik pengunjung lebih ramai lagi. Dan benar saja dari sini kita bisa melihat waduk yang ada di dekat goa.

Goa Kreo menjadi objek wisata penting di Semarang karena sejarah panjangnya. Alam membentuk goa ini di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang tak lain sebuah bendungan di Kali Kreo.

Sumber: travelspromo.com

Dalam catatan sejarah, Sunan Kalijaga pernah bertapa di dalam goa ini. Monyet dengan ekor panjang yang disebut legenda anak buah Sunan Kalijaga mudah sekali ditemui di sini. Goa Kreo terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Di sini kita bisa menikmati goa, air terjun, gazebo, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang dan Jembatan Waduk Jatibarang.

Taman Lele Semarang

Wisata alam menarik di Semarang tak lain Taman Lele Semarang. Di tempat yang luas 2 hektar ini kita bisa menikmati pemainan air maupun permainan darat. Kebun binatang mini menjadi daya tarik lainnya. Bagi orang yang mau berlama-lama di sini bisa menginap di penginapan dengan harga terjangkau.

Pemandangan alam yang asri, danau buatan yang bisa dijadikan wahana sepeda air menjadi idaman anak-anak saat berlibur. Suasana tambah adem dengan pepohonan rindang. Di kebun binatang kita bisa melihat merak, iguana, kelinci, burung cendrawasih dan beberapa jenis binatang langka lain.

Sumber: tribunnews.com

Taman Lele Semarang memiliki fasilitas lengkap seperti: Kebun Binatang Mini, Kolam Renang Taman, Danau Buatan, Gazebo, Hotel dan Pertunjukan. Untuk sampai ke sangat mudah karena terletak di jalur pantura, Jalan Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Curug Lawe

Keindahan air terjun selalu menarik perhatian. Curug Lawe yang ada di Kawasan Gunung Ungaran Semarang juga tak luput dari pandangan traveler. Air bersih dan kondisi alam yang sejuk membuat orang gemar datang ke tempat ini. Curug ini menjadi hulu Kali Banjir Kanal Barat atau Kali Garang.

Sumber: asliindonesia.net

Air jatuh dari tebing curam tentu saja sangat tajam. Dinamakan Curug Lawe konon curug ini memiliki air terjun yang banyak dari jumlah besar dan kecil yang berjumlah 25 buah. Selain Curug Lawe terdapat juga Curug Benowo. Pemerintah Desa Kalisidi dan LMDH Bela Pesona sebagai mitra Perum Perhutani KPH Kedu Utara menjadi pengurus kedua curug ini, sehingga disebut Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK). Untuk masuk ke sini harus membayar Rp.4.000 saja.

Curug Benowo

Curug Benowo berdekatan dengan Curug Lawe di Lereng Gunung Ungaran. Jalan setapak dan suasana alam yang sejuk membuat orang mau ke sini. Pecinta alam begitu menyenangi hidup di alam bebas sambil mendengar suara air terjun dari atas tebing.

Di sini bisa menikmati semua keindahan alam yang tidak ditemui di tempat lain. Pemandangan air terjun yang eksotis dan juga suara alam yang kadang bising dan suing namun tidak membuat telinga sakit mendengarnya.

Curug Kali Karang

Air terjun dari curug ini memang tidak begitu tinggi tetapi sangat deras. Bongkahan air langsung terasa menghantam kita yang berdiri di depannya. Curug Kali Karang terletak di Desa Panusupan, 35 kilometer arah timur dari alun-alun Purbalingga.

11 Wisata Alam Semarang
Sumber: kompas.com

Suara air terdengar dahsyat sekali yang menghantam bebatuan. Air terjun tiga tingkat itu menjadi pesona yang menarik masyarakat sekitar dan juga wisatawan. Alirannya yang bergemuruh dan deburan air yang indah menjadikannya wahana bersantai paling mungkin saat libur.

Brown Canyon

Tak perlu ke Timur Tengah atau ke Amerika Serikat untuk menikmati pemandangan indah yang luas dengan padang pasir atau parutan tanah dari gunung. Di Semarang terdapat Brown Canyon yang tak lain bekas penambangan tanah. Terletak di Meteseh, Tembalang, Semarang.

Brown Canyon tak lain destinasi wisata yang sangat populer di antara traveler yang berkunjung ke Semarang. Bentuknya sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Bukit-bukit yang berubah menjadi tebing-tebing curam dianggap presisi yang paling mirip. Jadi, nggak perlu ke Amerika Serikat jika ingin menikmati pemandangan indah ini.

11 Wisata Alam Semarang
Sumber: travelspromo.com

Nah, wisata alam yang menarik tentu saja menjadi bagian penting saat menikmati kebersamaan bersama alam. Bagaimana jika ke Semarang dengan rasa yang berbeda itu? 11 Wisata Alam Semarang adalah rekomendasi yang tak boleh dilupa begitu saja. Dengan sewa bus Semarang untuk menjelajahi 11 Wisata Alam Semarang akan lebih santai dan tepat waktu.

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *