Kekurangan Samsung Galaxy Note 20

10 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 – Bisa disebut, Samsung lebih unggul dalam penetrasi smartphone sejauh ini. Galaxy Note 20 adalah bagian terpenting dari produk Samsung yang dinantikan oleh banyak orang. Samsung seperti mewakili segenap harapan dan keinginan pecinta gadget kelas atas, agar tampil lebih elegan dan melankolis dalam sekali genggaman.

Pada peluncuran seri Galaxy Note 20 di Indonesia, 05 Agustus 2020 yang disiarkan secara live di halaman resmi Samsung Indonesia, produk ini sudah menarik perhatian banyak orang. Dari segi desain, maupun kamera, Galaxy Note 20 adalah terbaik yang mewakili jejeran smartphone lain yang telah diluncurkan – bahkan akan diluncurkan di tahun yang sama.

Dalam membicarakan Samsung sejak generasi Galaxy S sampai dengan dimulainya Galaxy Note – yang identik dengan pena miliknya – Samsung seolah-olah memulai generasi terbaik dalam rangka penetrasi perangkat keras di dunia.

Baca Juga:

Galaxy Note 20 memiliki banyak sekali keunggulan, namun yang menarik perhatian dan paling banyak dinantikan adalah Galaxy Note 20 Ultra di mana berbeda dari Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Plus. Tidak saja bicara soal ukuran layar lebih besar namun bagian penting yang menjadi daya tarik dan menjadi perbincangan yang alot.

Tentu, banyak sekali mata yang tertarik dengan Galaxy Note 20 maupun – terlebih Galaxy Note 20 Ultra. Sejauh apa keinginan untuk memiliki flagship ini, kelebihan dan kekurangan produk kelas atas Samsung dengan warna elegan dan material berkilau tersebut wajib untuk diketahui.

10 Kelebihan Galaxy Note 20

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20
Galaxy Note 20 – note20.ultra

Desain Mahal untuk Produk Mahal Pula

Baik Galaxy Note 20 maupun Galaxy Note 20 Ultra memiliki desain yang sangat elegan. Pemilihan warna sangat mencolok yang menjadi ciri khas dari perangkat ini. Mystic Bronze adalah warna yang benar-benar menarik perhatian dan berbeda dengan produk lain di kelasnya, maupun di bawah dengannya.

Bodi yang halus tentu harus lebih hati-hati saat menggenggamnya. Kita tak perlu menanti produk ini dibuat dengan berlian maupun bongkahan emas, dengan warna dan material yang ada, Galaxy Note 20 sangatlah lebih dari berkelas. Bukan soal harga yang mahal tetapi produk ini benar-benar memiliki cita rasa yang sangat mahal.

Media Penyimpanan Besar

Beberapa pengguna smartphone, sangat mengandalkan media penyimpanan yang lebih besar untuk ukuran smartphone mahal. Samsung belajar banyak dari kritikan yang masuk mengandalkan internal memori sebesar 128 GB. Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra mendapatkan peningkatan media penyimpanan ini.

Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra mendapatkan internal storage sebesar 256 GB – selain besaran lainnya. Perbedaan keduanya adalah pada memori yang digunakan di mana Galaxy Note 20 menggunakan RAM 8 GB sedangkan Note 20 Ultra adalah 12 GB.

Pelindung Layar Paling Baru

Samsung dikenal dengan banyak sekali terobosan, termasuk soal pelindung layar. Samsung menyematkan Corning Gorilla Glass Victus, salah satu pelindung layar terbaru yang belum resmi diluncurkan.

Dapat dipastikan, Galaxy Note 20 Ultra akan mendapatkan perlindungan terbaik dari goresan maupun lainnya. Jadi smartphone pertama yang mengusung penerus Gorilla Glass 6, Note 20 Ultra menjadi sangat istimewa.

Kamera Terbaik Paling Dinantikan

Galaxy Note 20 menggandalkan kamera utama sebesar 12MP untuk wide camera dan 64MP untuk telephoto serta 12 untuk ultrawide camera. Kamera depan smartphone ini adalah 10 MP. Sedangkan Galaxy Note 20 Ultra menggunakan 108 MP untuk wide camera, 12 MP untuk telephoto dan 12 MP untuk ultrawide camera.

Ukuran sensor lebih besar membuat kamera Galaxy Note 20 Ultra sangat diunggulkan untuk lensa zoom. Kamera ponsel pintar ini mampu melakukan optical zoom 5x dan hybrid zoom 50x.

Stylus Ciri Khas yang Tak Dibuang

Salah satu ciri khas dari Galaxy Note adalah stylus. Sejak awal kemunculannya, Seri Note selalu membawa stylus dengan banyak sekali peningkatan. Samsung membuat perubahan yang berarti untuk pena stylus Galaxy Note 20 Ultra di mana memiliki kemampuan 9 milisecond (ms) latency.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20
Stylus Galaxy Note 20 – Samsung

Jeda waktu yang sangat singkat ini membuat pengguna tidak mendapatkan delay ketika menyentuh layar. Peningkatan yang sangat signifikan yaitu lima kali lipat dibanding pendahulunya yang masih 42 ms.

Standar Layar Besar Adalah Samsung

Samsung bisa disebut sebagai pelopor smartphone layar besar, terutama setelah Seri Note lahir. Setelah itu, hampir semua produk menggunakan layar lebih besar bahkan iPhone mengikuti zaman layar Samsung yang semula masih bertahan di angka 4 inci saja.

Galaxy Note 20 menggunakan layar sebesar 6,7 inci Full HD. Kecepatan refresh layar smartphone ini adalah 60Hz dengan tipe layar adalah Super AMOLED Plus. Layar Galaxy Note 20 Ultra adalah sebesar 6,9 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Tipe layar yang digunakan adalah Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi quad high definition plus (QHD+) dan teknologi HDR10+.

Baik Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra memakai desain layar Infinity-O di mana terdapat lubang kamera (punch hole) di bagian tengah atas. Dengan layar yang lebih lega dan penetrasi warna yang kaya, smartphone ini tidak saja sebagai media untuk menikmati multimedia tetapi untuk bermain game juga baik.

Baterai Besar Jadi Andalan

Baterai smartphone besar menjadi pertimbangan tersendiri saat ini. Banyak orang menggunakan smartphone dalam waktu lama. Samsung meningkatkan daya tahan baterai untuk smartphone kelas atas mereka ini.

Galaxy Note 20 menggunakan baterai sebesar 4300 mAh dan Galaxy Note 20 Ultra adalah sebesar 4500 mAh. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, kedua smartphone ini dapat diandalkan untuk multimedia dan bermain game.

Perekaman Suara Lebih Baik

Galaxy Note 20 tidak saja untuk kebutuhan menikmati hiburan semata. Samsung menyematkan perekaman suara dengan mode Pro Video. Pengguna dapat menyetel audio pada pengaturan yang sangat lengkap. Dengan mode ini, sumber suara dapat ditangkap dengan jelas apakah itu dari depan, belakang maupun dari lingkungan sekitar.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone seperti Galaxy Note ini sudah diandalkan dalam merekam video. Dengan optimasi yang lebih baik pada audio, video yang dihasilkan juga tak kalah bagusnya.

Prosesor Bukan Kaleng-kaleng

Prosesor kelas atas memang ada di produk kelas atas. Samsung membenamkan prosesor teranyar miliknya, Exynos 990 untuk pasar Global dan Snapdragon 865+ untuk pasar Amerika Serikat.

Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra akan bekerja dengan baik dan memiliki performa yang sangat kencang dalam prosesor tersebut. Baik Exynos maupun Qualcomm Snapdragon akan menghadirkan pengalaman paling berharga kepada seluruh pengguna. Salah satu alasan pasar Amerika Serikat menggunakan Snapdragon adalah untuk dapat memasarkan produk ini di sana. Namun, pada penerapannya, kedua prosesor ini berada di jajaran kelas yang sangat tinggi.

RAM VS UFS

Memori yang digunakan Galaxy Note 20 adalah 8 GB dan Note 20 Ultra adalah 12 GB. Memori yang dipakai terkesan biasa saja dan tidak mengalami peningkatan tetapi Samsung memiliki teknologi lain agar RAM ini berjalan dengan baik.

Universal Flash Storage (UFS) 3.1 adalah bagian terpenting pada Galaxy Note 20 Ultra di mana performa beberapa kali lipat dibanding dengan UFS 3.0. Meskipun RAM kecil tetapi performa tetap lebih baik. Teknologi ini disebut juga diterapkan pada iPhone maupun iPad yang dikenal dengan memori kecil tetapi bekerja lebih cepat.

2 Kekurangan Galaxy Note 20

Inovasi Begitu-begitu Saja

Saya mau menyebut, inovasi Samsung terkesan biasa saja. Samsung tidak memperlihatkan ciri khasnya yang dulu. Misalnya, kalau ada yang pakai iPhone, orang akan tahu seri berapa. Jika ada yang main game menggunakan ROG Phone, orang juga akan tahu smartphone gamer terbaik itu milik ASUS.

Samsung tampaknya kurang memperhatikan hal yang demikian. Seri Note 20 bahkan mirip dengan smartphone Samsung lain yang berada di rentang harga Rp 3 jutaan. Sangat disayangkan karena tidak semua orang paham soal desain, warna, maupun material yang dipakai. Belum lagi penempatan kamera yang mirip dengan smartphone middle end Samsung sendiri.

Pada beberapa pengguna, tidak bisa membedakan apakah yang orang pakai itu adalah Galaxy Note maupun Galaxy lain yang harganya lebih murah. Samsung perlu membangun kembali identitas diri seperti iPhone atau ROG Phone.

Harga Terlalu Mahal

Dengan kepercayaan pengguna setia, Samsung memang berani memasang harga sangat mahal untuk produk unggulan mereka. Namun, di satu sisi harga ini tidak masuk akal untuk sebuah produk yang ingin dimiliki oleh beberapa orang karena di harga serupa masih ada produk lain yang bisa didapatkan.

Sebagai informasi, Galaxy Note 20 dengan RAM 8 dan media penyimpanan 256 GB dijual dengan Rp14.499.000, Galaxy Note 20 Ultra dengan RAM 12 dan media penyimpanan 256 GB dijual dengan Rp17.999.000 dan Galaxy Note 20 Ultra RAM 12 dan media penyimpanan 512 GB dijual Rp19.999.000.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20
Galaxy Note 20 – Pocket-lint

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20

Body Dimensi 161.6 x 75.2 x 8.3 mm
Material kaca berlapis Gorilla Glass 5 di bagian depan dengan bagian belakang dan frame plastik
Bobot 192 gr
Layar 6.7 inci
1080 x 2400 pixels, refresh rate 60Hz
Panel Super AMOLED
Chip dan OS Snapdragon 865+ (AS), Exynos 990 (Global)
GPU Adreno 650 (AS), Mali-G77 MP11 (Global)
Android 10, One UI 2.1
Memori RAM 8GB + ROM 256GB.
Tanpa slot microSD
Kamera utama Triple camera 12 MP, f/1.8, 26mm (wide); 64 MP, f/2.0, (telephoto); 12 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide).
Resolusi video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]
Kamera depan 10 MP, f/2.2, 26mm (wide).
Baterai 4.300 mAh
Fast charging 25W
Reverse wireless charging 9W
Warna Mystic Green, Mystic Bronze, Mystic Gray
Lain-lain Under display fingerprint
USB Type-C
NFC
Tanpa audio jack
Harga Galaxy Note 20 RAM 8/256 GB Rp 14.499.000
Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra
Body Dimensi 164.8 x 77.2 x 8.1 mm
Material kaca di bagian depan berlapis Gorilla Glass Victus dengan frame stainless steel
Bobot 208 gr
Layar 6.9 inci
1440 x 3088 pixels, refresh rate 120Hz
Panel Dynamic AMOLED
Chip dan OS Snapdragon 865+ (AS), Exynos 990 (Global)
GPU Adreno 650 (AS), Mali-G77 MP11 (Global)
Android 10, One UI 2.1
Memori RAM 12GB + ROM 512GB; RAM 12GB + ROM 256GB
MicroSD sampai 1TB
Kamera utama Triple camera 108 MP, f/1.8, 26mm (wide); 12 MP, f/3.0, 103mm (telephoto); 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide).
Resolusi video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]s.
Kamera depan 10 MP, f/2.2, 26mm (wide).
Baterai 4.500 mAh
Fast charging 25W
Reverse wireless charging 9W
Warna Mystic Bronze, Mystic Black, Mystic White
Lain-lain Under display fingerprint
USB Type-C
NFC
Tanpa audio jack
Harga Galaxy Note 20 Ultra RAM 12/256 GB Rp 17.999.000

Galaxy Note 20 Ultra RAM 12/512 GB Rp 19.999.000

Dengan banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 20, tentu saja kekurangan bisa tertutupi dengan mudah. Untuk konten kreator, seri Note terbaru ini menjadi layak agar penampilan lebih menarik lagi.

Tertarik memiliki smartphone di atas? Kamu bisa memilikinya dengan harga terjangkau di Shopee karena saat ini sedang berlangsung kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day. Terlebih lagi, hari ini sedang ada promo Elektronik Day yang menawarkan diskon spesial untuk produk-produk elektronik!

By bairuindra

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *