10 Cara Pemasaran Online
Review

10 Cara Pemasaran Online yang Tepat Hasilkan Keuntungan Berlipat

10 Cara Pemasaran Online yang Tepat Hasilkan Keuntungan Berlipat – Siapapun orang bisa menjadi pengusaha dengan mudah. Zaman berubah dengan cepat dan dunia digital sangatlah praktis banyak sebagian besar orang. Teknologi kekinian yang mudah dipelajari membuat orang pun mudah pula dalam menjalankan sebuah usaha.

Dalam banyak kesempatan, beberapa orang sering merasa terganggu dengan usaha mereka yang tidak maju-maju. Bahkan, sebagian dari mereka merasa harus segera mengakhiri usaha karena tidak ada hasil apa-apa selain kerugian yang terus-menerus. Kalau-lah demikian, usaha kita belum sampai pada titik temu yang pasti. Kita masih bermain dengan takut dan terus khawatir akan rugi besar apabila mengeluarkan dana ‘promosi’ dalam jumlah besar pula.

Baca Juga:

Usaha tak lain jerih payah dari jatuh bangun. Tak ada usaha yang dimulai dengan instan. Semua usaha yang kita temui sekarang dimulai dari gerobak lusuh, kain usang atau bahkan tidak ada modal sama sekali selain periklanan dari mulut ke mulut. Namun, lihatlah usaha yang terkenal sekarang. Beberapa dari mereka tidak membutuhkan media pemasaran kekinian tetapi bertahan tegak meskipun digempur oleh pemasaran online.

Mulailah dari Nol

Usaha yang kunjung sukses karena berawal dari nol. Tiap orang yang sedang membangun usaha memiliki visi dan misi kuat sehingga layak sukses. Dalam hal apapun, visi dan misi itulah poin penting dalam menjadi sesuatu.

Misalnya, saat kita ingin menjual pakaian rajut pria secara online, tetapi kita tidak menemukan poin apa yang akan jadi bagian dari promosi itu sendiri. Dunia internet haruslah spesifik karena mereka membaca algoritma dengan jelas. Kata kunci yang dicari pembeli harus masuk ke halaman pertama kalau mau produk laku. Namun, tidak selamanya demikian karena beberapa bagian menjadi perhatian khusus saat kita menentukan akan menjual apa di internet.

Salah satu keuntungan dalam pemasaran online adalah tidak harus membuat produk terlebih dahulu. Kita hanya perlu membuat sampel yang keren, yang difoto dengan baik lalu dipromosikan dengan berbagai cara agar pembeli tergoda.

Maka dari itu, tiap usaha yang akan dijalankan secara online ini haruslah memiliki visi dan misi kuat. Dengan begitu, produk kita akan berbeda dengan produk orang lain. Ciri khas ini yang nantinya akan dinilai orang baik dan memberikan bintang 5 kepada produk tersebut. Makin tinggi bintang, makin banyak bintang yang didapat, produk akan makin naik ke permukaan dan masuk ke dalam rekomendasi

Kira-kira, kalau produk sudah siap, kemasan sudah baik, apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan berkali lipat?

Pemasaran Online dengan Google Ads

Kalau kamu mencari suatu produk, lalu di halaman utama Google akan muncul ‘Iklan’ pada posisi atas, itu artinya produk maupun toko atau halaman situs tersebut dipromosikan menggunakan Google Ads, lebih dikenal dengan Google AdWords.

Google sendiri melalui AdWords sangat gencar mempromosikan produk, barang, situs maupun jasa lain dengan berbagai pilihan harga. Sebagai gambaran, Google Ads bisa digunakan setelah kita mengambil kredit sebesar Rp 500.000 dan akan mendapat bonus seharga sama (jika promosi masih berlaku).

Tiap akun Gmail yang terkoneksi dengan Google Ads, sesekali akan mendapatkan penawaran pemasasan iklan di Google. Kita ambil dan mendapatkan bonus, kita abaikan juga tidak masalah. Nah, bagi orang yang bingung dengan cara pemasaran online, tidak ada salah mengambil promosi dari Google Ads sebagai batu loncatan. Kalau mau melihat lebih lanjut, beberapa situs e-commerce juga memanfaatkan hal serupa.

Keuntungan dari Google Ads sangat besar sekali karena Google akan memprioritaskan dalam pencarian dan iklan-iklan lain. Baik itu melalui situs maupun YouTube dan beberapa layanan Google lain. Perusahaan besar juga memanfaatkan pemasaran online dari Google karena sangat mudah dibandingkan dengan promosi lain seperti menggunakan tokoh publik.

Pemasaran Online dengan Facebook Ads

Siapa yang tidak pakai Facebook saat ini? Mungkin hanya sebagian kecil. Orang-orang sudah terintegrasi dengan media sosial khususnya Facebook. Bisa dibilang, media sosial ini paling besar karena banyak pengguna dan juga membawahi media sosial lain yang tak kalah populer, yaitu Instagram dan WhatsApp.

Sedikit berbeda dengan Google Ads, Facebook Ads menyasar ke halaman dua media sosial utama yaitu Facebook dan Instagram. Jadi, jangan heran jika kamu sering mendapati iklan produk berupa pakaian, sepatu, tas dan lain-lain di halaman Facebook maupun Instagram kamu. Padahal, kamu sama sekali tidak mengikuti akun yang dimaksud. Kamu cukup melihat di sudut akun atau dibawahnya, produk maupun akun tersebut adalah ‘bersponsor’ yang artinya dipromosikan melalui Facebook Ads atau promosi melalui akun Instagram itu sendiri.

Pada dasarnya, Facebook Ads lebih menguntungkan dibandingkan dengan Google Ads. Salah satu faktor karena pengguna Facebook dan Instagram yang banyak itu. Rata-rata pengguna adalah generasi milenial yang rutin berbelanja secara online. Facebook Ads juga berbeda dengan Google Ads yang menempel pada artikel. Tiap halaman Facebook dan Instagram sekarang otomatis berkeliaran iklan secara bergantian.

Facebook sudah menempatkan slot khusus di apikasi Facebook mobile. Jadi, iklan dari Facebook ini sama sekali tidak bisa dihapus akan ditunda. Kita hanya bisa melewati saja atau mengeklik iklan kalau menarik dari penampilan atau kita memang ingin mendapatkan produk tersebut.

Pemasaran online melalui Facebook Ads memiliki dua keuntungan yaitu iklan yang tayang di Facebook atau tayang juga di Instagram. Cara iklan itu cara berdasarkan aktivitas pengguna dan ada pula ditampilkan secara acak. Cara pemasaran online menggunakan Facebook Ads bahkan bisa lebih hemat karena kita bisa memulai promosi hanya dengan Rp 50.000 saja.

Pemasaran Online dengan Media Sosial

Media sosial memang sangatlah banyak. Kita bisa memanfaatkan semua media sosial untuk berjualan dengan baik. Berbeda dengan Facebook Ads yang mana kita membayar Facebook untuk mempromosikan produk kita, pemasaran online dengan media sosial itu adalah kita yang mempromosikan sendiri.

Produk-produk yang ingin kita jual bisa dengan mudah dipromosikan melalui akun pribadi maupun akun toko. Nah, sekali lagi saya sebut, dalam visi dan misi saat menentukan usaha kita sudah ada nama toko itu sendiri. Dengan begitu, media sosial yang kita buat juga atas nama toko agar personal branding makin kuat.

Bahkan, bagi mereka yang serius berjualan online ini, ikon media sosial toko mereka juga disiapkan dengan baik. Lalu, produk-produk yang akan dijual ini kemudian diposting secara berkala. Dalam mempromosikan produk ini, toko yang baik juga melalui promosi melalui Facebook Ads agar pembeli banyak datang dan pengikut toko juga banyak.

Cara pemasaran online menggunakan media sosial sangatlah efektif karena kita hanya tergantung pada media sosial saja. Buat sampel produk, tentukan sudut pandang yang baik, foto, posting. Dengan modal keyakinan, pembeli akan datang dengan sendirinya. Jangan lupa, untuk berjualan ini harus jujur, termasuk alamat jelas, nomor telepon dan email untuk komplain apabila mendapatkan masalah di kemudian hari.

Pemasaran Online dengan Situs E-Commerce

Tokopedia, Bukalapak, Shopee, adalah sebagian dari situs atau aplikasi e-commerce yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk. Cara pemasaran online yang baik adalah mempercayakan produk pada situs yang terpercaya juga, termasuk oleh Google.

Ketiga toko yang saya sebutlah sangatlah efektif untuk mempromosikan produk kamu. Tiap aplikasi memiliki ruang khusus penjual agar berkonstribusi dengan pembeli. Penjual juga bisa melakukan Push (atau promosi paksa) dengan biaya tertentu agar produk kita naik ke permukaan.

Di Bukalapak misalnya, kamu bisa melakukan Push dengan harga RP 1000 untuk sekali promote. Produk yang di-Push ini nanti akan naik dalam rekomendasi situs, termasuk juga dipromosikan ke mesin pencari oleh situs dimaksud. Dengan begitu, produk yang kita jual akan mudah dicari oleh pembeli.

Makin sering kita Push, makin sering pula masuk ke dalam rekomendasi produk. Dengan demikian, makin banyak pula pembeli. Saat pembeli memberikan bintang 5 dan feedback positif, toko kita akan mendapatkan tempat tersendiri dalam pemasaran online.

Pemasaran Online dengan Forum di Internet

Kaskus adalah forum online yang masih aktif sampai hari ini. Memang, tidak semua orang menyukai kaskus tetapi bagi pemula dalam berjualan online, tidak ada salahnya untuk memakai cara ini. Kamu cukup memposting foto dan deskripsi, lalu biarkan anggota forum meninggalkan tanya jawab.

Forum online di internet memiliki sisi baik dan tidak baik. Sisi baiknya, produk kita akan banyak diketahui banyak orang. Sisi tidak baik adalah selain penipuan juga terdapat ejekan dan cemoohan yang akan membuat kita patah semangat dalam memulai.

Bagi kamu yang sudah kebal perploncoan ini, bisa tutup kuping saja karena niat awal adalah mempromosikan produk, laku atau tidak laku itu urusan lain. Kita hanya perlu posting secara rutin agar banyak dibicarakan. Sekali lagi, makin banyak dibicarakan maka produk yang dijual makin direkomendasikan oleh mesin pencari. Cara pemasaran online ini mungkin agak lambat, tetapi kamu bisa andalkan untuk mendukung cara lain.

Pemasaran Online dengan Grup Chat

Coba lihat di WhatsApp kamu, berapa banyak grup yang tersisa? Memang, ada beberapa aturan di dalam grup WhatsApp, misalnya tidak boleh saling menghujat, share berita bohong atau bergosip. Tetapi sangat jarang admin grup menyebutkan, dijarang berjualan di grup ini.

Nah, kamu bisa share produk terbaru misalnya seminggu sekali agar tidak dianggap spam oleh anggota lain. Share dengan foto menarik, kasih harga yang masuk akal setelah membandingkan dengan toko lain, tidak banyak yang tertarik tetapi satu dua laku juga nggak masalah.

Besok-besok kamu masih bisa posting lagi dengan irama yang berbeda. Dengan banyaknya grup yang kamu ikuti sebenarnya ini sangatlah baik untuk promosi awal. Kalau nanti sudah terkenal, anggota itu sendiri yang akan mengghubungi kamu untuk membeli produk-produk lain.

Pemasaran Online dengan Blog Pribadi

Cara pemasaran online dengan blog pribadi sedikit lebih rumit. Kamu harus menentukan nama blog, biaya pertahun, perawatan maupun menentukan rak yang bagus. Selain itu, kamu juga harus mempromosikan lagi blog jualan ini kepada orang lain. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial atau grup chat tadi.

Blog pribadi sedikit butuh usaha lebih. Di mana kamu harus rutin update blog dengan produk baru. Kalau mau blog kamu cepat naik ke permukaan, mau tidak mau harus mempublikasikan produk beserta foto maupun deskripsi sehari sekali. Itu adalah usaha minimal dan tidak ada jaminan juga apakah akan terbaca mudah di mesin pencari atau tenggelam.

Keuntungan kamu berjualan di blog pribadi adalah bisa mengatur harga dengan bebas, rak produk yang sesuai keinginan maupun pemilihan tema yang menarik. Kamu hanya butuh usaha untuk mempromosikan alamat toko online ini baik melalui Google Ads, Facebook Ads maupun dengan chat grup dan broadcast.

Makin sering kamu promosikan, toko online kamu akan makin terkenal. Demikian juga, makin sering kamu promosikan di Google Ads, toko kamu akan dijadikan rekomendasi oleh Google karena telah dipercaya dengan baik.

Pemasaran Online dengan Broadcast

Kamu pasti sering mendapatkan broadcast dari teman-teman bukan? Daripada kamu menyebar broadcast yang mirip berupa informasi yang belum jelas, lebih baik kamu mengirimkan broadcast berisi produk yang sedang kamu jual.

Cara pemasaran online dengan cara broadcast ini sangatlah mudah. Tiap ada produk baru, kamu langsung bisa mengirimkan pesan siaran. Abaikan hasil kalau kamu ingin sukses. Jangan pedulikan juga orang-orang yang melempar jawaban pedas. Tidak ada yang tahu, suatu saat justru orang itu yang akan mengirimi pesan pertama untuk membeli produk yang kamu jual.

Broadcast ini sangatlah umum terjadi. Teman kamu juga tidak akan memblokir nomor kamu karena pesan siaran seminggu sekali. Dalam 50 kontak misalnya, 5 saja yang tertarik sudah bisa jadi modal awal buat kamu untuk melanjutkan proses pemasaran online lain. Minggu depan lakukan hal yang sama, jika ada yang tertarik maka bersyukur, jika tidak lanjutkan lagi selang seminggu kemudian.

Pemasaran Online dengan Stories WhatsApp

Jangan salah, orang yang rajin sekali update status WhatsApp bukan karena kesepian atau tidak ada pekerjaan. Justru sebaliknya, mereka sedang mempromosikan produk-produk yang sedang dijual. Cara ini sangatlah efektif di zaman orang melihat stories WhatsApp maupun Instagram dan Facebook kamu secara bersamaan.

Sekarang ini, Facebook telah mengoneksi ketiga media sosial mereka ini. Jika kamu update stories di WhatsApp bisa kamu share ke Facebook dan Instagram. Jadi, sekali jalan, tiga pulau terlampaui. Nasib dari promosi itu biarkan waktu yang memutuskan karena tidak yang tahu.

Makin sering kamu update stories, makin bosan orang melihatnya. Antara kasihan dan penasaran, orang akan bertanya dan tugas kamu adalah membuat produk itu sangatlah baik dipakai, sedang diskon besar dan jika dipesan dalam jumlah banyak akan dapat diskon segini, kalau jadi anggota bisa dapat keuntungan ini.

Pemasaran Online dengan Diskon Belanja

Siapa yang tidak mau diskon belanja? Di mana-mana tetaplah sama. Orang beli produk dengan jumlah banyak karena ada diskon besar-besaran. Cara pemasaran online dengan diskon belanja banyak ini sangatlah efektif. Saat melakukan promosi produk, kamu bisa membuat harga Rp 499.000 tetapi dapat diskon 50% atau jika beli 3 potong harganya menjadi Rp 150.000 dan berbagai jenis promosi diskon lain.

Pembeli sangat tertarik untuk mendapatkan harga miring apalagi setelah membandingkan dengan toko sebelah. Sama halnya dengan kita ke toko offline, tidak akan membedakan mana diskon yang besar dan sedikit. Kita malah mau memutar balik ke toko pertama karena bisa dapat diskon lebih besar dari toko lain.

Promosi diskon besar-besaran ini sejatinya telah dilakukan oleh situs e-commerce. Mereka memangkas harga dengan tidak masuk akal, padahal harga aslinya memang murah. Demikianlah trik jitu untuk menarik konsumen. Pangkas harga, kasih diskon, promosikan dengan baik, maka produk kamu akan laku.

Cara pemasaran online tidak sebatas satu langkah saja. Kamu akan sukses jika bermain banyak langkah. Bahkan, jika memang serius, lakukan 10 langkah ini agar usaha kamu masuk ke dalam rekomendasi dan dapatkan keuntungan berkali lipat. Sudah yakin untuk memulai jualan online?

Writer | Blogger| Teacher | Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing Partnership: [email protected] www.youtube.com/bairuindra

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *